Mengenal Apa Itu Digital Talent Readiness?

Infokekinian.com – Yuk yang penasaran sama penjelasan tentang Mengenal apa itu Digital Talent Readiness. Simak artikel berikut yang telah kami rangkum dari bergabai situs.

Saat revolusi industri keempat dan transformasi digital berlangsung, bisnis akan semakin membutuhkan talenta digital untuk mengikuti laju perubahan.

Sayangnya, masih banyak negara yang mengalami kesenjangan antara permintaan dan kehadiran talenta digital ini, termasuk Indonesia.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita lihat apa itu talenta digital dan langkah apa yang telah diambil untuk menutup celah ini.

Apa itu Digital Talent?

Digital talent adalah orang-orang yang kompeten yang mampu beradaptasi dengan teknologi digital dan memahami kehadiran industri 4.0.

Namun, sebagian besar bisnis digital membutuhkan banyak talenta digital untuk melakukan enam hal berikut:

Bidang Digital Business

Perusahaan-perusahaan terkemuka menuju kesuksesan digital akan ditunjukkan oleh kepemimpinan lini pekerjaan ini di setiap tingkat model bisnis digital.

Profesi yang dibutuhkan ada di bidang pekerjaan ini, seperti Digital Transformation Manager dan Digital Venture Strategist.

Bidang Digital Marketing

Pemasaran digital adalah bidang pekerjaan lain yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan bakat digital. Bakat digital sering dibutuhkan di bidang ini untuk mengembangkan konten, terhubung dengan konsumen secara online, dan mengelola identitas merek dan pemasaran.

Social Media Strategist dan Community Manager, misalnya, adalah posisi umum di bidang pemasaran digital.

Bidang Digital Development

Perkembangan digital akan berdampak signifikan terhadap produksi barang dan jasa di ruang digital. Sumber Daya Manusia yang biasanya dibutuhkan dalam bidang ini, misalnya, adalah Desain UX/UI dan Manajer Produk.

Bidang Analisis

Sesuai dengan namanya, bidang ini akan memungkinkan organisasi melakukan analisis berdasarkan data yang diperoleh. Biasanya bidang ini akan dicakup oleh profesi Data Scientist hingga Business Intelligence Specialist.

Ranah Industri 4.0

Pekerjaan yang menganut prinsip-prinsip industri 4.0 mengharuskan kehadiran talenta digital juga.

Insinyur manufaktur virtual dan insinyur otomasi, keduanya membutuhkan pengetahuan luas tentang robotika, merupakan mayoritas dari mereka yang bekerja di bidang ini.

Ranah Scrum

Scrum master, misalnya, bertanggung jawab untuk mengawasi proses pengembangan yang gesit.

 Digital Talent Readiness

Pelajari lebih lanjut tentang Kesiapan Bakat Digital di bagian seri ujian masuk PT Telkom ini.

Simak uraian Digital Talent Readiness Telkom berikut ini jika ingin mempelajari lebih lanjut.

Dijelaskan langkah Digital Talent Readiness rekrutmen BUMN PT Telkom oleh Telkom.

TKD dan Core Values ​​BUMN 2022 dipilih oleh FHCI pada 9 Juni tahun itu.

Peserta yang lolos seleksi berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, antara lain TKB, Interview, dan MCU.

Pada tahap seleksi ke-3 ini akan dilakukan seleksi ujian sesuai dengan BUMN masing-masing. Bagi pendaftar di PT Telkom banyak yang mempertanyakan apa itu Digital Talent Readiness.

Apa itu Digital Talent Readiness di PT. Telkom

Apa itu Digital Talent Readiness di PT. Telkom

Kesiapan Bakat Digital umumnya merupakan bagian dari rangkaian ujian seleksi masuk di PT Telkom.

Tes psikologi, FGD, wawancara, pemeriksaan kesehatan, pemutaran film, METTL, dan Kesiapan Bakat Digital dalam banyak kasus adalah bagian dari Hari Penilaian.

Digital Talent Readiness mengacu pada kesiapan peserta atau talenta untuk bekerja dalam proses digital.

Kesiapan di mana staf organisasi siap untuk pindah ke proses digital berdasarkan perangkat lunak dan teknologi disebut sebagai “kesiapan digital”.

Untuk menjawab kebutuhan talenta dan inovasi digital di Indonesia, PT Telkom menempatkan nilai tinggi pada program pengembangan talenta dan ekosistem digital.

Demikian penjelasan mengenai Digital Talent Readiness, sebagai bagian dari rangkaian ujian masuk perusahaan BUMN PT Telkom.

Kesimpulan

Bisnis akan semakin membutuhkan talenta digital untuk mengikuti laju perubahan. Banyak negara masih mengalami kesenjangan antara permintaan dan kehadiran talenta digital ini.

Kesiapan Bakat Digital umumnya merupakan bagian dari rangkaian ujian seleksi masuk di PT Telkom. Scrum master, misalnya, bertanggung jawab untuk mengawasi proses pengembangan yang gesit.

Insinyur manufaktur virtual dan insinyur otomasi merupakan mayoritas dari mereka yang bekerja di bidang ini.

/* */