7 Contoh Surat Izin Sekolah, Tidak Masuk Kuliah, Tidak Masuk Kerja DLL

Contoh surat izin – Ketika kehadiran Anda pada sebuah aktivitas yang formal adalah suatu kewajiban, maka jika sedang berhalangan hadir karena berbagai macam sebab maka etika yang baik adalah memberikan pemberitahuan kepada pihak tempat Anda berkegiatan. Aktivitas formal yang dimaksud misalnya adalah sekolah, bekerja, kegiatan berorganisasi, maupun kegiatan formal dan profesional lainnya. Pemberitahuan yang diberikan adalah dalam bentuk surat izin yang ditulis secara formal dan diserahkan kepada orang yang memiliki wewenang atas presensi atau kehadiran Anda dan personel yang lain. Dengan demikian kehadiran Anda tidak hanya ditandai sebagai absen tanpa alasan, di mana absen tanpa alasan biasanya memiliki konsekuensinya sendiri. Pada bahasan kali ini Anda akan melihat berbagai macam cara membuat surat tidak masuk baik untuk sekolah, tidak masuk kerja, maupun lembaga formal lainnya.

Cara membuat surat izin yang baik

Dengan dalih hidup di jaman modern, banyak orang yang memberi tahu koleganya atau tempat ia beraktivitas mengenai halangan untuk hadir hanya melalui pesan singkat dari gadget saja, padahal hal ini sangat tidak etis. Jika Anda beraktivitas di lingkungan yang formal maka halangan ketidakhadiran Anda pun juga harus disampaikan secara formal, dan sampai sekarang surat izin masih dianggap sebagai cara pemberitahuan yang formal karena di dalamnya harus memuat informasi-informasi yang berhubungan dengan ketidakhadiran Anda. Atau jika tidak mengirimkan surat fisik, biasanya mengirimkan surat elektronik pun juga bisa dilakukan, asalkan isinya tidak mengurangi keformalan surat izin fisik. Lalu bagaimana contoh surat permohonan izin yang baik?

Dalam contoh surat izin di bawah nanti Anda bisa lihat bahwa surat-surat permohonan izin formal memiliki format tertentu. Format surat izin yang baik adalah:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Alamat tujuan
  3. Salam pembuka
  4. Kalimat pembuka surat
  5. Isi surat
  6. Kalimat penutup
  7. Nama pengirim.

Contoh surat izin tidak masuk sekolah dari orang tua

Contoh surat izin yang pertama adalah surat izin untuk tidak masuk sekolah. Yang menulis surat izin untuk anak tidak masuk sekolah biasanya adalah orang tuanya karena anak-anak sekolah masih harus berada di bawah pengawasan orang tua, jadi biasanya surat tidak diterima pihak sekolah jika yang menulis adalah anaknya sendiri karena ada resiko pemalsuan. Surat izin tidak sekolah tidak hanya ditulis oleh orang tua  namun juga ditandatangani oleh orang tua, dengan demikian pihak sekolah tahu bahwa tidak masuknya anak juga diketahui oleh orang tuanya. Surat izin tidak masuk sekolah bisa diberikan ketika anak kembali masuk ke sekolah, atau bisa juga dititipkan kepada teman untuk diserahkan ke guru maupun ke bagian pengajaran.

surat sakit sekolah

Contoh surat izin sakit tidak berangkat sekolah 1

Surabaya, 14 Februari 2018

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas 7A

SMP N 2 Taliburung

Di tempat

Dengan hormat,

Dengan ini kami orang tua murid/wali dari:

Nama        : Divana Galih Yosrosuryo

Siswa        : Kelas 7A SMP N 2 Taliburung

Alamat        : Jalan Hutama no. 7, Surabaya

Dengan adanya surat ini kami memberitahukan bahwa putra kami tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasa pada hari Senin, 14 Februari 2018 dikarenakan sakit muntaber yang menyebabkan putra kami harus dirawat di rumah sakit. Oleh sebab itu kami mengharapkan izin dari Bapak/Ibu Wali Kelas 7A agar anak tersebut tidak masuk sekolah sampai sembuh dari penyakitnya. Berikut kami lampirkan surat keterangan dari dokter di rumah sakit tempat Divana dirawat.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya, atas izin yang Bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua Divana Galih Yosrosuryo

Contoh surat izin tidak berangkat sekolah karena sakit 2

Magetan, 30 April 2016

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI B

SMP N 3 Magetan

Di tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama        : Diyah Ananda Solehah

Kelas        : XI B

Alamat        : Jalan Purnama no. 4 RT/W 09/54 Magetan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di kelas seperti biasanya pada hari ini, Sabtu 30 April 2016 dikarenakan sedang mengalami sakit demam. Oleh karena itu saya berharap Bapak/Ibu bisa memberikan izin Diyah untuk tidak masuk sekolah hingga kondisi kesehatannya memungkinkan untuk berangkat sekolah seperti biasa.

