Mengenal Crypto Index, TOTAL, dan Bitcoin Dominance

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan mengenal Crypto Index, TOTAL, dan Bitcoin Dominance. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya secara lengkap dan jelas.

Mendapatkan keuntungan dari investasi bitcoin dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan mengawasi indeks kripto, yang berguna untuk melacak harga aset kripto di pasar.

TOTAL dan TOTAL2 adalah dua jenis indeks kripto yang dapat kamu manfaatkan. Kamu dapat menonton Bitcoin Dominance, indikator untuk menilai suasana pasar crypto, selain menggunakan indeks untuk memeriksa nilai pasar crypto.

Mengenal Crypto Index, TOTAL, dan Bitcoin Dominance

Jadi, apa itu TOTAL, indeks kripto, dan Dominasi Bitcoin? Apa cara terbaik untuk membacanya? Yuk simak pengertian dan jenisnya di artikel selanjutnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik!

Apa itu Crypto Index

Crypto index adalah indeks yang menunjukkan kapitalisasi pasar dari beberapa koin kripto tertentu.

Artinya, indeks kripto berisi kumpulan harga-harga berbagai jenis koin kripto yang dihitung proporsional dengan jumlah koin yang beredar.

Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan jumlah koin beredar dengan harga setiap koin yang dikonversikan ke dolar AS.

TOTAL dan TOTAL2

Contoh jenis crypto index yang bisa kamu manfaatkan adalah TOTAL dan TOTAL2. Meskipun memiliki nama yang mirip, keduanya memiliki perbedaan signifikan. Apa saja?

Pengertian TOTAL dan TOTAL2

TOTAL adalah indeks yang menunjukkan total kapitalisasi pasar koin-koin yang masuk ke dalam 125 mata uang kripto terbaik.

Sementara itu, TOTAL2 adalah indeks yang menghitung total kapitalisasi pasar 125 koin kripto terbaik dikurangi dengan Bitcoin (BTC).

Indeks TOTAL2 mengecualikan Bitcoin untuk mengukur seberapa besar kekuatan Altcoin selain Bitcoin di pasar kripto.

Sebagai informasi, Altcoin atau alternatif coin adalah semua jenis mata uang kripto selain BTC. Beberapa contoh Altcoin adalah Ether, Solana, Cardano, Polkadot, hingga Dogecoin.

Cara membaca TOTAL dan TOTAL2

Indeks TOTAL akan membentuk sebuah kurva harga yang membentuk tren tertentu dari waktu ke waktu.

Dengan menggunakan informasi tersebut, kamu bisa memprediksi harga keseluruhan mata uang kripto di masa mendatang. Pasalnya, sejarah harga dalam sebuah pasar cenderung akan berulang.

Kamu juga bisa mencari tahu harga maksimal dan harga minimal aset kripto dalam jangka waktu tertentu.

Informasi ini bisa bermanfaat untuk mencari tahu pada harga berapa sebaiknya kita masuk ke pasar kripto.

Bitcoin Dominance (BTC Dominance)

Bitcoin Dominance adalah salah satu jenis indikator dalam menganalisis sentimen pasar kripto yang populer karena digunakan untuk mengetahui posisi BTC di pasar. Ini penjelasannya.

Pengertian BTC Dominance

Bitcoin Dominance atau BTC Dominance adalah indikator yang menunjukkan rasio antara kapitalisasi Bitcoin dibandingkan dengan total kapitalisasi pasar aset kripto secara keseluruhan.

Indikator ini digunakan untuk mengukur sejauh mana perkembangan penguasaan Bitcoin di pasar kripto.

Contohnya, apabila Bitcoin Dominance menunjukkan angka 45 persen, artinya sebesar 45 persen dari total uang yang masuk ke pasar uang kripto masuk ke Bitcoin. Sementara itu, sisa 65 persennya masuk ke Altcoin.

Cara membaca BTC Dominance

Sebagai pionir mata uang kripto, BTC memang telah mendominasi pasar cryptocurrency selama ini.

Namun, proporsinya terus berkurang karena ada banyak Altcoin baru yang terbit dan menarik minat investor.

Selain itu, porsi BTC juga berkurang karena popularitas Ethereum yang kegunaannya lebih luas semakin meningkat.

Perlu dipahami bahwa dominansi BTC ini tidak akan memprediksi kenaikan atau penurunan harga Bitcoin.

Jadi, rasio ini hanya bisa kamu gunakan jika ingin mengetahui kecenderungan orang dalam memilih berinvestasi di Bitcoin atau altcoin.

Jika BTC Dominance naik, artinya porsi Bitcoin yang ada di pasaran sedang meningkat karena ada banyak orang yang membeli BTC. Sebaliknya, jika BTC Dominance naik, artinya porsi Altcoin lah yang meningkat.

Kenaikan BTC Dominance umumnya sejalan dengan penurunan permintaan pada Altcoin, begitu pula sebaliknya.

Namun, hal ini masih belum pasti terjadi karena memang ada kondisi di mana BTC.D meningkat seiringan dengan harga BTC yang turun dan harga Altcoin yang turun lebih dalam dari BTC.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa crypto index dan Bitcoin Dominance yang bisa kamu manfaatkan dalam menganalisis investasi aset kripto. Pastikan kamu melakukan riset yang menyeluruh sebelum mulai berinvestasi. Selamat belajar!

Demikianlah artikel mengenai Mengenal Crypto Index, TOTAL, dan Bitcoin Dominance dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */