Cara Menghitung Bitcoin Dominance

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara menghitung bitcoin dominance, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Istilah Dominasi Bitcoin (Bitcoin Dominance) telah lama digunakan untuk memahami tren pasar kripto yang dominan. Jadi, apa sebenarnya yang disiratkan oleh Dominasi Bitcoin?

Pelajari Tentang Dominasi Bitcoin

Bitcoin Dominance adalah metrik yang menentukan berapa banyak dari total kapitalisasi pasar cryptocurrency terdiri dari Bitcoin. Ini dapat membantu kamu memahami tren BTC dan altcoin.

Cara Menghitung Bitcoin Dominance

Yang harus kamu pahami adalah bahwa Bitcoin Dominance dapat membantu kamu dalam menentukan apakah altcoin sedang mengalami penurunan atau tren naik terhadap BTC.

  1. Ketika Dominasi BTC meningkat, altcoin, secara keseluruhan, kehilangan nilai terhadap BTC.
  2. Ketika Dominasi BTC menurun, altcoin, secara keseluruhan, mendapatkan nilai terhadap BTC.

Untuk menggambarkan ini lebih mudah, coba kamu bayangkan bahwa kapitalisasi pasar total semua kripto saat ini mencapai US$100 miliar.

Jika kapitalisasi pasar Bitcoin mewakili US$65 milyar dari ini, dominasi Bitcoin akan mencapai 65%.

Sehingga, saat pasar kripto sedang bertumbuh dengan kuat (bullish), itu berarti kapitalisasi pasar dari altcoin lebih tinggi daripada BTC. Begitu pula sebaliknya.

Dengan kata lain, altseason adalah tanda Bitcoin sedang terpuruk. Sementara, BTC yang merajai pasar akan menjadi bears bagi pasar kripto selain BTC.

Salah satu kasus nyata dari ini adalah saat terjadinya booming ICO tahun 2017-2018. Saat itu, dominasi Bitcoin jatuh secara dramatis karena serentetan ICO telah meningkatkan kapitalisasi pasar secara substansial.

Pada bulan Juni 2018, dominasi BTC telah turun menjadi hanya 40%, dengan likuiditas yang banyak tertuju pada token ERC-20 sehingga altseason terjadi dan Bitcoin terperosok dalam hingga mendekati US$3.000.

Cara Menghitung Bitcoin (BTC) Dominance

Cara menghitung Bitcoin Dominance mudah. Kamu hanya perlu membagi total kapitalisasi pasar milik BTC dengan total kapitalisasi pasar semua aset digital.

Adapun rumus menghitung BTC Dominance sebagai berikut:

Total kapitalisasi pasar Bitcoin (BTC) ÷ Total kapitalisasi pasar dari seluruh aset cryptocurrency

Jadi, apabila total kapitalisasi dari seluruh aset kripto di pasar adalah 100 miliar dolar AS, sementara total kapitalisasi milik Bitcoin adalah 70 miliar dolar AS. Maka, nilai dari Bitcoin Dominance setelah dihitung adalah 70 persen.

Cara membaca BTC Dominance

Sebagai pionir mata uang kripto, BTC memang telah mendominasi pasar cryptocurrency selama ini.

Namun, proporsinya terus berkurang karena ada banyak Altcoin baru yang terbit dan menarik minat investor.

Selain itu, porsi BTC juga berkurang karena popularitas Ethereum yang kegunaannya lebih luas semakin meningkat.

Perlu dipahami bahwa dominansi BTC ini tidak akan memprediksi kenaikan atau penurunan harga Bitcoin.

Jadi, rasio ini hanya bisa kamu gunakan jika ingin mengetahui kecenderungan orang dalam memilih berinvestasi di Bitcoin atau altcoin.

Jika BTC Dominance naik, artinya porsi Bitcoin yang ada di pasaran sedang meningkat karena ada banyak orang yang membeli BTC. Sebaliknya, jika BTC Dominance naik, artinya porsi Altcoin lah yang meningkat.

Kenaikan BTC Dominance umumnya sejalan dengan penurunan permintaan pada Altcoin, begitu pula sebaliknya.

Namun, hal ini masih belum pasti terjadi karena memang ada kondisi di mana BTC.D meningkat seiringan dengan harga BTC yang turun dan harga Altcoin yang turun lebih dalam dari BTC.

Cara Memanfaatkannya

Perlu diketahui, BTC Dominance dapat kamu gunakan sebagai alat bantu dalam menentukan berapa banyak modal yang harus kamu alokasikan untuk altcoin.

Dengan kata lain, menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi di altcoin dan kapan harus keluar dari situ.

Saat angka dominasi BTC menyusut, itu biasanya adalah waktu yang tepat untuk masuk ke pasar altcoin. Begitu pula sebaliknya.

Tetap saja, melalukan diversifikasi aset adalah keharusan karena kita tidak pernah benar-benar tahu, kripto mana yang akan meroket dan terperosok dalam satu waktu. Tetap melakukan riset fundamental dan teknikal adalah yang terbaik.

Kesimpulan

Ituilah sedikit informasi mengenai Bitcoin Dominance, lengkap dengan cara menghitung dan cara membacanya.

Demikianlah artikel mengenai Cara Menghitung Bitcoin Dominance dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.