Contoh Proposal Usaha Makanan Dan Minuman Yang Mudah Untuk Dijalankan

Pada pembahasan kali ini akan dipaparkan contoh proposal usaha makanan yang tentunya sangat mudah untuk anda jalankan. Penasaran apa-apa saja? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Contoh Proposal Usaha Makanan Ayam Geprek Crispy

Empat orang mahasiswa berencana ingin membuka bisnis ayam geprek. Untuk membedakannya dengan ayam geprek yang lain, mereka berencana membuat ayam dengan berbagai pilihan sambel.

Ringkasan:

– Konsep

Ayam geprek crispy adalah makanan yang berbahan ayam goreng tepung dan nantinya akan dibalut dengan berbagai sambel nusantara. Yang pasti dengan rasa yang nikmat.

– Manajemen

Bisnis ini digawangi empat orang mahasiswa yang memang ingin sekali memberikan pilihan kuliner tanpda terbatas untuk setiap orang.

Deskripsi bisnis:

– Deskripsi produk

Ayam geprek crispy mengambil konsep makanan dari ayam geprek yang murah dan dilengkapi dengan berbagai pelengkap yang sering ditemui dari mulai tempe, tahu, selada, dan sebagainya. Sambelnya sendiri dibuat variatif dari mulai sambal matah, hingga dabu-dabu.

– Strategi produk

Kelebihan yang dimiliki oleh ayam geprek crispy adalah pada penyajian sambelnya yang begitu unik. Hal ini dikarenakan mengambil berbagai varian sambel yang tentunya sangat jarang ditemukan pada ayam hingga berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

– Promosi

Promosi ini akan dilakukan melalui media offline berupa brosur dan spanduk maupun melalui media sosial.

– Harga

Produk ini akan dijual dengan harga yaitu Rp20.000 yang di dalamnya berisi ayam, nasi, sambal, dan sayuran lalapan.

– Target pasar

Target pasar akan menjangkau semua kalangan dari mulai anak kecil sampai orang dewasa dan berbagai kelas sosial dan profesi.

Analisis SWOT

– Kelebihan

Jika dilihat bahwa untuk saat ini belum ada penjual yang menyajikan banyak sambal, dengan begitu ayam geprek crispy masih unggul dari yang lain.

– Kelemahan

Adanya kesamaan jenis produk yang memang dijual.

– Opportunity

Karena peluang produk yang berbeda, dengan begitu akan disukai oleh banyak orang.

– Kompetitor

Karena ada banyak penjual ayam geprek, maka ayam geprek crispy akan fokus dengan penyajian ayam yang crispy yang dibalut dengan berbagai pilihan sambel.

Contoh Proposal Usaha Makanan Dan Minuman Es Cendolicious

Ibu Kate berencana ingin membuka bisnis es cendol. Untuk membedakannya dengan es cendol yang lain, Ibu Kate berencana untuk mencampurkannya dengan berbagai  model minuman yang saat ini sedang hype seperti boba.

Ringkasan

–  Konsep

Karena mengusung konsep minuman tradisional, tentunya pemilik bisnis ini ingin agar minuman tradisional tidak kalah saing juga dengan minuman modern dengan cara mencampurkannya dengan bahan-bahan yang lain seperti boba, manga, dan sebagainya.

– Manajemen

Bisnis ini digawangi satu pemilik modal dan dilengkapi dengan dua orang karyawan.

Deskripsi bisnis:

– Deskripsi produk

Tentunya Cendolicious ini menjadikan cendol sebagai bahan utamanya. Bedanya cendol ini akan dikombinasikan dengan susu, boboa, hingga jus buah-buahan.

– Strategi produk

Karena menggunakan kombinasi yang unik, diharapkan Cendolicious bisa memikat banyak orang dan bisa memberikan sensasi yang unik.

– Promosi

Promosi ini akan dilakukan secara offline seperti pemberian brosur hingga melalui website dan sosial media.

– Harga

Produk ini akan dijual dengan harga yaitu Rp15.000 dengan konsep drink-to-go, yang mana orang-orang bisa menikmati minuman ini tanpa harus di tempat.

– Target pasar

Tentunya target pasar untuk minuman ini yang paling utama adalah kalangan milenial. Hal ini dikarenakan mereka sangat gemar untuk mengonsumsi drink-to-go ini.

Analisis SWOT

– Kelebihan

Sampai saat ini tidak ada yang menjual cendol dengan berbagai variasi bahan-bahan yang lain.

– Kelemahan

Memang minuman yang dijual cukup kalah populer daripada minuman drink-to go yang lain.

– Opportunity

Karena variasi minumannya cukup unik, dengan begitu peluangnya akan lebih banyak disukai oleh orang-orang.

– Kompetitor

Minuman drink-to-go saat ini sedang populer yang tentunya memunculkan banyak produk serupa.

Tentunya kedua contoh proposal usaha makanan dan minuman di atas bisa membantu anda untuk melihat berbagai hal yang perlu diketahui saat membangun sebuah bisnis. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar