Contoh Rumusan Masalah dalam Penelitian Sosial

Infokekinian.com – Infokekinian akan memberikan contoh rumusan masalah atau research problem dalam penelitian sosial yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk simak artikel yang telah kami rangkum dibawah ini.

Saat membuat proposal atau makalah, tentunya akan membuat bab pendahuluan dimana pada bab pendahuluan ini terdapat latar belakang dan juga terdapat rumusan masalah.

Menggunakan latar belakang untuk mendefinisikan masalah yang akan ditangani dengan cepat berbeda dengan menggunakan rumusan masalah sebagai penghalang masalah yang akan dibahas nanti.

Perumusan masalah sering dimulai dengan pernyataan singkat tentang masalah dan konteksnya. Sebuah solusi untuk masalah akan ditemukan dalam rumusan masalah, yang akan dijelaskan kemudian.

Rumusan masalah itu sendiri tidak hanya didapat dalam penelitian akademis, tetapi juga dalam ranah bisnis.

Tentu rumusan masalah akan menjadi poin yang sangat krusial ketika kamu mempresentasikan proposal yang harus dijawab jika bisnis ini nantinya dijalankan dengan menguntungkan.

Tentu saja, kamu ingin membuat pernyataan masalah yang bebas dari kesalahan. Perhatikan, misalnya, bagaimana merumuskan masalah makalah, masalah rumah proposal, rumusan masalah penelitian, dan sebagainya.

Contoh Rumusan Masalah Proposal Kegiatan

Contoh Rumusan Masalah Proposal Kegiatan

Sebelum kita mengupas masalah penulisan dari rumusan masalah, ada berbagai sumber yang memberikan penjelasan secara gamblang gagasan tentang latar belakang.

Pernyataan masalah juga dapat ditulis secara mendalam, seperti yang dikemukakan beberapa sumber.

Substansi masalah, proposal, atau laporan yang sedang dipertimbangkan dapat dideskripsikan dengan menyusun pernyataan masalah singkat.

Jika kamu ingin membuat proposal kegiatan sendiri maka tentunya ada beberapa pedoman yang harus diperhatikan.

Untuk yang pertama, proposal kegiatan adalah jenis perizinan dan distribusi uang tunai dari sponsor. Dan hal inilah yang membuat penulis harus mengetahui dan mampu memberikan penjelasan yang lengkap.

Berikut adalah contoh pernyataan masalah untuk proposal kegiatan yang dapat kamu gunakan sebagai inspirasi:

  1. Apa yang dapat dilakukan sekolah untuk membantu anak-anak menemukan dan mengembangkan minat dan kemampuan baru?
  2. Bagaimana siswa dapat memanfaatkan kemampuan dan minatnya sekaligus melindungi budaya Indonesia?
  3. Mengapa pertunjukan seni perlu ditingkatkan mengingat orisinalitas dan daya cipta semua siswa?

Selain menggunakan frasa yang mudah diingat seperti “pertanyaan” atau “pernyataan”, rumusan masalah dapat mengambil berbagai bentuk lain.

Kamu juga dapat memilih sesuai dengan keadaan dan tujuan pembuatan proposal atau makalah itu sendiri.

jika dirasa jauh lebih cocok menggunakan kalimat pernyataan maka tidak ada salahnya jika kamu membuat rumusan masalah yang sama. Selama kamu tetap menggunakan bahasa yang ringkas dan padat.

Contoh Rumusan Masalah Proposal Usaha Makanan

Contoh Rumusan Masalah Proposal Usaha Makanan

Salah satu rahasia keberhasilan penyusunan makalah atau proposal adalah menggambarkan keadaan ideal sebelum melanjutkan ke perumusan masalah.

Jika bisnis sudah berdiri dan berjalan atau baru saja memulai, keadaan optimal di lokasi ini akan menjadi fondasi bisnisnya.

Hanya karena calon investor ingin tahu bahwa kamu serius memulai bisnis sebelum mereka memberikan uang mereka.

Para sponsor sama sekali tidak akan menyumbangkan uang secara gratis untuk bisnis yang tidak menjanjikan sama sekali.

Bahkan jika benar, akan ada efek finansial yang signifikan, karena tidak ada keuntungan yang didapat, melainkan hilangnya nyawa manusia.

Untuk dapat menarik perhatian banyak investor, saat menyusun proposal bisnis, kamu harus menggunakan kejujuran yang jelas dalam situasi yang sempurna ini.

Pikirkan tentang contoh proposal bisnis berikut saat menyusun proposal aktivitas bisnis kamu sendiri:

  1. Bagaimana bisnis makanan dapat meningkatkan jumlah uang yang dihasilkannya?
  2. Bagaimana cara memotong biaya produksi tanpa mengorbankan kualitas produk makanan?
  3. Apa jenis taktik pemasaran yang ada untuk menarik pelanggan?

Contoh penelitian masalah yang baik tentang bagaimana rumusan masalah dapat menyebabkan masalah dapat dilihat dalam proposal yang disajikan di atas.

Sponsor harus memberikan perhatian khusus pada isu-isu yang diangkat selama diskusi. Sponsor memiliki tanggung jawab untuk memahami strategi dan cara mengembangkan bisnis makanan.

Selain membahas sejauh mana taktik dan promosi diperlukan untuk mempengaruhi perputaran uang harian dan bulanan.

Contoh Gagasan Pokok Laporan Prakerin

Contoh Gagasan Pokok Laporan Prakerin

Laporan magang ini berfungsi sebagai cara untuk melacak kemajuan mahasiswa menyelesaikan praktik kerja atau magang.

Rumusan masalah ini tentunya tidak jauh berbeda dengan rumusan laporan sebelumnya, namun demikian rumusan masalah laporan magang ini juga akan menguji sejauh mana mahasiswa dapat memahami isi dari jurusannya.

Metode dan keahlian apa yang mereka peroleh setelah melakukan magang. Tips dan trik belajar di tempat kerja merupakan hal yang lumrah terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ini tidak sama dengan latihan di kelas; magang memungkinkan siswa untuk menempatkan apa yang telah mereka pelajari di dunia nyata untuk digunakan.

Siswa akan sebagai langsung dan langsung di lapangan guna menghadapi kendala dan etos kerja yang baik.

Tujuan dari magang ini adalah untuk membantu kamu mengembangkan etika kerja yang kuat, keterampilan, dan pandangan positif untuk karir masa depan kamu.

Untuk dapat menyusun rumusan masalah laporan magang ini tidaklah sulit, berikut contohnya:

  1. Kesulitan apa yang kamu alami selama bekerja sebagai magang di PT. Ahas Indonesia?
  2. Apakah ada peningkatan kemampuan atau kompetensi mahasiswa selama magang di PT. Ahas Indonesia?
  3. Apa keuntungan yang diperoleh mahasiswa setelah melakukan magang di PT. Ahas Indonesia?
  4. Bagaimana cara kamu menghadapi persaingan di dunia kerja setelah mengalami sendiri di dunia kerja?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan rumusan kesulitan-kesulitan yang biasa dihadapi dalam setiap laporan magang.

Selama berbulan-bulan di lingkungan kerja, niscaya akan ada nilai-nilai baik yang bisa diambil, apakah sambil bekerja keras dan disiplin, penuh tanggung jawab atau jika memiliki kemampuan yang unggul.

Banyak juga yang langsung merasakan bahwa etos kerja di dunia industri akan jauh dari teori.

Contoh Rumusan Masalah Laporan Study Tour

Contoh Rumusan Masalah Laporan Study Tour

Melakukan perjalanan lapangan, sering dikenal sebagai tur penelitian, lebih dari sekadar pergi berlibur. Dalam kegiatan ini, siswa akan diajak untuk mengenal lebih dekat lokasi yang akan mereka kunjungi.

Akibatnya, siswa akan mendapatkan pengalaman langsung dengan medan, budaya, dan orang-orang di wilayah yang berubah dengan cepat. Dengan studi banding ini, mahasiswa akan memahami bagaimana sosial budaya yang tumbuh subur di tengah masyarakat.

Bukan rahasia lagi bahwa semua siswa sangat menantikan studi ekskursi. Meski total durasi perjalanan kurang dari seminggu, namun biasanya sekolah hanya mengunjungi satu atau dua destinasi selama perjalanan studi.

Siswa sering didorong oleh profesor mereka untuk belajar lebih banyak tentang sejarah candi dan artefak dari era masa lalu. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi oleh sekolah-sekolah yang melakukan studi banding.

Tentu saja, keputusan Yogyakarta sebagai kota tuan rumah tidak dibuat dengan mudah, mengingat budaya kota yang selalu hidup. Tidak hanya itu, Yogyakarta sendiri memiliki berbagai kekayaan sejarah yang dapat dilihat oleh para pelajar, misalnya dengan keraton dan juga candi Borobudur.

Contoh penelitian masalah tantangan study trip di Yogyakarta dan sekitarnya, berikut ini:

  1. Apa langkah pemerintah untuk menjaga kekayaan warisan budaya Yogyakarta?
  2. Apa saja bentuk peninggalan sejarah yang dapat digali, dan bagaimana keadaan peninggalan tersebut?
  3. Bagaimana tanggapan masyarakat lokal, khususnya wisatawan mancanegara dan pengunjung jarak jauh yang ada di sana dalam mengapresiasi peninggalan sejarah tersebut?

Siswa akan diizinkan untuk melakukan wawancara singkat dengan banyak tamu acak saat mengunjungi tempat-tempat wisata. Tempat-tempat wisata ini akan menarik pengunjung baik domestik maupun internasional.

Nah, dari hasil observasi ini akan menawarkan fakta-fakta yang bisa dibandingkan dengan penjelasan dari pihak pengelola destinasi wisata bersejarah tersebut.

Contoh Rumusan Masalah Laporan PKL

Tak perlu dikatakan bahwa setiap siswa tingkat akhir diharapkan untuk berjalan melalui pedagang kaki lima sebagai bagian dari persyaratan kelulusan mereka.

Mahasiswa jurusan teknik atau pengajaran sering mengoperasikan PKL ini. PKL sendiri merupakan salah satu inisiatif untuk memanfaatkan informasi yang telah dipelajari mahasiswa selama beberapa semester.

Diharapkan teori yang diperoleh di sekolah dapat digunakan di tempat kerja, termasuk di dalam kelas. PKL ini akan didirikan di beberapa perguruan tinggi yang sebelumnya telah bekerja sama.

Nantinya para siswa ini akan dipisahkan menjadi beberapa kelompok dan bertugas mengajar di salah satu sekolah dengan jenjang pendidikan yang sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Pada umumnya pedagang kaki lima memulai pendidikannya dari SD, kemudian melanjutkan ke SMP dan SMA.

Ada banyak persamaan antara magang dan program seperti PKL, yang bertujuan untuk membuat keterampilan mereka yang berpartisipasi dan juga membutuhkan laporan akhir sebagai bagian dari persyaratan kelulusan.

Untuk memberikan nilai bagi siswa tersebut, laporan tersebut harus disahkan oleh direktur program studi siswa dan bertindak sebagai penanda dan evaluasi.

Rumusan masalah pembuatan laporan PKL tentunya sama dengan yang lainnya, namun yang membedakan adalah pokok bahasannya, misalnya:

  1. Di SMP Islam Batu, bagaimana metode evaluasi saat ini dapat dibuat lebih user-friendly bagi guru dan orang tua?
  2. Pendekatan apa yang digunakan untuk meningkatkan sistem komputerisasi sehingga lebih mudah bagi instruktur dan orang tua untuk memantau?
  3. Kapan saat yang tepat untuk mensosialisasikan transformasi sistem dari manual ke komputerisasi?
  4. Apakah reformasi ini dapat memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi SMP Islam Batu?

Contoh Gagasan Pokok Penelitian Kuantitatif

Contoh Gagasan Pokok Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif ini dipengaruhi oleh adanya banyak faktor yang dapat menentukan kesimpulan akhir.

Dalam evaluasi ini kemudian, ada bobot dan kuantitas yang jauh lebih fokus daripada pemanfaatan kualitas dan mutu.

Penilaian akan lebih menekankan pada sejauh mana satu faktor mempengaruhi yang lain. Penelitian berbeda dari evaluasi kualitatif karena hanya mengandalkan data survei.

Sebelum memulai pembahasan rumusan masalah penelitian kuantitatif, ada baiknya penulis memahami batasan-batasan masalah.

Fokus utama penelitian ini adalah pada batas masalah ini, yang berfungsi sebagai faktor pembatas untuk penelitian masa depan. Untuk menghindari membuang waktu pada topik yang bahkan tidak relevan dengan tujuan penelitian, penelitian ini digunakan.

Berikut ini adalah contoh penelitian sosial rumusan dari kuantitatif:

  1. Apa pengaruh kompensasi terhadap etos kerja seluruh karyawan PT Aryajuna?
  2. Apakah PT. Rehabilitasi Indah Hutan Sumatera Dipengaruhi Kebijakan Perusahaan?
  3. Apa pengaruh pengembangan karakter terhadap kemampuan karyawan kantor untuk bekerja lebih lama dan lebih efisien?

Jika sejak awal sudah jelas bahwa batasan masalah sudah ditetapkan, maka selanjutnya penelitian yang dilakukan tidak akan melibatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Misalnya, saat melakukan penelitian terhadap karyawan tetap, pekerja informal dan kontrak tidak akan dimasukkan dalam daftar.

Masalah lain yang tidak terkait dengan pekerjaan akan ditinggalkan dari daftar pertanyaan yang mungkin.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Paparan dalam suatu penelitian sering diperoleh dalam bentuk deskriptif, komparatif dan asosiatif. Semua strategi ini sudah sering digunakan, baik dalam penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Dalam keadaan tertentu, tidak semua rumusan masalah akan tampak asli dan praktis, terutama dalam topik yang berkaitan dengan masalah akademis.

Kamu mungkin dihadapkan dengan fakta yang membantu kamu menghasilkan pemikiran dan ide segar.

Karena gagasan juga memerlukan rumusan masalah yang memadai, maka akan sangat mirip dengan kehidupan nyata. Penelitian kualitatif dapat membantu memperhalus rumusan suatu masalah dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Tentunya kamu sudah sering melihat dan juga membaca bagaimana rumusan kesulitan skripsi bagi mahasiswa ilmu humaniora, dan itu adalah salah satu contoh konseptualnya.

Untuk membuat rumusan masalah dalam penelitian kualitatif yang memiliki aspek konseptual tidaklah sulit.

Kamu dapat membatasinya dengan menggunakan konsep, misalnya rasisme berikut:

  1. Dengan cara apa orang Afrika-Amerika didiskriminasi di Amerika Serikat pada tahun 1965?
  2. Ketidakadilan macam apa yang didapat orang kulit hitam?
  3. Apa dampak Gerakan Hak Sipil terhadap kehidupan orang kulit hitam setelah diskriminasi tahun 1965?

Paling tidak, kerangka 5W+1H digunakan untuk isu-isu penting dalam penelitian kualitatif ini.

Ketika menggali lebih jauh konsekuensi diskriminasi, khususnya prevalensi rasisme di Amerika Serikat, penulis harus mempertahankan fokus.

Diskriminasi juga dipecah menjadi banyak bentuknya untuk melihat apakah ada kemajuan di Amerika Serikat antara dulu dan sekarang.

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Pendidikan

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Pendidikan

Prinsip penulisan yang biasa dalam menulis skripsi memang memaksa siswa untuk jauh lebih disiplin dan rapi sehingga bisa menghasilkan tulisan yang substansial.

Pendekatan objektif, bukan evaluatif, harus digunakan saat menghasilkan ide untuk tesis.

Penelitian siswa di sekolah sering dimanfaatkan sebagai sumber informasi untuk penulisan skripsi pendidikan.

Menyusun tesis pendidikan mungkin melibatkan teknik kualitatif atau kuantitatif.

Saat mengumpulkan informasi dan memasukkannya ke dalam format tertulis, pendekatan ini sering digunakan. Untuk komponen rumusan masalah itu sendiri, penulisan harus memiliki topik perdebatan yang menarik, misalnya:

  1. Apakah mendongeng dapat meningkatkan konsentrasi siswa TK Bina Ummah di kelas?
  2. Kapan waktu yang ideal bagi kaum muda untuk mengikuti program pendidikan di sekolah?
  3. Anak-anak usia 3 tahun tahu apakah mereka siap jika mereka telah menjalani pelajaran kurikulum pra-sekolah?

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya dapat dijadikan contoh penelitian sosial bagi kamu yang berminat untuk menulis skripsi pendidikan.

Tidak hanya menyangkut masalah kuantitas, kualitas pendidikan juga penting untuk dicermati dari tingkat yang paling rendah hingga yang paling bawah.

Penulisan tesis yang baik dan benar adalah metode pemanfaatan informasi yang telah dipelajari selama bertahun-tahun dan penting bagi sistem pendidikan itu sendiri.

Contoh Rumusan Masalah Makalah PKN

Tugas kertas sering membuat siswa bingung ketika harus menyelesaikan tugas sekolah mereka. PKN merupakan salah satu disiplin ilmu yang paling banyak memuat tugas makalah.

Dari dokumen yang memperdebatkan Konstitusi atau peraturan pemerintah yang ada ada. Makalah PKN tentunya tidak akan jauh dari membahas tentang melindungi Negara, tugas dan hak setiap warga negara.

Naturalisasi dan kewarganegaraan seseorang tentunya akan menjadi bahan perbincangan di PKN.

Ketika orang Indonesia menikah dengan warga negara asing dan memiliki anak, hal semacam ini cenderung menjadi isu hot button.

Di Negara Indonesia sendiri, jika ada anak yang ibu atau ayahnya warga negara Indonesia, mereka berhak menjadi warga negara Indonesia.

Setelah itu pemuda tersebut akan memilih status kewarganegaraan pada usianya yang telah mencapai 17 tahun.

Soal kewarganegaraan mungkin bisa diajukan sebagai salah satu rumusan masalah dalam topik PKN. Sebagai contoh:

  1. Hak dan kewajiban apa yang diberikan kepada anak berkewarganegaraan ganda sebelum berusia 17 tahun?
  2. Bagaimana non-warga negara menjadi warga negara Amerika Serikat?
  3. Kapan seorang anak dapat memutuskan status kewarganegaraan jika orang tuanya berasal dari negara yang berbeda?

Beberapa pemerintah menentukan kewarganegaraan tergantung di mana seseorang dilahirkan. Misalnya, di Amerika, mereka yang lahir di negara itu menikmati hak yang sama dengan orang Amerika.

Secara de jure, anak-anak yang lahir di Amerika Serikat berhak atas perlindungan dan tanggung jawab yang sama seperti warga negara lainnya.

Contoh Research Problem Makalah Agama

Contoh Research Problem Makalah Agama

Tidak hanya memiliki batasan yang sangat tegas, rumusan masalah juga harus dinyatakan dengan bahasa yang sederhana.

Disarankan untuk menghindari penyebutan frasa yang sebelumnya tidak dikenali di latar belakang masalah. Apalagi jika ada topik yang sensitif, ini akan menyebabkan kesalahpahaman pembaca di kemudian hari.

Carilah istilah yang lebih mudah dipahami. Ini adalah pendekatan yang jauh lebih baik.

Makalah tentang agama dapat membahas berbagai topik, termasuk ide-ide dasar agama, upacara keagamaan tertentu, dan masalah jurnal yang saat ini banyak didiskusikan.

Untuk mempermudah kamu dalam menentukan rumusan masalah dari sebuah makalah agama, berikut adalah contoh mudahnya untuk kamu:

  1. Apa yang dimaksud dengan akhlak dan akhlak?
  2. Apa dampaknya bagi kehidupan remaja dari ajaran agama yang ditanamkan sejak dini?
  3. Bagaimana hukum Islam menjelaskan masalah poligami?

Meskipun tidak dilarang untuk membahas topik yang kontroversial, kamu harus melakukannya dengan lebih hati-hati.

Mirip dengan masalah poligami, yang memiliki aspek positif dan negatif dalam budaya saat ini.

Jika kamu benar-benar ingin terlibat dalam debat, akan lebih baik jika kamu mengumpulkan sejumlah besar materi pendukung dan penentang terlebih dahulu.

Research Problem Karya Ilmiah

Persaingan tidak selalu dinilai dari nilai yang diperoleh seseorang, tetapi juga dari bakatnya.

Kriteria kompetensi sebenarnya sudah lama diterapkan dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya di perguruan tinggi.

Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi mahasiswa adalah melalui penulisan artikel ilmiah.

Tentu berbeda dengan karya tulis, karena kajian ilmiah itu sendiri menemukan sesuatu yang bisa dibilang baru dalam bidang tertentu.

Humaniora dan ilmu-ilmu sosial sering terjalin dalam penelitian ilmiah. Beberapa contoh pendekatan yang mungkin untuk contoh yang sama dapat ditemukan dalam humaniora, khususnya di bidang bahasa:

  1. Apa saja unsur-unsur yang mempengaruhi disparitas bahasa dan budaya Melayu Riau?
  2. Adakah perbedaan bahasa yang dituturkan oleh desa-desa pesisir di Kepulauan Riau?
  3. Bagaimana asal mula bahasa melayu dan perubahan yang terjadi pada struktur bahasanya?

Sosial dan humaniora adalah bidang studi yang masih berkembang, berbeda dengan ilmu-ilmu eksakta.

Dan ini menandakan bahwa akan selalu ada perubahan yang terjadi seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan.

Struktur bahasa dan budaya juga akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Beberapa kota di Provinsi Riau dan di tempat lain di Indonesia akan dapat dengan jelas melihat ini.

Contoh Rumusan Masalah PTK

Rumusan masalah karya tulis ilmiah berikut ini bukan sekadar gagasan dari seorang penulis secara keseluruhan, tetapi dapat dianggap sebagai semacam kekhawatiran dari pembaca.

Sebelum menulis rumusan masalah, penulis harus menempatkan dirinya sebagai pembaca.

Dengan demikian, penulis dapat mengetahui rumusan masalah mana yang sesuai dengan budaya pembaca dan tingkat sosial ekonomi masyarakat yang sangat membutuhkannya.

Sebab, misalnya, orang-orang dari kelas ekonomi menengah ke bawah mungkin tidak bisa menjawab semua pertanyaan dengan jujur.

Seperti halnya ketika menyusun rumusan masalah PTK, penulis selanjutnya akan terdorong untuk menempatkan dirinya sebagai siswa.

Untuk lebih memperjelas, berikut adalah beberapa contoh penelitian sosial rumusan masalah PTK atau penelitian tindakan kelas:

  1. Seberapa bermanfaatkah penggunaan media pembelajaran dalam program belajar mengajar di SMA Hasyim Asy’ari?
  2. Jika demikian, bagaimana hal ini berdampak pada kemampuan siswa untuk menghargai dan mempelajari hal-hal baru?
  3. Bagaimana pendidik dapat membawa pendidikan bilingual kepada siswa?

Kesimpulan

Jadi itulah karya tulis ilmiah yang kamu butuhkan. Proposal kegiatan adalah jenis perizinan dan distribusi uang tunai dari sponsor.

Substansi masalah, proposal, atau laporan yang sedang dipertimbangkan dapat dideskripsikan dengan menyusun pernyataan masalah singkat. Pernyataan masalah juga dapat ditulis secara mendalam, seperti yang dikemukakan beberapa sumber.

/* */