Contoh kata kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Di Indonesia, Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Namun, permasalahan pendidikan di Indonesia yaitu masih banyak anak yang tidak menguasai Bahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun di bangku sekolah.

Salah satu alasannya adalah tidak menguasai kata kerja Bahasa Inggris. Hal ini karena kata kerja dalam Bahasa Inggris tidak seperti dalam bahasa Indonesia dimana waktu penggunaanya sama. Sedangkan dalam Bahasa Inggris untuk waktu lampau, yang sudah terjadi, atau untuk yang akan datang penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris berbeda.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata kerja?

Kata kerja dalam Bahasa Inggris memiliki arti yang sangat penting untuk menunjukkan suatu kegiatan. Bahkan tidak hanya dalam Bahasa Inggris saja, penggunaan bahasa Indonesia juga membutuhkan kata kerja yang bisa disebut dengan verb.

Penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris ini agak rumit, sehingga banyak orang yang kadang salah kaprah dalam penggunaan kata kerja. Nah, agar bicara dan penyusunan kalimat menjadi lebih benar, ada baiknya jika kamu belajar tentang kata kerja Bahasa Inggris.

Dalam Bahasa Inggris, kata kerja dikenal dengan sebutan verb. Ternyata verb ini dibagi menjadi beberapa macam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa macam kata kerja Bahasa Inggris yang harus kamu ketahui.

1. Auxiliary

Auxiliary merupakan sebuah kata kerja yang memiliki fungsi untuk memodifikasi makna-makna dalam kalimat yang menggunakan kata kerja. Bisanya kata kerja ini digunakan sebelum kata kerja utama.Kata kerja auxiliary ini juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu primari auxiliary dan modal auxiliary.

Adapun Contoh kata kerja dalam Bahasa Inggris ini adalah he is my brother (dia adalah saudara laki-lakiku), did you drink a cup of coffee last night? (apakah kamu minum secangkir kopi semalam?

2. Finitive

Selain auxiliary ada juga bentuk kata kerja lain yaitu finitive. Jenis kata kerja ini bisa berdiri sendiri dan juga memiliki subjek sebagai pokok dari independent clause.Kata kerja ini juga termasuk dalam kategori kata kerja utama, adapun fungsinya sendiri yaitu berguna untuk menjelaskan sebuah bentuk subjek dari suatu kalimat.

Kata kerja ini untuk menunjukkan apakah kalimat ini termasuk kalimat lampau, masa sekarang ataupun masa depan.

Contoh kata kerja finitive yaitu I saw my father in his building yesterday. (saya melihat ayahku di gedung ini kemarin).

3. Lingking

Yang dimaksud dengan kata kerja lingking adalah sebuah kata kerja yang berguna untuk menghubungkan antara satu subjek dengan informasi yang berkaitan dengan subjek tersebut.
Kata kerja ini juga tidak memberikan sebuah aksi kepada objeknya.Hal ini juga yang menyebabkan kata kerja ini termasuk dalam jenis intransitive verb. Adapun jenis-jenis lingking verb adalah verb of sensation dan juga verb of being.

Adapun contoh kalimat yang menggunakan kata kerja lingking adalah She is looker so beautiful (dia terlihat begitu cantik).

4. Transitive

Ini adalah sebuah kata kerja Bahasa Inggris dimana setia kata kerja akan selalu diikuti oleh objek langsung dari subjeknya.Jika dalam kalimat tidak ada objek langsung, maka kalimat akan terdengar sangat janggal. Hal uni juga yang membuat kata kerja ini sangat memerlukan objek untuk membentuk suatu kalimat.

Selain keempat kata kerja dalam Bahasa Inggris di atas, masih ada lagi dua jenis Bahasa Inggris seperti intransitive verb dan juga regular and irregular verb. Semoga dengan adanya kata kerja Bahasa Inggris ini membuat kamu lebih mudah dalam menyusun kalimat yang mengandung kata kerja.

Tinggalkan komentar