Digital Talent Readiness: Tes TKB BUMN Telkom

Infokekinian.com – Kami akan memberikan beberapa informasi menengenai Digital Talent Readiness, dan ada beberapa tes TKB untuk masuk BUMN Telkom. Yuk simak!

Dalam skenario ini, materi kesiapan talenta digital mungkin ingin mengetahui keterampilan dan kesiapan kandidat tentang dunia digital. Ini tentu saja disesuaikan dengan peran yang dilamar oleh seorang kandidat.

Tes Materi Digital Talent Readiness

Mengenal Digital Talent Readiness

Langkah-langkah yang diambil oleh organisasi untuk menentukan pengetahuan dan pemahaman kandidat tentang lingkungan digital dikenal sebagai kesiapan bakat digital kandidat.

Keterampilan dapat ditanyakan tentang kesiapan mereka dengan lingkungan digital sebagai bagian dari materi kesiapan bakat digital. Tentu saja, ini disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang dilamar pelamar.

Melalui langkah ini, perusahaan pasti ingin tahu apakah prospek memenuhi persyaratan. Apalagi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi harus terus berekspansi seiring dengan ekspansi teknologi dan dunia digital.

Tes Materi Digital Talent Readiness

Kesiapan ini dinilai dari besarnya kesiapan personel organisasi untuk bermigrasi ke proses digital berbasis software dan teknologi.

Melalui langkah ini, perusahaan pasti ingin tahu apakah prospek memenuhi persyaratan.

Apalagi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi harus terus berekspansi seiring dengan ekspansi teknologi dan dunia digital.

DTR sering menjadi bagian dari rangkaian ujian seleksi masuk di PT Telkom, seperti Assessment Day yang juga meliputi Psikotes, FGD, Interview, Medical Check Up, Screening, dan METTL.

Perlu ditegaskan bahwa PT Telkom memiliki tujuan, yaitu memprioritaskan program pengembangan talenta dan ekosistem digital guna memenuhi tuntutan peserta dan inovasi digital di Indonesia.

Dikutip dari situs resminya, PT Telkom merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Untuk talenta dan inovasi digital Indonesia, PT Telkom juga menempatkan nilai tinggi pada inisiatif yang memelihara talenta dan ekosistem digital.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil tahapan seleksi TKD dan Nilai Inti telah dirilis pada 9-10 Juni 2022.

Seperti dilansir akun Instagram resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Bagi yang lolos, pencarian menjadi ribuan pekerja BUMN tidak berhenti sampai di situ. Tahap selanjutnya adalah tahap seleksi ketiga atau Tes Kemampuan Lapangan (TKB), wawancara, hingga Medical Check Up (MCU) (MCU).

Preferensi masing-masing BUMN akan memandu proses pemilihan.

Lantas, apa saja yang harus disiapkan peserta agar bisa lolos tahap seleksi? Berikut cara kerjanya.

Sesuai alur pendaftaran, calon yang lolos tes TKD akan maju ke tahap 3.

Sedangkan Tahap 3 adalah Pelaksanaan Tes Kemampuan Lapangan (TKB), Wawancara dan Medical Check Up (MCU) yang dilaksanakan sesuai aturan masing-masing BUMN.

Nantinya, hasil TKB, Interview dan MCU akan dirilis pada 4 Juli 2022.

Cara cek Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

1. Akses laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id

2. Masukkan email dan password untuk Login

3. Buka pada Menu Lamaran Saya dan Kotak Masuk

4. Nantinya, sistem otomatis akan menampilkan Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Persiapan TKB BUMN

Tes Kemampuan Lapangan menentukan apakah calon rekrutmen BUMN memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bidang BUMN yang paling mereka minati.

Beberapa BUMN memiliki stkamur tersendiri untuk menentukan tingkat kompetensi seseorang.

Jadi, langkah pertama adalah mempelajari lebih jauh tentang job skill BUMN.

Persiapan Wawancara

Peserta tidak akan ditanyai atau dinilai dengan cara apapun, tidak seperti dalam proses seleksi berbasis tes. Peserta akan berhadapan langsung dengan panitia seleksi dari BUMN.

Mereka akan mengkaji sejauh mana individu siap bergabung dengan BUMN dengan bertanya langsung.

Siapkan mental untuk pertanyaan pewawancara. Yang paling penting adalah mempersiapkan diri untuk tidak merasa khawatir saat menjawab pertanyaan wawancara.

Cari tahu pertanyaan apa yang paling sering ditanyakan selama wawancara sehingga orang yang diwawancarai siap untuk menjawabnya.

Postingan Instagram resmi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Indonesia berikut memberikan beberapa tips mengenai cara berkomunikasi secara efektif dalam wawancara.

1. Jelajahi motivasi diri dan bujuk pewawancara

2. Tunjukkan kapasitas untuk berdebat dan berasosiasi

3. Tunjukkan sikap yang baik dan adil saat menampilkan diri

4. Ingat, bahasa tubuh yang bagus, jabat tangan yang menenangkan, dan kontak mata pewawancara

5. Menanggapi pertanyaan pewawancara dengan cara yang lugas dan percaya diri.

Kesimpulan

Keterampilan dapat ditanyakan tentang kesiapan mereka dengan lingkungan digital sebagai bagian dari materi kesiapan bakat digital.

Ini tentu saja disesuaikan dengan peran yang dilamar oleh seorang kandidat. DTR sering menjadi bagian dari rangkaian ujian seleksi masuk di PT Telkom. Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu ya!

/* */