Contoh Terbaik Surat Pengunduran Diri Yang Sopan Dan Bisa Diterima Perusahaan

Contoh surat pengunduran diri – Ketika bekerja di sebuah perusahaan ada kalanya seseorang memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang telah menjadi tempatnya bekerja selama beberapa waktu. Macam-macam alasannya seseorang ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Ada yang ingin mendapatkan prospek karir yang lebih baik di perusahaan yang menurutnya lebih baik, ada yang mengundurkan diri karena perubahan statusnya misalnya karena sudah menikah maka ingin menjadi pengurus rumah tangga penuh waktu.

Ada juga yang mengambil keputusan mengundurkan diri dari perusahaan karena tidak cocok dengan rekan kerja di kantor, atasan tidak menghargai hasil kerja keras yang sudah dilakukan bahkan mengakui pekerjaan orang lain sebagai pekerjaannya sendiri, hingga mendapatkan perlakuan yang tidak pantas di tempatnya bekerja.

Bagi Anda yang ingin mengundurkan diri maka wajib untuk mengajukan surat resign kerja ke perusahaan.

Fungsi surat pengunduran diri kerja

Surat pengunduran diri adalah surat pendek yang menyatakan secara formal kepada perusahaan, atasan, dan juga rekan-rekan kerja bahwa Anda mengundurkan diri atau keluar dari perusahaan tersebut.

Surat ini diberikan kepada atasan dan/atau kepada HR di perusahaan Anda sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku. Biasanya, perusahaan memiliki kebijakan untuk mewajibkan karyawannya memberikan surat resign paling lambat satu bulan sebelum meninggalkan perusahaan.

Sebelum mengajukan pengunduran diri juga sebaiknya Anda cek kembali kontrak kerja yang disepakati bersama dengan perusahaan. Terutama untuk bagian kondisi-kondisi yang diperbolehkan bagi karyawan untuk mengundurkan diri.

Ada beberapa fungsi surat pengunduran diri dari jabatan, antara lain adalah:

  1. Sebagai syarat yang diwajibkan oleh perusahaan bagi karyawan yang ingin mengundurkan diri
  2. Perusahaan memiliki waktu untuk mempersiapkan proses rekrutmen untuk menggantikan posisi karyawan yang mengundurkan diri
  3. Menjaga hubungan baik antara karyawan yang mengundurkan diri dengan perusahaan, terutama jika karyawan tersebut membutuhkan surat rekomendasi untuk bekerja di perusahaan lain atau perusahaan tempat kerja yang baru menghubungi tempat kerja yang lama untuk bertanya mengenai performa karyawan tersebut.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam cara buat surat pengunduran diri adalah

menggunakan bahasa yang sopan, Anda bisa menjelaskan alasan mengapa ingin mengundurkan diri boleh tidak, tapi hindari menjelek-jelekkan orang atau pihak lain agar hubungan dengan perusahaan tetap baik.

Membuat surat pengunduran diri juga biasanya disertai dengan detail kapan akan meninggalkan perusahaan.

ucapan terima kasih kepada atasan dan pihak-pihak terkait atas kerjasamanya selama ini.

Contoh surat pengunduran diri

Contoh surat pernyataan pengunduran diri umum

Contoh surat pengunduran diri yang pertama berikut ini merupakan contoh yang umum untuk mengundurkan diri dari perusahaan maupun instansi lainnya.

Surat dibuat satu bulan sebelum karyawan berhenti dari pekerjaannya dan di dalamnya berisi mengenai permohonan maaf karena tidak bisa melanjutkan pengabdian di perusahaan tersebut tanpa menyebutkan alasan yang jelas mengapa mengundurkan diri.

Alasan untuk mengundurkan diri sebelumnya bisa Anda diskusikan terlebih dahulu kepada atasan maupun bagian HR karena seringkali alasan untuk pengunduran diri bisa dinegosiasikan sehingga karyawan tidak harus berhenti. Misalnya karena gaji yang dirasa tidak naik-naik.

Semarang, 10 Februari 2013

Kepada

Yth. Pimpinan PT Indo Maju Sejahtera

Semarang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : Ibnu Subiyanto

Alamat        : Jalan Pahlawan no. 4, Semarang, Jawa Tengah

Jabatan        : Bendahara Umum

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari pekerjaan  serta jabatan yang sedang saya pegang, terhitung tanggal 11 Maret 2013.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mendapatkan pengalaman yang berharga sebagai karyawan PT Indo Maju Sejahtera mulai dari karyawan baru hingga menempati posisi terakhir yang saya pegang ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para atasan, rekan kerja, dan juga semua pihak yang telah membantu, membimbing, serta bekerja sama dengan saya selama masa kerja saya di perusahaan ini.

Saya mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan selama bekerja di PT Indo Maju Sejahtera, serta saya juga mohon maaf bahwa saya tidak bisa melanjutkan masa kerja di perusahaan ini. Saya berharap PT Indo Maju Sejahtera bisa terus maju dan makin berkembang di masa yang akan datang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun . Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Tebusan: Bagian Informasi serta Kesekretariatan Kabag

Hormat saya,

Ibnu Subiyanto

Contoh surat resign hotel dengan alasan tertulis

Contoh surat pengunduran diri berikut ini merupakan contoh bagi karyawan hotel yang ingin mengundurkan diri dari posisi pekerjaannya. Pada surat ini tercantum bahwa alasan untuk mengundurkan diri adalah karena ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Melanjutkan sekolah adalah salah satu alasan yang cukup umum digunakan orang untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Karena tentu akan sulit untuk membagi waktu antara sekolah dengan pekerjaan harian terutama karena jadwal yang tidak memungkinkan untuk disandingkan. Meski ada juga program-program sekolah untuk karyawan di mana kelas bisa diambil pada malam hari atau secara online.

Cara bikin surat risen karena alasan pendidikan ini dibuat dengan bahasa yang lugas dan tidak banyak basa basi.

Malang, 2 Maret 2008

Kepada Yth.

Kepala Bagian HRD

Hotel Mulia Indah

Jl, Sukamundur, Malang, Jawa Timur

Nama        : Adrianus Bambang Hartono

Jabatan        : Manajer Restoran dan Kafe Hotel Mulia Indah

Alamat        : Jl. Janti no. 13, Malang, Jawa Timur

Melalui surat ini  saya hendak menyampaikan pengunduran diri saya sebagai Manajer Restoran dan Kafe di Hotel Mulia Indah terhitung pada tanggal 1 Mei 2008. Keputusan pengunduran diri ini saya buat karena saya hendak melanjutkan pendidikan pascasarjana atau S2 di Singapura pada bidang manajemen perhotelan. Keseluruhan tugas saya sebagai manajer untuk bagian restoran dan kafe akan tetap saya kerjakan dan selesaikan secara profesional dan bertanggung jawab sampai tanggal berhenti bekerja tersebut.

Kepada segenap pimpinan Hotel Mulia Indah saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudah menerima saya untuk bekerja di hotel ini selama 5 tahun sehingga saya memiliki pengalaman serta bekal yang berharga untuk melanjutkan karir saya di masa depan. Kepada segenap rekan kerja di Hotel Mulia Indah juga terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini, semoga semuanya sukses dan terus maju. Melalui surat ini saya juga ingin minta maaf karena sudah tidak bisa menjadi bagian dari lingkungan kerja Hotel Mulia Indah lebih lama lagi.

Demikian surat  permohonan pengunduran diri ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat saya,

Adrianus Bambang Hartono

Cara membuat surat resign kerja dengan tuntutan hak

Ada dua cara seorang karyawan bisa keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, dengan mengundurkan diri dan dikeluarkan dari perusahaan atau PHK. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam urusan hak yang wajib diberikan perusahaan kepada karyawan yang berhenti bekerja.

Contoh surat pengunduran diri di bawah ini merupakan contoh surat yang disertai dengan permintaan karyawan agar perusahaan tidak lupa untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan hak kepada karyawan yang mengundurkan diri. Tergantung dengan ketentuan dari perusahaan, berikut adalah contoh hak yang bisa didapatkan oleh karyawan yang mengundurkan diri:

  1. Uang pengganti cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur
  2. Uang pisah yang besarnya ditentukan oleh kesepakatan perusahaan
  3. Surat rekomendasi dari perusahaan sebagai pengantar untuk karyawan yang ingin melamar di perusahaan lain
  4. Dan hak-hak lain sesuai dengan yang tercantum di surat perjanjian kerja.

Bandung, 21 April 2013

Kepada Yth.

Kepala PT Kail Pancing Indah

Di Jalan Pramuka, Bandung

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya sebagai salah seorang buruh di PT Kail Pancing Indah, berdasarkan dari ketentuan surat kesepakatan bersama tentang karyawan serta berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, maka dengan segala hormat  saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Yuliana Affanti

Departemen    : Produksi

Jabatan        : Buruh pemasangan tali pancing

No. Karyawan     : 189002837392

Bermaksud hendak mengajukan surat pengunduran sebagai buruh di PT Kail Pancing Indah  karena ada alasan pribadi yang tidak bisa ditinggalkan. Surat ini dibuat berdasarkan pada prosedur hubungan industrial tanda ada tendesi maksud buruk apapun. Selanjutnya, saya berharap perusahaan bersedia untuk memahami surat permohonan pengunduran diri ini dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikian surat pengunduran ini saya buat tanpa adanya paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Yuliana Affanti

Contoh surat pengunduran tinggi yang baik dari organisasi

Contoh surat pengunduran diri tidak hanya digunakan untuk mengundurkan diri dari jabatan di perusahaan, bisa juga ada saatnya seseorang harus mengundurkan diri dari organisasi yang menjadi tempatnya aktif beraktivitas. Format surat resign untuk mundur dari keaktifan berorganisasi lebih luwes dibandingkan dengan pengunduran diri dari perusahaan.

Contoh di bawah ini adalah surat pengunduran diri dari organisasi kemahasiswaan yang diikuti dengan permohonan agar ketua organisasi segera mencari pengganti posisi yang lowong. Meski formatnya tidak terlalu formal jika dibandingkan dengan surat pengunduran diri untuk perusahaan, namun bahasa yang baik dan sopan tetap harus dijaga, menjaga nama baik diri sendiri, orang lain, serta organisasi karena surat pengunduran diri bisa dibaca oleh orang lain yang berkepentingan.

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Sebagai anggota dari Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Malang, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Sabrina Sulaeha

Jabatan        : Sekretaris Umum

Fakultas    : Ilmu Politik

NIM        : 141690865272

Alamat        : Jalan Beringin no. 7, Malang

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Malang dengan alasan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk menjalankan tugas sebagai Sekretaris Umum dan mengikuti agenda aktivitas BEM secara profesional.

Untuk memastikan agar roda organisasi BEM agar tetap berjalan, saya merekomendasikan kepada Ketua BEM agar segera mencari pengganti untuk menempati posisi yang lowong setelah Saya berhenti. Keputusan untuk menunjuk siapa yang layak untuk menjadi pengganti dan menempati posisi sebagai Sekretaris Umum BEM Saya serahkan sepenuhnya kepada organisasi.

Bersama dengan surat ini Saya ingin menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjabat sebagai Sekretaris Umum atau sebagai anggota BEM Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Malang secara umum selama 2 tahun ini pernah melakukan kesalahan baik maupun menyinggung orang lain.  Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota BEM  atas kerjasamanya yang baik selama ini.

Demikian surat permohonan resign ini saya buat, saya berharap agar semua pihak bisa memaklumi dan menerima alasan saya untuk mengundurkan diri dari BEM. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Malang, 13 Oktober 2018

Hormat Saya,

Sabrina Sulaeha

Contoh surat resign bank yang sopan

Contoh surat pengunduran diri selanjutnya adalah untuk referensi bagi karyawan bank yang ingin keluar dari perusahaan. Bisa mendapatkan pekerjaan di sebuah bank biasanya tidak mudah sehingga orang yang sudah bekerja di bank akan menetap dan menaiki tangga karirnya hingga mencapai posisi yang tertinggi yang bisa dicapainya. Tapi ada kalanya karyawan bank terpakasa harus mengundurkan diri misalnya karena alasan pribadi, atau ingin bekerja di bidang karir yang lain seperti misalnya wirausaha atau bekerja di bidang yang menurutnya lebih sesuai dengan panggilan jiwa.

Saat membuat surat notifikasi pengunduran diri bagi yang bekerja di perusahaan bank, alasan pengunduran diri bisa disebutkan di dalam surat bisa juga disampaikan secara tersirat atau tidak disampaikan sama sekali. Yang paling penting adalah tetap menjaga sopan santun dalam menyatakan pengunduran diri, bisa juga menyatakan kesediaan untuk membantu perusahaan dalam masa transisi hingga masa pengunduran dirinya tiba. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar untuk menjaga hubungan baik antara karyawan yang ingin keluar dengan bank yang jadi tempat kerjanya.

Yogyakarta, 15 Mei 2009

Hal: Pengunduran Diri

Klarisa Andratari

Account Officer Kantor Cabang BNI Sleman

1568226191

Kepada Yth.

Bapak Jamadi Subadi

Kepala Kantor Cabang BNI Sleman

Yogyakarta

Yang terhormat Bapak Jamadi,

Bersama dengan surat ini saya ingin memberikan pemberitahuan mengenai pengunduran diri saya dari jabatan Account Officer di Kantor Cabang BNI Sleman yang akan berlaku efektif pada tanggal 15 Juni 2009.

Sampai dengan tanggal tersebut Saya bersedia untuk membantu perusahaan menjalankan masa transisi untuk menggantikan posisi saya sebagai Account Officer di BNI Sleman serta membantu untuk menyelesaikan tugas dan proyek pekerjaan yang menjadi agenda dari BNI Sleman. Progress untuk pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Saya akan Saya masukkan ke dalam CD yang akan saya serahkan kepada Bapak segera.

Melalui kesempatan ini Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jamadi dan segenap karyawan di Kantor Cabang BNI Sleman telah memberikan kesempatan kepada Saya untuk mendapatkan pengalaman berharga sebagai bagian dari keluarga BNI Sleman dan menempati posisi sebagai Account Officer yang tentunya akan berguna bagi prospek karir saya ke depan.

Demikian surat pengunduran diri dari kerja ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Klarisa Andratari

Contoh surat pengunduran kerja resmi

Contoh surat pengunduran diri berikut memperlihatkan bagaimana karyawan yang akan meninggalkan perusahaan menyampaikan kesan dan rasa terima kasihnya kepada perusahaan. Selain itu karyawan yang ingin keluar juga menyampaikan harapannya agar perusahaan yang ditinggal bisa berkembang lebih baik dan menjadi perusahaan yang makin sukses.

Buat surat pengunduran diri yang tidak terlalu panjang, kalau bisa jangan sampai melebihi satu lembar kertas. Namun sisakan  tempat untuk refleksi diri sendiri dan pengalaman selama menjalankan karir di perusahaan tersebut dan sampaikan apa yang paling berkesan bagi Anda.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, surat pengunduran kerja harus bisa menjadi sarana untuk menjaga hubungan baik antara karyawan yang pergi dengan perusahaan yang ditinggalkannya. Mengundurkan dirilah dalam kondisi yang baik sehingga perusahaan Anda yang lama tidak akan segan untuk memberikan rekomendasi atau referensi kepada perusahaan baru yang Anda lamar karena hal ini sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memilih kandidat karyawan baru yang akan masuk.

Contoh surat pengunduran diri dengan kesan yang sedikit sentimental bisa memberikan kesan yang baik bagi perusahaan dan atasan Anda tanpa harus terkesan berlebihan.

Surat Pengunduran Diri

Pontianak, 6 April 2018

Kepada Yth.

Ibu Hanif Chantika

Kepala HRD PT Harum Abadi

Di tempat

Dengan hormat,

Saya, Aprilia Hannah Gadis yang saat ini menduduki posisi sebagai Staff Administrasi di PT Harum Abadi bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri secara resmi dari perusahaan dikarenakan adanya urusan pribadi yang tidak bisa ditinggalkan. Surat pengunduran diri karyawan ini Saya serahkan sebagai syarat pemberitahuan satu bulan sebelum Saya berhenti dari perusahaan PT Harum Abadi.

Dalam kesempatan ini Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Harum Abadi yang telah memberikan peluang karir kepada Saya sehingga Saya bisa bekerja sepenuh hati selama 3 tahun menjadi bagian dari perusahaan ini. PT Harum Abadi adalah tempat bekerja sekaligus tempat saya belajar untuk memiliki kemampuan profesional yang lebih baik dan semoga bisa menjadi bekal saya untuk di masa yang akan datang.

Semoga dengan adanya karyawan baru yang akan menggantikan posisi saya di perusahaan nanti bisa membawa perusahaan PT Harum Abadi menjadi perusahaan yang lebih sukses, berkembang menjadi lebih besar, dan mampu menghadirkan suasana lingkungan kerja yang lebih kondusif. Saya mohon maaf apabila selama saya bekerja di perusahaan ada kesalahan-kesalahan yang Saya perbuat dan Saya mohon untuk memaklumi keputusan Saya untuk mundur dari perusahaan ini.

Demikian surat resign ini saya buat semoga bisa diterima dengan baik. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Aprilia Hannah Gadis

Cara buat surat pengunduran diri untuk karyawan kontrak

Contoh surat pengunduran diri berikut ini adalah referensi untuk karyawan yang bekerja di perusahaan dengan sistem kontrak. Karyawan kontrak adalah karyawan yang masa kerjanya singkat, tidak lebih dari 2 tahun, sehingga jika masa kontraknya sudah habis maka hubungan karyawan dengan perusahaan pun terputus. Kecuali jika ada perpanjangan dari perusahaan, dan perpanjangan tersebut maksimal hanya selama satu tahun dan hanya bisa diperpanjang satu kali saja.

Karyawan kontrak yang mengundurkan diri dengan menyerahkan surat pengunduran diri karyawan kontrak tidak berhak untuk mendapatkan pesangon, namun berhak untuk mendapatkan uang penggantian hak dan uang pisah. Tidak hanya cara membuat surat pengunduran diri yang penting untuk diketahui karyawan kontrak yang ingin mengundurkan diri sebelum masa kontrak habis, perhatikan juga hak dan kewajiban baik bagi karyawan maupun perusahaan.

Umumnya jika ada karyawan kontrak yang ingin keluar sebelum masa kontraknya habis, maka karyawan tersebut harus mengganti rugi kepada perusahaan yang ditinggal. Besar ganti rugi yang harus dibayar jika tidak disebutkan di dalam kontrak maka biasanya ganti rugi sebesar upah pekerja sampai batas waktu berakhirnya perjanjian kerja. Misalnya jika kontrak masih ada 5 bulan maka karyawan yang mundur harus bayar penalti sebesar gajinya 5 bulan di perusahaan tersebut.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri untuk karyawan kontrak.

Surat Pengunduran Diri

Lampung, 6 November 2016

Kepada Yth.

Kepala Bagian Gudang

PT Plastik Indonesia

Lampung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Hanis Jayantara

Posisi        : Staff pegawai kontrak bagian administrasi gudang

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT Plastik Indonesia. Surat pengunduran ini saya serahkan dengan sisa kontrak kerja 3 bulan. Oleh karena itu perihal penalti karena pengunduran diri sebelum masa kontrak habis akan Saya penuhi sesuai dengan klausa yang terdapat pada perjanjian kontrak. Keputusan Saya untuk mengundurkan diri dikarenakan mengejar prospek karir yang lebih baik di luar kota. Saya mohon kepada Ibu Kepala Bagian Gudang untuk memaklumi keputusan saya tersebut.

Melalui surat ini Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran dan staff di PT Platik Indonesia terutama untuk bagian administrasi gudang atas kerjasama dan kesempatan bagi saya untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga selama 9 bulan masa kerja Saya. Semoga PT Plastik Indonesia bisa makin maju dan memiliki  perkembangan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Terima kasih atas perhatiannya, demikian surat pengunduran ini saya buat.

Hormat Saya,

Hanis Jayantara

Demikian adalah beberapa macam contoh surat pengunduran diri untuk berbagai macam situasi dan juga alasan yang bisa digunakan untuk mengundurkan diri. Kesimpulannya, ada beberapa macam hal yang mesti diperhatikan dari cara membuat surat risen, yaitu:

  1. Tulis dan berikan surat mengundurkan diri paling tidak satu bulan atau dua minggu sebelum waktunya Anda berhenti bekerja sama sekali.
  2. Sebelum mengajukan surat mengundurkan diri, pastikan Anda sudah menyelesaikan proyek atau tugas yang menjadi tanggung jawab atau setidaknya sampai bisa dilepaskan ke orang lain. Tidak etis meninggalkan perusahaan dan juga meninggalkan pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh Anda sendiri.
  3. Sebelum mengajukan permohonan mengundurkan diri, pastikan Anda memenuhi syarat-syaratnya sesuai dengan ketentuan kerja. Misalnya jika perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bekerja selama 12 bulan sebelum boleh mengundurkan diri, maka Anda akan terkena penalti apabila mengajukan pengunduran diri sebelum masa 12 bulan habis.
  4. Buatlah surat pengunduran diri yang baik dan benar dengan bahasa yang sopan, ditujukan kepada orang yang benar, dan berikan kesan yang profesional serta elegan sehingga Anda bisa meninggalkan perusahaan dengan nama yang baik.
  5. Yang tidak perlu dimasukkan ke dalam permohonan seperti pada contoh surat pengunduran diri di atas adalah alasan keluar dari perusahaan yang terlalu jujur, membawa nama orang lain, menyebutkan nama perusahaan tempat kerja yang baru, atau bahkan menyampaikan alasan pengunduran diri dengan kata-kata yang menunjukkan emosi.

Dengan membuat surat mengundurkan diri yang baik dan sopan maka Anda pun bisa memutus hubungan kerja dengan perusahaan dengan enteng tanpa konflik.

Tinggalkan komentar