Jenis dan Penjelasan Alat Musik Melodis Terlengkap!

Alat Musik Melodis merupakan satu diantara 3 jenis alat musik yakni Alat Musik Harmonis dan Ritmis. alat musik melodis ini juga dibagi menjadi beberapa jenis mulai dari alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup, di gesek ataupun alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik.

Dalam memainkan alat musik melodis, tidak boleh dilakukan secara sembarangan, anda harus , alat musik harus dimainkan dengan diriingi alat musik lain karena tidak bisa dimainkan dengan kord sendirian, selain itu alat musik melodis juga yang paling unik karena memiliki irama dan nada. langsung saja berikut ini adalah jenis alat musik melodis dan penjelasannya.

Alat Musik Melodis yang dimainkan dengan Cara di Petik

Gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling dikenal banyak orang, gitar termasuk dalam alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik.  sejarah gitar cukup panjang bermula dari Masa Babilona di Spanyol yang pertama kali dipopulerkan oleh Alonso Mudarra. gitar juga terdapat 2 variasi sampai saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang terdapat 2 versi gitar yakni gitar akustik dan elektrik.

Mandolin

Alat Musik Melodis yang dimainkan dengan cara dipetik berikutnya adalah Mandolin. alat musik yang satu ini memiliki 6 pasang senar dan biasanya digunakan untuk mengiringi tari adat dan berbagai lagu tradisional.

Kecapi

Berikutnya ada Kecapi sebagai alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik yang satu ini berasal dari China yang dulunya dikenal dengan Ghuzeng. biasanya digunakan untuk mengiringi lagu lagu daerah yang memiliki sifat lembut dan mendayu, dan paling sering digunakan di tanah sunda.

Sasando

Mungkin bagi kebanyakan orang sasando cukup asing, hal ini karena sasando sendiri memang berasal dari NTT tepatnya di Pulau rote, sasando digunakan sebagai alat musik pengiring pada upacara adat dan terdiri dari 3 jenis yaitu sasando gong, sasando biola dan sasando elektrik.

Alat Musik Melodis yang dimainkan dengan Cara di Tiup

Seruling

Siapa sih yang tidak tahu seruling? seruling merupakan alat musik yang seringkali ada di musik musik dangdut jawa, melodi yang dihasilkan dari seruling memang begitu indah dan alat musik melodis tiup yang satu ini berasal dari Jawa bagian Barat, saking populernya, alat musik seruling bahkan juga sering dimainkan di berbagai negara.

Pianika

Pianika merupakan piano mini, dimainkan dengan cara ditiup dan seringkali diputar atau digunakan oleh banyak orang untuk mengiringi lagu lagu pop, lagu barat dan berbagai genre lagu, alat musik yang satu ini beda dengan piano, karena pianika merupakan alat musik melodis, sedangkan piano adalah harmonis.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Tekan

Bukan hanya dipetik dan ditiup, ada jenis alat musik melodis lain yaitu yang dimaknkan dengan cara ditekan yakni akordeon dan piano. berikut ini penjelasan asing masing alat musik tersebut.

Akordeon

Alat musik akordeon ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu lagu religi dan lagu modern, alat musik yang diciptakan sejak lama tepatnya pada tahun 1822 ini sangat populer dan terdiri dari 4 jenis yaitu akordeon diantonis, akordeon, concertinas, akordeon berwarna dan piano.

Piano

Alat Musik melodi piano juga sangat populer karena memang hampir selalu ada di setiap lagu lagu yang diputar khususnya lagu lagu modern, alat musik piano dimainkan dengan cara ditekan dan bisa dibilang alat musik piano inilah yang harganya paling mahal sekaligus alat musik tertua yang pernah ada karena diciptkan pada 1720an.

Tinggalkan komentar