Contoh Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya

Infokekinian.com – Berikut ini kami akan membagikan contoh rumusan masalah dan cara membuatnya, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Saat kamu menulis proposal atau makalah, kamu tentu saja akan menyertakan bab pengantar yang mencakup latar belakang serta pernyataan masalah.

Latar belakang berbeda dengan rumusan masalah karena digunakan sebagai pembatas masalah yang akan dibahas nanti jika digunakan untuk menggambarkan secara singkat masalah yang akan dibahas.

Secara umum, bagian rumusan masalah ini akan memuat uraian singkat tentang topik dan masalah.

Kumpulan Contoh Rumusan Masalah

Nantinya dalam rumusan masalah, kamu akan menemukan garis besar masalah yang dibahas dan mendapatkan solusi yang akan digunakan secara langsung.

Rumusan masalah itu sendiri didapat tidak hanya dalam penelitian akademis, tetapi juga dalam dunia bisnis.

Tentu saja, ketika kamu mengajukan proposal, salah satu poin yang sangat-sangat penting yang harus dijawab mengenai apa pun yang menguntungkan jika bisnis ini dijalankan nanti adalah rumusan masalah.

Tentu saja, kamu ingin membuat pernyataan masalah yang benar. Perhatikan contoh rumusan masalah seperti rumusan masalah makalah, rumusan masalah rumah proposal, rumusan masalah penelitian, dan masih banyak lagi.

Kumpulan Contoh Rumusan Masalah

Berikut adalah daftar beberapa contoh rumusan masalah:

1. Contoh Rumusan Masalah Proposal Kegiatan

Ada beberapa sumber yang memberikan saran penjelasan yang jelas mengenai latar belakang sebelum kita membahas masalah penulisan dari rumusan masalah.

Namun, beberapa sumber menyarankan untuk menulis pernyataan masalah secara langsung dan rinci. Rumusan masalah yang jelas dan ringkas dapat mewakili isi dari masalah, proposal, atau laporan yang sedang dikerjakan.

Jika kamu ingin membuat proposal kegiatan sendiri, ada beberapa aturan dasar yang harus kamu ikuti. Untuk yang pertama, proposal kegiatan adalah jenis perizinan dan pencairan sponsorship.

Dan karena itulah penulis harus berilmu dan mampu memberikan penjelasan yang detail. Pertimbangkan contoh pernyataan masalah ini untuk proposal kegiatan.

Berikut adalah contoh rumusan masalah dari proposal kegiatan:

Apa yang dilakukan sekolah untuk membina dan mengembangkan minat dan bakat siswa?

  1. Bagaimana siswa dapat mengembangkan keterampilan dan minat mereka sekaligus melindungi budaya Indonesia?
  2. Mengapa seni pertunjukan perlu ditingkatkan kreativitas dan inovasi seluruh siswa?

Rumusan masalah memiliki banyak bentuk, termasuk kalimat yang mudah diingat seperti pertanyaan atau pernyataan. Kamu juga dapat memilih berdasarkan konteks dan tujuan penulisan proposal atau makalah.

Jika menggunakan kalimat pernyataan terasa jauh lebih tepat, tidak ada salahnya merumuskan masalah yang sama. Selama kamu terus menggunakan kalimat yang ringkas dan padat.

2. Rumusan Masalah Proposal Usaha Makanan

Salah satu kunci keberhasilan penulisan makalah atau proposal adalah mendeskripsikan kondisi ideal sebelum beranjak ke rumusan masalah.

Kondisi ideal di lokasi ini memiliki tujuan, latar belakang sebuah bisnis yang akan dirintis, apakah bisnis tersebut sudah berjalan atau baru dimulai.

Rumusan Masalah Proposal Usaha Makanan

Karena investor atau calon penyandang dana umumnya ingin tahu seberapa serius kamu memulai bisnis.

Sponsor hampir pasti tidak akan memberikan uang secara gratis kepada bisnis yang tidak menjanjikan.

Apalagi jika diklaim akan menimbulkan dampak kerugian yang cukup besar karena yang dipertaruhkan bukanlah keuntungan melainkan kehamilan.

Untuk menarik minat banyak investor saat membuat proposal bisnis, kamu harus terbuka dan jujur ​​dalam kondisi ideal ini.

Pertimbangkan contoh proposal bisnis berikut saat membuat proposal aktivitas bisnis kamu sendiri:

  1. Strategi apa yang bisa digunakan untuk meningkatkan omzet dari penjualan bisnis makanan?
  2. Bagaimana biaya produksi dapat dikurangi tanpa mengurangi kualitas makanan?
  3. Jenis pemasaran apa yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan?

Dalam hal rumusan masalah proposal, penulis dapat langsung mengarah pada masalah utama. Masalah yang dibahas membutuhkan perhatian khusus dari pihak sponsor.

Sponsor dituntut untuk memahami strategi dan cara mengembangkan bisnis makanan. dan juga membahas sejauh mana strategi dan promosi harus diterapkan untuk mempengaruhi omset penjualan harian dan bulanan.

3. Rumusan Masalah dalam Laporan Magang

Laporan magang ini merupakan dokumen yang digunakan untuk menentukan usia seseorang yang melakukan praktik kerja atau magang bagi siswa SMK.

Rumusan masalah ini sama dengan rumusan laporan lainnya; Namun, rumusan masalah laporan magang ini juga akan menyelidiki seberapa baik mahasiswa memahami materi di jurusan mereka.

Keterampilan dan pengetahuan apa yang mereka peroleh dari magang? Biasanya, pelajar dan mahasiswa akan mendapatkan tambahan pengetahuan dari pengetahuan dan tips di tempat kerja.

Tentu saja, ini tidak sama dengan teori; magang adalah jenis aplikasi langsung dari setiap penjelasan materi yang telah dijelaskan guru di sekolah.

Mahasiswa akan diuji langsung di lapangan guna menghadapi tantangan dan menunjukkan etos kerja yang kuat.

Magang ini bertujuan untuk mengembangkan karakteristik yang kuat seperti etos kerja yang tinggi, keterampilan, dan sikap positif untuk pekerjaan nanti. Tidak sulit untuk merumuskan rumusan masalah laporan magang; ini contohnya:

  1. Tantangan apa yang kamu hadapi selama magang di PT. Ahas Indonesia?
  2. Apakah ada peningkatan kemampuan atau keterampilan mahasiswa selama magang di PT. Ahas Indonesia?
  3. Keuntungan apa yang diperoleh mahasiswa dari magang di PT. Ahas Indonesia?
  4. Bagaimana kamu menghadapi persaingan di tempat kerja setelah bekerja untuk diri sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan rumusan masalah yang sering ditemui dalam setiap laporan magang.

Selama beberapa bulan di tempat kerja, niscaya akan ada nilai-nilai positif yang bisa diambil, baik saat bekerja keras dan disiplin, penuh tanggung jawab, atau memiliki skill yang lebih baik. Ada juga yang meyakini bahwa etos kerja dunia industri akan jauh dari teori.

4. Rumusan Masalah dalam Laporan Study Tour

Field trip, juga dikenal sebagai study tour, lebih dari sekedar perjalanan untuk berwisata dan bersenang-senang. Siswa akan diajak untuk lebih mengenal daerah yang mereka kunjungi selama kegiatan ini.

Siswa akan diperkenalkan dengan geografi, budaya, dan budaya yang berkembang. Mahasiswa akan belajar tentang sosial budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat melalui study tour ini.

Kegiatan study tour ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa. Kalaupun waktu tempuhnya kurang dari seminggu, sekolah umumnya akan mengunjungi satu atau dua kota saat study tour.

Guru biasanya mengajak siswa untuk belajar lebih banyak tentang sejarah candi dan beberapa peninggalan dari era lain. Yogyakarta merupakan kota yang sering dikunjungi oleh sekolah-sekolah dalam study tour.

Rumusan Masalah dalam Laporan Study Tour

Tentu saja, pemilihan Yogyakarta bukan tanpa alasan, mengingat makna budaya kota yang bertahan lama.

Tidak hanya itu, Yogyakarta sendiri memiliki banyak peninggalan sejarah yang bisa dikunjungi oleh pelajar, seperti keraton dan candi Borobudur. Dan berikut adalah contoh rumusan masalah study tour di daerah Yogyakarta :

  1. Apa upaya pemerintah untuk melestarikan dan menjaga warisan sejarah Yogyakarta?
  2. Apa jenis peninggalan sejarah yang dapat ditemukan, dan dalam kondisi apa peninggalan tersebut?
  3. Bagaimana reaksi masyarakat sekitar, khususnya wisatawan asing dan jarak jauh, terhadap peninggalan sejarah tersebut?

Saat mengunjungi tempat wisata, mahasiswa akan dapat melakukan wawancara ringan dengan beberapa pengunjung acak.

Mereka akan dapat memilih antara wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Nah, temuan observasi ini akan memberikan data yang bisa dibandingkan dengan penjelasan pengelola objek wisata bersejarah tersebut.

5. Contoh Rumusan Masalah Laporan PKL

Tentu saja, setiap mahasiswa di tingkat akhir akan diminta untuk bekerja dengan pedagang kaki lima sebagai bagian dari persyaratan kelulusan mereka.

Biasanya, PKL ini dilakukan oleh mahasiswa teknik dan pendidikan. PKL merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan ilmu mahasiswa selama beberapa semester.

Teori yang dipelajari diharapkan dapat diterapkan di dunia kerja, termasuk mengajar. PKL ini akan dilakukan di beberapa perguruan tinggi yang sebelumnya telah bekerjasama.

Nantinya, para siswa tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas mengajar di salah satu sekolah dengan jenjang pendidikan yang sesuai dengan jurusan yang ditekuni.

Pada umumnya PKL akan dimulai dari pendidikan dasar, kemudian berlanjut ke pendidikan menengah pertama, dan umumnya pendidikan menengah atas.

PKL memiliki tujuan yang mirip dengan magang bagi siswa SMK yaitu melatih keterampilan peserta PKL.

Selain itu, PKL mirip dengan magang karena diwajibkan membuat laporan akhir yang merupakan salah satu syarat kelulusan.

Laporan tersebut akan digunakan sebagai penanda dan penilaian, dan akan disetujui oleh ketua program studi mahasiswa sebelum diberikan nilai kepada mahasiswa tersebut.

Rumusan masalah pembuatan laporan PKL tentunya sama dengan yang lainnya, namun topik pembahasannya berbeda, misalnya:

  1. Bagaimana sistem penilaian saat ini di SMP Islam Batu mempermudah guru dan orang tua?
  2. Metode apa yang digunakan untuk meningkatkan sistem komputerisasi sehingga guru dan orang tua dapat dengan mudah memantaunya?
  3. Kapan waktu yang tepat untuk mensosialisasikan peralihan sistem dari manual ke komputerisasi?
  4. Apakah perubahan ini bermanfaat bagi SMP Islam Batu?

6. Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

Adanya beberapa variabel yang dapat mempengaruhi hasil akhir mempengaruhi penelitian kuantitatif ini.

Ada bobot dan jumlah yang jauh lebih ditekankan dalam penilaian nanti daripada menggunakan kualitas dan mutu.

Penekanannya akan pada seberapa besar satu hal mempengaruhi yang lain. Ini berbeda dari penilaian kualitatif dalam penelitian yang biasanya hanya didasarkan pada hasil survei.

Sebelum masuk ke rumusan masalah penelitian kuantitatif, penulis harus menyadari keterbatasan masalah.

Batasan masalah inilah yang menjadi topik utama penelitian, dan digunakan untuk membatasi ruang penelitian.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penelitian tidak membahas topik yang tidak penting yang bahkan tidak diperlukan untuk hasil penelitian. Berikut ini adalah contoh rumusan masalah penelitian kuantitatif:

  1. Bagaimana pengaruh gaji terhadap etos kerja seluruh karyawan PT Aryajuna?
  2. Apakah ada pengaruh kebijakan dalam pelaksanaan penghijauan hutan sumatera di PT. Cantik?
  3. Apa pengaruh pengembangan karakter terhadap peningkatan jam kerja dan efisiensi pekerja kantoran?

Jika sejak awal sudah jelas bahwa ruang lingkup masalah sudah ditentukan, maka penelitian selanjutnya akan mengecualikan pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Saat melakukan penelitian terhadap pegawai tetap, misalnya, pekerja informal dan kontrak akan dikeluarkan dari daftar. Masalah lain di luar pekerjaan juga akan dikeluarkan dari daftar pertanyaan.

7. Rumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif

Pada sebagian besar penelitian, paparan diperoleh dalam bentuk data deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Semua teknik ini sudah banyak digunakan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Dalam beberapa kasus, tidak semua rumusan masalah akan tampak nyata dan praktis, terutama dalam hal akademik.

Kamu mungkin dihadapkan dengan kenyataan yang dapat membantu kamu menghasilkan ide dan pemikiran baru.

Memang akan sangat mirip dengan kehidupan nyata dan praktis, karena konsep juga memerlukan rumusan masalah yang tepat.

Dalam beberapa hal ilmiah, perumusan masalah perlu sedikit disempurnakan dalam penelitian kualitatif.

Rumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif

Pastinya kamu pernah melihat dan membaca bagaimana rumusan masalah skripsi bagi mahasiswa humaniora, dan itu adalah salah satu contoh konseptualnya.

Tidaklah sulit untuk membuat rumusan masalah konseptual dalam penelitian kualitatif. kamu bisa membatasinya dengan menggunakan konsep rasisme seperti berikut ini:

  1. Bagaimana ketidakadilan yang ada pada tahun 1965 di Negara Amerika kepada orang dengan kulit hitam?
  2. Apa jenis ketidakadilan yang dihadapi orang kulit hitam?
  3. Apa dampak Gerakan Hak Sipil terhadap kehidupan orang kulit hitam setelah diskriminasi tahun 1965?

Pembatasan diri, setidaknya dalam studi kualitatif ini, menggunakan kerangka kerja 5W + 1H pada pertanyaan kritis.

Ketika menggali lebih dalam dampak diskriminasi, khususnya kehadiran rasisme di Amerika, penulis harus tetap fokus.

Diskriminasi juga dijelaskan secara rinci untuk melihat apakah ada perbedaan antara dulu dan sekarang di Amerika.

8. Rumusan Masalah Skripsi Pendidikan

Aturan penulisan standar untuk penulisan skripsi menuntut mahasiswa untuk jauh lebih disiplin dan rapi agar menghasilkan tulisan yang berbobot. Tema yang diangkat dalam tesis harus objektif daripada subjektif.

Mahasiswa yang melakukan penelitian di sekolah sering dijadikan sebagai bahan referensi paparan ketika menulis skripsi pendidikan.

Pendekatan kualitatif atau kuantitatif dapat digunakan untuk menyusun tesis pendidikan. Kedua pendekatan ini sering digunakan untuk mengumpulkan bahan dan mengolahnya secara tertulis.

Penulisan harus mencakup topik diskusi yang menarik untuk bagian dari rumusan masalah itu sendiri, seperti:

  1. Bisakah mendongeng membantu siswa TK Bina Ummah fokus saat di kelas?
  2. Kapan waktu terbaik bagi anak untuk mulai mengikuti kurikulum sekolah?
  3. Jika anak-anak berusia tiga tahun telah menerima pelajaran kurikulum pra-sekolah, bagaimana mereka tahu jika mereka siap?

Pertanyaan-pertanyaan di atas bisa dijadikan contoh bagi kamu yang ingin menulis skripsi pendidikan. Namun, tidak hanya kuantitas, tetapi juga kualitas pendidikan, harus diperhatikan dari bawah.

Penulisan skripsi yang baik dan benar merupakan salah satu cara untuk menempatkan ilmu yang diperoleh dari waktu ke waktu untuk digunakan dalam sistem pendidikan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai contoh rumusan masalah dan cara membuatnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan laporan rumusan masalah.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */