Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK Yang Baik dan Benar

Contoh laporan PKL – Program magang saat ini telah menjadi bagian dari kurikulum sistem pendidikan Indonesia yang prakteknya tidak hanya dijalankan bagi pelajar di tingkat perguruan tinggi namun pelajar di tingkat sekolah menengah atas pun juga sudah menerapkan program ini, terutama untuk sekolah kejuruan. Tujuan diadakannya program magang bagi pelajar sebelum lulus sekolah adalah untuk memberikan pengalaman kepada pelajar untuk terjun langsung merasakan lingkungan kerja di industri sesuai dengan bidang studinya.

Biasanya pelajar magang akan ditempatkan di posisi yang sama dengan karyawan entry level dan membantu pekerjaan dari karyawan-karyawan tetap yang ada di perusahaan tempatnya magang. Di akhir masa magang yang bisa berlangsung dalam hitungan minggu hingga bulan, pelajar wajib membuat laporan magang yang contohnya akan Anda lihat nanti di bawah ini.

PKL adalah salah satu sebutan lain untuk magang yang biasanya digunakan untuk program magang di tingkat sekolah. PKL memiliki kepanjangan Pelatihan Kerja Lapangan yang merupakan kegiatan yang dilakukan di lingkungan kerja langsung. PKL biasanya dilakukan oleh siswa sekolah kejuruan seperti misalnya SMK, STM, dan sekolah kejuruan lainnya yang secara spesifik mempelajari bidang industri tertentu dan memang disiapkan untuk bisa jadi SDM yang memiliki daya saing untuk bekerja.

Oleh karena itu penting untuk membuat laporan PKL agar kegiatan yang dilakukan di tempat magang bisa dilaporkan secara tertulis dan menjadi pengetahuan bagi yang lain mengenai kegiatan kerja apa saja yang dilakukan di tempat magang. Pada contoh laporan PKL yang akan dibahas nanti Anda bisa mendapatkan gambaran kegiatan yang dilakukan di tempat magang secara detail.

 

Format membuat susunan laporan PKL yang benar

Sama halnya dengan berbagai macam jenis laporan lainnya, laporan PKL pun memiliki format susunannya sendiri. Contoh laporan PKL yang akan dibahas nanti bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin membuat laporan setelah selesai PKL namun bukan berarti harus 100% sama. Biasanya setiap sekolah juga memiliki aturan formatnya sendiri sehingga Anda bisa melihat contoh laporan akhir PKL milik senior yang tentunya sudah diperiksa dan direvisi agar memiliki susunan yang benar. Tapi pada umumnya format laporan kegiatan PKL memiliki susunan seperti berikut ini:

  1. Judul laporan PKL
  2. Lembar pengesahan laporan PKL
  3. Kata pengantar
  4. Daftar isi
  5. BAB I (pendahuluan)
  6. BAB II (landasan teori)
  7. BAB III (gambaran umum mengenai perusahaan tempat magang)
  8. BAB IV (laporan kegiatan pelaksanaan PKL)
  9. BAB V (penutup)

 

Dengan mengetahui  contoh penulisan laporan PKL ini nantinya ketika Anda menjalani masa magang, laporan bisa dicicil dibuat di waktu senggang Anda. Anda bisa membuat draft dengan mengikuti susunan laporan yang sudah Anda ketahui kemudian sambil menjalankan kegiatan magang sambil diisi masing-masing bagian laporan yang masih kosong. Dengan demikian setelah selesai PKL Anda tinggal menyelesaikan laporan dan tidak harus bolak balik cari data karena sudah banyak bagian yang terisi saat menjalankan masa PKL. Laporan PKL juga biasanya memiliki tenggat waktu terhitung setelah masa PKL Anda selesai jadi dengan mengetahui sebelumnya format contoh laporan PKL yang benar Anda bisa lebih cepat menyelesaikan laporan dan menyerahkannya tepat waktu.

