15 Contoh Surat Pribadi untuk Orang tua, Guru, Sahabat, dan Kekasih

Surat pribadi telah dipergunakan orang-orang sejak zaman dulu untuk berkirim kabar kepada rekan, saudara, keluarga, kekasih, dan lain-lain. Semua orang memakai surat karena belum ada alternatif lain yang bisa dipakai untuk mengirim kabar, sebab teknologinya belum tersedia.

Perkembangan teknologi sekarang ini memungkinkan kita untuk berkirim kabar dengan memanfaatkan teknologi lain, bisa email, sosial media, chatting, dan telpon/SMS, yang bisa dikerjakan melalui smartphone atau komputer. Pun begitu, walaupun tidak semassif dulu, surat menyurat tetap diperlukan pada masa sekarang.

Biar bagaimanapun, akan ada saatnya Anda menulis surat – entah itu surat dinas, surat lamaran kerja, surat kuasa, atau surat pribadi untuk menyatakan isi hati kepada orang yang dicintai. Saat ini cara membuat surat pribadi dinilai sebagai sebuah seni, karena semua aspek kehidupan telah bersentuhan langsung dengan digitalisasi.

Ketika membaca sebuah surat, maka itu merupakan bentuk penghargaan dan empati untuk merasakan langsung perasaan penulis surat. Lagipula, mungkin saja ada beberapa daerah yang belum terjamah internet stabil sehingga satu-satunya cara mengirim pesan adalah melalui surat pribadi.

Artikel ini mencoba untuk menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan surat dan beberapa contoh surat pribadi bahasa Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya acuan untuk menulis surat yang personal untuk seseorang yang Anda kasihi.

Apa Itu Surat Pribadi?

Surat pribadi didefinisikan sebagai surat yang ditulis oleh seseorang yang mengatasnamakan dirinya sendiri (personal) untuk ditujukan kepada orang lain. Dalam pembuatannya, surat pribadi tidak terikat aturan baku seperti halnya aturan menulis surat resmi.

Anda bisa menulis menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD maupun bahasa daerah yang dipergunakan sehari-hari asalkan penerima surat memahaminya – sesuaikan saja dengan kebutuhan. Hal yang pasti adalah surat pribadi ditulis dengan mengedepankan cara berbahasa yang baik dan sopan.

Berdasarkan isinya, surat pribadi dibedakan menjadi 2 jenis, antara lain:

  1. Surat tidak resmi dikenal sebagai surat pribadi yang ditujukan untuk orang-orang terdekat (keluarga, sahabat, pacar, dll.). Jenis surat pribadi tidak resmi ini menggunakan bahasa tidak baku, tapi tetap memperhatikan aspek sopan santun dalam penggunaan kata-kata.
  2. Surat setengah resmi dikenal sebagai surat pribadi yang ditulis dan ditujukan seseorang kepada instansi/organisasi atau pejabat tertentu. Contoh surat pribadi setengah resmi ini, misalnya, surat lamaran pekerjaan atau surat izin tidak masuk kerja/sekolah. Jenis surat ini memakai bahasa baku dan memperhatikan aspek sopan santun dalam pemakaian kata-kata.

Ciri-ciri Umum Surat Pribadi

Anda bisa mengenali sebuah surat itu masuk kedalam kategori surat pribadi atau bukan dengan memperhatikan ciri-cirinya. Bagaimana ciri-ciri umum surat pribadi? Silahkan simak penjelasan tentang ciri-ciri surat pribadi berikut ini.

  • Menulis surat pribadi tidak seperti surat resmi, artinya tidak perlu kop/kepala dan nomor surat.
  • Surat pribadi berisi komunikasi antara penulis surat dan penerima surat, sebab keduanya terpisahkan oleh jarak.
  • Keseluruhan surat pribadi (pembuka, isi, dan penutup) tidak menggunakan bahasa formal, bahkan bisa menggunakan bahasa daerah, supaya lebih mengasyikkan saat dibaca.
  • Surat pribadi ditulis dengan memakai kalimat sapa. Hal ini berguna untuk memecah kebekuan dan seolah-olah penulis surat bertemu langsung dengan penerima.
  • Penulis surat pribadi bisa menyesuaikan gaya bahasa yang digunakan tergantung siapa penerimanya.
  • Penulis surat pribadi biasa memakai kata ganti orang pertama tunggal/jamak untuk dirinya dan kata ganti orang kedua tunggal/jamak untuk penerima. Namun, tidak menutup kemungkinan dia menyebut nama penerima sebagai kata ganti orang.
  • Format cara menulis surat pribadi tidak baku, sehingga penulis bebas berkreasi sesuai keinginannya.

Tujuan Surat Pribadi

Kenapa kita sampai repot-repot membuat surat pribadi untuk orang lain? Tentu saja, surat pribadi ditulis dengan tujuan tertentu.

Ada banyak tujuan pembuatan surat pribadi. Namun, secara umum, inilah tujuan dibuatnya surat pribadi, yaitu:

  1. Media Penyampai Pesan yang Informatif

Mungkin saat ini, tujuan menulis surat sebagai duta pribadi telah tergeser dengan berbagai teknologi yang berkembang. Namun, sebelum era internet dan telepon dimulai, surat pribadi menjadi satu-satunya media penyampai pesan yang informatif.

Maksudnya, penulis surat pribadi bisa menyampaikan hal-hal yang telah berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini bisa memberikan gambaran kepada penerima surat mengenai apa yang terjadi di tempat penulis surat.

  1. Mengekspresikan Perasaan

Saat menuliskan surat pribadi singkat atau panjang dengan tulisan tangan, itu berarti seseorang sedang mengekspresikan perasaannya kepada orang lain. Sebab, secara tidak langsung, dia akan menulis surat dengan segenap perasaannya.

Itu jauh lebih kuat daripada menulis surat dengan media elektronik seperti email, SMS, WhatsApp, Instagram, Facebook, dll. Dengan demikian, penerima surat akan mudah menerima dan memahami perasaan pengirim surat.

  1. Mengembangkan Kreativitas Berbahasa

Menulis, apapun jenis tulisannya, memiliki manfaat untuk membuat pikiran kita menjadi sistematis. Menulis surat juga memberikan manfaat yang sama.

Seseorang yang terbiasa menulis dan tidak terbiasa menulis akan memiliki perbedaan besar dalam menuangkan pemikirannya kedalam tulisan. Karena, Anda harus menggambarkan/mendeskripsikan sesuatu dengan tulisan untuk membuat pembaca surat Anda memahaminya dengan mudah.

Bagian-bagian Surat Pribadi

Sebelumnya, telah diungkapkan jika surat pribadi bahasa indonesia tidak ada format bakunya. Penulis surat bebas berkreasi menulis surat sesuai kehendak hati mereka. Mau suratnya berisi bagian isi semua boleh, mau isi suratnya tidak diberi tanggal dan tempat pembuatan boleh, dll.

Meski begitu, bagian-bagian surat pribadi ini sebaiknya tetap ada untuk memberikan informasi dari surat itu sendiri. Inilah 7 bagian dari surat pribadi yang sebaiknya tetap dihadirkan.

  1. Tempat dan Penanggalan

Tempat dan penanggalan merupakan bagian yang sebaiknya ditulis kala Anda menulis surat personal. Hal ini untuk memberikan informasi kepada orang yang menerima surat Anda terkait kapan dan dimana surat itu ditulis.

Bagian ini bisa ditulis di bagian atas sebelah kiri maupun kanan dan bagian bawah sebelah kanan (diatas tanda tangan). Format tempat dan penanggalan ini biasanya adalah tempat surat ditulis, tanggal, bulan, dan tahun.

Misalnya, dalam contoh surat tidak resmi, Anda menulis tempat dan penanggalan dengan format: Bekasi, 21 Mei 2019 atau Bekasi, 21/05/2019 atau Bekasi, 21-05-19.

  1. Nama Penerima dan Kota Tempat Penerima Tinggal

Anda juga sebaiknya mencantumkan nama penerima surat Anda sekalian kota tempat tinggalnya. Hal ini berfungsi agar surat yang ditulis diterima orang yang tepat.

Dalam contoh surat pribadi pendek, Anda bisa menulis: Kepada Sahabatku, Garda Maeswara, di Yogyakarta atau Teruntuk Kekasih Hatiku, Rosiana Dewi, di Jakarta Pusat.

  1. Kata Sapaan

Hal ketiga yang sebaiknya tertulis di dalam surat personal adalah kata sapaan untuk mengawali surat. Karena itu, Anda sebaiknya menggunakan bahasa yang tidak baku demi mengakrabkan suasana antara Anda dan penerima surat.

Beberapa contoh kata sapaan yang bisa Anda selipkan di dalam contoh surat pribadi yang pendek. Misalnya, Hai Manis, Halo Cantik, Adikku yang Lucu, Kakakku yang Baik, Salam Rindu, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, dll.

  1. Paragraf Pembuka

Setelah menulis kata sapaan, Anda baru mulai masuk ke bagian pembuka. Hal-hal yang bisa ditulis itu biasanya ekspresi atau ungkapan rindu, menanyakan kabar, dan harapan.

Paragraf pembuka ditulis untuk memecahkan kekakuan di antara penulis dan pembaca surat yang telah lama tidak bertemu. Gunakan bahasa non-formal agar tidak kaku.

  1. Isi Surat

Masuklah kita pada isi surat, dimana inilah inti pokok sebuah surat yang berisi maksud atau tujuan penulis surat. Isi surat bisa bermacam-macam, tergantung kondisi penulis sedang merasakan apa dan ingin mengungkapkan apa.

Penulis surat bisa saja menulis tentang pengalamannya selama ini, baik itu pengalaman sedih ataupun bahagia. Hindari berbelit-belit dan tulis dengan bahasa mengalir untuk memudahkan pembaca surat  memahaminya.

  1. Penutup

Dalam contoh membuat surat pribadi disebutkan bahwa bagian penutup biasanya berupa harapan dan ucapan terima kasih. Tidak perlu menulis panjang lebar, tulis dalam 2-3 kalimat.

  1. Nama dan Tanda Tangan

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan dalam menulis surat adalah mencantumkan nama terang dan tanda tangan pengirim. Umumnya, bagian ini ditulis di pojok kanan bawah surat.

Pemberian nama dan tanda tangan bertujuan untuk bukti bahwa surat yang Anda tulis bukanlah surat kaleng. Tapi, itu surat yang benar-benar ditulis oleh Anda sendiri.

Contoh-contoh Surat Pribadi

Mungkin uraian diatas masih belum memberi Anda gambaran yang konkrit tentang bagaimana seharusnya surat pribadi itu sebaiknya ditulis. Karena itu, pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa contoh surat pribadi. Dari contoh-contoh itu, kami berharap Anda bisa mengaplikasikannya ketika ingin mengirimkan surat pribadi kepada seseorang.

  1. Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat

Los Angeles, 21 Mei 2019

Teruntuk Sahabatku,

Keina Maxmara

Di Jatiasih

Hai Sahabat, apa kabarmu? Kuharap, kamu selalu sehat walafiat. Amin!

Sudah lama kita tak berjumpa. Kira-kira berapa lama ya? Dua tahun mungkin? Sejak kita tamat SMA, dan aku memutuskan untuk berkuliah di Los Angeles.

Lebaran tahun ini, aku berencana pulang ke Bekasi untuk menjenguk bapak dan ibu. Aku berharap bisa pulang ke tanah air sebelum hari lebaran tiba.

Sahabat, tahukah kamu betapa aku merindukanmu. Rindu akan kekonyolan-kekonyolan yang pernah kita lakukan bersama.

Kuharap kamu tidak kemana-mana saat aku pulang nanti, sehingga kita bisa menggila lagi sebagai duo sahabat untuk merasakan kebersamaan kita yang telah berlalu. Aku menantikan itu.

Sahabatmu yang Paling Cantik,

Dwi Ari Sukmawati

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Dekat

New York, 21 Mei 2019

Kepada: Tri Nuryanti yang paling kece

Di Purworejo

Hai Manis, apa kabarmu di Purworejo? Semoga kamu baik-baik saja, selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Alhamdulillah, aku baik-baik saja disini. Tapi belakangan ini aku merasa ada yang kosong di hatiku. Apakah itu karena aku merindukan dirimu terlalu banyak, sehingga aku merasakan kekosongan di hati ini?

