Pakaian Adat Papua, Gambar dan Penjelasanya

Selain terkenal akan budayanya, Papua juga dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan Pakaian Adat, Pakaian adat di papua sendiri sangatlah unik namun tetap memiliki makna atau arti tersendiri. kebanyakan desain pakaian adat dari papua unik dan memiliki desain yang berbau etnik serta biasanya memang dibuat dengan bahan bahan alami, bukan hanya pakaian adatnya saja yang dibuat dari bahan alami, bahkan aksesorisnya pun demikian, ada yang terbuat dari anyaman kayu, dari bagian tubuh binatang dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai pakaian adat papua mulai dari jenis, pengertian dan sedikit penjelasan akan hal tersebut, tentu saja ini penting untuk menambah wawasan kita terhadap budaya dan adat dari berbagai daerah atau wilayah di Indonesia ini.

Perlu anda ketahui, alasan masyarakat papua memiliki pakaian yang sederhana dan sama sekali jauh dari kata modern adalah karena dulunya masyarakat papua hidup di daerah yang terisolis dan mereka hidup secara berpisah, sehingga modernisasi di Papua terganggu dan mereka menjadi lebih dekat dengan alam, sehingga tak heran jika pakaian adat masyarakat papua kebanyakan dari bahan alami.

Koteka

Pakaian adat papua yang pertama adalah Koteka, pakaian ini berfungsi menutup kemaluan dan bentuknya mirip selongsong mengerucut pada bagian depan. untuk bahan pembuatannya, koteka dibuat dengan bahan buah labu air tua yang sebelumnya sudah dikeringkan agar koteka nantinya tidak mudah membusuk.

Penggunaan koteka sebagai pakaian adat masyarakat papua adalah setiap hari dan juga tentu saja saat adanya upacara adat, penggunannya juga sangatlah unik dimana anda harus mengikat pinggang dengan tali yang tentu akan menimbulkan kesan yang sangat sederhana bukan? sebenarnya pakaian koteka ini ada 2 jenis, yakni pendek dan panjang. namun yang paling sering digunakan adalah koteka pendek. koteka ini juga bisa dibilang sebagai pakaian adat yang paling populer sebagai pakaian adat papua karena terkenal di kalangan para turis dan mayoritas memang digunakan sehari hari.

Rok Rumbai

Bukan hanya koteka, ada pakaian adat papua yang lain yakni Rok Rumbai. Rok Rumbai ini khusus untuk para wanita yang tentu bentuknya seperti rok, namun dibuat dengan sagu kering sebagai penutup bagian tubuh bawah. ciri khas dari penggunaan rok rumbai adalah biasanya orang yang menggunakan pakaian ini, juga akan menggunakan penghias kepala dan bukan hanya untuk wanita, kadang rok rumbai juga digunakan wanita papua. Rok rumbai seringkali digunakan wanita papua untuk menjalani aktivitas sehari hari mereka.

Perlengkapan Pakaian Adat Papua

Setelah mengetahui jenis pakaian adat papua, anda juga harus mengerti dan paham apa saja sih aksesoris atau perlengkapan yang biasanya sering juga digunakan oleh masyarakat papua? perlengkapan tersebut berfungsi untuk membuat pakaian adat makin memiliki ciri khas mulai dari manik manik dari kerang, taring babi, gigi anjing yang dikaitkan pada leher sampai tas noken dari anyaman kayu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pakaian adat papua dan perlengkapannya, dengan mengetahui informasi diatas, kini wawasan anda pun bertambah dan sangat penting guna membuat anda bisa lebih tahu keberragaman negeri Indonesia ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa Papua merupakan bagian negara indonesia yang saat ini mungkin masih minim orang yang mengenal akan budaya papua apalagi pakaian adatnya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda khususnya yang suka dengan budaya indonesia.

Tinggalkan komentar