Contoh Pidato Lingkungan yang Menarik Untuk Mengajak Bertindak

Untuk menyampaikan sebuah ajakan cinta lingkungan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah pidato singkat tentang lingkungan hidup. Penyampaian yang tepat akan memberikan efek yang cukup luar biasa untuk audien yang ingin dituju. Langkah ini cukup efektif jika dilakukan dengan lebih santai dan penyampaian yang tidak terkesan menyalahkan orang lain. Ajakan yang tepat memang tidak hanya disampaikan secara lisan tetapi juga mengambil tindakan secara nyata.

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Hidup

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri Harapan. Yang saya hormati bapak dan ibu guru beserta staff dan yang saya cintai teman-teman sekalian. Sebelum kita memulai kegiatan ini, marilah kita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan serta kesempatan untuk bisa berkumpul di sini hari ini. Shalawat juga salam tidak lupa tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, mungkin selama ini kita merasa bahwa sudah cukup menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar secara maksimal. Tetapi terkadang hal tersebut masih kurang maksimal dilakukan. Pasti terkadang kita masih sering membuang sampah kecil seperti bungkus permen atau minuman secara sembarangan. Apalagi sering kita temui di berbagai acara dengan begitu banyak orang pasti juga akan ada begitu banyak sampah yang ditinggalkan. Pada dasarnya sangat mudah untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan yaitu dimulai dari kedisiplinan diri sendiri. Anda bisa memulai untuk membiasakan diri membuang sampah di tempatnya sekecil apapun sampah itu.

Teman-teman sekalian, untuk memaksimalkan kenyamanan kita dalam mengikuti pelajaran maka kebersihan kelas juga harus menjadi bagian yang diperhatikan dengan baik. Hal kecil yang dapat kita lakukan adalah tidak meninggalkan sampah di loker dan di bawah meja. Dengan kondisi kelas yang bersih dan nyaman tentu akan lebih maksimal dalam kegiatan belajar mengajar mencapai tujuannya. Tidak hanya masalah sampah, kita juga bisa ikut memperhatikan kelangsungan hidup beberapa tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Sekedar menyiraminya adalah hal kecil yang sangat berarti untuk kebersihan serta keasrian sekolah. Jika lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan lebih hijau tentu akan ada kesan berbeda yang kita rasakan bersama. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kebersihan sekolah tidak hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan sekolah tetapi adalah bagian dari tanggungjawab kita besama sebagai warga sekolah.

Setidaknya dengan melakukan hal kecil namun benar-benar mendisiplinkan diri secara maksimal maka dampaknya akan sangat besar untuk lingkungan sekolah. Apalagi jika seluruh siswa bisa bekerja sama dan saling mengingatkan dalam menjaga dan lebih mencintai lingkungan sekolahnya. Hal yang terpenting dari semua itu adalah “take action” jangan hanya sekedar menjadi pembicaraan di bibir. Maka lingkungan sekolah kita akan jauh lebih baik dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat belajar.

Hadirin sekalian, mari kita bangun lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih sehingga pidato lingkungan yang saya sampaikan tidak hanya menjadi sekedar himbauan tetapi dapat direalisasikan bersama seluruh warga sekolah. Demikian yang bisa saya sampaikan, akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Saat menyampaikan pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah, kalian harus membuatnya menjadi hal yang sebenarnya mudah untuk dilakukan tetapi memberikan dampak besar pada lingkungan sekitar. Terutama di sekolah, maka semua warga sekolah harus saling bekerja sama untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih sehingga kenyamanan saat berada di sana akan lebih maksimal. Apalagi saat ini waktu para siswa di sekolah juga lebih banyak dibandingkan di rumah, sehingga akan sangat penting untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman di sana.

Kalian tidak perlu bingung saat harus menyampaikan pidati tersebut karena ada banyak objek yang bisa dijadikan contoh. Hal yang terpenting adalah menekankan pada actionnya, sehingga tidak hanya menjadi sekedar teori yang disampaikan tetapi ada tindakan secara langsung yang akan dilakukan. Sedikit menambahkan puisi tentang lingkungan sekolah yang disampaikan secara lebih menarik juga akan meningkatkan perhatian serta ketertarikan teman-teman untuk mendengarkan kelanjutan dari pidato kalian.

Tinggalkan komentar