Bagaimana dirimu sendiri? Apakah kamu juga merindukan diriku?

Bulan depan, aku akan datang ke kotamu. Namun, aku tidak sendiri, karena aku akan datang bersama orangtuaku. Ya bersiaplah, karena aku akan datang untuk melamarmu!

Tidak perlu berjingkrak-jingkrak kegirangan begitu. Tapi jika itu ekspresi kegembiraanmu tidak apa-apa juga sih. Hehehe…

Salam peluk dan cium penuh cinta,

Garda Maeswara

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Depok, 07 Mei 2019

Untuk Mbak Okky Agustina

Di Korea Selatan

Salam rindu,

Bagaimana kabarmu di Korea Selatan, Mbak? Semoga Mbak selalu berada dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah, kita sekeluarga juga sehat-sehat aja di sini. Cuman, setahun belakangan ini ada yang hilang tanpa kehadiran Mbak Okky di rumah. Oiya, bagaimana dengan Korsel, Mbak? Udah ketemu sama artis-artis ganteng dan kece belum?

Aku kirim surat ini sekaligus untuk memberitahu Mbak kalau akhir tahun ini papa sama mama mau berangkat umroh. Rumah bakalan sepi banget kayaknya. Cuman ada aku, Darmo, sama Mbok Sum. Mbak bisa pulang lebaran besok?

Aku juga mau meminta pendapat Mbak Okky. Selepas SMA nanti baiknya aku kuliah atau langsung kerja ya? Aku berharap bisa langsung kerja, tapi kata papa sama mama, aku harus kuliah karena ijazah kuliah itu pintu ke gerbang pekerjaan yang mapan. Aku tunggu balasan surat darimu Mbak, dan bawa oleh-oleh khas Korsel ya kalau pulang nanti.

Adik terkecemu,

Galang

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Malang, 10/05/2019

Teruntuk Mas Jarwo

Di Semarang

Assalamu’alaikum wr. wb.

Mas Jarwooo, gimana kabarnya? Semoga Mas sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun. Kabarku di sini juga baik-baik saja.

Tidak terasa, sudah hampir 3 tahun kita tidak berjumpa ya? Aku kangen berat padamu, Mas. Aku paham Mas Jarwo pasti lagi sibuk kerja. Aku juga lagi sibuk menyelesaikan skripsi. Doakan semester ini aku sidang skripsi. Biar aku bisa mengunjungi Mas Jarwo di Semarang.

Ayah sama ibu titip salam untuk Mas. Salam kangen juga kata mereka, dan berharap Mas selalu sehat di sana. Jangan lupa kasih kabar kalau sedang mempunyai masalah.

Ayah sama ibu juga kangen sama cucunya di Semarang. Nanti kalau aku ke Semarang ajak aku halan-halan ya Mas. Sudah dulu ya Mas. Mudah-mudahan kita bisa jumpa pas liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Adikmu yang dipenuhi rasa kangen

Husna

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Karawang, 20 Mei 2019

Untuk temanku,

Keila

Di Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai Kei, apa kabarmu? Kuharap kau senantiasa berada dalam kondisi terbaik dan lindungan-Nya. Di sini, aku juga baik-baik aja. Oiya, gimana kabar teman-teman sekelas semua? Semoga mereka selalu kompak.

Jujur aja, Kei, sebetulnya aku rindu sekali dengan kalian semua. Rindu dengan suasana kebersamaan kita. Berat hatiku untuk meninggalkan kalian. Apalagi sama kamu, Kei, aku betul-betul merindukanmu. Kita telah tumbuh bersama sejak kecil. Kuharap Allah SWT memberikan kita kesempatan bertemu lagi.

Mungkin pada liburan nanti? Sebab, ayah dan ibu memberiku izin ke Surabaya saat itu. Mudah-mudah, kita bisa berjumpa dan bermain bersama teman-teman sekelas. Sekian dulu surat dariku. Aku berharap kau membalas suratku ini. Terima kasih. Sampai jumpa, kawan!

