Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Baru Untuk Berbagai Perusahaan Dan Lulusan

Contoh surat lamaran kerja berikut ini bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan di berbagai macam perusahaan. Membuat surat lamaran yang baik, sopan, dan sesuai dengan kaidahnya akan memberikan kesan pertama yang cukup baik bagi perusahaan untuk mengundang Anda melakukan tes atau wawancara sebagai tahapan seleksi selanjutnya.

Bekerja di perusahaan yang baik tentu bisa menjadikan kehidupan Anda nantinya lebih baik pula baik yang baru pertama kali melamar pekerjaan maupun yang ingin pindah dari perusahaannya saat ini. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa jadi panduan kemudian sesuaikan dengan data diri Anda sendiri.

Contoh surat lamaran kerja umum untuk perusahaan apapun

Contoh surat lamaran di bawah ini adalah lamaran yang bisa digunakan untuk perusahaan apapun maupun untuk melamar kerja di tempat kerja apapun selain perusahaan. Anda cukup mengganti nama perusahaan atau nama tempat Anda melamar pekerjaan, posisi yang ingin dilamar,  dan juga data diri. Surat ini merupakan surat pengantar atau surat pembuka bagi staff di perusahaan yang Anda lamar sebelum melihat informasi pelamar lebih lengkap melalui dokumen yang dilampirkan.

Medan, 23 Mei 2016

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala PT Ayam Sejahtera

Medan

Dengan hormat,

Saya mendapatkan informasi dari surat kabar Medan News bahwasanya PT Ayam Sejahtera sedang membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu saya berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dengan posisi sebagai Staff Administrasi Keuangan.

Berikut adalah informasi mengenai data diri saya:

Nama                : Ajib Setiawan

Alamat                : Jalan Bunga no. 76

Tempat dan tanggal lahir    : Medan, 24 Januari 1988

Pendidikan Terakhir        : S1 Akuntansi

No. Telepon            : 0897665434

Saya memiliki pengalaman dalam berorganisasi di kampus, serta bisa membuat laporan keuangan dengan rapi dan bekerja tepat waktu. Saya memiliki kondisi badan dan rohani yang sehat, serta memiliki keinginan yang besar untuk bisa berkontribusi terhadap perusahaan. Besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Bersama dengan surat lamaran kerja ini saya lampirkan riwayat hidup serta dokumen lain yang disyaratkan dalam pengumuman di surat kabar tersebut.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Ajib Setiawan)

Contoh surat lamaran kerja di PT baik swasta maupun BUMN

Cara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan swasta maupun BUMN yang baik dan benar adalah pastikan bahasa yang digunakan merupakan bahasa baku, tidak berbelit-belit namun juga menunjukkan beberapa kelebihan Anda yang bisa berguna bagi posisi pekerjaan yang dilamar.

Untuk informasi mengenai kemampuan dan keahlian yang Anda miliki bisa dinyatakan dengan lampiran dokumen misalnya menyertakan sertifikat-sertifikat kualifikasi yang Anda miliki untuk menambah nilai plus di mata perusahaan. Ini contoh surat lamaran kerja untuk melamar di PT

Surabaya, 10 November 2017

Kepada Yth.

Kepala Bagian Personalia PT Hutami Bangsa

Jl. Apel No. 27, Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah:

Nama             : Suparman

Alamat            : Jl Madura no. 17

Tempat, tanggal lahir    : Kediri, 31 April 1991

Jenis kelamin        : Perempuan

Pendidikan terakhir    : S1 Psikologi

No. Telepon        : 081234562789

Berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan PT Hutami Bangsa sebagai Staff HRD. Sesuai dengan syarat untuk posisi tersebut, saya merupakan lulusan S1 Psikologi dari Universitas Gajah Mada angkatan 2009 dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, mampu mengoperasikan komputer dan internet, serta memiliki niat yang tinggi untuk belajar dan bekerja keras di perusahaan Bapak/Ibu. Bersama dengan surat lamaran ini saya lampirkan dokumen data diri yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Pas foto terbaru berwarna 4 x 6 2 lembar
  2. Daftar riwayat hidup paling baru
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi ijazah S1
  6. Sertifikat TOEFL yang masih berlaku.

