Backlight Fotografi: Tips untuk Membuat Backlight

Infokekinian.com –  Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana tips membuat Backlight dalam fotografi. Mari simak artikel dibawah ini yang sudah kami rangkum untuk kamu!

Salah satu kata dalam fotografi adalah backlight. Apa itu lampu latar? Backlight adalah keadaan di mana sumber cahaya berada di belakang item yang akan dibidik.

Dengan keadaan ini, ada kesan tidak menghasilkan foto yang dapat diterima, karena objek tampak gelap, dibayangi oleh sumber cahaya yang terpapar langsung ke objek dan kamera.

Selain itu, dalam fotografi juga dikemukakan berbagai teori. Ide-ide ini berasal dari pengalaman yang dikumpulkan oleh para fotografer, khususnya fotografer profesional.

Bagi fotografer yang tidak berpengalaman, mempelajari teori fotografi harus dilakukan agar tidak membuat kesalahan tipikal yang pasti akan membuat gambar tidak dapat diterima.

kamu mungkin berpendapat, istilah backlight adalah istilah yang sudah banyak orang ketahui. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana memanfaatkan backlight yang mereka miliki menjadi bahan yang berguna atau bahkan indah.

Beberapa fotografer sengaja menghasilkan foto cahaya latar untuk membuat gambar siluet. Untuk menghindari pengambilan gambar siluet, berikut adalah beberapa petunjuk berguna untuk saat berikutnya kamu harus memotret gambar dalam pengaturan cahaya latar dengan cahaya latar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Beberap Tips Membuat Backlight di Dalam Fotografi

Beberap Tips Membuat Backlight di Dalam Fotografi

Berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk megatur atau membuat backlight dalam memotret atau fotografi.

Gunakan Spot Metering – Tips Membuat Backlight

Tips membuat backlight yang pertama adalah menggunakan pengukuran titik. Alih-alih mencoba berkonsentrasi pada satu bingkai besar, kamera akan fokus pada sebagian kecil objek saat dalam mode ini.

Spot metering adalah keterampilan yang harus diasah seiring waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara mengatur lampu latar.

Juga disertakan informasi tentang cara menggunakan pencahayaan yang benar saat mengambil foto.

Pengukuran titik adalah cara yang bagus untuk mengenal kamera kamu lebih baik karena setiap kamera memiliki cara unik untuk menentukan eksposur eksposur.

Menggunakan Mode Manual untuk Mengatur Exposure

LCD di kamera dapat dibuat lebih efisien dengan menggunakan mode live view untuk melihat eksposur yang diterima kamera.

Dari layar, kamu dapat melihat lampu latar dengan lebih jelas. kamu akhirnya dapat mengetahui pengaturan dan perspektif kamera mana yang ideal.

Dengan demikian, barang yang dipamerkan tidak akan terkesan gelap. Namun, mendapatkan jumlah eksposur yang tepat membutuhkan sejumlah percobaan. Dari sana, kamu mungkin tahu lebih teliti dan belajar bagaimana mengatasi backlight saat ini di masa depan.

Gunakan Reflector – Tips Membuat Backlight

Reflektor dapat digunakan selain mode manual dan pengukuran titik. Banyak percobaan dan kesalahan diperlukan dalam hal penggunaan reflektor. Sudut yang tepat, lokasi reflektor yang sangat baik dan penggunaan cahaya yang tersedia mungkin bermanfaat untuk mengurangi cahaya latar saat ini.

Optimalkan Penggunaan Flash

Kamu juga dapat menggunakan Flash untuk mengatasi lampu latar. Ada flash kamera yang sudah ada di dalam kamera, namun ada juga yang versi tersendiri atau sering disebut external flash.

Kamu dapat menggunakan produk flash dari Gudang Digital, seperti Godox TT685F dan TT350N, serta Flash Sony HVL F32M, sebagai flash eksternal. Teknik paling sederhana untuk menangani cahaya latar adalah dengan menggunakan lampu kilat.

Cahaya Pengisi – Tips Membuat Backlight

Gunakan permukaan reflektif seperti trotoar, rumput cerah, pakaian putih, atau dinding putih struktur sebagai reflektor cahaya alami. Gunakan untuk mencerahkan wajah secara tidak langsung.

Cek Bagian Belakang

Apa yang ada di belakang kamu penting dalam situasi cahaya latar, jadi pastikan itu bersih dan terbuka. Jika di belakang kamu ada bangunan gelap atau barisan pepohonan, maka tidak akan ada seberkas cahaya yang menerangi wajah target.

Membuat Penyesuaian Warna di Menu Color

Dalam opsi ini kita dapat menaikkan dan menurunkan panas, warna, vibrasi, saturasi foto. Dalam foto ini saya akan meningkatkan panas kemudian menurunkan vibrance dan meningkatkan saturasi.

Menambahkan Efek di Menu Effect

Untuk meningkatkan foto, kami juga dapat menerapkan efek kecil. Untuk meningkatkan kejernihan gambar, saya sedikit menurunkan kekasaran foto.

Pagi atau Sore

Backlight pada sore atau fajar jelas berbeda dengan siang hari. Di pagi hari atau saat cahaya keemasan di sore hari, target akan tampak lembut dan hangat, dengan kilau cantik di sekitar wajahnya.

Maksimalkan Fitur Dual Pixel Technology dan Anti Backlight AI HDR Di Smartphone

Kamera smartphone terbaru terintegrasi dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) untuk membuat beberapa pengaturan dan karakteristik lensa otomatis.

Dengan Teknologi Dual Pixel dan kemampuan AI HDR Anti Backlight, Vivo V11 Pro memiliki pengaturan kamera belakang ganda 12MP + 5MP.

Kesimpulan

Backlight adalah keadaan di mana sumber cahaya berada di belakang item yang akan dibidik.

Pengukuran titik adalah cara yang bagus untuk mengenal kamera kamu lebih baik karena setiap kamera memiliki cara uniknya sendiri untuk menentukan eksposur eksposur.

Tips membuat backlight mencakup informasi tentang cara menggunakan pencahayaan yang benar saat mengambil foto. Reflektor dapat digunakan selain mode manual dan pengukuran titik.

Nah itulah penjelasan mengenai bagaimana tips membuat backlight dalam fotografi, semoga informasi ini bisa membantu sobat kekinian ya!