Contoh Makalah Yang Benar Untuk Pendahuluan, Pembahasan, Hingga Penutup

Contoh makalah dengan susunan dan format yang baik dan benar bisa Anda dapatkan di sini sebagai referensi untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah yang layak untuk dibaca oleh publik baik dalam konteks yang luas maupun hanya terbatas.

Apa itu makalah? Secara umum makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah dengan format dan susunan tertentu di mana ia bertujuan untuk membahas sebuah pokok bahasan berdasarkan dengan fakta-fakta yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sedangkan menurut KBBI, makalah adalah tulisan resmi mengenai suatu pokok bahasan dengan maksud untuk dibacakan di muka umum dalam sebuah persidangan, atau disusun untuk diterbitkan. Makalah juga memiliki makna sebagai karya tulis dalam konteks akademis yang dibuat oleh mahasiswa sebagai laporan hasil tugas.

Ciri-ciri makalah

Sebelum masuk ke contoh makalah, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui apa yang membedakan makalah dengan karya tulis ilmiah lainnya. Secara umum, ketika membuat makalah yang benar maka tulisan Anda harus memiliki ciri-ciri seperti beirkut ini:

  1. Isinya merupakan sebuah kajian literatur atau laporan hasil kegiatan di lapangan sesuai dengan pokok bahasan studi yang sedang dipelajari atau ditugaskan
  2. Isi makalah merupakan demonstrasi dari pemahaman penulis mengenai pokok bahasan yang coba dijabarkan melalui teori-teori, prosedur, serta prinsip yang berhubungan dengan pokok bahasan tersebut
  3. Kemampuan menulis seseorang juga bisa dilihat dari caranya menyajikan pembahasan pada makalah misalnya dengan caranya menggunakan kosa kata yang sesuai dengan EYD, menggunakan pola tata bahasa yang terstruktur, etika mengutip hasil pemikiran orang lain, hingga cara penulis menyimpulkan makalah sesuai dengan tujuan pembuatan makalahnya
  4. Makalah memiliki cara penulisan yang sudah paten berbeda dengan karya tulis lain seperti artikel atau paper yang memiliki struktur lebih luwes dan tidak bergantung dengan aturan.

Format pembuatan makalah yang standar

Selain ciri-ciri makalah di atas harus dipenuhi, hal lain yang harus diperhatikan ketika membuat makala adalah format penulisannya. Format penulisan di bawah ini berlaku secara umum kecuali ada instruksi khusus dari perguruan tinggi atau pengajar dengan alasan-alasan tertentu.

Contoh makalah yang berlaku secara umum adalah

  • Ditulis dengan menggunakan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12 agar bisa dilihat dengan jelas dan memiliki kesan yang lebih formal.
  • Jarak spasinya juga ditentukan yaitu 1,5 dengan pengaturan margin atas: 4 cm, bawah: 3 cm, kanan: 3 cm, dan kiri: 4 cm.

Dengan demikian ketika makalah dicetak dan dijilid, bagian pinggirnya tidak termakan oleh jilidan dan masih bisa dibaca dengan mudah.

Membuat makalah bahasa Indonesia maka format yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Cover makalah
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan atau latar belakang masalah
  5. Pembahasan
  6. Penutup
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran jika perlu (lampiran grafik, tabel, gambar, dan sebagainya)

Dalam pembahasan kali ini Anda bisa melihat beberapa contoh makalah pada masing-masing bagian format agar bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai cara membuat makalah dengan benar baik dari segi substansi hingga strukturnya.

Contoh cover makalah bahasa Indonesia

Cover pada makalah berfungsi sebagai sampul sebelum pembaca membuka isi makalah. Isi dari cover  memuat informasi secara umum mengenai isi, penulis, hingga tujuan dibuatnya makalah tersebut. Pada bagian ini informasi yang harus ada adalah judul makalah, diikuti dengan logo dari sekolah, perguruan tinggi, atau institusi yang menaungi penulis, kemudian nama penulis, pada bagian paling bawah ditulis nama instansi dan juga tahun pembuatan makalah atau tahun ajaran ketika makalah dibuat. Ada juga yang menyelipkan informasi tambahan seperti nama dosen pembimbing dan juga tujuan dibuatnya makalah. Berikut adalah contoh makalah untuk bagian paling depan yaitu bagian cover.

Contoh cover makalah 1

Makalah

Kebijakan Luar Negeri Indonesa Terhadap Negara Asia Pasifik Masa Pemerintahan Joko Widodo (2015 – 2019)

(GAMBAR LOGO UNIVERSITAS)

Disusun oleh:

Adriana Sarasvati

15159082628

UNIVERSITAS PADJADJARAN

PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL

2016/2017

Contoh cover makalah 2

Makalah

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah

(GAMBAR LOGO SEKOLAH)

Disusun oleh:

Ahmadin Sulaeman (3 IPA 1 / 05)

Hutami Kristianti (3 IPA 1 / 12)

Jajang Sudadang (3 IPA 1 / 15)

Kalina Musdalifah (3 IPA 1 / 16)

Disusun sebagai laporan tugas mata pelajaran Biologi

SMA N 1 Depok Yogyakarta

2014/2015

Contoh cover makalah 3

Makalah

Hukum Makanan Halal Dan Haram Dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Manusia

(GAMBAR LOGO SEKOLAH)

Disusun oleh:

Latifah Isnaeni (1392018292)

Guru mata pelajaran:

Khalil Abdul Jalil, S.Ag (1330928373629)

Yayasan Pondok Pensantren Muhammad Ya’qub

Madrasah Aliyah Al Urwatul Wutsqo

Jombang

2018

Contoh bikin makalah bagian pengantar

Dalam penulisan makalah yang benar terdapat kata-kata sambutan yang menjadi salam penulis kepada para pembaca, disebut dengan kata pengantar.

Kata pengantar yang ada di makalah jauh lebih pendek dibandingkan dengan yang ada di buku non fiksi. Hal-hal yang biasanya ada di dalam kata pengantar sebagaimana yang ditunjukan di dalam contoh makalah berikut ini antara lain berupa ucapan syukur kepada Tuhan YME, kemudian diikuti dengan penyampaian rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi terhadap penulisan makalah.

Isi kata pengantar selanjutnya bisa beragam, namun kebanyakan penulis menyampaikan secara singkat apa isi dari makalah yang dibuat, tujuan makalah dibuat, kemudian ditutup dengan harapan agar pembaca bisa memberikan kritik maupun saran yang membangun. Pada bagian bawah kata pengantar ditulis tempat dan tanggal penyelesaian makalah, lalu ditandatangi oleh penulis plus nama lengkap penulis.

Contoh kata pengantar 1

Kata Pengantar

Syukur Alhamdulillah Saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karunianya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktunya. Makalah dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Menonton TV Terhadap Anak Berusia Di Bawah 5 Tahun” ini saya buat sebagai syarat menyelesaikan mata kuliah Psikologi Anak II.

Makalah ini tidak dapat selesai tanpa bantuan berbagai macam pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibnu Subagya yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Psikologi Anak II yang telah memberikan bimbingannya mengarahkan pembuatan makalah saya ini. Saya juga berterima kasih kepada teman-teman Jurusan Psikologi Universitas Universitas Surabaya angkatan 2010 yang telah memberikan bantuan dan juga dukungan sehingga makalah ini bisa selesai dengan baik.

Saya sadar apabila makalah berjudul “Pengaruh Kebiasaan Menonton TV Terhadap Anak Berusia Di Bawah 5 Tahun” ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu saya mengundang semua pihak yang membaca tulisan ilmiah ini agar bersedia untuk memberikan saran, kritik, serta masukan yang membangun agar tulisan saya selanjutnya bisa memiliki kualitas yang lebih baik. Saya berharap agar makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca baik langsung maupun tidak langsung. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Surabaya, 13 Mei 2011

Ranita Risti

Contoh kata pengantar 2

Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, serta segala karunia dan nikmat-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah dengan judul “Khasiat Tanaman Obat Mengkudu Dan Cara Pengolahannya” merupakan tugas kelompok yang diberikan oleh Ibu Fitria Anggraeni sebagai guru Biologi untuk kelas 2 IPA 2 SMA N 3 Ngaglik sebagai syarat untuk mendapatkan nilai akhir mata pelajaran tersebut di semester ganjil.

Makalah ini berisi tentang profil tanaman mengkudu, apa saja khasiatnya, serta pengujian kandungan-kandungannya dengan menggunakan percobaan bahan kimia. Makalah juga berisi mengenai cara pengolahan tanaman mengkudu sebagai obat tradisional agar bisa dikonsumsi oleh manusia untuk menangani berbagai macam penyakit. Makalah ini bersifat edukatif yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai manfaat tanaman mengkudu sebagai obat tradisional.

Dalam proses pembuatan makalah kami tentu mendapatkan banyak bantuan dari berbagai macam pihak. Pertama-tama kami ingin berterima kasih kepada Ibu Fitria Anggraeni yang telah membantu dan mendampingi percobaan kimiawi yang kami lakukan untuk pengujian lab. Kami juga berterima kasih kepada pengurus lab, dan tidak lupa kepada Bapak Fatonah yang merupakan pemilik pohon mengkudu yang buahnya kami minta untuk bahan penelitian makalah ini.

Kami berusaha sebaik mungkin untuk menyusun makalah ini agar bisa memenuhi syarat sebagai tulisan ilmiah namun jika masih ada kekurangan, kami siap untuk menerima saran serta kritik dari pembaca. Semoga makalah ini bisa menjadi bahan referensi dan informasi yang berguna bagi pihak manapun. Demikian yang bisa penulis sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Sleman, 23 November 2017

Ketua Kelompok 3

Ahmad Subagya

Contoh daftar isi makalah

Contoh makalah di bawah ini merupakan contoh bagaimana membuat daftar isi pada bagian awal setelah kata pengantar.

Daftar isi adalah indeks yang memudahkan pembaca dalam mencari bagian tertentu dari sebuah makalah di mana pada indeks tersebut terdapat letak nomor halaman masing-masing bagian atau elemen dari makalah. Dengan demikian ketika ingin membaca bagian tertentu, pembaca tidak harus membuka satu per satu halaman makalah namun bisa langsung membuka pada halaman tertentu. Maka dari itu daftar isi harus dibuat dengan rapi, lengkap, dan urut dari halaman awal hingga halaman akhir makalah.

Bagian makalah ini tidak hanya berisi mengenai indeks elemen teks melainkan juga bisa dibuat untuk indeks atau daftar gambar yang ada di makalah, indeks grafik, indeks tabel, dan sebagainya.

Bagaimana cara membuat makalah dengan format daftar isi yang baik?

Banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya MS Word sudah memiliki fitur yang bisa membantu Anda untuk membuat daftar isi dengan format yang lebih rapi. Dengan begitu Anda tidak perlu membuat daftar isi dengan cara manual sepenuhnya dengan menambahkan titik-titik yang panjang sampai batas yang diinginkan. Hal ini selain memakan waktu yang lebih lama, bisa juga membuat formatnya jadi berantakan jika terjadi kesalahan.

Contoh makalah dengan format daftar isi yang benar bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan fitur “Table of Contents” atau dengan cara mengatur tab stop pada ruler yang ada di antar muka MS Word.

Contoh daftar isi makalah 1

DAFTAR ISI

Kata pengantar     i

Daftar isi     ii

BAB 1 Pendahuluan     1

1.1 Latar Belakang Masalah    1

1.2 Rumusan Masalah    2

1.3 Tujuan Penelitian     3

1.4 Manfaat Penelitian    3

BAB 2 Pembahasan    4

2.1 Pengertian bahasa    4

2.2 Sejarah bahasa Indonesia dan akarnya    5

2.3 Jumlah pengguna bahasa Indonesia di dunia    7

2.4 Tingkat popularitas bahasa Indonesia di dunia    8

2.5 Keunggulan bahasa Indonesia    10

2.6 Cara melestarikan bahasa Indonesia yang baik dan benar    12

BAB 3 Penutup    19

3.1 Kesimpulan     19

3.2 Saran     20

Daftar Pustaka    20

Contoh daftar isi makalah 2

Daftar Isi Gambar

Gambar 1.1 Peta Provinsi Anhui di Cina    2

Gambar 2.1 Logo Organisasi Green Anhui    7

Gambar 2.2 Green Anhui melakukan long march Di Shanghai    10

Gambar 2.3 Pencemaran lingkungan di Anhui yang merusak kualitas air sungai    12

Gambar 2.4 Green Anhui memberikan edukasi di sekolah tingkat SD    13

Gambar 2.5 poster film dokumenter Green Anhui     16

Penulisan daftar isi dalam cara menulis makalah sangat penting dan menjadi salah satu poin penilaian kualitas makalah yang dibuat. Terutama dalam tingkat perguruan tinggi dan akademik di mana makalah  biasanya akan dipresentasikan di hadapan publik baik secara individual maupun kelompok, bahkan ada juga yang dibuat untuk diterbitkan baik secara regional, nasional, bahkan internasional.

Format daftar isi yang masih salah akan mendapatkan revisi sehingga makalah yang sudah jadi nantinya tidak hanya berkualitas dari segi substansi atau isi tapi juga dari segi struktur penulisan sudah sesuai dengan kaidah yang berlaku. Jadi jangan menyepelekan pembuatan daftar isi dalam contoh makalah yang Anda temukan di perpustakaan-perpustakaan sebagai bahan referensi.

Contoh pembuatan bagian pendahuluan dalam makalah

Tata cara membuat makalah yang biasanya dikerjakan pertama kali namun diletakkan setelah daftar isi dalam penyusunan makalah yang sudah jadi adalah bagian pendahuluan.

Pendahuluan adalah bagian pertama yang mengandung substansi dan isi dari makalah dan umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan dari pembuatan makalah tersebut.

Untuk makalah yang lebih formal dan ditujukan untuk penelitian ilmiah maka biasanya pada bagian pendahuluan dimasukkan landasan teori dan juga metode penelitian.

Pada contoh makalah kali ini akan dibahas mengenai gambaran isi latar belakang masalah yang antara lain memuat mengenai informasi apa yang membuat penulis merasa penting untuk membahas topik makalah tersebut, yang melatarbelakangi terjadinya sebuah peristiwa yang berhubungan dengan topik bahasan, atau hal menarik lain yang menurut penulis ingin mengangkatnya menjadi sebuah topik bahasan. Kemudian diikuti dengan rumusan masalah yang merupakan pertanyaan yang akan dijawab melalui pembahasan makalah, maksud dan juga tujuan makalah. Landasan teori digunakan untuk menjadi dasar penelitian makalah lengkap untuk menguji dan mendukung teori tersebut maupun untuk menyanggahnya.

Contoh pendahuluan makalah

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah program yang dimiliki oleh sekolah untuk menyinkronisasikan teori yang dipelajari siswa di sekolah dengan praktek di dunia kerja yang sesungguhnya. Program Prakerin dilakukan untuk membekali siswa dengan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui praktek kerja langsung di dunia kerja, berinteraksi dengan para profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya, serta belajar untuk bekerja di lingkungan dengan aturan yang dipatuhi secara disiplin untuk mencapai keahlian profesional.

Prakerin diberlakukan untuk mengasah kemampuan profesional dan juga penguasaan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa agar bisa memiliki daya saing SDM yang tinggi ketika sudah lulus nanti. Program ini juga bisa memberikan gambaran nyata dan juga pengalaman kerja kepada siswa tentang dunia usaha sehingga wawasannya bisa lebih terbuka luas dan bisa membangun sistem cara berpikir yang lebih terarah.

Sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan Prakerin, maka penulis diwajibkan untuk membuat laporan yang berisi tentang yang berkaitan dengan berbagai hal Prakerin terutama kegiatan penulis selama melaksanakan Prakerin tersebut.

  1. Maksud dan Tujuan  Praktek Kerja Industri

Praktek Kerja Industri dilaksanakan pada awal semester V selama kurang lebih 4 bulan. Sbeelum melaksanakan Prakerin siswa banyak diberikan bimbingan dan arahan oleh sekolah seperti mengoptimalkan industri tempat para siswa Prakerin, etika dan moral kerja, agar pelaksanaan Prakerin bisa dilakukan dengan efektif dan lancar. Prakerin bertujuan untuk:

  1. Memfamiliarkan siswa dengan dunia kerja yang nyata
  2. Mendidik siswa mengenai etika kerja, standar keamanan, serta moral di lingkungan kerja
  3. Sebagai syarat kelulusan siswa di tahun akhir pendidikan.

Dari contoh pendahuluan makalah di atas dijelaskan mengenai maksud dari dibuatnya makalah oleh penulis yaitu sebagai laporan atas praktek kerja yang telah selesai dilaksanakan sebagai syarat kelulusan penulis. Pendahuluan di atas juga menjelaskan mengenai pengtingnya bagi siswa untuk mengikuti kegiatan kerja praktek tersebut untuk memberikan pengalaman langsung di lingkungan kerja dan tidak hanya sekedar teori saja.

 

Contoh pembahasan masalah pada makalah

Contoh makalah selanjutnya adalah bagian pembahasan mengenai topik bahasan makalah dan juga untuk menjawab rumusan masalah yang ada pada bagian pendahuluan. Jika pada makalah laporan maka di bagian pembahasan dibahas mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan, tujuan dan fungsi diadakannya kegiatan tersebut, hingga durasi dan hal-hal lain yang patut untuk dilaporkan setelah melakukan kegiatan.

Judul makalah yang ada di bagian cover makalah dijelaskan sebaik-baiknya kalau perlu dibagi menjadi sub bab-sub bab agar pembaca bisa lebih mudah dalam membaca isi pembahasan yang panjang lebar.

Informasi yang ada di pembahasan harus disertai dengan fakta yang sebenarnya oleh karena itu untuk membuat makalah yang baik penulis harus melakukan riset data untuk mendukung pernyataan yang dibuat di makalah.

Riset data bisa dilakukan dengan cara mengambil data yang riil di lapangan, dilakukan secara literasi atau mengambil data yang ada di buku, jurnal ilmiah, atau hasil penelitian orang lain, bisa juga dilakukan dengan cara mengadakan survey atau membagikan kuisioner kepada orang lain sehingga Anda bisa mendapatkan sampel data yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

Penulis tidak diperkenankan untuk menyantumkan pendapat yang sifatnya subjektif karena semua opini harus didasarkan pada fakta yang faktual dan disebutkan di dalam pembahasan makalah.

Contoh pembahasan makalah 1

BAB 2
Pembahasan

  1. Pengertian Neraca Pembayaran Internasional

Neraca pembayaran internasional adalah suatu catatan yang ditulis secara sistematis, biasanya berisi mengenai hubungan ekonomi atau transaksi antar penduduk dari suatu negara tertentu dengan negara lain yang dinilai dalam mata uang dan kurun waktu tertentu (biasanya dalam jangka waktu satu tahun). Neraca ini mencatat transaksi yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan negara lain, yang dimaksud dengan “penduduk” atau yang menjadi objek dalam neraca pembayaran internasional adalah:

  1. Individu

Transaksi yang dilakukan oleh orang per orangan atau individu antar negara yang tidak dalam konteks mewakili suatu negara tertentu. Ia dianggap sebagai penduduk sebuah negara apabila memiliki tempat tinggal tetap atau tempat di mana mereka memiliki center of interest.

  1. Badan hukum atau perusahaan

Perusahaan yang memiliki status sebagai badan hukum dalam sebuah negara bisa menjadi objek neraca pembayaran internasional di mana ia melakukan transaksi dengan badan hukum dari negara lain. Sedangkan cabang-cabang badan hukum tersebut yang beroperasi di luar negeri dianggap sebagai penduduk luar negeri.

  1. Pemerintah

Badan pemerintah adalah objek neraca pembayaran internasional yang mewakili negara yang berada di bawah kedaulatannya. Contohnya ketika diplomat sebuah negara sedang bertugas di luar negeri sebagai wakil dari pemerintahan negaranya, ketika ia melakukan transaksi di luar negeri maka transaksi yang ia lakukan tercatat sebagai pembayaran internasional.

  1. Tujuan Neraca Pembayaran Internasional

Penyusunan neraca pembayaran internasional memiliki tujuan-tujuan tertentu, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bahan pertimbangan yang bisa digunakan oleh pemerintah suatu negara untuk mengambil kebijakan di bidang ekonomi termasuk untuk kegiatan ekspor dan impor, utang piutang dengan negara lain atau organisasi dunia, penanaman modal, dan kegiatan ekonomi lainnya yang berpengaruh terhadap neraca pembayaran
  2. Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengatur kebijakan di bidang moneter dan fiskal
  3. Untuk mengetahui pengaruhnya hubungan ekonomi internasional dengan pendapatan nasional negaranya
  4. Dan untuk mengambil kebijakan di bidang politik perdagangan internasional.

Contoh bagian penutup pada makalah

Tidak ada batasan jumlah halaman pada makalah, tapi umumnya pembahasan pada makalah tidak terlalu panjang dan lebih pendek dibandingkan dengan skripsi atau tesis. Anda bisa jadi menemukan berbagai macam format contoh makalah yang berbeda-beda tergantung dengan topik yang dibahas.

Untuk makalah penelitian ilmu alam misalnya sebelum menulis narasi pembahasan biasanya disajikan dulu tabel-tabel yang berisi data setelah dilakukan percobaan baru kemudian dijelaskan hasilnya dengan narasi pembahasan yang jelas dan mudah untuk dimengerti oleh pembaca.

Setelah semua bagian makalah dibahas dan menjawab pertanyaan yang ada di bagian pendahuluan, saatnya untuk menyimpulkan makalah pada bagian penutup.

Contoh penutup makalah

BAB 3

Penutup

  1. Kesimpulan

Berdasarkan dengan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa bahasa dalam jurnalistik tidak diharuskan menggunakan satu bahasa namun juga bisa dipadukan dengan bahasa lainnya tapi tetap dengan penggunaan yang tepat. Bahasa Indonesia dapat dikembangkan dan dipadukan dengan bahasa lain untuk menjadikan tulisan jurnalistik lebih memiliki konten yang berbobot dan menarik untuk dibaca sesuai dengan tren yang berkembang di masyarakat.

  1. Saran

Saran bagi para jurnalis yang ingin menggunakan bahasa lain dalam tulisan jurnalistiknya adalah agar tetap memprioritaskan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebelum menggunakan bahasa asing yang kemudian dicetak miring. Tulisan jurnalistik tidak hanya memiliki fungsi sebagai tulisan yang informatif namun juga edukatif sehingga penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan mengedukasi masyarakat secara umum dari segala macam kalangan untuk memiliki kebiasaan yang sama. Bukan berarti hal ini jurnalistik Indonesia harus menolak penggunaan bahasa asing karena memiliki wawasan mengenai bahasa asing juga sangat penting bagi era globalisasi sekarang ini.

 

Demikian adalah contoh makalah dari bagian awal hingga bagian penutup dengan berbagai macam tema dan topik bahasan sebagai gambaran bahwa setiap makalah bisa memiliki gaya yang berbeda untuk menyajikan pembahasan namun struktur dan sistematika penulisannya sama.

Kumpulan contoh makalah yang baik dan benar di atas semoga bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah Anda agar layak untuk dipresentasikan ke khalayak umum.

Tinggalkan komentar