Salam dari teman baikmu,

Nurlaela

  1. Contoh Surat Pribadi Singkat

Bogor, 11-4-19

Untuk teman terbaikku,

Kharunisa

Di Yogyakarta

Hai Nisa, gimana kabarmu? Aku selalu berdoa teman baikku yang satu ini dalam kondisi sehat selalu. Sekadar kabar, aku juga dalam kondisi baik di sini tanpa kurang suatu apapun. Nisa, tahukah, kalau aku rindu banget sama kamu.

Kita udah lama tak berjumpa, sejak pesta perpisahan SMA. Sebenarnya, beberapa waktu lalu, aku mau datang ke Yogyakarta. Karena ada halangan, aku menunda keberangkatanku. Jika tidak ada halangan, aku akan datang ke Yogyakarta bulan depan. Kamu tak sibuk kan saat itu? Semoga!

Sekian surat dariku. Kuharap kamu membalas suratku ini.

Salam hangat dariku,

Rini S.

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Jakarta, 13 Mei 2019

Teruntuk Mama Amelia Tercinta,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mama tercinta apa kabarnya? Kabar papa sama Fahrizal gimana? Semoga semua baik-baik dan sehat.

Ma, aku mau kasih kabar jika libur lebaran bulan depan, aku tidak bisa pulang untuk bertemu mama dan papa. Aku minta maaf, karena jadwalnya bentrok sama jadwal lahiranku. Lagipula, Lisa juga mulai masuk SD tahun ini.

Semoga mama bisa memaklumi kondisiku saat ini. Mama tetap jaga kesehatan ya. Mudah-mudahan akhir tahun nanti kami bisa berlibur ke rumah mama.

Sudah dulu ya, Ma. Doain aku sekeluarga.

Terima kasih Mama Sayang.

Yanti

  1. Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Ciamis, 18 Mei 2019

Keur sobat pangalusna abdi,

Fina

Di tempat

Fin Baraya, kumaha damang? Muga rupa. Nyaan sono fin. Datangna ieu surat mangrupa ngan ngingetan yén minggu hareup kuring bakal didatangan tempat anjeun nepi ka do. Na kuring miharep urang bisa ulin babarengan sakabeh dintenna pikeun babagi carita jeung pangalaman sanggeus 3 taun henteu papanggih. Éta tina kuring.

Salam babaturan,

Indah

  1. Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Buat sahabatku,

Sinta

Di tempat

Apa kabar Sin? Kuharap kau baik-baik saja. Aku begitu merindukanmu Sin. Surat ini kutulis dan kukirim untuk memberitahu kamu kalau minggu depan aku akan main ke rumahmu untuk mengobati rasa rinduku. Kuharap, kita bisa main seharian sekadar berbagi cerita pengalaman usai 3 tahun terpisah. Sekian kabar dariku. Tunggu kedatanganku ya!

Salam dari sahabat cantikmu,

Riana

  1. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

London, 21 Mei 2019

Dear Afnia

in South Jakarta

Hello, my friend. How are you in South Jakarta? I wish you’re great fine. Do you know? miss you so much. Do you miss me as well too? I hope so!

My best friend, I hope we’ll meet soon. Will you visit east java to meet me or I’ll meet you in South Jakarta? If we meet, we can play together to get the best experience on our vacation.

We haven’t met again since two years ago. I look on Youtube, you are so prettier and smarter now.

I’ll still go to my last project (thesis) at the university. How about you? What do you do now? Is still you have channel on Youtube?

It’s my short letter. See you again, soon!

Your best friend,

Mahmuda

  1. Contoh Surat Pribadi Setengah Resmi

Jatiasih, 20 Mei 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B

SMA N 1 Putih Abu-abu

Dengan hormat,

Dengan ini, saya selaku orangtua/wali murid dari:

Nama: Lupus

Siswa: Kelas XI-B, SMAN N 1 Putih Abu-abu

Alamat: Jalan Raya Borobudur No. 4, Jatiasih, Bekasi.

Memberitahukan bahwasanya anak saya yang tersebut diatas tidak bisa mengikuti proses belajar-mengajar di kelas seperti biasa pada hari ini, Rabu 20 Mei 2019, karena sakit.

Oleh karena itu, kami memintakan izin kepada bapak/ibu guru wali kelas XI-B.

Demikian surat ini kami sampaikan. Terima kasih

Hormat kami,

Sunarya

  1. Contoh Surat Pribadi Kepada Teman tentang Liburan

Yogyakarta, 21 Mei 2019

Teruntuk temanku paling kece,

Ardy Wibowo

Di rumahnya

Halo, Ardy, apa kabarmu di sana? Aku harap sih kamu baik-baik saja. Karena aku ingin mengajakmu berlibur ke Bali bersama, backpackeran.

Ya, jika kamu berkenan, kita akan berlibur bersama lima orang kawan – aku, kamu, Molly, Lisa, dan Pinot. Tapi, kita tidak akan naik pesawat, melainkan naik transportasi darat sambung-menyambung. Karena esensi yang kita cari melalui liburan ini adalah perjalanannya, bukan tujuannya.

Jika kamu berkenan, kami akan datang ke rumah. Kita jalan dari rumahmu. Gimana, apa kamu siap berpetualang dalam liburan kali ini?

Temanmu paling rupawan,

Bima Abimanyu

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Bali, 21 Mei 2019

Salam Hormat,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Halo, Pak Guru Rojak, apa kabarnya? Masihkah bapak ingat pada saya? Tentu saja, pasti bapak masih ingat dengan saya ini, si murid kesayangan bapak saat sekolah dulu. Sejak dulu, saya memang kesulitan dengan mata pelajaran Fisika. Jadi, saya meminta bapak untuk memberi saya les privat di rumah.

Bapak masih ingat dengan janji yang saya ucapkan dulu? Suatu hari, jika saya jadi guru, maka saya akan memberikan kabar kepada Pak Guru Rojak. Berhubung sekarang saya sudah menjadi guru di salah satu SMP Negeri di Bali, maka saya menuliskan surat ini kepada bapak untuk memberitahukan kabar baik ini.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin berterima kasih kepada Pak Guru Rojak. Berkat bimbingan yang bapak berikan untuk saya, maka saya bisa menjadi seperti sekarang ini.

Saat lebaran nanti, saya berencana pulang kampung ke Yogyakarta. Saya berharap bisa menemui bapak. Apa rumah Pak Guru Rojak masih sama?

Demikian surat ini saya buat. Saya berharap bisa mendapat balasan dari bapak.

Salam murid kesayanganmu,

I Gde Agung

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

Surabaya, 20 Mei 2019

Yang tersayang, keluargaku

Di tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Papa, mama, dan adikku bagaimana kondisi kalian? Kuharap kalian semua selalu dalam naungan Allah SWT.

Aku sengaja menulis surat ini untuk berbagi cerita gembira. Hal ini dikarenakan skripsi yang kususun telah di-ACC dosen pembimbing dan siap disidangkan. Jika tidak ada aral melintang, seminggu lagi aku akan diuji dosen pembimbing dan lulus. Itu berarti, ananda akan jadi tukang sarjana.

Aku minta didoain supaya ujian skripsiku berjalan dengan lancar. Sekian surat dariku.

Ananda,

Dwi Puspitasari

  1. Contoh Surat Pribadi untuk Kekasih

Kepada Abang Roberto yang termuach!

Di tempat

Hai Bang, apa kabarnya di rumah? Diani berharap Bang Roberto sehat selalu. Diani rindu sekali Bang Roberto. Tak terasa, sudah 6 bulan Diani ada di negeri orang untuk kuliah.

Bang Roberto doain Diani supaya lancar kuliahnya, sehingga bisa kembali ke Indonesia dengan gelar sarjana. Abang tidak perlu khawatir Diani macam-macam di sini, karena di hati Diani hanya ada nama Abang Roberto seorang. Tapi, Abang juga jangan macam-macam disana ya.

Sekian dulu Bang surat dari Diani. Semoga Abang sekeluarga sehat selalu di sana. Muach!!!

Kekasihmu yang tercantik,

Diani

Sekarang, setelah mengetahui penjelasan dan contoh surat pribadi diatas, Anda pasti memiliki pengetahuan dan gambaran yang jelas. Ataukah Anda masih memiliki pertanyaan? Silahkan ditulis di kolom komentar.

Jika tidak ada, kami anggap Anda sudah memahami cara membuat surat pribadi yang baik, santun, serta mudah dipahami. Semoga bisa membawa manfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar