Manfaat dan Cara Membuat Infused Water Yang Benar

Infokekinian.com – Belakangan ini, infused water menjadi salah satu pilihan minuman sehat yang banyak diminati. Tapi, sebenarnya kamu tahu gak sih apa manfaat dan cara membuat infused water yang benar? Maka dari itu, yuk simak artikel ini.

Saat ini, setiap generasi, baik tua maupun muda, sangat menekankan gaya hidup sehat. Karena pentingnya menjaga kesehatan sejak usia muda, gaya hidup semakin banyak diterapkan.

Apa Itu Infused Water

Konsumsi makanan dan minuman yang berbeda tampaknya menjadi salah satu perubahan yang paling menonjol. Banyak orang telah mengadopsi makanan dan minuman yang lebih sehat, seperti infused water.

Minuman ini dipercaya memiliki banyak efek menyehatkan bagi tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan kulit

Apa Itu Infused Water?

Penasaran dengan keunggulan lengkap infused water? Sebelum melanjutkan, kamu mungkin perlu memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan infused water.

Minuman ini pada dasarnya adalah air mineral yang dicampur dengan sayuran segar, buah-buahan, atau rempah-rempah.

Cara pembuatannya juga sangat sederhana, dan tidak ada batasan buah, sayur, atau bumbu yang digunakan, asalkan bahannya tidak hancur saat dicampur dengan air.

Setelah potongan buah/sayur dicampur dengan air mineral, dinginkan selama 1 sampai 12 jam, tergantung buah, sayur, atau bumbu yang digunakan.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menggabungkan jus buah, sayuran, atau rempah-rempah dengan air.

Lemon adalah buah yang sering digunakan untuk infused water. Selain rasanya yang asam dan kandungan vitamin C yang tinggi, lemon bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan

Karena nilai gizi lemon yang tinggi, air yang diresapi dengan lemon dikemas dengan manfaat kesehatan.

Lemon bermanfaat tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, tetapi juga untuk kecantikan kulit.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari lemon-infused water:

Detoksifikasi

Manfaat pertama dari minuman sehat ini adalah kemampuannya untuk mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun/zat yang tidak berfungsi dari dalam tubuh.

Dalam proses detoksifikasi, kandungan asam sitrat lemon mengoptimalkan kinerja hati, ginjal, dan sistem pencernaan lainnya.

Namun, tidak ada bukti medis yang cukup untuk mendukung kesimpulan ini. Air dipercaya dapat merangsang mekanisme detoksifikasi tubuh secara optimal, yang merupakan alasan lain mengapa infused water diduga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Mengatur Tingkat Keasaman (pH) Dalam Tubuh

Setiap sel dalam tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga tingkat pH konstan dalam tubuh.

Tujuannya adalah untuk menghindari masalah kesehatan seperti obesitas, stroke, dan penyakit jantung, antara lain.

Sekali lagi, kandungan asam sitrat dari lemon membuat minuman dengan jus lemon ini sangat efektif untuk menjaga tingkat pH normal dalam tubuh.

Memperlancar Pencernaan

Mereka yang sering mengalami masalah pencernaan bisa mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi air dalam jumlah besar yang diresapi dengan lemon.

Sistem pencernaan dan proses metabolisme dalam tubuh akan berfungsi optimal jika cairan yang dikonsumsi cukup. Dua gelas infused water ini per hari akan memberikan hasil yang maksimal dan signifikan.

Menurunkan Berat Badan

Baik pria maupun wanita perlu menjaga berat badan ideal untuk menjaga daya tarik fisik mereka. Namun, sangat sulit bagi mereka yang kelebihan berat badan untuk kembali ke berat badan ideal mereka.

Tidak bingung lagi, kini kamu bisa mencoba diet baru yang dijamin sehat dengan meminum air lemon dalam jumlah banyak.

Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Selain kaya akan asam sitrat, lemon juga dikemas dengan antioksidan. Seperti yang kamu ketahui, kandungan antioksidan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk pencegahan penuaan dini dan pemeliharaan kesehatan kulit.

Selain itu, lemon mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Kombinasi vitamin C dan antioksidan ini akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen, sehingga menghasilkan kulit yang lebih kencang dan kenyal.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi minuman ini dengan jus lemon dan berbagai jenis sayuran atau buah-buahan.

Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh yang kesehatannya harus dijaga, karena bukan tidak mungkin kesehatan tubuh akan menurun total jika ginjal tidak berfungsi dengan baik. Menjaga kesehatan ginjal itu menantang dan sederhana.

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, sejumlah penyakit bisa menyerang dengan cepat, termasuk penyakit batu ginjal. Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh kristalisasi asam urat dan kalsium oksalat.

Namun, kamu dapat mengobati penyakit berbahaya ini dengan meminum air lemon dalam jumlah banyak.

Selain itu, kamu harus mengonsumsi banyak makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, untuk mencegah kristalisasi asam urat dan kalsium oksalat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dapat dengan mudah menginfeksi tubuh.

Tidak hanya penyakit sepele seperti flu, penyakit mematikan seperti HIV/AIDS juga akan lebih mudah menyerang pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Ada banyak cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat, menjaga pola makan, dan menjaga kestabilan pikiran.

Dalam hal ini, perubahan pola makan sangat berpengaruh; kamu harus banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan, seperti air lemon.

Anti Dehidrasi

Anti Dehidrasi

Selama ini, kamu mungkin sering meremehkan masalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Dehidrasi bisa menjadi indikator awal penyakit berbahaya, jadi sangat penting untuk mengisi kembali cairan tubuh hingga kapasitas maksimumnya setiap hari.

Selain minum banyak air, jus lemon ini dapat membantu mencegah dehidrasi. Sebenarnya kombinasi air mineral dan irisan lemon akan memberikan efek yang lebih besar pada tubuh.

Jika kamu harus mengonsumsi delapan hingga dua belas gelas air per hari, kamu dapat mengganti dua gelas tersebut dengan air lemon dan sisanya enam hingga sepuluh dengan air mineral/air.

Jumlah ini akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena 60 persen dari total berat badan seseorang terdiri dari air.

Penambah Energi

Setelah lelah melakukan aktivitas seharian yang menghabiskan begitu banyak energi dan kapasitas mental, wajar saja jika kita membutuhkan makanan dan minuman bergizi untuk mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan.

Sekarang kamu bisa memasukkan air mineral dengan irisan lemon segar dalam asupan harian kamu. Minuman dengan rasa renyah ini akan efektif memulihkan energi yang terkuras.

Menariknya, minuman ini juga dapat meningkatkan mood, sehingga kamu yang sedang bad mood sangat dianjurkan untuk segera mengonsumsinya.

Mencegah Infeksi

Tahukah kamu bahwa lemon mengandung senyawa antibakteri dalam konsentrasi tinggi? Zat antibakteri berguna untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lain di dalam tubuh.

kamu dapat mengurangi kerentanan tubuh kamu terhadap infeksi dengan rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan minuman antibakteri.

Menarik, ya? Air mineral dengan irisan lemon menawarkan banyak manfaat kesehatan. Untuk memaksimalkan manfaat infused water, sebaiknya dikonsumsi secara rutin di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

Mereka yang menginginkan manfaat kesehatan tambahan dapat meningkatkan konsumsi atau mencampurnya dengan buah, sayuran, atau rempah-rempah lainnya.

Resep Infused Water Lemon dan Buah Lainnya

Apakah kamu muak dengan rasa segar dan asam dari air lemon? Selain itu, dapat dikombinasikan dengan buah-buahan lainnya.

Dengan berbagai kombinasi buah, rasanya sebanding dengan air infus buah tradisional. Berikut ini adalah resep Fruit Infused Water yang dibuat dari berbagai macam buah-buahan:

1. Infused Water Lemon, Kiwi, Strawberry

Kombinasi lemon, kiwi, dan stroberi adalah salah satu kombinasi yang paling populer. Jika membayangkan, kamu mungkin percaya bahwa minuman yang dihasilkan akan sangat asam, tetapi pada kenyataannya akan memiliki rasa yang segar dan aroma strawberry yang manis.

Vitamin C dan antioksidan berlimpah dalam minuman ini, yang memiliki profil nutrisi yang sangat lengkap.

Infused Water Lemon, Kiwi, Strawberry

Manfaat yang akan kamu terima jauh lebih banyak dan komprehensif. Berikut adalah resep untuk air yang diresapi dengan lemon, kiwi, dan stroberi:

  1. Siapkan 400 m air mineral
  2. 1 buah lemon ukuran sedang, potong beberapa bagian
  3. 1 buah kiwi, kupas lalu potong potong dadu
  4. 5 buah strawberry, iris tipis
  5. Masukkan semua potongan buah ke dalam botol air mineral
  6. Simpan dalam kulkas selama kurang lebih 6 jam
  7. infused water lemon kiwi dan strawberry siap diminum.

2. Infused Water Lemon, Anggur, daun Mint

Kombinasi lemon, anggur ungu/hijau, dan daun mint juga merupakan pilihan yang menarik. Daun mint segar akan mendominasi aroma minuman sehat ini. sementara sedikit lebih manis dalam rasa dari campuran sebelumnya.

Untuk masalah nilai gizi, tentunya tidak kalah lengkapnya. Anggur diketahui mengandung antioksidan yang akan memaksimalkan manfaat detoksifikasi tubuh. Berikut bahan-bahan dan tata cara pembuatannya:

  1. Siapkan 400 ml air mineral dalam botol
  2. 1 buah lemon, iris menjadi 5 bagian
  3. 5 biji anggur, masing-masing dipotong jadi dua bagian
  4. 5-7 daun mint segar, pecah
  5. Campurkan semua potongan buah dan daun mint kemudian masukkan ke dalam botol
  6. Diamkan dalam kulkas minimal 6 jam.

3. Infused Water Lemon, Apel dan Nanas

Berikutnya adalah bermacam-macam lemon, apel, dan nanas. Aroma dan rasa yang dihasilkan dari kombinasi ketiga buah ini akan terasa manis, asam, dan segar.

Ternyata, kandungan vitamin dari minuman sehat ini cukup lengkap. Mari kita periksa resep yang tercantum di bawah ini.

  1. Siapkan 400 ml air mineral dalam botol
  2. 1 buah lemon, iris menjadi 5 bagian
  3. 1 buah apel merah, potong 5 bagian
  4. 1 buah nanas madu, potong menjadi 5 bagian
  5. Masukkan semua potongan buah ke dalam botol
  6. Diamkan dalam kulkas minimal 6 jam.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan mengenai Infused water:

Apakah Boleh Minum Infused Water Setiap Hari?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, yang dikutip dari klikdokter.com, konsumsi infused water bisa membahayakan kesehatan pencernaan.

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang membiarkan potongan buah terendam dalam air terlalu lama saat membuat infused water.

Hal itu dapat menimbulkan pembusukan dan dekomposisi pada buah yang tentunya hal ini bisa mencemari infused waternya, yang apabila jika seseorang meminumnya bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

Bolehkah Minum Infused Water Malam Hari?

Dalam mengonsumsi infused water ini tidak ada aturan baku atau penelitian mengenai waktu yang tepat untuk meminumnya, sehingga kamu bisa mengonsumsinya kapan saja atau sesuai dengan kebutuhanmu.

Dan yang terpenting adalah kamu harus mengisi perut terlebih dahulu sebelum meminum infusaed water, terlebih jika infused water yang kamu buat itu mengandung campuran buah yang berasa asam.

Bisakah Membuat Infused Water Dengan Botol Plastik?

Membuat infused water dengan botol plastik sebenarnya bisa saja, namun saran atau pilihan yang baik adalah menggunakan botol kaca.

Hal itu dikarenakan buah-buahan biasanya akan meninggalkan aroma khas pada wadah plastik, sehingga tentu akan membuat aroma infused water menjadi kurang sedap.

Apakah Infused Water Mengandung Kalori?

Infused water merupakan air yang dicampur dengan beragam jenis buah-buahan segar, sayuran maupun rempah-rempah yang tentunya cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal itu tentu dikarenakan campuran yang digunakan ini hanya sebagai penambah rasa saja, sehingga infused water hanya mengandung kalori yang sedikit.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat dan cara membuat infused water yang benar, kini hanya dengan mengikuti cara diatas kamu sudah bisa membuat minuman sehat ini dengan mudah.

Karena kamu hanya perlu memotong buah maupun sayuran lalu memasukannya ke dalam air mineral dan didiamkan dalam kulkas selama +/- 6 jam, agar sarinya tercampur dan rasanya lebih segar.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat dan Cara Membuat Infused Water Yang Benar dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */