Pengertian Bioma Taiga: Ciri dan Proses Pembentukkannya

InfoKekinian.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian bioma taiga yang merupakan salah satu ekosistem yang cukup disoroti oleh banyak orang.

Bioma adalah ekosistem yang signifikan dengan area yang cukup besar dan berbagai flora dan fauna yang khas. Iklim, tanah, air, dan lokasi astronomis semuanya dapat mempengaruhi sifat ini.

Apa Itu Bioma Taiga
Selain itu, ada spesies flora dan margasatwa langka yang dilindungi di beberapa wilayah bioma.

Simak penjelasan berikut mengenai pengertian bioma taiga, serta manfaat, ciri-ciri, komponen juga flora dan fauna yang hidup di bioma taiga.

Apa Itu Bioma Taiga?

Pertama-tama, tentu kita harus mengetahui pengertian bioma taiga atau hutan boreal yang merupakan hutan dengan ekosistem yang luas, wilayah yang cukup besar yang terdiri dari berbagai jenis flora dan fauna, dan sifat-sifat spesifik spesies.

Hutan yang berasal dari Rusia ini juga berkontribusi pada gurun yang sering disebut sebagai gurun taiga karena dibatasi oleh pepohonan yang sangat tinggi dan memiliki dedaunan yang rimbun.

Bioma adalah ekosistem yang cukup besar yang terdiri dari flora dan fauna unik yang dilindungi yang berkembang sebagai akibat dari variasi kondisi geografis dan astronomi.

Sedangkan taiga merupakan kata yang berasal dari Rusia yang berarti hutan. Maka dari itu, hutan boreal adalah ekosistem di hutan dengan satu spesies pohon terkait.

Spesies dari jenis yang sama seperti pinus, konifer, cemara, dan lain-lain. Antara bagian subtropis dan kutub di belahan bumi utara adalah bioma taiga, sering dikenal sebagai bioma boreal, hutan taiga, atau hutan konifer.

Proses Pembentukan Bioma Taiga

Gunung yang menguap yang memunculkan benua Taiga menyebabkan pecahan batu berkembang di seluruh area yang sangat luas, menjadikannya wilayah dingin yang diserang oleh vegetasi lebat.

Akibatnya, area tersebut tampak menjadi lingkungan yang menakjubkan, dan ditutupi oleh rumput yang menyerupai gunung.

Ciri-ciri Bioma Taiga

Ciri-ciri Bioma Taiga
Berikut ini adalah beberapa ciri dari hutan boreal:

  1. Bioma taiga ini terletak di iklim subtropis
  2. Sekitar 35 hingga 40 cm curah hujan turun setiap tahun
  3. Karena hanya satu jenis pohon yang tumbuh di bioma ini, tanaman yang tumbuh homogen. Tumbuhan runjung yang dapat menahan suhu rendah mendominasi
  4. Tanaman hutan boreal memiliki daun berbentuk jarum yang dilapisi lilin untuk perlindungan terhadap dehidrasi
  5. Musim panas, yang berlangsung selama tiga hingga enam bulan, adalah saat tanaman tumbuh.

Jenis Flora dan Fauna Bioma Taiga

Berikut adalah jenis flora dan fauna yang ada di bioma taiga:

1. Jenis Flora Bioma Taiga

Bioma taiga memiliki keanekaragaman tumbuhan yang sangat rendah, dan tumbuhan runjung merupakan mayoritas vegetasi di sana.

Sepanjang tahun, ada vegetasi, bahkan di bulan-bulan musim dingin yang sangat dingin. Modifikasi ini memungkinkan tanaman menyerap lebih banyak panas dan memulai fotosintesis lebih awal.

Tidak banyak tumbuhan yang bisa tumbuh di habitat bioma ini karena kondisi abiotiknya yang agak keras.

Akar yang kuat dan morfologi daun seperti jarum membedakan tanaman jenis konifera ini dari yang lain.

Daun ini berbentuk seperti jarum dan dilapisi lilin. Struktur daun semacam ini adalah contoh adaptasi yang bekerja dengan baik di hutan boreal.

Tanaman jenis konifera dapat mempertahankan kekuatannya terhadap hujan salju berkat struktur ini, yang juga memungkinkan tanaman menahan suhu yang sangat dingin dan panas.

Akibatnya, tanaman jarum sangat mendominasi bioma ini. Pinus dan cemara adalah contoh tumbuhan runjung. Permukaan tanah bioma ini ditutupi lumut dan lumut selain tumbuhan runjung.

Spesies tanaman berikut dapat ditemukan di hutan hutan boreal, antara lain:

  1. Pohon cemara
  2. Pinus pinus
  3. Konifer
  4. Lumut kerak atau lichen.

2. Jenis Fauna Bioma Taiga

Jenis Fauna Bioma Taiga
Ada lebih sedikit spesies hewan di bioma Taiga daripada di hutan hujan tropis atau hutan gugur. Karena hanya beberapa jenis fauna yang dapat bertahan dalam kondisi keras hutan boreal.

Salah satu bentuk hewan dengan rambut atau jaringan adiposa adalah flora yang dapat bertahan pada iklim dengan suhu rendah.

Beberapa hewan yang dapat bertahan dan berkembang di bioma taiga dapat mengubah warna rambut mereka agar sesuai dengan perubahan musim.