Contoh cover laporan kegiatan PKL

Bagian pertama yang akan dibahas mengenai laporan PKL adalah pada bagian judul laporan yang biasanya muncul di bagian paling depan sebuah laporan kegiatan PKL yaitu pada bagian cover. Yang menjadi standar isi dari cover  laporan adalah judul laporan yang ditulis menggunakan huruf tebal di bagian atas, diikuti dengan logo sekolah atau perguruan tinggi tempat si pembuat laporan belajar, kemudian diikuti oleh nama penyusun laporan dan informasi identitas lain yang diperlukan,  kemudian bagian paling bawah ditulis nama sekolah dan tahun pembuatan laporan. Berikut adalah contoh laporan PKL bagian cover yang bisa Anda simak.

 

Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

“Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan di Departemen Komunikasi

Dan Informatika”

(LOGO SEKOLAH)

Disusun oleh:

Anita Maharani Sutopo

1510903217

SMK Harapan Budi

Jakarta Selatan

Jurusan Manajemen Bisnis

2016

 

Cara membuat laporan hasil PKL bagian halaman pengesahan

Pada bagian contoh laporan PKL ini Anda bisa lihat bagian halaman pengesahan yang wajib ada pada setiap laporan resmi. Halaman pengesahan berfungsi untuk menandai bahwa masa PKL siswa telah dipenuhi dan bisa dipertanggung jawabkan kepada sekolah mengenai kebenarannya. Halaman pengesahan juga menandai bahwa laporan yang dibuat sudah diselesaikan dan telah melalui proses revisi yang biasanya didampingi oleh guru sehingga bisa layak uji atau layak untuk dipresentasikan.

Halaman pengesahan adalah dokumen penting yang di dalamnya terdapat tanda tangan asli dari para pengawas, pembimbing, maupun pihak lain yang berhubungan dengan program magang atau PKL di sekolah tersebut. Halaman pengesahan diletakkan di halaman awal setelah cover bisa menggunakan kertas HVS biasa, bisa juga menggunakan kertas khusus. Contoh laporan SMK di bawah ini hanya merupakan contoh fiktif yang formatnya bisa berbeda dengan format yang digunakan di setiap sekolah.

Contoh Format 1

Halaman Pengesahan Laporan PKL Dari Sekolah

 

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan disetujui oleh guru pembimbing dan Kepala Sekolah SMK Harapan Budi

 

Disahkan di Jakarta Selatan

Tanggal 2 Maret 2016

 

Ketua Pelaksana PKL                                 Pembimbing  PKL

 

Sukirman, S.pd                                Waskita Yani Ahmad, S.kom

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK Harapan Budi

Amir Hasan Sadikin, S.pd

Contoh Format 2

Halaman Pengesahan Laporan PKL Dari Perusahaan

 

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan disetujui oleh Kasubag Umum dan pengawas PKL Departemen Komunikasi dan Informatika.

 

Disahkan Di Jakarta

Tanggal 25 April 2016

 

Pengawas PKL Depkominfo                    Kasubag Umum Depkominfo

 

Yuanita Islami, S.Kom                        Ahmad Subagya, S.Kom

 

Mengetahui,

Kadis Depkominfo

Arya Nugraha Bakti, S.Kom

 

Contoh kata pengantar laporan PKL

Kata pengantar adalah paragraf pembukaan yang ditulis oleh pembuat laporan pada bagian awal laporan sebagai sambutan. Isi dari kata pengantar antara lain adalah ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantu dalam proses pelaksanaan PKL, tujuan dibuatnya laporan tersebut, serta kalimat penutup. Kata pengantar bisa dibuat dengan struktur yang lebih luwes artinya tidak kaku karena tentunya sambutan yang ingin diberikan oleh masing-masing penulis bisa berbeda. Contoh kata pengantar di laporan PKL bisa Anda lihat pada bagian contoh laporan PKL di bawah ini yang isinya tidak terlalu panjang. Contoh kata pengantar laporan PKL SMK sebaiknya tidak lebih dari satu lembar agar tidak mengganggu isi dan tujuan utama dari laporan PKL tersebut.

 

Kata Pengantar

 

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta nikmat-Nya sehingga laporan PKL ini bisa diselesaikan tepat waktu. Berkat rahmat-Nya pula Saya bisa menjalani kegiatan PKL selama 6 bulan dalam keadaan yang sehat baik fisik maupun pikiran yang merupakan syarat kelulusan sebagai siswa jurusan Manajemen Bisnis SMK Harapan Budi Jakarta Selatan.

Laporan kegiatan PKL ini memiliki judul “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan di Departemen Komunikasi Dan Informatika”. Laporan dibuat setelah Saya menyelesaikan program PKL SMK Harapan Budi selama kurang lebih 6 bulan yang berlangsung dari bulan Oktober 2015 hingga bulan April 2016 di Departemen Komunikasi Dan Informatika. Lokasi kantor Depkominfo yang menjadi tempat kerja PKL saya ada di Jalan Merah Delima no. 56, Jakarta Utara.

Tujuan dari dibuatnya laporan PKL ini adalah untuk melaporkan segala macam kegiatan yang dilakukan selama masa PKL, memberikan informasi mengenai profil perusahaan, struktur perusahaan, serta bagaimana cara kerja dari perusahaan tersebut. Laporan ini juga dibuat sebagai laporan analisa kebijakan perusahaan yang memberikan intensifnya kepada karyawan serta dampak yang ditimbulkannya terhadap kinerja karyawan. Sebagai dasar analisa, Saya menggunakan pendapat beberapa ahli yang membahas mengenai manajemen sumber daya manusia dan pemberian insentif sebagai kebijakan.

Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mulai dari proses pelaksanaan kegiatan PKL hingga penyusunan laporan hingga menjadi laporan yang layak untuk dipresentasikan. Saya pun menyadari bahwa dalam penulisan laporan PKL ini belum sempurna dan masih memiliki kesalahan dan kekurangan di beberapa bagian. Oleh karena itu kepada para penguji, pembimbing, maupun pembaca laporan ini silahkan untuk memberikan masukan yang membangun agar pembuatan laporan bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.

Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca maupun masyarakat umum, dan rekan-rekan akademia SMK Harapan Budi khususnya. Demikian yang bisa Saya sampaikan, atas perhatiannya Saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Jakarta Selatan, 4 Maret 2016

 

Anita Maharani Sutopo

Contoh format laporan kegiatan bagian daftar isi

Contoh laporan PKL selanjutnya adalah bagian daftar isi. Daftar isi adalah indeks halaman mengenai isi dari laporan yang bisa memudahkan seseorang dalam mencari bagian tertentu pada sebuah laporan. Isi daftar isi terdiri dari bagian-bagian isi dari laporan kemudian indeks halamannya yang dihubungkan dengan titik-titik panjang. Cara membuat titik panjang dalam daftar isi bisa Anda lakukan secara manual tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat titik-titik panjang secara otomatis. Anda bisa mencari cara membuat titik daftar isi di internet untuk mempercepat pembuatan laporan. Selain daftar isi, pada sistematika pembuatan laporan biasanya juga terdapat daftar gambar, daftar label, maupun daftar konten lainnya yang terdapat di dalam laporan. Daftar indeks halaman diletakkan sebelum masuk ke bagian BAB I.

 

Daftar Isi

 

Halaman Pengesahan………………………………………………………………………………………………..i

Kata Pengantar    ii

Daftar Isi    iii

BAB I    1

1.1 Latar Belakang    1

1.2 Tujuan dan Manfaat PKL    2

1.3 Waktu dan Tempat PKL    4

1.4 Landasan Teori    5

BAB II    6

2.1 Sejarah Depkominfo    6

2.2 Struktur Organisasi Depkominfo    7

2.3 Visi dan Misi Tujuan Perusahaan Depkominfo    8

BAB III    9

3.1 Kegiatan Selama Masa PKL    9

3.2 Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Karyawan    10

BAB IV    11

4.1 Kesimpulan    11

4.2 Saran    12

Daftar Pustaka    13

 

Contoh laporan pendahuluan PKL

Contoh laporan PKL kali ini mulai masuk ke bagian inti dari sebuah laporan. Bagian pertama adalah BAB I yang diisi sebagai pendahuluan laporan, terdiri dari latar belakang, tujuan dan manfaat dilakukannya kegiatan PKL, dan karena laporan yang dicontohkan memiliki tujuan untuk mencari hubungan sebab-akibat maka landasan teori juga diletakkan di bagian pendahuluan. Contoh pendahuluan laporan prakerin di bawah ini adalah versi singkatnya dan jangan dijadikan patokan panjang laporan yang sebenarnya. Tidak ada standar jumlah halaman yang pakem untuk membuat sebuah laporan namun laporan harus berisi informasi yang lengkap mengenai seluruh kegiatan PKL dari awal hingga akhir jadi tidak mungkin jika laporan hanya berisi sebanyak 10 halaman saja. Sebagai contoh laporan PKL yang lebih jelas berikut adalah isi dari BAB I yang bisa jadi referensi Anda.

 

BAB I

 

  1. Latar Belakang

Sumber daya manusia adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan dan menjadi motor produktivitas untuk perusahaan. Agar motor tersebut tetap bekerja dibutuhkan pendorong yang bisa menjadi motivasi bagi sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan. Pendorong-pendorong motivasi yang bisa diberikan perusahaan untuk menjaga produktivitas antara lain adalah gaji, keamanan dalam bekerja, suasana kerja yang kondusif, dan juga pimpinan perusahaan yang adil dan bisa menjadi kepala yang bijaksana di perusahaan.

Pemberian insentif kepada karyawan yang adil bukan berarti setiap karyawan mendapatkan imbalan yang sama atas kerjanya karena setiap karyawan tentunya memiliki tingkat kinerja dan prestasi tersendiri. Oleh karena itu perusahaan dapat memberikan tambahan penghasilan berdasarkan dengan pertimbangan yang objektif dan mempertimbangkan kemampuan keuangan dari perusahaan dalam hal memberikan kesejahteraan kepada karyawannya.

Berdasarkan dengan pertimbangan tersebut, penulis memilih judul “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan di Departemen Komunikasi Dan Informatika” sebagai topik laporan kegiatan PKL.

 

  1. Tujuan dan Manfaat PKL

Jurusan Manajemen Bisnis SMK Harapan Budi mengajarkan berbagai macam teori kepada siswanya mengenai cara untuk mengelola sebuah bisnis termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Tujuan dari kegiatan PKL yang dilakukan di Depkominfo adalah untuk menggunakan teori-teori yang dipelajari di sekolah untuk menganalisa kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan Depkominfo dalam hal manajemen sumber daya manusia dan bagaimana kebijakan tersebut memberikan dampak terhadap kinerja karyawannya. Secara khusus, tujuan dari dilakukannya kegiatan PKL ini antara lain adalah:

  1. Menambah pengetahuan siswa dalam penyusunan anggaran perusahaan
  2. Memperkenalkan pengalaman kerja yang sesungguhnya kepada siswa
  3. Mampu untuk membandingkan antara ilmu teori yang didapatkan di sekolah dengan ilmu praktis yang didapatkan di tempat kerja
  4. Sebagai persyaratan kelulusan siswa kelas 2 SMK Harapan Budi
  5. Menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan sekolah.

 

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan PKL ini adalah:

  1. Bagi siswa
  • Siswa bisa mengaplikasikan teori sumber daya manusia di lingkungan kerja yang nyata
  • Siswa bisa mendapatkan pendidikan mengenai sikap yang profesional di dunia kerja
  • Mengenal lingkungan kerja yang berbeda antara di sekolah dengan di perusahaan.

 

  1. Bagi SMK Harapan Budi
  • Menjadi sarana komunikasi antara sekolah dengan masyarakat
  • Sebagai proses integrasi antara kurikulum sekolah dengan sistem perusahaan

 

  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan PKL

Kegiatan PKL SMK Harapan Budi merupakan kegiatan yang wajib untuk dilaksanakan para siswa yang sudah menginjak masa studi semester 5 atau pada tahun ke dua masa studi sekolah. Kegiatan PKL dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2015 hingga 5 April 2016 yang berlangsung kurang lebih selama 6 bulan atau satu semester. Jadwal efektif kerja setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 16.00.

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan PKL dilakukan di kantor Departemen Komunikasi dan Informatika yang beralamat di Jalan Merah Delima no. 56, Jakarta Utara.

 

  1. Landasan Teori

Pengertian manajemen sumber daya manusia adalah proses yang terdiri dari organisasi, perencanaan, pemimpin, dan juga pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaan seperti misalnya evaluasi dan analisis pekerjaan, pengadaan SDM maupun sarana-sarana yang dibutuhkan, kompensasi, pengembangan dan peningkatan kualitas SDM, promosi, dan juga pemutusan hubungan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Pemberian insentif kepada karyawan merupakan bagian dari kompensasi dan juga upaya untuk meningkatkan kualitas SDM agar perusahaan bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Contoh laporan hasil prakerin bagian profil perusahaan

Contoh laporan PKL selanjutnya masuk ke bagian profil perusahaan di mana tujuannya adalah untuk menguji pengetahuan peserta magang mengenai perusahaan tempatnya ia bekerja. Untuk bisa mendapatkan data profil perusahaan dan juga struktur organisasi di dalamnya, maka hubungan yang baik antara pegawai magang dengan karyawan tetap di kantor harus terjalin dengan baik. Bukan tidak mungkin bagi pegawai magang yang memiliki kinerja bagus akan ditawari menjadi pegawai resmi di kantor tersebut setelah lulus sekolah nanti.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan bagi Anda yang akan menghadapi masa magang dan lakukan dengan serius agar bisa membuat laporan PKL yang lengkap seperti contoh format laporan kegiatan berikut ini. Harap perhatikan contoh perusahaan di bawah adalah fiktif hanya dibuat sebagai contoh karangan saja dan bukan merupakan data perusahaan yang sesungguhnya

 

BAB II

 

  1. Sejarah Depkominfo

Departemen Komunikasi dan Informatika merupakan lembaga pemerintah daerah yang dibentuk pada tahun 1999 berdasarkan dengan Keputusan Presiden RI nomor 267 Tahun 1999 yang terhitung tanggal 8 November 1999. Departemen Komunikasi dan Informatika menggantikan lembaga Departemen Penerangan yang dalam susunan kabinet Persatuan Indonesia dihilangkan. Fungsi dari Depkominfo adalah mengatur penyediaan layanan komunikasi dan informasi masyarakat yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, dan menyediakan lembaga pemerintah yang transparan untuk menanggapi perkembangan teknologi.

 

  1. Struktur organisasi Depkominfo

Dalam bagian ini Anda bisa membuat bagan gambar struktur organisasi perusahaan atau meminta dari pihak perusahaan untuk dicantumkan di contoh pembahasan laporan bagian ini. Struktur organisasi dalam perusahaan menunjukkan sistem alur kebijakan dan perintah yang berlaku di dalam sebuah perusahaan, serta bisa menjadi bagan untuk melihat jalur komunikasi yang bekerja di perusahaan. Selain itu struktur organisasi perusahaan juga memiliki fungsi untuk melihat cara pembagian tugas karena setiap perusahaan bisa memiliki susunan departemen yang berbeda tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Dengan memahami struktur perusahaan tempat Anda PKL atau magang maka Anda bisa tahu ruang lingkup tugas, wewenang, kekuasaan, dan juga tanggung jawab seseorang yang berada pada bagian struktur tertentu.

Contoh laporan kegiatan prakerin

Pada bagian contoh laporan PKL di BAB III berisi mengenai kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh siswa magang selama masa magang. Biasanya dari sekolah dibekali buku kegiatan yang di dalamnya sudah terdapat tabel-tabel kosong sehingga setiap hari siswa bisa mengisinya dengan kegiatan sesuai dengan yang dilakukan. Buku kegiatan kemudian ditandatangani oleh pihak perusahaan yang bertanggung jawab terhadap siswa magang setelah masa magang selesai maupun secara harian sebagai bukti bahwa siswa tersebut memang benar melakukan kegiatan magang sesuai dengan jadwal. Pada contoh cara buat laporan kerja harian berikut akan dicontohkan kegiatan PKL selama satu minggu kerja.