Demikian surat izin ini saya buat, atas pemberian izin dan juga perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua/wali murid

Aji Pangestu

Contoh surat izin sekolah karena ada acara keluarga

Contoh surat izin berikut ini masih untuk lingkungan sekolah yang memohonkan izin agar anak tidak mengikuti kegiatan sekolah karena ada urusan keluarga. Kadang, adanya urusan keluarga memang tidak bisa ditinggal apalagi jika misalnya acara keluarga yang dimaksud menyebabkan orang tua harus bepergian ke luar kota sementara anak yang masih sekolah usianya masih terlalu dini untuk ditinggal di rumah sendirian. Izin karena alasan acara keluarga masih bisa diterima untuk tidak masuk sekolah asalkan durasi absen anak tidak terlalu lama, dan jika ada perpanjangan waktu orang tua bisa berkomunikasi dengan guru untuk memberitahu mengenai kondisi mengapa anak tidak bisa masuk sekolah untuk sementara waktu. Ini dia contoh surat izin resmi untuk anak yang berhalangan masuk sekolah karena acara kepentingan keluarga.

surat izin ke sekolah acara keluarga

Jakarta, 13 Januari 2019

Hal: Surat izin tidak masuk sekolah

Yth. Bapak/Ibu Guru SMAN 78 Jakarta

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua murid dari:

Nama        : Budi Susanto

Kelas         : XI IPS 3

Ingin memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan  pelajaran seperti biasa mulai dari tanggal 13 Januari hingga tanggal 14 Januari  karena ada acara keluarga yang tidak bisa ditinggal di luar kota.

Demikian surat ini saya buat semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Davis Lukman

Contoh surat keterangan tidak masuk sekolah karena lomba

Pada contoh surat izin kali ini, alasan seorang siswa tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa adalah karena ia memiliki tugas sebagai peserta lomba mewakili sekolahnya untuk maju melawan peserta dari sekolah lain. Dalam isi surat diinformasikan mengenai waktu perlombaan serta disertakan surat lampiran tanda keikutsertaan siswa tersebut agar antara guru yang mengajar dengan pihak sekolah sama-sama tahu mengenai kondisi siswa tersebut berhalangan hadir di kelas. Surat izin tidak masuk seperti ini cukup sering ditemui karena biasanya setiap sekolah memang sering mengirimkan siswanya untuk mengikuti perlombaan tertentu. Waktu lomba pun tidak diadakan di waktu libur sehingga mau tidak mau siswa yang jadi peserta lomba harus meninggalkan kelasnya untuk sementara. Ini dia referensi bagaimana cara membuat surat izin yang pas untuk siswa peserta lomba.

Banten, 18 November 2017

Hal        : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Lampiran    : 1 lembar

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Kelas 6A

SDN 5 Banten

Di tempat

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari:

Nama        : Adrianus Stefan Darto

Kelas        : 6A SDN 5 Banten

Alamat        : Komplek Perumahan Kurnia Village Blok H no. 4, Banten

Bermaksud untuk menginformasikan kepada Bapak/Ibu Guru bahwa Adrian tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di kelas seperti biasa pada tanggal 18 November 2017 karena Adrian akan mewakili sekolah untuk mengikuti lomba “English Spelling For Elementary School” yang diadakan oleh LIA English School pada tanggal tersebut. Bersama dengan surat ini saya sertakan lampiran fotokopi bukti pendaftaran Adrian untuk mengikuti lomba tersebut.

Demikian surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

Veronica Anandi Darto

Contoh surat izin tidak masuk kuliah yang baik

Untuk contoh surat izin kali ini ditujukan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu di lingkungan perguruan tinggi. Sistem yang dimiliki perguruan tinggi dengan sekolah jauh berbeda di mana aturan keabsenan mahasiswa di kelas kuliah lebih ketat dibandingkan dengan tingkat sekolah. Jumlah izin yang bisa digunakan seorang mahasiswa dalam satu semester sangat terbatas dan harus dengan alasan yang jelas. Jika mahasiswa tidak masuk kelas melebihi dari jumlah jatah absen yang diberikan atau karena surat izinnya tidak diterima karena alasan yang tidak diperkenankan, biasanya konsekuensi yang diberikan adalah mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti ujian akhir semester.

Berikut adalah surat izin kuliah yang dibuat karena mahasiswa sedang sakit. Untuk surat izin kuliah sakit biasanya aturannya adalah menyertakan surat keterangan dokter yang sah. Biasanya surat izin bisa diberikan kepada pihak kampus maksimal 3 hari setelah absen karena data absen biasanya diinput ke sistem seminggu sekali. Oleh karena itu jika ada kondisi darurat, surat izin bisa diberikan setelah kondisinya memungkinkan. Seperti pada contoh surat izin di bawah ini yang suratnya ditulis dan diberikan satu hari setelah penulis surat harus masuk rumah sakit. Dengan demikian absensi yang tadinya kosong bisa diganti menjadi izin sakit oleh pihak kampus.

Contoh surat izin tidak masuk kuliah

Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah

Yth. Bapak Yanto Jumadi

Administrasi Bagian Pengajaran Departemen Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan

Universitas Airlangga Surabaya

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama            : Hanafi Anggia Putri

NIM            : 131129203918

Prodi            : Kesehatan

No. Telepon        : 082837819209

Bermaksud untuk meminta izin tidak mengikuti kegiatan perkuliahan dari tanggal 13 Maret – 16 Maret 2018 dikarenakan sedang dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih karena diare yang menyebabkan saya harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Bersama dengan surat ini saya lampirkan surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan perkuliahan seperti biasa.

Demikian surat ini saya buat semoga bisa menjadi surat pemberitahuan yang berguna. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Surabaya, 14 Maret 2018

Hormat saya,

Hanafi Anggia Putri

Contoh surat izin tidak masuk kerja yang profesional

Contoh surat izin berikut ini adalah surat formal yang diberikan ketika berhalangan masuk kerja. Sama halnya dengan mahasiswa, seorang karyawan pun memiliki jatah cuti tahunan yang bisa digunakan untuk kapan saja tanpa harus dipotong gajinya. Di luar jatah cuti tersebut jika ada kondisi yang tidak memungkinkan seseorang untuk masuk kerja dan tidak bisa ditinggal, maka ia bisa mengajukan surat permohonan izin kepada bagian kepegawaian  untuk menunjukkan itikad baik dan keprofesionalan seorang pegawai.

Cara membuat surat izin tidak masuk kerja adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan dan format yang jelas. Nyatakan dengan jelas siapa nama karyawan yang ingin izin, nomor kepegawaian, jabatan, dan informasi lainnya. Sampaikan maksud izin dengan baik dan jelas jika perlu lampirkan juga surat keterangan yang bisa mendukung alasan Anda seperti surat keterangan dokter atau surat keterangan resmi lain yang dibuat oleh pihak berwenang. Masukkan surat ke dalam amplop yang rapi kemudian serahkan kepada yang berwenang dalam hal kepegawaian atau kepada atasan Anda. Jika mengirim surat izin menggunakan email maka tuliskan pada bagian subjek maksud dari email Anda kemudian isi badan email dengan surat izin resmi seperti ketika menulis surat di kertas.

Contoh surat izin tidak masuk kerja Rumah Sakit

Kepada Yth.

Kepala UPT Rumah Sakit Kedungkandang

Di Kedungkandang

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : I Wayan Agusnaim

NIK        : 1527391826339

Jabatan        : Bidang Koordinator Puskesmas

Alamat        : Jalan Kebaktian, Kedungkandang

Dengan ini saya ingin mengajukan surat izin tidak masuk kerja terhitung mulai tanggal 12 Januari  – 14 Januari 2018 untuk menghadiri acara pernikahan anak pertama saya di Bandung.

Demikian surat ini saya sampaikan agar bisa digunakan semestinya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Kedungkandang, 10 Januari 2018

Hormat saya,                                        Mengetahui,

I Wayan Agusnaim                                        Saiful Abdi Gunawan

—————————-                                 —————————

1527391826339                                16702037280283

Contoh surat izin tidak masuk kerja Guru

Kudus, 20 Maret 2017

Hal        : Permohonan izin tidak masuk kerja

Lampiran    : 1 lembar

Kepada Yth.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Kudus

Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Jamaluddin Akbar, S.pd

Alamat        : Papringan, RT/RW 02/04, Kaliwungu, Kudus, 59361

Jabatan        : Guru Pengampu Teknik Kelistrikan Kelas 9

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan tidak masuk kerja selama 3 hari terhitung mulai tanggal 21 Maret hingga 23 Maret 2017 dikarenakan mengikuti pelatihan Sertifikasi Guru SMK di Semarang. Sebagai bukti partisipasi saya sebagai peserta, bersama dengan surat izin kerja ini saya lampirkan fotokopi undangan.