Beberapa hewan, termasuk yang diselimuti salju di musim dingin, dapat mengubah warnanya agar sesuai dengan warna salju, seperti kelinci salju.

Ia mencoba untuk melindungi dirinya dari pemangsa dan penumpukan panas pada suhu rendah.

Beruang hitam (kerikil), tupai, gagak hitam, kelinci sepatu salju, kucing salju, burung yang bermigrasi, rusa kutub, dan serigala adalah beberapa spesies hewan yang dapat ditemukan di bioma ini.

Di musim panas, burung-burung yang bermigrasi ini akan tiba di kawasan hutan taiga. Burung bermigrasi ke lokasi yang lebih hangat di musim dingin.

Selain itu, ada banyak serangga lain yang mengatur keadaan yang berbeda, termasuk kumbang, semut, lebah, capung, dan kutu daun.

Berbagai jenis fauna, atau makhluk hidup, muncul di habitat hutan ini untuk berkembang, termasuk yang berikut:

  1. Beruang hitam
  2. Tupai
  3. Gagak hitam
  4. Kelinci
  5. Salju kucing
  6. Rusa kutub
  7. Serigala.

Lokasi Bioma Taiga

Bioma taiga dapat ditemukan di garis lintang utara atau selatan, di wilayah dengan suhu dingin.

Dengan kata lain, meliputi wilayah yang terbentang 700 km sebelah selatan perbatasan, mulai dari perbatasan hingga ujung wilayah perbatasan.

Hal ini terutama berlaku di negara-negara utara seperti Kanada dan Rusia.

Manfaat Bioma Taiga

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bioma taiga:

  1. Di bioma Taiga, pohon berfungsi sebagai sumber kayu dimana kayu lunak sering digunakan untuk membuat kertas
  2. Selain itu, hutan boreal berkontribusi pada pemeliharaan kesuburan tanah, pencegahan erosi, pencegahan banjir, dan pelestarian keanekaragaman hayati
  3. Area yang menghasilkan oksigen dan mengontrol iklim adalah bioma Taiga
  4. Bioma Taiga memiliki potensi untuk mengontrol penyimpanan dan pengelolaan air tanah
  5. Sebagai komponen pycnigenol, ekstrak dari flavonoid dan bioflavonoid yang tinggi antioksidan dan dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, dan bahkan obat untuk meningkatkan daya ingat pada orang tua, pohon pinus di hutan taiga memainkan peran penting. Selain itu, jarum dan kulit kayu pinus kaya akan vitamin C.
  6. Jika kita berjalan setidaknya selama 15 menit, hutan boreal, kawasan dengan hutan pinus dimaksudkan untuk meredakan ketegangan. Dapat membantu mengobati bronkitis, sinusitis, pilek, dan sesak napas.

Cuaca dan Iklim di Bioma Taiga

Cuaca dan Iklim di Bioma Taiga
Enam bulan per tahun, suhu rata-rata hutan boreal di bawah nol. Suhu musim dingin berkisar antara -54 dan -1 derajat Celcius. Musim dingin sangat dingin dan bersalju.

Cuaca musim panas lebih hangat, lebih hujan, dan lebih basah. Suhu turun dari -7 derajat Celcius menjadi 21 derajat Celcius. Musim panas terdiri dari antara 50 dan 100 hari.

Musim panas menyebabkan es di permukaan bumi mencair, bunga-bunga bermekaran, dan makhluk-makhluk yang berhibernasi terbangun.

Curah hujan tahunan total adalah 30 hingga 85 cm. Di hutan taiga, curah hujan terdiri dari hujan, salju, dan embun. Mayoritas presipitasi taiga jatuh sebagai hujan musim panas.

Musim dingin dan musim panas adalah musim yang dominan di taiga. Musim semi dan musim gugur adalah musim yang sangat singkat yang tidak akan pernah kamu alami.

Proses Distribusi Bioma Taiga

Penyebaran taiga disebabkan oleh fakta bahwa atom memiliki luas permukaan yang jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi. Mengenai wilayah yang membentang di Amerika Utara dan perbatasan selatan.

Bioma Taiga juga tersebar luas di belahan bumi utara, yaitu tanaman yang mendominasi wilayah ini memiliki daun seperti lilin seperti jarum.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Saja Ciri Ciri Bioma Taiga?

Berikut adalah beberapa ciri dari bioma taiga:

  1. CUrah hujan hingga 400-4750mm/tahun
  2. Perbedaan suhu yang cukup tinggi
  3. Suhu pada bioma bisa mencapai hingga 90°F pada musim panas
  4. Pertumbuhan tanaman berlangsung antara 3-6 bulan pada musim panas.

Dimana Letak Bioma Taiga?

Dikutip dari National Geographic, bioma taiga ini terletak di Rusia, Skandinavia, Alaska, Siberia, dan Kanada.

Taiga Iklim Apa?

Taiga berada di wilayah yang beriklim subtropis hingga dingin. Maka dari itu, bioma taiga ini tidak cocok dengan Indonesia karena beriklim tropis.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian bioma taiga lengkap dengan ciri serta proses pembentukan dari bioma taiga ini.

Dan bisa kita simpulkan jika, bioma taiga ini sebagian besar tersusun atas pohon konifer yang memiliki daun berbentuk seperti jarum yang bisa ditemukan di wilayah subarctic.

/* */