Contoh Pidato Visi Misi Calon Ketua Osis yang Menarik dan Tepat


InfoKekinian.com – Kali ini kita akan membahas mengenai cara menyampaikan pidato, serta beberapa contoh pidato visi misi sebagai calon ketua osis yang baik.

Dalam menyampaikan pidato khususnya visi dan misi harus disampaikan dengan baik agar siswa lainnya bisa mempertimbangkan dan mendapatkan gambaran bagaimana kinerja kalian jika terpilih menjadi seorang ketua osis.

Pengertian Pidato

Sehingga dengan begitu akan lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak suara dalam pemilihan ketua osis.

Advertisements

Pengertian Pidato

Pidato adalah tindakan berbicara di depan audiens yang besar. Audiens menerima kata-kata yang digunakan dalam pidato.

Biasanya, pidato akan mengomunikasikan pandangannya kepada audiens atau pendengar. Isi percakapan pidato akan menyampaikan konsep dan instruksi.

Seringkali, pembicara yang menyampaikan pidato akan menawarkan saran kepada audiensnya. Itu bergantung pada konteks atau keadaan pidato.

Umumnya, pidato akan disampaikan oleh orang-orang yang berpengaruh. Dalam arti tertentu, individu dituntut untuk menyampaikan suatu ucapan atau perspektif.

Informasi yang diberikan melalui orasi terkandung dalam materi yang dikirimkan.

Tujuan Pidato

Pelaksanaan pidato memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut:

1. Memberikan Sapaan

Advertisements

Salah satu fungsi tuturan adalah untuk menyampaikan salam. Umumnya suatu acara atau kegiatan akan diawali dengan salam, oleh karena itu diperlukan pidato.

Tujuan dari pidato ini adalah untuk menyampaikan pengantar atau salam kepada audiens atau masyarakat umum.

Pidato peresmian gedung pencakar langit adalah contohnya. Selain itu, pidato yang diberikan di awal pertemuan atau acara dapat digunakan untuk menyampaikan salam.

2. Memberikan Informasi

Pidato juga melayani tujuan menyampaikan pengetahuan. Isinya jelas ditujukan untuk pendengar atau masyarakat luas.

Dalam konteks ini, informasi yang ditawarkan umumnya berkaitan dengan topik subjek. Contohnya termasuk pidato selama konferensi pers.

Biasanya berkaitan dengan situasi atau hal yang harus segera diberitahukan kepada masyarakat umum. Mirip dengan pidato yang membahas keputusan Ramadhan atau serupa.

3. Mempengaruhi Para Pendengar

Tujuan lain dari pidato adalah untuk mempengaruhi audiens. Biasanya, gaya bicara ini berbentuk ajakan. Pidato persuasif adalah pidato yang digunakan untuk mempengaruhi audiens.

Tujuan pidato adalah untuk menginspirasi pidato untuk bertindak atas rekomendasinya.

Kegiatan ini juga bersifat sukarela. Contohnya adalah ajakan untuk menjaga lingkungan dengan membuang limbah dengan benar.

Agar penggemar tidak lagi membuang sampah sembarangan adalah salah satu contoh pidato ini. Promosi pidato vaksin baru-baru ini oleh pemerintah adalah contoh lain.

Pidato tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat umum untuk bergabung dalam kegiatan terkait vaksin.

4. Menghibur Para Pendengar

Tujuan pidato juga untuk menghibur penonton. Dalam pidato ini, pidato akan menyampaikan kalimat-kalimat yang terdengar menyenangkan. Pidato dengan aspek komik adalah contohnya.

5. Meyakinkan Pendengar

Pidato persuasif juga dapat disampaikan. Umumnya, pidato ini diberikan ketika ada kejadian penting. Contohnya adalah pidato kampanye untuk partai politik.

Calon pejabat pasti akan menyampaikan banyak pidato yang menguraikan cita-cita dan tujuan mereka.

Hal ini dilakukan agar individu memiliki rasa percaya diri. Ini adalah salah satu contoh dari maksud pidato untuk meyakinkan audiensnya.

Pengertian Visi

Visi adalah rangkaian kata yang menggambarkan tujuan, cita-cita, dan cita-cita masa depan organisasi, baik itu lembaga maupun bisnis.

Visi juga merupakan tujuan organisasi. Visi dihasilkan oleh pemikiran para pendiri organisasi terhadap masa depan organisasi.

Visi dapat melayani tujuan memilih tindakan masa depan, mendorong dan memotivasi anggota untuk memberikan kontribusi sebanyak mungkin.

Oleh karena itu, rangkaian kata yang digunakan dalam sebuah visi harus ringkas dan tidak ambigu, terdiri dari tidak lebih dari satu atau dua paragraf.

Visi akan berdampak signifikan pada kemampuan organisasi untuk menerapkan perubahan. Visi menjaga agar organisasi beroperasi sesuai dengan aspirasi para pendirinya, sehingga visi mencegah organisasi untuk mengembangkan arah baru atau menyimpang dari tujuan visinya.

Pengembangan visi sangat penting untuk pelaksanaan proses selanjutnya; sebuah visi tidak dapat berdiri sendiri.

Oleh karena itu, visi atau gambaran tentang masa depan memerlukan penjelasan tentang bagaimana hal itu akan digerakkan.

Pengertian Misi

Pengertian Misi

Setelah memahami makna visi, maka kamu juga perlu mengetahui arti dari misi. Sederhananya, visi adalah aspirasi atau tujuan perusahaan di masa depan.

Sementara itu, misi perusahaan adalah bagaimana ia akan mencapai tujuannya di masa depan.

Selain itu, misi akan menjawab sejumlah masalah lain, seperti mentalitas perusahaan, usaha pemenangan, dan bagaimana memantau keberhasilan suatu proses.

Dengan demikian, misi dapat disimpulkan sebagai kumpulan rencana atau strategi yang dirancang untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

Bahasa visi dan misi harus saling melengkapi, tetapi pernyataan misi lebih rinci daripada visi. Kualitas organisasi akan berbeda dengan kualitas organisasi lain berdasarkan misinya.

Bahkan item atau layanan yang akan diprioritaskan biasanya dapat dikomunikasikan dalam misi. Inilah yang menetapkan misi dalam visi dan menjelaskan rencana aksi.

Fungsi Visi dan Misi

Berikut adalah beberapa fungsi dari visi dan misi:

1. Memberikan Standar Kerja

Pertama, visi dan misi dapat berfungsi sebagai standar kerja untuk departemen perusahaan. Standar kerja dapat digunakan untuk menentukan kewajiban dan tanggung jawab pekerja dan karyawan dalam suatu organisasi.

Tersedianya standar kerja dapat mendorong tenaga kerja atau karyawan untuk menetapkan tujuan pekerjaan mereka, sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Meningkatkan Motivasi Kerja

Meningkatkan Motivasi Kerja

Kedua, visi dan misi perusahaan dapat berfungsi untuk meningkatkan motivasi tenaga kerja atau karyawannya.

Pernyataan visi dan misi dapat memfasilitasi pemahaman pekerja tentang tujuan pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, misi dan visi perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dalam membangkitkan motivasi dan semangat personelnya serta mencapai tujuan atau visinya.

3. Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

Ketiga, jika visi dan misi perusahaan dapat membangkitkan motivasi dan semangat kerja.

Tenaga kerja atau karyawan dapat menjadi jauh lebih produktif. Kegembiraan atau motivasi tenaga kerja dapat secara signifikan mempengaruhi outputnya.

Visi dan misi yang dapat dipahami berpotensi untuk memotivasi tenaga kerja atau pegawai agar lebih bersemangat dalam mencapai tujuan organisasi.

4. Menjadi Acuan Bagi Perusahaan

Keempat, visi dan misi perusahaan tentunya dapat menjadi acuan dalam melangkah ke depan.

Visi dan misi suatu korporasi dapat menjadi landasan, tolak ukur, atau acuan bagi perkembangan suatu organisasi atau bisnis.

Secara umum, fungsi visi dan misi adalah sebagai acuan bagi organisasi dalam menentukan langkah-langkah perubahan dan pengembangan.

Hal ini dapat mencegah dan menghindari perusahaan menyimpang dari tujuannya dan memastikan bahwa semua tindakannya selaras dengan visi dan misinya.

5. Menjadi Pedoman Kerja Karyawan

Visi dan misi selain sebagai acuan, juga dapat menjadi pedoman. Sebagai pedoman, visi dan misi suatu perusahaan atau organisasi akan menjadi landasan bagi tenaga kerja atau karyawannya.

Secara otomatis, pedoman akan sangat membantu karyawan dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam bekerja.

6. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Keenam, visi dan misi dapat menjadi sarana untuk mendongkrak loyalitas karyawan.

Jika perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas serta mampu menggugah emosi karyawannya, maka tidak hanya kinerja dan produktivitasnya yang terdongkrak, tetapi juga loyal terhadap perusahaan di masa mendatang.

Secara otomatis meningkatkan loyalitas karyawan pada akhirnya akan memungkinkan mereka bekerja semaksimal mungkin bagi organisasi.

7. Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Visi dan misi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi.

Pengambilan keputusan berbasis visi dan misi dapat mencegah tindakan yang menyimpang secara signifikan dari tujuan.

Visi dan misi perusahaan juga akan mempengaruhi pengambilan keputusan terkait perusahaan. Sesuai dengan visi dan misi perusahaan, keputusan diambil untuk memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi usaha.

8. Memastikan Tujuan Dasar

Selain itu, visi dan misi berfungsi sebagai tujuan fundamental perusahaan. Kegiatan perusahaan akan difasilitasi oleh visi dan misi dengan tujuan fundamental yang jelas dan memotivasi.

Hal ini dikarenakan karyawan yang menjalankan kegiatan perusahaan telah memiliki visi yang jelas tentang peran dan kewajibannya, karena memahami tujuan fundamental perusahaan.

Contoh Pidato Visi Misi Singkat Ketua Osis

Contoh Pidato Visi Misi Singkat Ketua Osis

Assalamualaikum Wr. Wb

Bapak ibu guru yang saya hormati serta teman-teman seperjuangan yang saya sayangi.

Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih atas waktu yang telah diluangkan untuk menghadiri acara ini.

Saya juga berterimakasih atas kepercayaannya kepada saya sebagai kandidat ketua osis periode berikutnya.

Sebelumnya ijinkan saya memperkenalkan diri saya kepada bapak dan ibu guru serta teman-teman. Nama saya nayla adinda dari kelas VII C

Menjadi seorang pemimpin memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi waktu dan proses akan mengajarkan segalanya.

Saya akan berusaha untuk terus belajar dan memberikan segala yang terbaik untuk kemajuan sekolah kita bersama.

Maka agar lebih mudah untuk mewujudkan hal tersebut saya akan menyampaikan visi dan misi osis.

Untuk memaksimalkannya saya membangun visi yaitu menjadikan sekolah kita lebih berprestasi, kreatif, inovatif dan bertangungjawab dengan dilandasi iman dan taqwa.

Agar visi saya dapat tercapai secara optimal maka ada beberapa misi yang saya rencanakan untuk mendukung visi tersebut, yaitu:

  1. Meningkatkan kegiatan kerohanian serta pembinaan agama untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mengembangkan kreatifitas dengan peningkatan kualitas kegiatan ekstrakulikuler yang ada
  3. Memaksimalkan program baik yang sudah atau akan dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi siswa baik secara akademik maupun non akademik
  4. Meningkatkan kedisiplinan dengan berbagai kegiatan terutama dalam belajar berorganisasi di sekolah
  5. Membuat peraturan yang lebih tegas untuk mengingatkan akan karakter disiplin serta rapi dari para siswa saat berada di sekolah
  6. Menghasilkan kader yang mampu menunjukkan eksistensinya di bidang akademik dan berorganisasi secara optimal
  7. Menumbuhkan kesadaran para siswa untuk ikut bertanggungjawab dalam menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah sesuai aturan yang sudah berlaku
  8. Memberikan wadah kepada para siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya di luar ekstrakulikuler yang sudah ada
  9. Menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara para siswa
  10. Mengoptimalkan kinerja anggota osis terutama dalam organisasi siswa sesuai dengan pembagian job desk yang telah ditentukan

Demi memaksimalkan hasil kerja dari realisasi visi dan misi osis tersebut maka kami akan memperbaiki program serta hasil kerja osis di periode sebelumnya yang telah dievaluasi.

Sehingga ke depannya akan ada perubahan yang dilakukan pihak osis dari waktu ke waktu sesuai dengan visi dan misi yang telah saya sampaikan.

Sekian penyampaian visi misi calon ketua osis yang bisa saya sampaikan, apabila nantinya saya diberikan kepercayaan menjadi ketua osis maka saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan visi misi tersebut dengan baik.

Terimakasih atas perhatian bapak dan ibu guru serta teman-teman sekalian, akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

1. OSIS Singkatan dari Apa?

OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, yang merupakan jembatan bagi para siswa di sekolah.

2. Apa Yang Dimaksud Dengan Visi Misi Ketua Osis?

Visi misi ketua OSIS adalah rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh ketua OSIS dalam periode kepemimpinannya.

Visi adalah gambaran tentang masa depan yang diinginkan, sedangkan misi adalah tujuan yang ingin dicapai untuk mencapai visi tersebut.

3. Apa Tujuan Dari Visi Misi Ketua Osis?

Tujuan dari visi misi ketua OSIS adalah untuk memberikan pemahaman tentang arah dan tujuan dari kepemimpinan ketua OSIS kepada anggota OSIS dan sekolah.

Ini juga membantu untuk menjelaskan cara kerja dan strategi yang digunakan untuk mencapai visi dan misi tersebut.

4. Bagaimana Cara Membuat Visi Misi Ketua Osis Yang Baik?

Cara membuat visi misi ketua OSIS yang baik adalah dengan menjelaskan visi dan misi secara jelas dan terperinci, serta menjelaskan bagaimana visi dan misi tersebut akan dicapai.

Selain itu, visi misi harus didasarkan pada kebutuhan dan potensi dari sekolah dan anggota OSIS.

5. Bagaimana Cara Menyampaikan Visi Misi Ketua Osis Kepada Anggota Osis?

Visi misi ketua OSIS dapat disampaikan dengan berbagai cara, seperti melalui presentasi, pidato, atau video.

Penting untuk mempertimbangkan anggota OSIS sebagai audiens dan menyesuaikan gaya penyampaian dengan audiens tersebut.

Selain itu, visi misi harus disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan, serta menyertakan contoh-contoh konkret untuk menunjukkan bagaimana visi dan misi tersebut akan diterapkan.

6. Apa Yang Harus Diperhatikan Dalam Visi Misi Ketua Osis?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam visi misi ketua OSIS adalah:

  1. Jelas dan terperinci dalam menjelaskan visi dan misi
  2. Menjelaskan bagaimana visi dan misi tersebut akan dicapai
  3. Didasarkan pada kebutuhan dan potensi dari sekolah dan anggota OSIS
  4. Menyampaikan visi misi dengan cara yang menarik dan menyenangkan
  5. Mempertimbangkan anggota OSIS sebagai audiens dan menyesuaikan gaya penyampaian dengan audiens tersebut.

Kesimpulan

Dalam contoh visi misi osis tersebut bisa kalian lihat bahwa hal terpenting adalah menyampaikan isi pidato secara jelas dan singkat.

Tidak perlu berbelit-belit karena akan membuat pendengar menjadi mudah bosan dan tidak lagi fokus pada apa yang kalian sampaikan.

Jadi akan lebih baik jika fokus pada poin penting yang ingin disampaikan saja, dalam hal ini adalah visi dan misinya.

Begitu juga dalam memilih visi dan misi yang akan dijalankan juga tidak perlu terlalu berlebihan.

Hal yang terpenting untuk dipertimbangkan adalah kemungkinan besarnya visi dan misi tersebut bisa dijalankan secara maksimal.

Dengan begitu ketika kalian benar-benar terpilih maka akan lebih mudah untuk merealisasikan serta mengembangkannya sesuai apa yang telah disampaikan dalam pidato singkat tersebut.

Penyampaian visi misi calon anggota osis akan memberikan gambaran kinerja yang akan dijalankan selama masa jabatan kalian, sehingga pertimbangkan dengan benar apa yang ingin disampaikan dalam pidato singkat.

/* */