Demikian surat ini saya sampaikan agar bisa menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jamaluddin Akbar, S.pd

Contoh surat izin kepada orang tua untuk kegiatan organisasi

Contoh surat izin di bawah ini adalah surat permohonan izin yang ditujukan kepada orang tua, dari organisasi yang diikuti oleh anaknya, meminta izin untuk bisa mengikuti kegiatan organisasi yang menyebabkan anak tidak bisa mengikuti kegiatan sekolah atau harus menginap di luar rumah. Meminta izin kepada orang tua dengan menggunakan surat seperti ini adalah etika baik dari organisasi karena anak sekolah masih berada di bawah pengawasan orang tua sehingga wajib untuk meminta izin kepada orang tua jika ingin melibatkan anaknya dalam kegiatan organisasi baik menginap atau tidak, atau bahkan ketika dilakukan di masa liburan.

Dalam contoh surat ijin orang tua di bawah ini disebutkan dengan jelas nama organisasi yang mengundang anak, apa acaranya, kapan acara diadakan, serta maksud dan tujuan dari permintaan izin. Dengan demikian orang tua memiliki informasi mengenai keberadaan anak seharusnya dari tanggal yang disebutkan sehingga orang tua bisa merasa lebih aman. Meski surat permohonan izin tersebut biasanya hanya formalitas namun formalitas tersebut bisa jadi sarana untuk menjaga hubungan baik antara organisasi dengan para orang tua yang mempercayakan anaknya.

Contoh surat izin siswa untuk ikut kegiatan organisasi 1

Forum Komunikasi Paskibraka Sekolah (FKPS)

Kecamatan Banjarbaru Kabupaten Nganjuk

Jalan Raya Puncak – Sekarsari Km 24 54720

Nomor    : 010/5277/FKPS-BJS/2018

Lampiran    : 2 halaman

Hal    : Permohonan izin mengikuti kegiatan pengibadaran bendera merah putih

Kepada,

Yth. Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid

Di tempat

Kami selaku Komunitas Paskibraka Sekolah akan mengadakan acara kegiatan latihan pengibaran bendera Merah Putih tingkat Kecamatan Banjarbaru dalam rangka persiapan upacara bendera Dirgahayu Republik Indonesia 17 Agustus 2018 yang akan diadakan di lapangan Kantor Kecamatan Banjarbaru. Selain latihan pengibaran bendera Merah Putih, acara juga akan diisi dengan Latihan Dasar Kepemimpinan kepada para peserta.

Adapun pelaksanaan acara akan diselenggarakan pada:

Waktu        : 12 – 15 Juli 2018

Jam kumpul    : 07.30 WIB

Tempat        : Asrama Haji Kecamatan Banjarbaru

Menyangkut pentingnya kegiatan ini kami mohon kepada Bapak/Ibu orang tua/wali murid untuk memberikan izinnya kepada putra/i yang menjadi peserta pelatihan untuk melakukan kegiatan tersebut. Berikut kami lampirkan jadwal pelatihan dan LDK selama 4 hari.

Demikian yang bisa kami sampaikan jika ada kesalahan penulisan maupun kekurangan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Banjarbaru, 11 Juli 2018

Hormat kami,                                        Mengetahui,

Sekretaris Umum FKPS                                Ketua Umum FKPS

Ariatna Affanti                                    Sudrajat Amin

Tembusan:

  1. Camat Banjarbaru
  2. Kapolsek Banjarbaru
  3. Danramil Banjarbaru
  4. Bapak Kepala Sekolah

Contoh surat izin siswa ikut kegiatan organisasi 2

SMK 3 Pembangunan

Donotirto, Jatipura, Jombang, Jawa Timur

(0256) 678928728

Jombang, 5 Mei 2010

Hal        : Permohonan izin mengikuti kegiatan sekolah

Lampiran    : 2 halaman

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Orang tua/wali murid

Anggota Ekskul Teater Sapu Jagad

SMK 3 Pembangunan Jombang

Dengan hormat,

Kami selaku pengurus ekstrakurikuler Teater Sapu Jagad SMK 3 Pembangunan  akan mengadakan acara malam keakraban bagi anggota baru ekskul teater yang terdiri dari siswa kelas IX SMK 3 Pembangunan. Acara diadakan untuk mengenalkan anggota baru dengan anggota ekskul yang lain, kepada sutradara dan juga kepada tim anggota teater yang lainnya. Acara akan diselenggarakan pada:

Tanggal    : 10 Mei – 11 Mei 2010

Waktu        : 16.00  WIB – selesai

Tempat        : SMK 3 Pembangunan

Sehubungan dengan acara tersebut kami meminta izin kepada Bapak/Ibu orang tua/wali murid untuk keikutsertaan putra/putri Bapak/Ibu yang sudah terdaftar sebagai anggota baru ekstrakurikuler Teater Sapu Jagad dalam acara tersebut. Berikut kami lampirkan daftar nomor panitia penyelenggara acara yang bisa dihubungi dan juga jadwal kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari 1 malam.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,                                    Mengetahui,

Ketua Teater Sapu Jagad                    Pembina Teater Sapu Jagad

Jihan Fadilla Sabid                        Khusnan Abdul Salim

Tembusan:

  1. Kepala Sekolah SMK 3 Pembangunan
  2. Kesiswaan Sekolah SMK 3 Pembangunan

Contoh surat permohonan izin menggunakan tempat untuk acara

Contoh surat izin berikut ini adalah referensi untuk meminta izin menggunakan gedung atau tempat tertentu untuk mengadakan sebuah acara. Ketika ingin mengadakan acara Anda tentunya membutuhkan tempat dengan kapasitas yang cukup dan begitu ketemu tempat yang pas, langkah selanjutnya adalah mengurus perizinan agar boleh menggunakan tempat tersebut sesuai dengan tanggal acara. Tidak hanya untuk meminta izin kepada pemilik atau pengelola tempat, menulis surat izin juga berfungsi sebagai alat pemesanan tempat tersebut agar tidak digunakan oleh acara lain ketika hari H. Surat permohonan izin bisa ditujukan kepada pengelola tempat atau gedung yang ingin digunakan, bisa juga dilengkapi dengan izin kepada kepolisian setempat apalagi jika acaranya berupa acara keramaian.

Contoh buat surat izin menggunakan tempat 1

Komunitas Yamaha NMax Club Yogyakarta

Jalan Affandi No. 15 Yogyakarta 55281

(0274) 4577822

Sleman, 23 April 2018

Hal        : Permohonan izin menggunakan gedung

Lampiran    : –

Kepada,

Yth. Kepala Administrasi PT Angkasa Pura Yogyakarta

Di tempat

Dengan hormat,

Kami selaku panitia Komunitas Yamaha NMax Club Yogyakarta memberitahukan akan mengadakan acara rapat perencanaan touring Jawa – Lombok dan buka bersama seluruh anggota komunitas dan panitia penyelenggara, yang akan diselenggarakan pada:

Tanggal        : 18 Juni 2018

Waktu            : 13.00 – 19.00 WIB

Tempat            : Gedung Serba Guna Adisucipto

Berhubungan dengan tempat diselenggarakannya acara, kami memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala untuk meminjam gedung tersebut selama terselenggaranya acara hingga selesai.

Demikian surat permohonan izin ini kami buat, atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,                                    Mengetahui,

Hanantia Khasanah                            Joanes Putra Khalid

Sekretaris panitia                            Ketua panitia

Contoh buat surat izin menggunakan tempat 2

Bantul, 13 September 2018

Kepada Yth.

Pembina Klub Basket SMA Muhammadiyah1 Bantul

Di tempat

Dengan hormat,

Saya selaku pembina Pasukan Baris-Berbaris SMA Muhammadiyah 1 Bantul  dengan ini memohon izin kepada klub basket untuk  meminjamkan lapangan basket pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu selama satu minggu yang akan digunakan untuk kepentingan latihan rutin menjelang perlombaan PBB  yang akan diadakan dalam jangka waktu 2 minggu lagi. Lapangan upacara yang biasa kami gunakan untuk latihan saat ini sedang dalam masa perbaikan sehingga tidak bisa digunakan untuk latihan seperti biasa.

Demikian surat izin ini saya buat semoga bisa jadi pengertian untuk semua anggota klub basket SMA Muhammadiyah 1 Bantul, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Pembina PBB SMA Muhammadiyah 1 Bantul

Alif Lukmansyah

Demikian adalah beberapa contoh surat izin yang bisa digunakan untuk memohonkan izin ketidakhadiran sendiri maupun orang lain, maupun untuk izin yang lain seperti yang dicontohkan di atas. Dalam menulis surat izin yang paling penting adalah izin memiliki alasan yang jelas, disampaikan dengan sopan, dan jika perlu dilampirkan bukti yang bisa memvalidasi alasan izinnya seseorang. Surat izin kemudian ditandatangani oleh pihak yang berkepentingan atau yang memiliki wewenang untuk meloloskan surat izin tersebut terutama dalam lingkungan yang lebih formal. Pastikan surat izin diserahkan kepada pihak yang tepat sesuai dengan tujuan dari dibuatnya surat izin tersebut.

/* */