Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Contoh teks oposisi – Pengertian teks oposisi adalah sebuah tulisan berisi informasi atau fakta berupa pengembangan paragraf untuk menjelaskan sebuah kondisi tertentu, karena itu si pembaca bisa mendapatkan informasi berdasarkan apa yang dijelaskan atau diuraikan si penulis. Biasanya uraian tersebut berupa tulisan yang padat, jelas, dan singkat agar si pembaca lebih mudah mengerti dan memahami maksud si penulis itu sendiri.

Mungkin kita secara tak sengaja pernah membaca teks jenis eksposisi, karena jenis teks ini sering kita temukan. Umumnya teks eksposisi dipakai untuk menuliskan berita, entah itu berita di majalah, di koran, media sosial, media online, dan lain sebagainya. Anda bisa membandingkan definisi yang sudah kami jelaskan di atas dengan tulisan/berita yang Anda baca.

 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks eksposisi berbeda dengan teks jenis lainnya. Untuk mengetahui perbedaannya, ada beberapa ciri khas teks eksposisi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut :

  1. Bahasa yang dipakai bersifat baku.
  2. Pembahasan yang diuraikan adalah sebuah fakta dan bukan karangan atau opini penulis semata.
  3. Gaya penulisan pada teks eksposisi biasanya bersifat persuasi dan informatif.
  4. Informasi dan data dijelaskan secara gamblang.
  5. Tulisan bersifat netral atau objektif, maksudnya adalah tulisan tersebut tak memihak siapapun. Dengan kata lain, penulis yang menguraikan teks eksposisi tak bisa seenaknya saja menuangkan sesuatu dalam tulisan sesuka hati, karena biasanya tulisan yang dipaparkan harus sesuai dengan bukti konkret.
  6. Tulisan berdasarkan fakta dan data yang benar-benar valid.

Inilah beberapa ciri khas teks eksposisi yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui ciri-ciri di atas, Anda bisa membedakan antara teks eksposisi dan teks jenis lainnya.

 

Apa Saja Jenis Teks Eksposisi?

Teks eksposisi biasanya tak hanya mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan teks jenis lain, namun teks ini biasanya terdiri dari beberapa jenis. Adapun jenis-jenis teks eksposisi, adalah sebagai berikut :

  1. Teks Eksposisi Pengerjaan

Jenis teks ini umumnya memuat tata cara atau langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan tertentu yang dibuat secara sistematis dan urut. Tata cara atau langkah-langkah biasanya dimulai dari langkah awal hingga langkah akhir.

  1. Teks Eksposisi Definisi

Jenis teks ini umumnya hanya memuat definisi atau pengertian yang mendalam mengenai topik berita tertentu. Teks jenis eksposisi ini tentu sudah sering kita jumpai, sebab banyak sekali teks lainnya yang hanya memaparkan pengertian tentang sesuatu hal tertentu.

  1. Teks Eksposisi Perbandingan

Jenis teks ini biasanya berisi tentang perbandingan antara topik tertentu dengan topik yang lainnya. Akan tetapi, kedua topik ini sebenarnya masih mempunyai keterikatan antara topik yang satu dan topik lainnya.

  1. Teks Eksposisi Laporan

Jenis teks eksposisi ini biasanya menuangkan laporan terkait mengenai topik tertentu. Selain itu, laporan tersebut didapat berdasarkan hasil wawancara atau hasil penelitian dengan sumber tertentu yang berkaitan.

  1. Teks Eksposisi Gambaran

Jenis teks ini umumnya memuat tentang topik atau berita yang menampilkan gambaran secara singkat tapi jelas. Adapun gambaran dari teks yang dituliskan harus mewakili tujuan/maksud yang ingin disampaikan.

  1. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks jenis ini biasanya berisi tentang pertentangan antara topik tertentu dengan topik yang lain. Tapi, teks/tulisan yang dipertentangkan juga masih memiliki keterkaitan satu sama lain.

Dengan mengetahui jenis-jenis dari teks eksposisi, ini artinya Anda sudah mengetahui pembagian teks eksposisi. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa teks eksposisi tidak termasuk teks tungga. Biasanya teks ini terbagi lagi ke dalam beberapa jenis yang sudah dijelaskan di atas.

 

Bagaimana Struktur dari Teks Eksposisi?

Jika Anda melihat contoh teks eksposisi, maka Anda akan mengetahui bagaimana struktur teks eksposisi itu sendiri. Struktur-struktur dalam teks eksposisi adalah bagian terpenting dari teks eksposisi itu sendiri. Adapun penjelasannya bisa dilihat di bawah ini :

Pernyataan pendapat atau tesis

Tesis adalah bagian awal yang terdapat pada teks eksposisi. Pada tesis biasanya termuat prediksi atau dugaan dari penulis. Walaupun tesis ini adalah berisi prediksi atau dugaan dari penulis, namun dugaan tersebut tentu saja bukan dugaan yang tidak berdasarkan pada landasan. Dalam tesis, dugaan penulis semakin diperkuat dengan adanya data-data tertentu yang bersifat valid. Sehingga bukan sekedar argumentasi dari penulis saja. Dalam tesis yang terdapat pada teks eksposisi umumnya diterapkan di awal kalimat. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan jika tesis juga akan diletakkan di akhir kalimat eksposisi.

Argumentasi

Argumentasi umumnya berisi tentang kalimat-kalimat yang mendukung tesis yang telah dituliskan. Tak hanya berisi tentang kalimat pendukung saja, tetapi argumentasi juga bisa berisi tentang sanggahan tesis yang telah diberikan. Biasanya argumentasi yang bagus

Penegasan Ulang

Bagian teks ini berisi tentang penguatan pandangan terhadap fakta-fakta tertentu yang sudah dikemukakan dalam bagian argumentasi dan tesis. Bisa dikatakan, penegasan ulang adalah bagian dari simpulan topik yang sudah dibicarakan pada tesis yang terdapat dalam argumentasi atau yang diajukan. Sebuah argumentasi bisa dikatakan baik jika teksnya berisi kedua komponen tersebut, bisa berupa data pendukung atau sanggahan berdasarkan tesis yang telah dituliskan penulis.

 

Apa Saja Contoh Teks Ekposisi?

Jika kita sudah mengetahui hal-hal mengenai teks eksposisi ini, maka hal yang juga tak kalah penting untuk diketahui adalah contoh dari teks eksposisi. Dengan mengetahui contoh-contoh teks eksposisi, Anda akan lebih memahami bagaimana struktur dan jenis teks eksposisi yang disampaikan. Karena itulah Kami berikan contoh-contoh dari teks eksposisi, sebagai berikut :

 

1. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Pendidikan

Untuk struktur penulisan contoh teks eksposisi tentang Pendidikan, berjudul Pendidikan Karakter Anak, dengan ulasan sebagai berikut :

Tesis :

Bagi kehidupan manusia, Pendidikan merupakan komponen yang paling penting yang harus ditempuh. Dengan Pendidikan, seseorang bisa mengenali bagaimana jati dirinya. Terbentuknya jati diri biasanya berasal dari karakter seseorang. Contohnya, dengan perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah juga turut berperan penting dalam pembentukan karakter dari anak didik. Saat ini, pemerintah telah mengubah kurikulum dari yang awalnya KTSP (Kurikulum Satuan Pendidikan) ke dalam Kurikulum 2018 (Kurtilas). Perubahan tersebut mensyaratkan Pendidikan karakter pada sistem Pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi :

Pendidikan karakter adalah Pendidikan yang mengutamakan pada skill atau kemampuan anak didik secara personal. Dengan kata lain, Pendidikan yang bertujuan untuk menggali adanya potensi dari diri anak didik/siswa itu sendiri. Pendidikan karakter penting sekali untuk menggali adanya bakat tersembunyi dari siswa. Dimana setiap siswa mempunyai kecerdasan, potensi, dan bakat dalam bidang yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Anak didik yang kurang pandai dalam mata pelajaran tertentu tidak bisa dikatakan bodoh, sebab mereka tentu mempunyai kemampuan yang tersembunyi dalam bidang lainnya. Dengan Pendidikan berkarakter tersebut, kecerdasan seseorang tak bisa ditentukan dari kepintaran seseorang untuk menguasai pelajaran di dalam kelas. Tenaga pendidik juga tak bisa melabeli seorang murid bodoh jika ia tidak memiliki kepandaian dalam pelajaran tertentu yang telah diajarkan di dalam kelas.

Selain itu, pemerintah juga sudah mengupayakan terbentuknya Pendidikan karakter, lewat kurikulum Pendidikan yang terbaru, yakni kurikulum 2013. Lewat kurikulum inilah para pemerintah berusaha untuk menanamkan karakter dan menggali potensi yang ada dalam diri siswa. Tentu saja karakter yang sifatnya toleransi terhadap Bahasa, adat istiadat, kebudayaan, dan agama lain. Indonesia adalah suatu negara yang mempunyai Bahasa, kepercayaan, adat istiadat, dan kebudayaan yang beragam. Karenanya penanaman dari sikap toleransi ini wajib diperkenalkan sejak dini tepatnya saat siswa mengenyam bangku sekolah.

Tak hanya itu, dengan adanya Pendidikan karakter tersebut juga diharapkan bisa membekali anak didik di masa mendatang terkait masa depannya. Anak didik harus mempunyai skill dan keahlian khusus yang wajib dimiliki di era globalisasi seperti sekarang ini.

Penegasan Ulang :

Pendidikan karakter adalah bekal anak/siswa di masa mendatang. Siswa wajib mempunyai sikap toleransi terhadap sesamanya, mempunyai potensi atau skill yang bisa dibanggakan sehingga mereka siap menjadi penerus bangsa yang mampu berkompetisi menghadapi perkembangan zaman.

 

2. Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Hukum

Berjudul “Tindak Kriminal di Lingkungan Wanita dan Anak” dengan ulasan sebagai berikut :

Tesis :

Di era globalisasi ini, tidak menutup kemungkinan terjadinya tindakan kriminal yang semakin meningkat di masyarakat. Adapun sasaran objek kriminal yang sangat rentan adalah kaum wanita dan anak-anak. Menurut data yang berhasil dirilis, negara Indonesia termasuk salah satu negara yang tidak aman bagi kaum wanita dan anak-anak. Bahkan rata-rata hampir tiap hari, selalu ada saja laporan kejahatan yang menyerang kaum wanita maupun anak-anak di negara Indonesia. Pada beberapa kasus sendiri, ada yang cukup rumit seperti pelaku tindak kekerasan yang dilakukan oleh keluarga korban. Kasus-kasus inilah yang mengundang pendapat dan masukan dari para pakar sosial mengenai kesalahan struktur dari masyarakat Indonesia.

Isi :

Meskipun Negara Indonesia dengan tegas menerapkan peraturan undang-undang dengan pasal tertentu yang menjerat pelaku tindakan kriminal, namun penerapan hukuman ini dinilai belum mampu membuat jera para pelaku kejahatan. Bahkan ada beberapa pakar sosial yang menyimpulkan bahwa stereotype yang ada di masyarakat Indonesia menyebabkan peningkatan tindakan kriminal terhadap wanita. Negara Indonesia, dalam konstruksi sosialnya sendiri menganut sistem patriarki yang mana kedudukan pria dianggap lebih tinggi daripada kaum wanita.

Sebenarnya pemerintah telah menerapkan upaya-upaya serta pencegahan terjadinya tindakan kriminal di masyarakat, seperti ketersediaan gerbong kereta yang dikhususkan bagi perempuan, sosialisasi pemberdayaan perempuan, dengan mengutamakan kebutuhan kaum perempuan di tempat umum, hingga yang lainnya. Namun tetap ada saja oknum-oknum tertentu yang masih melanggar peraturan yang telah ditetapkan tersebut.

Kesimpulan :

Dikarenakan sistem patriarki di Indonesia sudah berlangsung lama karena turun temurun, mau tak mau kaum perempuan harus mentaati semua peraturan sosial yang lebih condong terhadap diskriminasi gender. Tak hanya itu, sistem patriarki juga lebih mengarahkan kaum wanita agar  selalu takut dan patuh pada pria. Sehingga jika ada seorang wanita yang berani melawan, masyarakat tetap saja menganggap jika perlawanan yang dilakukan tersebut tak seharusnya dilakukan seorang wanita yang telah dianggap mempunyai watak yang taat dan lemah lembut.

 

3. Contoh Teks Ekposisi Mengenai Lingkungan

Berikut contoh teks eksposisi tentang lingkungan yang berjudul “Efek Pemanasan Global Terhadap Lingkungan”, meliputi ;

Tesis :

Pemanasan Global adalah suatu kondisi dimana temperature bumi yang semakin meningkat seiring waktu. Terjadinya pemanasan global menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti semakin menipisnya lapisan ozon yang mengakibatkan sinar ultraviolet langsung masuk ke dalam bumi, dan naiknya permukaan air laut akibat mencairnya es di Kawasan kutub.

Faktor terjadinya pemanasan global ialah dikarenakan banyaknya kumpulan gas CO2 di atmosfer, yang menyebabkan semakin menipisnya lapisan ozon. Banyaknya gas CO2 yang ada di bumi ini menjadi tak sebanding dengan jumlah tumbuhan yang bisa menyerap karbon dioksida tersebut. Tak hanya itu saja, Kawasan hutan juga sudah dibuka sebagai lahan perkebunan, pertanian, atau bahkan dialih fungsikan sebagai hutan produksi dari yang awalnya berperan sebagai hutan lindung.

Argumentasi :

Baru-baru ini dunia mengalami kenaikan temperatur bumi yang kian parah. Terjadinya pemanasan global dikarenakan banyaknya karbondioksida dalam atmosfer bumi. CO2 tersebut bisa berasal dari emisi gas buang yang berasal dari kendaraan atau asap pabrik. Jika kita melihat lingkungan di sekitar sudah banyak sekali beberapa pabrik kimia yang beroperasi dan menghasilkan gas karbondioksida.

Tentu saja itu baru di negara Indonesia, kita tidak bisa bayangkan berapa banyaknya pabrik-pabrik penghasil CO2 di negara-negara Industri? Tentu saja di negara Industri sendiri lebih banyak pabrik-pabrik yang menghasilkan gas karbondioksida. Seharusnya negara-negara tersebut mampu mengatasi produksi CO2 akibat aktivitas yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik.

Ditambah dengan hutan-hutan yang ada di dunia yang semestinya bisa sedikit saja membantu menekan produksi gas CO2 tidak bisa berperan dengan baik. Ini dikarenakan banyaknya penebangan pohon-pohon di Kawasan hutan. Tak hanya penebangan pohon saja, ada beberapa kasus di Indonesia yang terjadi, seperti alih fungsi hutan menjadi hutan konservasi yang bisa memperburuk kondisi bumi.

Penegasan Ulang :

Terjadinya pemanasan global belum lama ini semakin parah. Ini dikarenakan pabrik-pabrik di berbagai negara menimbulkan asap sekaligus asap yang berasal dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Kondisi ini semakin diperparah dengan kondisi hutan yang semestinya bisa berperan mengurangi produksi emisi gas buang malah semakin banyak ditebang. Alih Fungsi hutan menjadi hutan konservasi sendiri sudah banyak terjadi di negara kita. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

 

4. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Politik

Contoh teks eksposisi tentang politik ini berjudul “Pilih Kepala Daerah yang Ramah Terhadap Alam”

Tesis :

Dengan meningkatnya eksploitasi hutan dan alam yang terjadi di Indonesia memang sangat mengkhawatirkan. Pertambangan menjadi faktor penyebab paling tinggi yang bisa mengakibatkan kerusakan alam. Tentu saja pertambangan berhubungan dengan izin yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah daerah. Karena itu, dalam kondisi ini sebenarnya pemerintah daerah berperan untuk memberikan perizinan sebuah lokasi tambang.

Argumentasi :

Alam adalah bagian yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan karena makan, minum, termasuk bernafas adalah bagian yang berasal dari alam. Akan tetapi, di Indonesia keadaannya sudah cukup parah karena kerusakan lingkungan yang sudah parah yang diakibatkan dari penebangan liar dan penambangan liar. Kegiatan tersebut terjadi akibat dari salah kelola yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan akibat menyalahgunakan izin dari pemerintah atau mungkin tidak ada izin sama sekali. Ada lagi ketika akan memasuki masa pencalonan daerah yang cukup membutuhkan dana yang sangat banyak, biasanya perusahaan tambang atau perusahaan perkebunan akan menawarkan dana yang cukup menggiurkan untuk dana kampanye, asalkan dengan syarat jika kepala daerah yang dipilih tersebut jadi. Selain itu, perusahaan tersebut juga harus diizinkan untuk melakukan pertambangan di lokasi yang sebelumnya sudah diincar.

Karena itu, lebih baik kita memilih pemimpin daerah setempat yang memperhatikan kelestarian lingkungan. Sebab selain karena lingkungan kita tetap lestari, juga kepala daerah tersebut kemungkinan besar tidak akan menerima suap dari perusahaan tersebut.

Penegasan Ulang :

Secara prinsip kerja bahwa kepala daerah wajib ikut serta melestarikan lingkungan, oleh karena itu maka eksploitasi sangat dilarang dan pilihlah pemimpin yang tidak pro akan hal tersebut namun pilihlah pemimpin yang peduli dengan keadaan lingkungan sekitar.

 

5.  Contoh Teks Eksposisi Mengenai Kesehatan

Berikut contoh teks eksposisi beserta strukturnya yang berjudul “Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan” diantaranya :

Tesis :

Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar jika kita sering berolahraga. Tapi ada beberapa pertimbangan yang mesti diperhatikan jika seseorang berolahraga, seperti apakah organ jantungnya kuat jika diajak berolahraga ataukah tidak. Mengingat kondisi setiap orang berbeda-beda, mulai dari yang jantungnya tidak kuat jika diajak berolahraga dalam waktu yang lama tapi ada pula yang kuat sebab sudah terlatih.

Argumentasi :

Berolahraga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan setiap orang. Berbagai macam olahraga yang menyenangkan adalah push up, lari, sit up, renang, dan lain sebagainya. Tak hanya menyenangkan, tetapi berolahraga juga termasuk aktivitas yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Olahraga juga bisa memberikan ketenangan pada mood seseorang, hal ini dikarenakan olahraga bisa melepaskan semua beban pikiran seseorang.

Olahraga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dimana peningkatan metabolisme ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit kognitif, yang berkaitan dengan penurunan kinerja otak seperti kepikunan atau tidak konsentrasi. Olahraga juga disarankan bagi penderita hipertensi, mengingat hipertensi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Jika penderita hipertensi melakukan olahraga secara teratur, maka hal tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah yang ada dalam tubuh.

Selain itu, kesehatan jantung juga tetap terjaga jika seseorang melakukan olahraga dengan teratur, tapi perhatikan apakah organ jantung Anda kuat diajak berolahraga ataukah tidak. Contohnya saja jika seseorang mempunyai penyakit jantung, maka kemungkinan ia tak akan kuat berlari, berenang atau melakukan aktivitas olahraga yang lainnya.

Kasus tersebut bahkan banyak terjadi, kebanyakan orang melakukan olahraga tanpa mengetahui kekuatan organ jantungnya. Maka dari itu, bukannya membuat tubuh lebih sehat justru memperburuk kondisi jantungnya.

Kita juga sering menjumpai kasus, seseorang yang sedang beraktivitas fisik tiba-tiba saja pingsan, bahkan mesti dibawa ke rumah sakit. Ini dikarenakan sebelumnya ia pasti mempunyai penyakit jantung. Lalu ia akan mengalami serangan jantung secara mendadak jika tubuhnya sudah tidak kuat melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Sementara bagi tubuh yang normal, berolahraga bisa menawarkan sejumlah manfaat. Bahkan setiap orang minimal harus berolahraga selama sekali dalam seminggu. Ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan, olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, karenanya orang yang berolahraga secara teratur memiliki tubuh yang selalu sehat dan bugar, serta terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Tapi, pastikan Anda mengetahui kondisi tubuh Anda terlebih dulu sebelum berolahraga.

Jika tubuh tidak kuat berolahraga, bukannya membuat tubuh lebih sehat, tetapi justru bisa menambah penyakit atau memperburuk kondisi tubuh Anda.

Penegasan Ulang :

Olahraga menawarkan banyak keuntungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti membuat mood menjadi lebih baik, terhindar dari berbagai macam penyakit, melancarkan sistem peredaran darah, meningkatkan sistem metabolisme, dan lain sebagainya. Walaupun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, terkadang kita juga sering menjumpai seseorang yang sedang berolahraga namun harus berbaring di rumah sakit. Karena mereka tidak memahami kesehatan tubuhnya.

Seseorang dengan penyakit jantung, tubuhnya tak akan kuat jika melakukan aktivitas yang memacu kinerja organ jantungnya. Karena itu, sebelum berolahraga harus pastikan terlebih dulu kondisi tubuh Anda dalam keadaan normal.

Contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan di atas bisa membuat Anda lebih memahami tentang teks eksposisi.

 

6. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Ekonomi

Untuk contoh teks eksposisi tentang ekonomi, diantaranya :

Tesis :

Pemerintah memiliki rencana untuk menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya ialah dengan melakukan pembangunan beberapa fasilitas umum untuk meningkatkan sistem perekonomian masyarakat. Seperti pembangunan yang terbilang sangat kontroversial belum lama ini, yakni dibagunnya bandara internasional di Kulon Progo, Jogja. Pembangunan ini tentu saja bersifat sangat paradoks, jika memang bandara di Kulon Progo dibangun karena tujuan untuk mensejahterakan rakyat, pemerintah tentu saja tak membiarkan Bandara tersebut dibangun di atas tanah milik masyarakat atau warga sekitar.

Argumentasi :

Pembangunan memang hal yang telah direncanakan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan sistem perekonomian masyarakat. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dicoba oleh pemerintah dalam meningkatkan perekonomian. Salah satunya ialah dengan melakukan pembangunan yang bertujuan untuk melancarkan distribusi. Akan tetapi pembangunan tersebut seharusnya tetap mempertimbangkan berbagai hal, mengingat terkadang pembangunan dilakukan tanpa memperhatikan hal-hal tertentu yang bersifat urgent.

Belum lama ini kasus yang sudah dijelaskan di atas, seperti pembangunan Bandara yang ada di Kulon Progo. Pemerintah berniat melakukan pembangunan bandar udara baru di Kulon Progo, hanya saja dibangun di atas lahan masyarakat setempat. Sebab lahan tersebut adalah lahan yang dipakai masyarakat demi menyambung hidupnya.

Bila dilihat secara sekilas, memang tidak salah tapi bagaimana jika pembangunan tersebut dilakukan di atas lingkungan hidup masyarakat. Sawah tersebut adalah lahan yang dipakai sebagai mata pencaharian masyarakat.

Hal ini tentu saja bersifat paradoks, jika bandara yang dibangun memang untuk kesejahteraan masyarakat, mereka tak akan membangun bandara tadi di atas lahan masyarakat sebagai penyambung hidup warga. Hal ini tentu tak akan menumbuhkan sistem perekonomian dalam masyarakat, tapi justru akan mencabut mata pencaharian dari masyarakat setempat.

Pemerintah terkadang mengabaikan hal tersebut. Apakah benar tujuannya untuk kesejahteraan rakyat atau bukan? Demi kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan sistem ekonomi biasanya masyarakat hanya dimanfaatkan sebagai dalih mensukseskan proyek bangunan di belakang tanpa diketahui oleh banyak orang.

Penegasan Ulang :

PIhak pemerintah melakukan berbagai pembangunan di sekitar masyarakat yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Tapi pembangunan tersebut kadangkala dilakukan tanpa adanya pertimbangan. Bahkan penduduknya sendiri harus diabaikan. Selain itu, pembangunan yang dianggap menumbuhkan perekonomian masyarakat, seringkali harus menyingkirkan warga dari lingkungan tempat tinggalnya.

Tinggalkan komentar