Kumpulan Alat Musik Tradisional dan Keterangannya

Setiap Daerah di Indonesia pasti memiliki budaya dan ciri khasnya masing masing, bukan hanya dari segi pakaian adat, dari kuliner, budaya dan kebiasaan. Setiap daerah juga memiliki beberapa alat musik daerah yang khas dan menjadi lambang daerah itu sendiri. ada jawa barat yang terkenal dengan alat musik angklungnya yang bahkan sudah mendunia, dan masih banyak lagi daerah daerah di Indonesia yang memiliki alat musik tradisional tersendiri.

Di Artikel ini, saya ingin mengajak anda untuk lebih mengerti dan paham lagi mengenai berbagai alat musik daerah, khususnya untuk anda yang cinta musik dan budaya Indonesia dan ingin melestarikannya.

Serune Kalee

Serune Kalee

Pertama, ada alat musik daerah bernama Serune Kalee, dilihat dari namanya saja, alat musik ini jelas khas akan Aceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia. Serune Kalee merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan meniup layaknya seperti pada seruling. berbagai bunyi suara dapat dihasilkan dari serune kalee mulai dari aerofon dan masih banyak lagi.

Angklung

Angklung

Siapa sih yang tidak tahu alat musik daerah yang fenomenal ini? Angklung, sebuah alat musik daerah asal jawa barat ini merupakan salah satu alat musik yang mungkin paling banyak diketahu oleh orang di Indonesia, angklung juga pernah ditampilkan secara internasional, tentu saja alat musik ini wajib di lestarikan. angklung sendiri alat musik yang unik karena kita diharuskan memainkannya dengan menggoyang dan bunyinya adlah berupa getaran dan benturan bambu tersebut.

Saluang

Saluang

Sekilas bentuknya mirip dengan seruling, namun berbeda ya, Alat Musik saluang ini berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Saluang ini merupakan jenis alat musik tiup dan bunyi yang dihasilkan bernama aerophone. terdapat 4 lubang di alat musik saluang ini dan terdapat pengaturan nada di dalam saluang yang harus di terapkan dengan benar.

Aramba

Aramba

Berikutnya adalah alat musik daerah asal Sumatra Utara, Aramba! Aramba merupakan alat musik yang seringkali digunakan dan dimainkan saat upacara adat dan pernikahan, dimainkannya dengan cara dipukul, ciri khas dari aramba ini adalah bentuknya yang bulat dan terdapat tonjolan bulat kecil pada bagian tengah.

Gambus

Gambus

Selain angklung, mungkin banyak orang yang sudah mengenal gambus? yap! Gambus merupakan alat musik daerah asal Riau dan dikenal banyak orang. bunyi yang dihasilkan dari alat musik yang satu ini adalah bunyi kordofon yang sekilas mirip sekali dengan gitar. yang uniknya lagi, alat musik gambus ini dulu pernah digunakan sebagai media pendakwahan.

Kolintang

Alat Musik daerah berikutnya adalah kolintang, bentuknya mirip dengan piano. namun tentu saja berbeda, alat musik kolintang ini berasal dari Sulawesi Utara tepatnya di Minahasa. untuk cara memainkannya sendiri, kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus dan menghasilkan suara dengan nada mulai dari do re mi fa sol dan lain lain.

Gendang Panjang

Gendang merupakan salah satu alat musik yang juga sangat dikenal oleh kebanyakan masyarakat, gendang panjang merupakan alat musik yang berasal dari Kep Riau, gendang panjang sering dimainkan untuk mengiringi lagu.

Alat Musik Bonang

Alat musik daerah di Indonesia berikutnya adalah Bonang. Pernah melihat pertunjukan musik daerah seperti tari tarian dan lain sebagainya? pasti tidak asing dong dengan bonang? alat musik ini seringkali ditampilkan untuk mengiringi lagu dan tarian tertentu dan seringkali dimainkan bersama dengan gamelan.

Tinggalkan komentar