Pembahasan Mengenai Contoh Kalimat Fakta Dan Opini

Dalam pembelajaran yang dilakukan di bangku sekolah mulai dari jenjang SD sampai SMA sudah dipelajari dasar tentang pengertian fakta dan opini, sehingga di universitas sudah bukan tugas Anda lagi untuk mempelajarinya, bagi yang sudah duduk di bangku universitas maka tentulah sudah tahu apa perbedaannya kalimat fakta dan opini serta sudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu Anda ketahui bahwa fakta dan opini merupakan dua hal yang sangat berbeda. Suatu kebenaran bisa didasari dari fakta yang ada yang memang sudah terbukti benar adanya, sedangkan kalimat opini tidak bisa digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebenaran, karena opini adalah kalimat yang ada berdasarkan dari pendapat perseorangan atau kelompok yang kebenarannya relatif bagi setiap orang.

Contoh kalimat opini yang relatif, “Menurut saya nasi goreng ini adalah yang paling lezat karena rasanya pedas”, namun tentunya kalimat opini tersebut tidak berlaku bagi orang yang tidak menyukai makanan pedas sehingga ia tidak mungkin berkata bahwa nasi goreng pedas itu adalah yang paling lezat.

Sedangkan untuk contoh kalimat fakta misalnya, “ Nasi goreng pedas ini dimasak dengan 10 buah cabai rawit”, kalimat itu dilontarkan oleh koki yang membuat nasi goreng itu, maka kalimat tersebut merupakan fakta karena memang berdasarkan dari kenyataan  sesungguhnya saat koki memasak nasi goreng itu. Agar Anda bisa lebih paham lagi tentang kedua kalimat ini maka di bawah ini terdapat contoh kalimat fakta dan opini yang lebih jelas lagi :

 

Kalimat Fakta Yang Bersifat Umum

Kalimat fakta yang bersifat umum adalah kalimat yang telah diakui secara universal kebenarannya karena memang didapat berdasarkan dari fakta yang sesungguhnya terjadi, fakta ini akan diingat sepanjang waktu sampai ada fakta baru yang menggantikannya yang mungkin lebih akurat. Beberapa contoh kalimat fakta yang bersifat umum adalah :

  1. London adalah ibu kota Negara Inggris
  2. Bendera Indonesia adalah merah putih
  3. Belanda pernah menduduki Indonesia selama 3,5 abad lamanya
  4. Binatang amphibi adalah binatang yang dapat hidup di darat dan di air
  5. Bumi merupakan planet ketiga dalam tata surya dari matahari
  6. Daun berwarna hijau karena adanya klorofil atau zat hijau daun yang ada di dalamnya
  7. Negara Korea memiliki hari Kemerdekaan yang berdekatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, hari Kemerdekaan Korea adalah 15 Agustus.

Kalimat Fakta Yang Bersifat Khusus

Kalimat fakta yang bersifat khusus adalah kalimat yang biasanya kebenarannya hanya sementara sehingga suatu ketika bisa berubah dan bisa saja berujung pada kalimat opini. Agar Anda bisa lebih mengerti lagi maka dibawah ini  ada beberapa kalimat fakta yang bersifat khusus :

  1. Saat ini sedang musim kemarau dan sumber air mengering
  2. Pada saat ini saudaraku sedang sakit sehingga tidak bisa masuk sekolah
  3. Masa liburan kali ini hanya dilaksanakan selama 2 minggu dan saya pergi ke rumah nenek selama itu
  4. Pada hari raya seperti Lebaran Idul Fitri terjadi kenaikan harga daging
  5. Pada saat ini sedang musim buah rambutan, di pasaran ada banyak sekali pedagang yang menjualnya dengan murah

Kalimat Opini Yang Berlaku Secara Publik

Kalimat opini yang berlaku secara publik atau umum ini adalah kalimat opini yang didasarkan oleh pemikiran yang sama secara umum yang kemudian dibenarkan secara umum meski belum tentu kebenarannya, sering kali kalimat opini publik ini terbentuk karena adanya mitos di masyarakat.

  1. Jangan memakai baju merah saat hujan jika tidak ingin tersambar petir
  2. Saat sedang melayat ke rumah duka harus mengenakan baju warna hitam sebagai tanda berbelasungkawa
  3. Jika mata terasa berkedut maka itu tandanya akan dapat rezeki

Kalimat Opini Yang Berlaku Perorangan

Kalimat opini yang berlaku secara perseorangan adalah kalimat opini yang dilontarkan oleh masing-masing orang yang tentunya tidak berdasarkan fakta dan bisa berbeda setiap orang yang menyampaikannya. Contohnya :

  1. Menurut saya wajahnya yang memerah itu pertanda bahwa dia sedang sangat malu
  2. Pada saat bertemu dengan calon mertua saya harus berpakaian dengan rapi dan membawakan oleh-oleh
  3. Saya pikir sebaiknya kamu istirahat saja di rumah jika kelelahan seperti itu

Berdasarkan pembelajaran tentang kalimat fakta dan opini itu semoga bisa memberikan Anda pencerahan tentang pengertiannya yang sesungguhnya.

Tinggalkan komentar