 

Laporan Kegiatan Kerja PKL

 

Nama: Anita Maharani Sutopo

NIM: 1510903217

Jurusan: Manajemen Bisnis

Departemen: Kebendaharaan

 

TanggalHariKegiatan
5Senin·         Membuat laporan kegiatan dinas Depkominfo

·         Memasukkan data ke laporan bulanan

6Selasa·         Melakukan penyusunan dan penataan berkas

·         Mengasistensi pembuatan laporan pajak

7Rabu·         Membuat laporan bulanan Depkominfo

·         Mengetik SSP pajak

8Kamis·         Membuat laporan keuangan kegiatan dinas Depkominfo
9Jumat·         Mempersiapkan konsumsi untuk kegiatan senam bersama

·         Senam pagi bersama karyawan dan pimpinan

·         Gotong royong membersihkan lingkungan kantor

Dan seterusnya

 

Contoh penutup laporan kegiatan  PKL

Contoh kesimpulan dalam laporan PKL ini berisi mengenai rangkuman pembahasan dari tujuan penelitian dan juga rangkuman dari kegiatan PKL yang dilaksanakan. Jika dalam laporan memiliki pertanyaan yang harus dijawab dalam pembahasan maka kesimpulan pun berisi mengenai rangkuman jawaban pertanyaan yang ditulis secara singkat. Bagian penutup kemudian ditutup dengan saran yang bisa diberikan penulis baik untuk kegiatan PKL selanjutnya, bagi perusahaan tempat magang, maupun saran lainnya yang ingin disampaikan terkait dengan PKL yang dilaksanakan. Contoh laporan PKL untuk bagian penutup bisa dilihat sebagai berikut.

 

BAB IV

 

4.1 Kesimpulan

Insentif yang diberikan oleh perusahaan bisa memberikan pengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada perusahaan tersebut. Insentif bisa menjadi motivasi bagi karyawan salah satunya dalam hal meningkatkan presensi di kantor karena program Depkominfo yang memberikan upah absen bagi karyawan yang melakukan absen pagi dan absen sore. Hanya karyawan yang melakukan absen pada kedua waktu tersebut yang mendapatkan insentif tambahan untuk menambah penghasilan karyawan.

 

4.2 Saran

Penulis memiliki saran untuk perusahaan Depkominfo terkait dengan pengadaan sumber daya manusia. Sumber daya manuasia di Depkominfo kebanyakan masih menggunakan sistem outsourcing sehingga manajemen SDM yang berkaitan untuk peningkatan kualitas SDM tidak berjalan dengan maksimal. Selain itu sistem kerja yang berjalan di Depkominfo sudah berjalan dengan baik dan disiplin. Suasana kerja selama masa PKL juga dirasa kondusif, nyaman dan pimpinan yang bertanggung jawab untuk Departemen Kebendaharaan tidak segan untuk memberikan bimbingannya.

 

Demikian adalah contoh laporan PKL yang bisa jadi referensi garis besar bagaimana cara membuat laporan kegiatan PKL yang sudah dilaksanakan. Pada bagian yang paling akhir, Anda bisa menambahkan Daftar Pustaka yang berisi mengenai referensi buku maupun dokumen yang digunakan untuk membantu Anda mengisi data laporan PKL yang dibuat. Seperti misalnya untuk melihat efek kebijakan insentif perusahaan terhadap presensi karyawan tentu Anda membutuhkan data dokumen yang memuat informasi kehadiran karyawan dalam kurun waktu tertentu, dan berapa banyak tambahan penghasilan yang didapatkan karyawan setelah rutin melakukan absen.

Format laporan di atas adalah format yang berlaku secara umum, bisa jadi format yang berlaku di sekolah Anda memiliki perbedaan terkait dengan bagian dan isinya. Namun secara garis besar, contoh di atas adalah contoh yang bisa jadi gambaran mengenai isi dan cara membuat laporan kegiatan PKL di tingkat sekolah maupun di tingkat perguruan tinggi.

Tinggalkan komentar