Contoh Pembukaan pidato ini bisa kamu jadikan referensi

Dalam sebuah acara, sering kali kamu melihat beberapa orang penting melakukan pidato. Namun, apa yang dimaksud dengan pidato? Pidato/ceramah merupakan sebuah aktivitas berbicara di depan umum untuk menyampaikan sebuah maksud ataupun gambaran dari suatu hal.

Pidato biasanya dilakukan pada beberapa acara, baik acara formal maupun acara non formal. Biasanya pidato dilakukan untuk sambutan-sambutan dari para tamu undangan dan ketua panitia untuk mengucapkan terima kasih atau sejenisnya.

 

Dalam susunan pidato terdiri dari tiga hal yaitu Pembukaan pidato/mukadimah Pidato, isi, dan juga penutup. Di bawah ini akan dibahas mengenai mukadimah Pidato dimana mukadimah merupakan bagian dari pidato yang sangat penting.

Bagi kamu yang berencana untuk berpidato namun bingung bagaimana menyusun mukadimah Pidato yang benar, berikut ini akan diberikan contoh mukadimah Pidato/mukadimah ceramah di bawah ini.

1. Diawali Dengan Puji Syukur Kepada Tuhan

Dalam membuka sebuah pidato maka harus diawali dengan mengucapkan puji syukur kepada tuhan. Sebagai contoh adalah sebagai berikut.

Bissmillahirrohmanirrohim

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini tanpa ada suatu halangan apapun.

Sholawat serta salam senantiasa kita ajukan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya baik di dunia maupun di Akhirat.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah,

Berdirinya saya di sini ingin menyampaikan sebuah pidato tentang (masuk ke inti pidato)

2. Diawali Dengan Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan diri juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mukadimah ceramah. Adapun contoh mukadimah dengan menggunakan memperkenalkan diri adalah sebagai berikut.

Selamat pagi pemuda pemudi Indonesia

Salam sejahtera semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan menjadi makhluk yang dirahmati Tuhan Yang Maha Esa.  Apakah diantara kalian sudah ada yang mengenal saya? Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengenal, namun bagi kalian yang belum izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri.

Nama saya adalah Emi Nurhikmah, saya lahir di Wonosobo tepatnya pada tanggal 11 November 1997 sebuah tanggal kelahiran yang sangat cantik. Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan sebuah pesan yang sangat menggugah jiwa hadirin semua. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan problematika pendidikan yang ada di negeri ini. (masuk ke dalam inti)

3. Diawali Dengan Menggunakan Ilustrasi

Memberikan ilustrasi mengenai kejadian yang ada di lingkungan atau kejadian yang sedang banyak diperbincangkan juga bisa dijadikan sebagai mukadimah. Berikut ini adalah contoh mukadimah menggunakan ilustrasi.

Hadirin yang saya hormati,

Sebelum saya menyampaikan sebuah pidato, ada baiknya jika kita perlu memperhatikan lingkungan alam sekitar. Saat ini ada banyak sekali bencana yang terjadi di mana-mana yang membuat Ibu Pertiwi berduka.

Dimulai dari meletusnya Gunung Sinabung dan Agung yang tidak ada kabar baiknya, tenggelamnya kapal dan berbagai permasalahan lain seperti banjir dan juga gempa bumi di Lombok.

Sebelum pidato ini dimulai marilah kita merenung dan memperbaiki dengan sadar bahwa bumi ini sudah tua, sehingga kita harus senantiasa menjaganya dengan sebaik mungkin.

Beberapa contoh mukadimah di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuka pidato. Semoga dengan adanya mukadimah di atas bisa membantu kamu untuk membuka pidato dengan menarik.

Tinggalkan komentar