6 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak. Mereka menjual berbagai produk dengan jenis yang sama dan serupa. Misalnya seperti pasar ikan dan pasar sayur.

Daftar Isi Artikel

6 contoh pasar persaingan sempurna

Pasar Beras

Beras adalah kebutuhan pokok terutama di Indonesia. Hampir sebagian besar warga Indonesia mengkonsumsi beras sebagai makanan utama. Tanpa beras, perut orang Indonesia tetap saja terasa lapar meskipun sudah terisi dengan karbohidrat lainnya.

Pasar beras termasuk contoh dari pasar persaingan sempurna karena jumlah penjual dan pembeli sama-sama banyak. Penjual maupun pembeli juga tidak dapat mempengaruhi harga pasar yang telah diatur. Meskipun terdapat perbedaan mutu dan kualitas, sifat dari pasar beras bisa dikatakan homogen.

Harga yang ada di pasar besar terbentuk dari tinggi rendahnya permintaan beras. Hukum ekonomi tentu saja berlaku dimana semakin tinggi permintaan suatu barang maka semakin tinggi harganya. Jadi, penjual beras benar-benar bersaing dengan cara sehat dan sempurna.

Pasar Sayur

Selanjutnya ada pasar sayur yang juga termasuk dalam kategori pasar persaingan sempurna. Jumlah penjual sayur juga dikenal sengat banyak dan tentu seimbang dengan pembelinya. Sayur juga memiliki harganya sendiri yang terlepas dari pengaruh penjual maupun pembeli.

Harga sayur selama ini lebih banyak ditentukan oleh interaksi jumlah penawaran dan permintaan di pasaran. Barang yang dijual sudah pasti homogen yakni sayur maka disebutlah pasar sayur. Para penjual tidak akan berani menetapkan harga di atas maupun di bawah harga pasar dan pembeli pun tidak akan membeli sayur di atas harga pasar.

Apabila terdapat penjual yang berani menjual dengan harga di bawah pasar, maka hal itu akan membuat penjual lainnya rugi. Oleh karena itu pasar ini digolongkan ke dalam pasar persaingan sempurna.

Pasar Buah

Serupa dengan pasar sayur, pasar buah juga dimasukkan dalam jenis kelompok pasar persaingan sempurna. Jumlah penjual dan pembeli yang ada di pasar ini seimbang dan dapat ditemui di mana saja. Harga buah yang dijual pun terbentuk dengan mekanisme pasar yang melewati kurva permintaan dan penawaran.

Meskipun demikian, mekanisme dan struktur pasar buah sudah mendekati pasar persaingan sempurna dengan barang yang dijual sama oleh setiap pedagangnya. Kalaupun terdapat perbedaan harga tentunya tidak terlalu mencolok sehingga pembeli tidak merasa dirugikan.

Pasar Gandum

Gandum juga bisa dijadikan makanan pokok. Masyarakat Eropa mengonsumsi gandum sebagai asupan karbohidrat setiap pagi, baik itu dari sereal maupun roti. Sedangkan masyarakat Indonesia menjadikan gandum sebagai makanan pendamping, maka tidak salah jika gandum juga termasuk sebagai kebutuhan pokok.

Gandum dapat diolah menjadi tepung terigu guna dikonsumsi dalam bentuk kue, roti, biskuit dan olahan makanan lainnya. Oleh karena itu gandum banyak dijual di pasar khusus gandum. Pasar tersebut termasuk dalam kategori pasar persaingan sempurna karena jumlah penjual dan pembeli yang seimbang. Harga gandum ditentukan menggunakan mekanisme serta kurva permintaan dan penawaran di pasar.

Pasar Kentang

Kentang juga merupakan buah yang mengandung karbohidrat dan termasuk kebutuhan pokok. Kentang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang mengenyangkan. Penjual kentang di pasar kentang seimbang dengan jumlah pembelinya.

Sistem yang digunakan untuk penetapan harga masih sama dengan pasar persaingan sempurna yang lain yakni dipengaruhi oleh pembeli dan penjual. Jadi, sangat tepat jika pasar kentang termasuk dalam kategori pasar persaingan sempurna.

Pasar Modal

Contoh lain dari pasar persaingan sempurna adalah pasar modal atau bursa efek. Berdasarkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar modal termasuk ke dalam kategori tersebut. Produk yang dijual juga sama pada setiap penjualnya.

Peran dari pasar modal sangat penting untuk perekonomian negara. Harganya juga telah ditentukan oleh jumlah permintaan dan penawaran saham serta instrumen pasar modal lainnya. Pemerintah tidak memiliki hak untuk menaikkan maupun menurunkan harga di pasar modal, terlebih pembeli dan penjualnya.

Selain 6 pasar persaingan sempurna di atas, ada pula pasar lainnya yang masuk dalam kategori tersebut yakni pasar ikan. Sekian penjelasan mengenai contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia.

Tinggalkan komentar