Dengan lamaran kerja ini besar harapan saya untuk bisa dipanggil melakukan tahapan seleksi rekrutmen selanjutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Suparman)

Contoh membuat surat lamaran kerja untuk bank

Bank adalah salah satu jenis perusahaan yang cukup rajin membuka lowongan kerja yang ada hampir di setiap bursa lowongan kerja. Bank banyak cukup banyak membuka lowongan kerja untuk posisi di manajemen maupun di posisi entry level untuk para SDM yang baru lulus kuliah alias fresh graduate.

Cara buat lamaran kerja untuk bekerja di bank adalah buat surat seprofesional mungkin, perhatikan ejaannya jangan sampai ada yang salah, dan sebutkan nama bank yang akan dilamar bukannya bersifat umum.

Kepada Yth.

HRD Bank BRI Cabang Magelang

Jalan Ilalang no. 123

Magelang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari acara Job Fair tanggal 3 Maret 2018, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Management Development Program di Bank BRI Cabang Magelang. Berikut adalah data diri saya.

Nama             : Hutami Aisyah

Alamat            : Jalan Belalang no. 32

Tempat, tanggal lahir    : Surabaya, 12 April 1990

Jenis kelamin        : Perempuan

Status            : Belum menikah

Pendidikan terakhir    : S1 Teknik Sipil Universitas Gajah Mada

Berikut bersama dengan surat lamaran ini saya lampirkan dokumen mengenai data diri, riwayat hidup, serta nilai IPK kelulusan saya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu mengenai lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Magelang, 4 Maret 2018

Hormat saya,

(Hutami Aisyah)

Contoh bikin surat lamaran kerja langsung ke perusahaan

Banyak orang menemukan lowongan pekerjaan dari acara bursa kerja atau job fair yang banyak diadakan di berbagai macam tempat dengan puluhan perusahaan yang sedang mencari karyawan baru.

Ada juga yang menemukan informasi lowongan kerja melalui surat kabar atau melalui pesan berantai di media sosial. Tapi Anda juga bisa memasukkan surat lamaran kerja umum langsung ke perusahaan meski tidak tahu apakah di perusahaan tersebut sedang mencari karyawan baru atau tidak. Tidak ada salahnya mencoba, agar memiliki kesan yang baik buatlah surat lamaran dengan cara yang baik pula, berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik.

Perihal: Lamaran pekerjaan

Semarang, 15 Mei 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan PT Arta Sejahtera

di Semarang

Dengan hormat,

Saya Muhammad Ismail, lulusan S1 Sastra Inggris ingin melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu di posisi yang tersedia di perusahaan sesuai dengan latar belakang pendidikan saya. Saat ini saya beralamat di Kudus dan bersedia ditempatkan di perusahaan Bapak/Ibu di kota mana saja apabila diterima bekerja. Saya lahir di Semarang pada tanggal 13 Mei 1989 dengan pengalaman kerja 6 bulan magang di perusahaan PT Adiputra sebagai staff event organizer. Saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris pasif dan aktif yang cukup baik, mampu bekerja di bawah tekanan, dan berpengalaman dalam berkomunikasi dengan klien.

Bersama dengan surat permohonan kerja ini saya lampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan Bapak/Ibu sebagai bahan pertimbangan untuk proses seleksi selanjutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Muhammad Ismail)

Contoh surat lamaran kerja tulisan tangan yang rapi

Beberapa perusahaan tertentu dengan tahapan seleksi yang lebih ketat kadang mensyaratkan pelamarnya untuk menulis surat permohonan kerja dengan tulisan tangan. Hal ini dilakukan karena tulisan tangan Anda pun bisa menjadi sesuatu untuk melihat kepribadian dan karakter yang dimiliki. Tulisan tangan juga sulit untuk dimanipulasi sehingga orang akan susah untuk memalsukan karakternya dengan mengatur tulisan tangannya sendiri, makanya tulisan tangan dianggap sebagai salah satu faktor penentu karakter seseorang yang lebih akurat selain melakukan tes-tes psikologis.

Berikut adalah contoh menulis surat lamaran kerja yang bisa Anda tulis secara manual. Pastikan setiap huruf bisa dibaca dengan jelas, gunakan pulpen dengan tinta yang masih bagus sehingga tidak ada tulisan yang terputus atau ditebalkan, dan sebaiknya gunakan pulpen dengan tinta hitam di atas kertas yang putih.

Yogyakarta, 11 Juni 2019

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

HRD PT Besi Dan Baja

di Sleman

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan lowongan pekerjaan PT Besi Dan Baja di halaman situs Jogjalowker.com, perkenankan saya untuk mengajukan surat permohonan kerja untuk posisi sebagai Staff Admin di perusahaan Bapak/Ibu. Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama            : Hadijah Jubaedah

Tempat, tanggal lahir    : Jakarta, 11 Mei 1988

Pendidikan Akhir    : D3 Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan tahun 2012

Alamat            : Jalan Affandi no. 11, Depok, Sleman, Yogyakarta

E-mail            : hadidjaa267@gmail.com

No. Telepon        : 08765436789

Status            : Sudah menikah

Saya lulus dengan IPK 3,02 di tahun 2015 dan telah memiliki pengalaman kerja sebagai staff admin gudang di perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris pasif dan mahir dalam menggunakan MS Excel. Saya juga memiliki pekerjaan lepas waktu sebagai pembuat logo bagi perusahaan maupun usaha-usaha yang membutuhkan logo untuk brand-nya. Saya mampu bekerja dalam tim dengan baik serta bisa bekerja sendiri secara efisien. Bersamaan dengan surat lamaran tulisan tangan ini saya lampirkan dokumen-dokumen penting seperti:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi sertifikat TOEFL 2018

Saya berharap surat lamaran ini bisa diterima dan dipertimbangkan Bapak/Ibu untuk memanggil saya di tahapan seleksi berikutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Hadijah Jubaedah)

Contoh surat lamaran kerja di toko untuk lulusan SMA/sederajat

Contoh surat lamaran kerja di bawah ini cocok untuk Anda yang memiliki latar belakang pendidikan terakhir lulusan SMA atau sederajat dan belum memiliki pengalaman kerja profesional sebelumnya.

Lulusan SMA pun bisa membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan dengan kualitas yang bagus. Buat bahasa surat lamaran Anda profesional, sebutkan beberapa macam keahlian dan keunggulan yang dimiliki namun jangan terlalu teknis agar surat lamaran tidak terlalu panjang.

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar adalah dengan memastikan informasi yang ingin disampaikan bisa ditulis hanya dalam satu halaman saja. Jika belum memiliki keahlian atau kemampuan khusus juga tidak masalah, sampaikan jika Anda ingin bekerja dengan keras dan siap untuk belajar.

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pengelola Toko Sehat Abadi

Jalan Kayu Emas, Pandeglang

Banten

Dengan hormat,

Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di toko Bapak/Ibu sebagai pramuniaga toko sesuai dengan lowongan yang diumumkan. Berikut adalah data diri saya.

Nama            : Arif Galuh

Alamat            : Jalan Puyuh No. 99, Banten

Tempat, tanggal lahir    : Bandung, 23 Januari 1996

Pendidikan terakhir    : SMK 4 Banten jurusan Tata Boga

Telepon        : 0834678907

Jenis Kelamin        : Perempuan

Status            : Belum menikah

Saya merupakan lulusan SMK dengan jurusan Tata Boga yang lulus tahun 2014 dan belum memiliki pengalaman kerja di tempat manapun. Keahlian yang saya miliki saat ini adalah membuat kue-kue kering dan mengoperasikan komputer dengan program-program MS Word dasar. Meski belum memiliki pengalaman kerja namun saya memiliki keinginan kuat untuk belajar agar bisa menjadi karyawan yang baik di toko Bapak/Ibu.

Demikian surat ini saya buat bersama dengan lampiran dokumen daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, dan juga fotokopi KTP bersama dengan pas foto terbaru, agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Banten, 17 Februari 2015

Hormat saya,

(Arif Galuh)

Contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di toko

Anda tentu sering melihat pengumuman lowongan kerja yang dipasang di bagian depan sebuah toko waralaba minimarket lengkap dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Pada contoh surat lamaran kerja di bawah ini, pelamar menyebutkan di mana ia mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Informasi ini penting bagi HRD atau bagian personalia dari perusahaan tersebut sebagai data dari mana saja pelamar datang melamar ke sebuah perusahaan, apakah dari pengumuman yang ditempel, dari situs pencari kerja, dari bursa kerja, dari informasi mulut ke mulut, dan sebagainya.

Oleh karena itu menyebutkan di mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan bisa  membantu pekerjaan HRD dan siapa tahu jadi nilai plus untuk lamaran Anda. Ini dia contoh surat lamaran kerja menarik yang bisa Anda tiru.

Sleman, 23 November 2018

Perihal: Lamaran lowongan pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT Indomarco Prismatama

di Sleman

Dengan hormat,

Saya, Jamadi Sulaeman, bermaksud untuk melamar lowongan pekerjaan sebagai supir di perusahaan PT Indomarco Prismatama. Informasi lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu saya dapatkan dari pengumuman yang ditempel di toko minimarket Indomaret di daerah Depok, Sleman. Berikut adalah data diri saya.

Nama             : Jamadi Sulaeman

Tempat, tanggal lahir    : Bantul, 23 Juli 1986

Alamat            : Jalan Melati No. 46, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Pendidikan terakhir    : SMK 3 Banguntapan jurusan Elektro

No. Telepon        : 08367890256

Status            : Sudah menikah

Sesuai dengan dokumen yang disyaratkan dalam pengumuman lowongan pekerjaan tersebut, bersama dengan surat permohonan lamaran kerja ini saya lampirkan:

  1. Pas foto terbaru 4 x 6 2 lembar
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi SKCK yang masih berlaku
  4. Fotokopi ijazah
  5. Fotokopi SIM A dan SIM C

Saya belum memiliki pengalaman sebagai seorang supir namun memiliki kemampuan mengendarai mobil maupun sepeda motor dengan baik dan tertib. Saya siap untuk bekerja keras dan bekerja dalam sistem shift untuk penempatan di area Sleman. Demikian surat lamaran ini saya buat semoga bermanfaat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Jumadi Sulaeman)

Contoh surat lamaran kerja guru honorer atau non-PNS

Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja bagi Anda yang ingin memiliki profesi sebagai guru sekolah melalui jalur non-PNS.

Untuk menjadi seorang guru sekarang tidak cukup hanya memiliki gelar sebagai sarjana pendidikan karena pemerintah telah menetapkan aturan bagi tenaga kerja yang ingin menjadi guru maka harus memiliki sertifikat profesi yang menyatakan kelayakan tenaga kerja tersebut sebagai guru sekolah.

Sertifikat profesi ini bisa didapatkan dengan cara menempuh pendidikan tambahan setelah lulus sarjana pendidikan yang biasanya berlangsung selama 2 semester atau 1 tahun. Berikut adalah contoh menulis surat lamaran kerja untuk posisi sebagai guru pengajar.

Malang, 18 April 2018

Perihal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak Mugiono

Kepala Sekolah SMP N 2 Malang

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Sukeja

Alamat            : Jalan Sukarela no. 67, Batu, Malang

Tempat, tanggal lahir    : 12 Mei 1991

No. Telpon        : 08456891902

E-mail            : sukedja232@gmail.com

Status            : Belum menikah

Bermaksud untuk melamar sebagai guru bahasa Inggris di sekolah yang Bapak pimpin. Pendidikan terakhir saya adalah Sarjana Pendidikan dari Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta dan telah menempuh pendidikan profesi guru lengkap dengan sertifikat profesi guru sebagai syarat untuk menjadi tenaga pengajar di SMP N 2 Malang. Saya memiliki pengalaman mengajar sukarela di sebuah organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan sebagai pengajar bahasa Inggris selama 8 bulan. Besar harapan saya untuk dipanggil menjadi tenaga pengajar di SMP N 2 Malang.

Bersama dengan surat lamaran lengkap ini saya sertakan lampiran dokumen yang dibutuhkan untuk proses seleksi. Demikian surat ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Sukeja)

Contoh surat lamaran kerja yang bagus untuk menjadi penyiar

Mencari pengalaman kerja bisa dimulai bahkan sebelum Anda lulus kuliah. Salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan mahasiswa adalah menjadi penyiar di radio lokal.

Contoh surat lamaran kerja satu ini akan memberikan gambaran bagi Anda yang berniat untuk melamar menjadi penyiar di sebuah radio yang membuka lowongan. Untuk menjadi penyiar tentu dibutuhkan keahlian dalam berkomunikasi yang baik maka dari itu hal ini perlu ditonjolkan dalam surat lamaran pekerjaan resmi yang Anda kirim.

Surat lamaran untuk menjadi penyiar bisa dikirimkan via email bisa juga diserahkan langsung ke radio tempat Anda ingin menjadi penyiar. Berikut adalah contoh format lamaran kerja yang baik untuk Anda yang masih berstatus sebagai pelajar.

Hal: Lamaran pekerjaan                         Yogyakarta, 11 Mei 2019

Kepada Yth.

Pimpinan PT Swaragama Media

Swaragama FM 101,7

di Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan iklan yang disiarkan di Swaragama FM mengenai lowongan pekerjaan sebagai penyiar baru, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Ajima Mustika Putri

Tempat, tanggal lahir     : Surabaya, 12 Oktober 1998

Alamat    (kos)        : Perumahan Jalan Kaliurang no. 32, Jalan Kaliurang km 5,5. Depok, Sleman, Yogyakarta

Jenis kelamin        : Perempuan

Pendidikan terakhir    : SMA

Status            : Pelajar/belum menikah

No. Telepon        : 083456789014

Dengan ini mengajukan permohonan untuk menjadi penyiar di Swaragama FM. Saat ini saya masih berstatus sebagai pelajar di Universitas Gajah Mada mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Saya belum memiliki pengalaman sebagai public speaker  maupun penyiar, namun pernah mengikuti pelatihan sebagai public speaker dari kampus. Demikian surat lamaran ini saya buat, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk proses seleksi selanjutnya. Berikut saya lampirkan dokumen yang dibutuhkan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Ajima Mustika Putri)

Contoh surat lamaran kerja di kantor untuk fresh graduate

Banyak yang bingung bagaimana menulis surat lamaran yang bagus jika statusnya masih fresh graduate alias barusan lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja yang menarik untuk ditonjolkan. Tapi sebenarnya membuat surat lamaran yang bagus untuk fresh graduate tidak mustahil untuk dilakukan apalagi perusahaan yang mencari lulusan baru untuk masuk ke perusahaan juga akan melihat kualitas lain dari kandidat karyawan termasuk yang belum memiliki pengalaman.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa dicontoh strukturnya untuk Anda yang ingin berburu pekerjaan setelah lulus kuliah.

Jakarta, 11 September 2016

Kepada Yth.

Bagian Personalia PT Jangkar Timbang

Jl. Monginsidi no. 189

Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari harian koran Kompas edisi tanggal 9 September 2016, PT Jangka Timbang sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi penerjemah bahasa Jepang. Dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut. Berikut adalah data diri saya.

Nama            : Sumba Kala

Jenis kelamin        : Laki-laki

Tempat, tanggal lahir    : Padang, 12 November 1994

Pendidikan terakhir    : D3 Bahasa Jepang Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Alamat             : Jalan Bambu no. 89, Jakarta Selatan

No. Telepon        : 08256082790

Email            : sumba_kala@gmail.com

Saya memiliki sertifikat JLPT tingkat N3 yang memenuhi persyaratan sebagai penerjemah sesuai dengan pengumuman yang dipasang di surat kabar harian tersebut. Selain kemampuan bahasa Jepang, saya juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik dengan skor terakhir adalah 550. Bersama dengan surat lamaran kerja perusahaan ini, lampiran dokumen yang saya sertakan adalah:

  1. Daftar riwayat hidup paling baru
  2. Pas foto 4 x 6 berwarna 2 lembar
  3. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi sertifikat JLPT N3
  6. Fotokopi sertifikat TOEFL
  7. Fotokopi SKCK

Saya berharap surat ini dan lampiran dokumen yang disertakan bisa bermanfaat bagi Bapak/Ibu untuk proses tahapan selanjutnya. Besar harapan saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Sumba Kala)

Dari beberapa contoh surat lamaran kerja di atas mana yang situasinya paling pas dengan situasi Anda sekarang?

Contoh surat di atas yang mana saja sebenarnya bisa diaplikasikan sesuai dengan situasi Anda yang mungkin berbeda dari yang ditulis, hanya tinggal disesuaikan saja penyusunan kata-katanya agar sesuai dengan kondisi serta kebutuhan perusahaan.

Surat lamaran kerja yang Anda buat setidaknya harus mengandung 3 hal penting , yaitu nama perusahaan, identitas diri, dan juga kelebihan serta keahlian yang Anda miliki, dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan jelas.

Untuk informasi selanjutnya perusahaan bisa membaca dari lampiran dokumen yang Anda sertakan. Menyerahkan surat permohonan lamaran kerja bisa dilakukan via email, bisa juga secara langsung saat ada acara bursa kerja, atau dikirim ke alamat kantor dengan dibungkus menggunakan amplop coklat yang tertutup.

Tinggalkan komentar