Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Setelah masa sekolah selesai, maka akan ada banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencari pekerjaan. Mendapatkan pekerjaan menjadi hal yang paling diidamkan oleh setia orang terlebih lagi bagi Anda yang ingin mandiri. Salah satu syarat untuk melamar pekerjaan adalah dengan membuat Surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana harus membuat surat lamaran pekerjaan yang benar. Padahal surat lamaran kerja juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan ketika Anda melamar kerja.

Surat lamaran kerja juga digunakan buat Anda yang sudah bekerja berpengalaman, ataupun bagi kau yang baru saja lulus kuliah atau sekolah. Agar Anda bisa mendapatkan surat lamaran kerja yang sesuai, ada baiknya jika Anda perlu melihat surat lamaran kerja yang baik.

Dalam membuat sebuah lamaran kerja, tentunya Anda tidak boleh sembarangan. Untuk itu, Anda membutuhkan membuat surat lamaran kerja. Adapun dalam membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti di bawah ini.

  1. Lamaran kerja harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang sopan
  2. Lamaran kerja juga harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang resmi dan formal
  3. Ada baiknya jika surat lamaran kerja ditulis tangan, hal ini bertujuan agar perusahaan dapat melihat karakteristik pelamar melalui tulisannya
  4. Surat lamaran kerja juga harus disertai dengan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Dari pada berlama-lama dan Anda sudah tidak sabar bagaimana cara menulis lamaran kerja yang benar, berikut ini akan disajikan contoh membuat surat lamaran kerja yang bisa Anda tiru.

Wonosobo, 2 Agustus 2018

Kepada Yth:

Kepala Bagian Personalia/HRD PT. Makmur Abadi

Jl. Ahmad Yani No 23 Wonosobo

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari harian Jawa Pos edisi 29 Juli 2018, bahwa PT. Makmur Abadi sedang membutuhkan tenaga kerja dalam bagian Marketing.

Sehubungan dengan hal tersebut maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan berikut ini adalah profil singkat mengenai informasi saya:

Nama                                      : Fajar Teguh Saputra

Tempat dan tanggal lahir       : Pekan Baru, 25 Desember 1994

Pendidikan terakhir                : Sarjana Manajemen Universitas Sains Al-Qur’an

Alamat                                    : Wonosuko, RT/RW 03/05 Wonolelo, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

No Hp                                      : 0887-7999-xxxx

E-mail                                      : fajarteguhsaputra05@gmail.com

Status Perkawinan                  : Belum menikah

Saya memiliki pengalaman bekerja dalam bidang marketing dalam Bank Syariah Wonosobo. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  2. Foto Copy Ijazah S-1
  3. Foto copy KTP
  4. Pas photo terbaru

Beberapa informasi di atas mungkin belum bisa menjelaskan dengan detail tentang diri saya. Oleh sebab itu, besar harapan saya untuk dipanggil Bapak/Ibu untuk mengikuti wawancara dan menjelaskan diri saya dengan lebih detail dan lengkap.

Sebagaimana yang terlampir dalam daftar riwayat hidup, saya memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni. Tidak hanya itu saja, saya juga memiliki pengalaman kerja dalam bidang marketing. Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Fajar Teguh Saputra

 

Itu merupakan sepenggal contoh lamaran kerja yang baik yang bisa Anda tiru. Lamaran kerja di atas juga dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk Anda yang ingin mencoba untuk melamar kerja, ada baiknya Anda salin kembali dengan tulisan tangan pada kertas folio. Selamat mencoba dan semoga Anda diterima di perusahaan yang diinginkan.

Tinggalkan komentar