Fakta GoTo Merger Gojek dan Tokopedia

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai fakta GoTo merger Gojek dan Tokopedia. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Kabar penggabungan dua raksasa unicorn Indonesia baru-baru ini mengguncang dunia internet dan bisnis Indonesia. Ya, Gojek dan Tokopedia adalah hal yang sama.

Tepatnya pada hari Senin, 17 Mei, kedua perusahaan mengumumkan niat mereka untuk bergabung.

Fakta GoTo Merger Gojek dan Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace, sedangkan Gojek adalah transportasi dan pembayaran, meskipun ada perbedaan.

Ini dianggap sebagai terobosan terbaru dalam meningkatkan level bisnis, dengan bergabungnya Gojek dan Tokopedia menjadi grup GoTo.

Inilah yang membuat banyak pengguna khawatir tentang kelangsungan hidup dua raksasa program dalam jangka panjang. Apakah akan ada aplikasi baru yang dikembangkan di antara keduanya? Berikut cara kerjanya.

Apakah Ada Aplikasi GoTo yang Tersedia?

Ya, kelanjutan dari aplikasi inilah yang membuat netizen bertanya-tanya. Kedua aplikasi ini tentunya menjadi pilihan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Melihat Gojek dan Tokopedia yang merger menjadi Goto, warganet berspekulasi bahwa akan muncul aplikasi baru antara kolaborasi keduanya.

Melansir dari detik.finance.com, Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menuturkan bahwa meski merger terjadi, keduanya akan berjalan seperti biasa sebagai entitas yang berbeda. Namun tentu keduanya akan berada di bawah payung GoTo Group Nantinya.

Jadi bisa disimpulkan keduanya akan tetap eksis dalam memberikan pelayanan kepada publik dengan berbagai fitur dan kemudahan yang dibawanya.

Adapun untuk aplikasi GoTo sendiri, mungkin akan ada aplikasi baru namun bukan untuk menjadi marketplace maupun transportasi online. Mungkin bisa saja sarana informasi atau lainnya yang pasti saat ini masih belum muncul.

Apakah Aplikasi Gojek dan Tokopedia akan Dihapus?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa jika keduanya merger, maka masa depan aplikasi membuat banyak warganet penasaran.

Namun apa yang dijelaskan oleh VP Tokopedia tadi bahwa keduanya akan tetap berjalan sebagai entitas berbeda dalam satu grup yang sama. Jadi bisa dipastikan kedua aplikasi tersebut akan tetap ada dan tidak dihapus.

Jika kita cek di Google Play Store maupun App Store, keduanya juga masih tersedia dan bisa diunduh. Jadi buat kalian para pengguna tidak perlu khawatir akan hal ini.

Dengan adanya kolaborasi ini tentu akan semakin membuat kedua platform menuju inovasi. Nantinya bisa saja akan muncul berbagai layanan baru yang cukup menarik untuk memberikan kemudahan bagi pengguna.

Fakta Menarik GoTo

Kabar tersebut disambut baik oleh banyak orang. Banyak yang penasaran dan mencari tahu tentang fakta menarik dari GoTo. Mega merger Gojek dan Tokopedia ini melahirkan beberapa fakta menarik, seperti:

1. Nama GoTo

Nama yang dipilih untuk perusahaan gabungan tersebut adalah GoTo yang merupakan singkatan dari Gojek dan Tokopedia. Nama ini unik sekaligus mudah diingat.

Nama tersebut ternyata juga memiliki filosofi tersendiri. Menurut William Tanuwijaya selaku Co-founder dan juga CEO dari Tokopedia menyebutkan bahwa GoTo menggambarkan semangat gotong royong dari kedua perusahaan.

Harapannya, semangat tersebutlah yang membuat GoTo bisa terus memberikan layanan terbaik dan menjadi mitra yang baik bagi para driver Gojek dan merchant atau seller Tokopedia.

Grup perusahaan ini hadir dengan tiga layanan sekaligus, yaitu on-demand, e-commerce, serta sistem pembayaran digital.

2. Jajaran Manajemen

Banyak orang bertanya, apakah ketika keduanya bergabung lantas mereka akan memiliki satu aplikasi atau platform yang sama? Ternyata tidak.

Walaupun telah berada dalam satu atap, namun Gojek dan Tokopedia beroperasi sebagai entitias yang berdiri sendiri, tetapi berjalan dalam satu ekosistem yang sama yakni GoTo.

Begitu pula dengan jajaran manajemen Gojek dan Tokopedia diisi oleh orang yang berbeda. CEO Gojek diisi oleh Kevin Aluwi dan CEO Tokopedia diisi oleh William Tanuwijaya.

Sementara itu untuk CEO dari GoTo diisi oleh Andre Soelistyo dan Presiden GoTo dipimpin oleh Patrick Cao.

Keempat orang tersebut yang memimpin jalannya perusahaan dengan tugas masing-masing dan bekerja sama untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

3. Nilai Valuasi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa bergabungnya kedua startup tersebut menghasilkan nilai valuasi yang cukup tinggi.

Nilai valuasi merupakan nilai ekonomi yang dimiliki oleh suatu usaha dan memiliki peluang untuk berkembang suatu saat.

Gojek dan Tokopedia berhasil mengumpulkan dana US$ 8,2 miliar dari para investor. Sementara itu, berdasarkan laporan dari CBInsights pada bulan April tahun ini, Gojek memiliki valuasi US$ 10 miliar dan Tokopedia memiliki nilai valuasi US$ 7 miliar.

Ketika keduanya bergabung, peluang nilai valuasi tersebut diperediksi akan meningkat.

4. Jumlah Mitra Driver dan Merchant

Mega merger Gojek dan Tokopedia tidak lepas dari perbincangan nasib dari para driver dan merchant dari kedua perusahaan.

Tentu saja kedua mitra tersebut akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Para driver Gojek berpeluang mendapatkan pesanan lebih banyak dari hasil mengantarkan barang milik para customer yang berbelanja di Tokopedia.

Sementara itu, para merchant juga mendapatkan keuntungan seperti lebih dimudahkan dalam hal pengiriman barang kepada pembeli.

Pada Desember 2020 ada lebih dari 2 juta mitra driver terdaftar di Gojek, sementara Tokopedia memiliki lebih dari 11 juta mitra usaha atau merchant dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan,

5. GoTo Menurut Asosiasi

Driver Banyak pihak yang memberikan pendapat dan opininya tentang mega merger Gojek dan Tokopedia. Gabungan Aksi Roda Dua atau Garda menyambut positif kehadirkan GoTo.

Igun Wicaksono selaku Ketua Presidium Garda Indonesia menjelasakan bahwa kesejahteraan dari para driver harus diperhatikan dengan serius dan jangan sampai pendapatan driver tersebut mengalami penurunan.

Begitulah beberapa fakta menarik dari grup perusahaan rintisan tersebut. Mega merger Gojek dan Tokopedia ini memberikan harapan nantinya bisa menciptakan banyak peluang kerja dan bisnis.

GoTo, juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha. Kehadiran GoTo juga menjadi bukti bahwa saat ini pemanfaatan teknologi dan internet sudah semakin masif.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai Mega merger Gojek dan Tokopedia, dan beberapa fakta mengenai GoTo.

Demikianlah artikel mengenai Fakta GoTo Merger Gojek dan Tokopedia dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.