Tips Menjawab Soal Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Contoh Soalnya

Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional kini juga menjadi pelajaran wajib di sekolah-sekolah Indonesia, bahkan menjadi salah satu mata pelajaran dalam Ujian Nasional.  Pelajar Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resminya, terkadang adanya Ujian Nasional Bahasa Inggris tersebut menjadi momok yang sedikit “menakutkan”.

 

Namun dengan tips-tips jitu, menjawab soal-soal  bahasa Inggris yang sebelumnya terdengar sulit, menjadi menyenangkan. Berikut beberapa tips agar bisa menjawab soal Bahasa Inggris dengan mudah, beserta contoh soal bahasa Inggris:

  1. Soal Bahasa Inggris Menentukan Tujuan Teks

Jika ada contoh soal bahasa Inggris dengan sebuah soal cerita atau paragraf, lalu muncul pertanyaan “What is the purpose of the text?”, maka jawabannya sesuai dengan jenis teks paragraf tersebut, yaitu:

  • Teks Recount, maka jawabannya yaitu to tell/ to retell the past event..
  • Teks deskripsi, maka jawabannya yakni to describe….(judul atau gambaran umum teks)
  • Teks Narative, maka jawabannya adalah to entertain atau to amuse the readers..
  • Teks Report, jawabannya yaitu to describe…(judul dari teks tersebut)
  • Teks Procedure, maka jawabannya adalah to show how to make….
  • Teks Annuncement, maka jawabannya yaitu to announce…
  • Teks Invitation, maka jawabannya yakni to invite
  1. Menentukan Gambaran Umum Teks

Jika menemui soal bahasa Inggris dengan pertanyaan “What is the text talk about?” atau “The text above tell us about…”, maka tips untuk menjawabnya yaitu:

  • Jika terdapat judul pada paragraf atau soal cerita, maka jawabannya dari judul tersebut
  • Namun jika tidak ada judulnya, jawabannya adalah kata yang paling sering muncul pada paragraf tersebut
  1. Menentukan Ide Utama atau Pokok Paragraf Tertentu

Jika terdapat contoh soal bahasa Inggris dengan pertanyaan “What is the main idea of paragraph?”, maka jawabannya adalah kalimat pertama yang terdapat pada awal paragraf tersebut.

  1. Menentukan Informasi yang Rinci Pada Paragraf Tertentu

Untuk soal bahasa Inggris dengan kata tanya seperti when, where, how, who, Why, which, what does, how many, whom, how long, dan kata tanya lainnya, maka jawabannya yaitu ada pada kata sebelum atau pun sesudah kalimat tanya tersebut.

  1. Menemukan Persamaan Kata

Untuk soal menentukan sinonim atau persamaan kata, biasanya muncul pertanyaan “What is the similar/ sinonim/the same meaning/ meaning of…?”, maka untuk menjawabnya memang harus memperluas jumlah kosakata dalam bahasa Inggris. Namun jika sudah mahir berbahasa Inggris, carilah kata yang memiliki makna sama dengan pertanyaannya.

  1. Menentukan Referensi Kata

Jika muncul soal bahasa Inggris dengan pertanyaan “The underlined word, refers to…”, maka jawabannya adalah Object atau Subject yang terdapat pada kalimat sebelumnya.

  1. Menemukan Informasi yang Tersurat

Pada soal untuk mencari informasi tersurat, biasanya akan diikuti dengan pertanyaan “What we can learn from the story above?”, maka jawabannya adalah kesimpulan dari keseluruhan teks atau pada akhir paragraf.

Selain Ujian dalam bahasa Inggris, sebagai bahasa nasionalnya tentu akan ada ujian bahasa Indonesia juga, dan salah satu materi ujiannya adalah puisi lama atau pantun. Pantun sendiri terdiri dari beragam jenis, mulai dari pantun pendidikan, adat, hingga pantun nasehat agama. Berikut beberapa contoh pantun agama dengan sajak a-a-a-a dan a-b-a-b:

  1. Contoh pantun agama bersajak a-a-a-a
    Tiada bumi tanpa adanya udara (a)
    Di bumilah tempat manusia berada (a)
    Tiada Tuhan selain Dia (a)
    Nabi Muhammad itu utusan-Nya (a)
  2. Contoh pantun islami bersajak a-b-a-b
    Percuma punya perhiasan emas (a)
    Jika hanya emas palsu (b)
    Percuma punya otak pandai dan cerdas (a)
    Bila sembahyang saja malah tak mau (b)

Tidak hanya pantun-pantun nasehat agama, pada soal ujian terkadang akan muncul banyak jenis pantun dengan pertanyaan yang beragam. Untuk menguasainya, cobalah untuk berlatih membuat pantun sendiri dengan sederhana.

Tinggalkan komentar