Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A55, serta spesifikasinya. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Peralatan ini kini sudah tersedia di Indonesia dengan harga 2 juta rupiah. Ponsel Oppo ini merupakan penerus Oppo A54 yang dirilis tahun lalu. Konektivitas 4G tersedia pada perangkat yang dibawa ke pasar domestik.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55

Sebelum membeli smartphone, pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya agar kamu tidak sampai pada akhirnya membeli keputusan kamu. Oppo A55 hadir dengan sejumlah spesifikasi standar serta kelebihan dan kekurangan.

Spesifikasi Oppo A55

Berikut adalah spesifikasi dari Oppo A55:

  1. IPS LCD 6,51 inci HD+ (1600 x 720), 269 ppi, refresh rate 60Hz, NEG T2X-1, 550 nits
  2. MediaTek Helio G35, CPU 2.3GHz
  3. RAM 4GB / ROM 64GB, dilengkapi slot microSD hingga 256GB
  4. Android 11 with ColorOS 11.1
  5. 50MP (Kamera Utama), 2MP (Kamera Makro), 2MP (Kamera Depth), 1080p@30fps
  6. 16MP (Kamera Depan)
  7. Baterai 5000mAh, non-removable, Fast Charging 18W
  8. Warna Rainbow Blue & Starry Black
  9. Tinggi 163,6 mm, Lebar: 75,7 mm, Ketebalan: 8,4 mm
  10. Side Fingerprint & Face Unlock

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55

Berikut, Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55

1. Kelebihan Oppo A55

Berikut adalah kelebihan dan Oppo A55:

1. Layar Luas

Oppo A55 membawa layar berukuran 6,51 inci yang cukup nyaman ketika digunakan untuk bermain game dan menonton video YouTube.

Pengguna tidak akan mengeluhkan layar yang terlalu besar. Kecerahan maksimal layarnya bisa mencapai tingkat 550 nits.

Fitur Eye Comfort yang ada di perangkat ini dapat melakukan penyesuaian kecerahan otomatis saat di siang hari atau malam hari, saar di ruangan atau di luar ruangan sehingga mata akan tetap nyaman dan tidak mudah lelah.

Jenis layar menggunakan panel IPS LCD, meski bukanlah yang terbaik saat ini namun dengan harga 2 jutaan masih wajar-wajar saja menggunakan jenis panel ini.

Selain itu hadir dengan kepadatan piksel 269 ppi, kedalaman warna 8-bit, refresh rate standar 60Hz dan touch sampling rate 120Hz.

2. Triple Camera

OPPO A55 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. Terdiri atas lensa utama 50 MP f/1.8, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 2 MP f/2.4.

Sementara itu, ada satu lingkaran kamera depan 16 MP f/2.0 di pojok kiri yang membuat layar ponsel ini bergaya punch hole.

Sejumlah fitur fotografi juga disajikan oleh Oppo. Ada Backlight HDR untuk mempertahankan detail latar belakang foto.

Night Mode untuk menyesuaikan eksposur pada lingkungan rendah cahaya dan Night Plus pada kamera belakang untuk memungkinkan Oppo A55 menangkap foto pemandangan malam hari semakin menakjubkan.

Kamera selfie yang ditenagai AI mampu secara alami menyempurnakan kecantikan kamu sesuai dengan pencahayaan lingkungan dan warna kulit.

Fill Light 360° menawarkan cara baru untuk menangkap swafoto lebih jernih pada lingkungan redah cahaya dengan menerangi subjek foto menggunakan cahaya tambahan yang berasal dari layar.

Adapun kamera depan dan belakang OPPO A55 bisa menghasilkan video pada resolusi tertinggi 1080p 30 fps.

Sayangnya, perangkat ini tidak hadir dengan fitur OIS maupun EIS, sehingga akan terjadi guncangan saat merekam video.

3. Tahan Cipratan Air

Oppo A55 hadir dengan membawa sertifikasi IPX4 yang diklaim dapat bertahan dengan percikan air. Selain itu, smartphone ini juga telah melewati berbagai uji ketahanan.

Uji ketahanan yang telah dilakukan dan telah dilewati diantarnya Tes Plug-In Port USB sebanyak 20.000×, Tes Tombol Volume 150.000×, Tes Jatuh 10cm 28.000×, serta Tes Tombol Daya 500.000×.

A55 mempunyai bodi dengan desain yang ramping dengan ketebalan 8,4 mm dan melengkung 3D sehingga membuat pengguna semakin nyaman. Penerus Oppo A54 ini memiliki ukuran tinggi 163,6 mm dengan lebar 75,7 mm.

4. Baterai Jumbo

Di sektor baterai, ponsel ini memiliki kapasitas 5000 mAh yang cukup besar untuk digunakan aktivitas seharian penuh.

Untuk streaming video daya tahannya mampu bertahan hingga 16,3 jam. Fitur Power Saving Mode juga dihadirkan, saat baterai sisa 5% masih dapat digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi.

Power Saving Mode memungkinkan pengguna masih dapat melakukan obrolan WhatsApp selama 58 menit dan panggilan telepon 88 menit.

Dengan hadirnya baterai berukuran jumbo, membuat smartphone harus diisi dengan teknologi super cepat.

Ngga kebayang kalau tidak dibekali fitur fast charging lamanya seperti apa kan geng. Tenang, Oppo A55 sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat 9V/2A atau 18W dengan kabel USB Type-C. Isi daya 17% membutuhkan waktu hingga 15 menit.

5. Keamanan

Oppo menyematkan sensor sidik jari di bagian samping yang menyatu dengan tombol power untuk sistem keamanan. Ada juga fitur pengenalan wajah untuk menambah keamanan dari perangkat ini.

6. Desain Anti Bekas Sidik Jari

Oppo A55 tampil elegan dengan menampilkan desain Oppo Glow yang diperkuat sehingga tahan terhadap goresan dan bebas sidik jari. Smartphone ini hadir dalam dua varian warna yaitu Rainbow Blue dan Starry Black.

2. Kekurangan Oppo A55

Berikut adalah kekurangan dari Oppo A55:

1. Chipset Kurang Bertenaga

Sungguh disayangkan Oppo A55 hanya ditenagai oleh chipset Mediatek Helio G35. Hal ini hanya beralih huruf dari Helio P Ke G , mengingat generasi sebelumnya yang menggunakan chipset Mediatek Helio P35.

Mediatek Helio G35 sendiri menggunakan CPU Arm Cortex-A53 berkecepatan 2,3GHz dan pengolah grafis PowerVR GE8320 dengan kecepatan 680MHz. Chipset tersebut diklaim memiliki efisiensi daya optimal berkat proses produksi FinFet 12nm.

Untuk bermain game-game ringan, browsing dan aktivitas lainnya masih bisa dijalankan. Helio G35 biasanya hadir di smartphone entry-level dengan budget 1 jutaan.

2. Lensa Ultrawide Absen

Masih sama dengan seri pendahulunya, Oppo A55 tidak hadir dengan lensa Ultrawide. Sehingga untuk memotret objek yang lebih luas, kamu tidak akan menemukan kamera ini di smartphone Oppo yang satu ini.

3. Tidak ada sensor gyro

4. Resolusi layar HD+

5. Belum speaker stereo

Harga dan ketersediaan

Oppo A55 dihargai Rp 2.699.000 yang membawa varian RAM 4GB dengan media penyimpanan 64GB.

Ponsel ini busa dibeli secara secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terdapat pada perangkat smartphone Oppo dan OPPO Offficial Store di marketplace.

Selain itu, ia juga dijual di toko offline Oppo Store dan toko-toko yang sudah bekerja sama dengan Oppo.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai harga dan spesifikasi Oppo A55, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Dan kamu bisa membelinya melalui store official milik Oppo.

Demikianlah artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55, Serta Spesifikasinya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.