Manfaat Daun Kelor Untuk Tubuh dan Kecantikan

Infokekinian.com – Daun kelor, selain dikaitkan dengan hal yang berbau mistis, seperti mengobati santet maupun mengusir mahkluk halus. Tetapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Penasaran apa saja? Yuk, lihat inilah manfaat daun kelor untuk tubuh dan kecantikan.

Daunnya yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional dapat mengobati berbagai jenis penyakit akut.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor menurut jurnal WHO memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan organ vital tubuh.

Daun kelor tidak hanya kaya akan asam amino esensial, tetapi juga bermanfaat untuk perkembangan bayi dalam kandungan ibu.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun kelor telah dikumpulkan dari berbagai sumber dan tercantum di bawah ini:

Mengobati Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling berbahaya dan menakutkan yang dihadapi manusia. Daun kelor, menurut jurnal Oncology Letters, bisa mengobati penyakit mengerikan ini dengan efektif dan cepat.

Daun kelor mengandung antioksidan, karotenoid, protein, kalium, dan senyawa lain yang membantu mengurangi perkembangan dan penghancuran sel kanker.

Daun kelor dapat digunakan untuk mengobati kanker dengan cara mengekstraknya dan mengolahnya.

Selanjutnya, ekstrak daun kelor diseduh dengan air dan dapat dikonsumsi dua kali sehari. Kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, dan jenis lainnya semua dapat diobati dengan daun kelor.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes, selain kanker, merupakan penyakit mematikan yang ditakuti manusia. Yang lebih memprihatinkan, diabetes merupakan penyakit yang dapat dicegah dan terutama disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Manfaat daun kelor juga bisa didapatkan dari olahan kelor, seperti teh atau sayuran siap santap.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor tunggal ini mungkin terlihat aneh, mengingat kesehatan mata dapat dijaga dengan mengonsumsi berbagai makanan yang tinggi vitamin A yang mayoritas berwarna jingga/merah, seperti wortel, tomat, pepaya, dan sebagainya. pada.

Namun tahukah kamu bahwa vitamin A tidak hanya terdapat pada makanan yang berwarna merah? Ya, daun kelor dengan warna hijau tua memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Dalam 100 gram daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A, yang merupakan jumlah yang lebih tinggi dari kandungan vitamin A pada wortel.

Antioksidan

Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Orang yang terpapar radikal bebas tingkat tinggi dapat menjadi stres dan mengembangkan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya.

Daun kelor mengandung senyawa antioksidan sebagai berikut:

  1. Asam klorogenat, senyawa yang ditemukan dalam kopi, memiliki manfaat menurunkan kadar gula darah setelah makan
  2. Quercetin adalah antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah
  3. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan meningkatkan kadar antioksidan darah secara dramatis.

Pengawet Alami untuk Daging

Tahukah kamu bahwa kandungan antioksidan daun kelor yang tinggi juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami?

Daun kelor efektif karena ekstrak daun kelor dapat mengurangi oksidasi. Sebagai hasilnya, umur simpan daging akan diperpanjang.

Menurunkan kolesterol

Memiliki masalah kolesterol memang menjadi beban, karena kadar kolesterol yang tinggi dapat membuat kamu berisiko terkena penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung.

Kabar baiknya adalah banyak makanan nabati, seperti gandum, almond, dan biji rami, dapat dengan cepat menurunkan kolesterol.

Selain bahan-bahan tersebut, sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor memiliki sifat serupa yang dapat dengan cepat dan efektif menurunkan kadar kolesterol.

Sumber Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anaknya. Daun kelor yang memiliki kandungan gizi yang tinggi khususnya zat besi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Kandungan zat besi daun kelor cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu menyusui. Selanjutnya, zat besi dalam daun kelor membantu pemulihan gejala anemia.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Meskipun mungkin tampak sepele, sistem pencernaan harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Kesehatan sistem pencernaan yang terganggu dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Salah satunya adalah saluran pencernaan.

Penyakit akibat luka lambung dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak daun kelor secara rutin. Daun kelor mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kondisi lambung dan penyakit maag.

Menjaga Fungsi Otak

Siapa bilang makan cokelat adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan mood seseorang? Mengkonsumsi daun kelor juga dapat membantu kamu mengatasi masalah psikologis seperti mudah depresi dan mood swing yang terlalu cepat/tidak stabil.

Daun kelor mengandung senyawa tiroid yang dapat membantu kamu menjaga stabilitas psikis kamu.

Dengan kata lain, daun kelor dapat dikonsumsi untuk mengurangi risiko depresi dan masalah psikologis lainnya pada manusia.

Mengobati Cacingan

Cacingan adalah masalah kesehatan serius yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Masalah kesehatan ini tidak boleh dianggap enteng karena jika tidak ditangani dengan baik berpotensi menyebabkan gizi buruk.

Daun kelor dapat dikonsumsi untuk mencegah dan membunuh cacing perut. Untuk membunuh cacing ini, rebus tiga lembar daun kelor dengan tiga helai daun cabai, satu meniran, dan air secukupnya.

Tunggu hingga mendidih, lalu saring ampasnya dan minum air rebusannya setiap hari. Selain membunuh cacing kremi, rebusan daun kelor ini dapat mengurangi infeksi cacing dan membunuh cacing pita.

Sebagai Anti-Aging

Daun kelor tidak hanya baik untuk kesehatan kamu, tetapi juga baik untuk kecantikan kulit kamu, terutama jika kamu sedang dalam masa menopause.

Daun kelor mengandung vitamin A dan senyawa antioksidan yang efektif mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan munculnya flek di wajah.

Manfaat daun kelor lainnya antara lain menjaga keremajaan sel kulit dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh agar selalu merasa fit secara fisik.

Cara pakainya, cukup ambil ekstrak daun kelor, campur dengan air secukupnya, dan aplikasikan sebagai masker. Masker daun kelor dapat digunakan dua kali seminggu.

Tips Menyimpan Daun Kelor

Tips Menyimpan Daun Kelor

Tanaman berdaun mudah rusak, dengan umur simpan ditentukan oleh kondisi penyimpanan. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi kualitas daun kelor menggunakan berbagai bahan kemasan dan kondisi penyimpanan yaitu penyimpanan dalam plastik dan penyimpanan dalam aluminium foil.

Temuan mengungkapkan bahwa kualitas penyimpanan menggunakan aluminium foil sangat rendah.

Perawatan yang dibungkus dengan aluminium foil telah terbukti paling efektif dalam mempertahankan warna dan menurunkan kadar vitamin C. Kandungan protein dan kadar airnya terjaga, dengan masa simpan hingga dua belas hari.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar daun kelor:

Apakah Daun Kelor Termasuk Tanaman Obat?

Berkat kandungan senyawa pada daun kelor yang bersifat antimikroba dan antiradang ini membuat daun ini menjadi salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk meredakan gejala mata merah atau konjuntivitas yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

Apakah Daun Kelor Ada Efek Sampingnya?

Selain mempunyai banyak manfaat, daun kelor pun tentu mempunyai efek samping yang apabila pemakaian daun kelor ini tidak sesuai dengan dosisnya.

Hal ini disebabkan karena sifat pencahar yang dimiliki ini bisa memicu berbagai gangguan perut, diantaranya adalah diare.

Apakah Daun Kelor Bisa Meningkatkan Trombosit?

Menurut survey yang ada, daun kelor dapat meningkat trombosir. Ini dikarenakan daun kelor dianggap sebagai segudang herbal vitamin, zat besi, mineral dan kalsium serta tinggi antioksidan di dalamnya yang berperan sebagai antiradang, antibakteri, dan menjaga kadar gula darah

Apakah Daun Kelor Bisa Menangkal Ilmu Hitam?

Menurut sebagian orang, selain sebagai obat herbal daun kelor juga dipercaya bisa menangkal dari serangan ilmu hitam dan bahkan mengusir makhluk ghaib, yang caranya tergolong mudah. Cukup dengan menanam daun kelor ini di depan rumah.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat daun kelor untuk tubuh yang bisa kamu coba di rumah, karena kamu bisa memanfaatkan daun yang sering terbengkalai dan tumbuh liar ini dengan baik untuk mendapatkan khasiat yang baik juga untuk kesehatan maupun kecantikan.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Daun Kelor Untuk Tubuh dan Kecantikan, dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */