Penjelasan Mengapa Air Laut Rasanya Asin dan Berwarna Biru

Mengapa Air Laut Rasanya Asin dan Berawarna Biru ? Pernah kepikiran nggak sih sob, kok air laut rasanya bisa asin. Pasti sobat juga pernah denger lawakan dari jawaban tersebut yang mengatakan bahwa “Air laut asin itu gara-gara ikan yang berenang kesana-kemari terus capek dan ngeluarin banyak keringet, nah itulah kenapa air laut bisa asin”.

Memang lumayan sih jawabannya haha, tapi tentunya itu bukan jawaban yang logis dan bisa dipertanggung jawabkan. Nah kali ini kita akan membahas tentang mengapa air laut itu bisa berasa asin dan juga mengapa air laut bisa terlihat berwarna biru padahal kalau diambil dalam gelas, air lautnya bening.

 

Air Laut Rasanya Asin

Berikut ini penjelasan logisnya, rasa asin pada air laut itu sebenarnya berasal dari daratan. Mengapa bisa demikian? Air Hujan, yups air hujan yang turun di daratan mengikis batu-batuan yang mengandung berbagai macam mineral dan garam. Lalu air yang mengandung mineral dan garam tersebut pada akhirnya berkumpul dilaut.

Selanjutnya Air laut menguap dan membentuk awan, nah pada poses penguapan ini garam yang berada di air tersebut tidak ikut menguap tetapi menetap dilautan. Lalu akan terjadi hujan lagi di daratan dan proses seperti ini akan terus terjadi berulang-ulang selama jutaan tahun. Itulah mengapa air laut bisa memiliki rasa asin.

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa lihat video penjelasan mengapa air laut rasanya asin berikut ini

 

Sumber video : Kok Bisa? Youtube Channel

Air Laut Berwarna Biru

Air laut sebenarnya tidak memiliki warna alias bening sob, terus kenapa saat kita lihat bisa berwarna biru? Jawabannya karena air tersebut menyerap cahaya dan merefleksikannya. Begini penjelasan lengkapnya, terjadi dua proses optik pada air laut yaitu penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering).

Pada saat matahari menyentuh air yang jernih, cahaya merah dan infra merah terserap dengan cepat, sedangkan cahaya biru agak lambat. Hanya cahaya biru kehijauan yang dapat ditransmisikan ke dalam, kemudian ditebarkan dan ditransmisikan tanpa diserap.  Jadi karena cahaya biru kehijauan lambat terseram dan hanya cahaya biru kehijauan yang dapat ditransmisikan yang menjadi penyebab utama kenapa Air Laut berwarna biru.

Selain itu, kadar garam dalam laut juga mempengaruhi tingkat kebiruan laut. Semakin banyak kadar garam dalam laut, maka akan semakin tinggi tingkat kebiruan laut. Pantulan warna langit juga menyebabkan warna biru pada laut, namun pengaruhnya kecil. ( Sumber : wikipedia )

Okeh sob, sekarang sudah nggak penasaran lagi dong soal pertanyaan mengapa air laut rasanya asin dan mengapa air laut berwarna biru. Jadi nanti kalau ada yang tanya, sobat bisa jawab dengan benar dan tidak asal-asal seperti lawakan ikan berkeringat diatas haha. Salam sobat kekinian :v

7 pemikiran pada “Penjelasan Mengapa Air Laut Rasanya Asin dan Berwarna Biru”

Tinggalkan komentar