Pengertian dari Negara Maju, Ini Daftar Negara Maju Di Dunia

InfoKekinian.com – Jika berbicara tentang negara, apakah kamu sudah mengenal pengertian dari negara maju seperti alasan yang menjadikannya sebagai negara maju?

Bumi terdiri dari berbagai macam jenis benua, yang setiap benua ini terdiri atas berbagai negara yang tentunya berbeda disetiap benuanya.

Negara-negara ini tentunya memiliki keadaan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Pengertian dari Negara Maju
Perbedaan dari masing-masing negara ini bisa dilihat dari berbagai sisi, seperti kondisi alam atau geografis hingga kesejahteraan rakyatnya.

Sama halnya dengan manusia yang memiliki keadaan bermacam-macam, negara pun juga mempunyai keadaan hingga kesejahteraan yang berbeda-beda.

Ada negara yang memiliki keadaan maju yang membuatnya lebih unggul dari negara lain, namun ada juga negara yang masih berusaha untuk mengembangkan dirinya untuk berada di keadaan yang lebih baik.

Bahkan ada juga negara yang memiliki keadaan serba kekerungan, biasa negara ini akan disebut sebagai negara tertinggal.

Untuk mengenal pengertian dari negara maju lebih lanjut, simak artikel kali hingga selesai!

Pengertian dari Negara Maju

Berbicara tentang negara maju, tentu itu bukan hal asing lagi untuk di dengar. Negara maju adalah negara yang mempunyai keadaan atau kondisi yang lebih baik dari pada negara berkembang ataupun negara tertinggal.

Selain kondisi dan keadaannya, negara maju tentunya mempunyai kesejahteraan bagi masyarakatnya serta angka kemiskinann yang sangat rendah dibandingkan dengan dua negara dibawahnya.

Negara maju bukan hanya dilihat dari besar kecilnya wilayah negara tersebutm tetapi juga dilihat dari kualitas negaranya.

Selain itu, melalui teknologi yang tinggi serta perekonomian yang merata yang membuat masyarakat disana menikmati standar hidup yang terbilang relatif tinggi.

Dan negara maju pun bisa dilihat dari perekonomian negara yang dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri-Ciri Negara Maju
Dalam suatu negara untuk menentukan status suatu negara sebagai negara berkembang, negara maju, atau negara terbelakang harus dilihat dari berbagai perspektif.

Selain itu, sejumlah indikasi berfungsi sebagai tolak ukur untuk menentukan keadaan ini.

Berikut adalah beberapa faktor yang digunakan untuk menentukan apakah suatu negara tergolong atau termasuk dalam kategori negara maju:

Product Domestic Bruto (PDB)

Suatu negara harus memiliki roda ekonomi yang mendukung negara tersebut agar dapat menghidupi warganya.

Dengan berdagang dengan negara asing, ekonomi dapat didorong dengan salah satu dari dua cara.

Dalam melakukan perdagangan, suatu negara memiliki komoditasnya sendiri yang diciptakan oleh masyarakat negara tersebut dan berasal dari wilayah negara tersebut.

Konsekuensinya, setiap negara memiliki PDB masing-masing, yang terdiri dari uang yang berasal dari wilayah negara tersebut, baik yang dihasilkan oleh masyarakat atau komunitas pribumi, komunitas asing, maupun pendatang asing.

Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat pendapatan relatif tinggi.

Pendapatan Nasional Bruto (PNB)

Suatu negara memiliki pendapatan nasional selain produk domestik bruto.

Jika pendapatan atau produk domestik bruto adalah pendapatan yang diperoleh di wilayah suatu negara baik oleh penduduk asli maupun orang asing, maka pendapatan nasional bruto adalah kebalikannya.

Pendapatan nasional bruto adalah uang yang diperoleh warga negara, baik di wilayah mereka maupun di wilayah asing (di luar wilayah negara tersebut).

Suatu negara dianggap sebagai negara maju jika memiliki pendapatan nasional bruto yang tinggi.

Pendapatan Per Kapita

Selain produk domestik bruto dan pendapatan nasional bruto, biasanya ada yang dikenal sebagai pendapatan per kapita di antara metrik ekonomi.

Pendapatan per kapita ini justru merupakan baseline yang paling tepat untuk mengukur kesejahteraan masyarakat per individu.

Pendapatan per kapita mewakili pendapatan yang diperoleh setiap individu.

Menghitung pendapatan per kapita melibatkan pembagian formula pendapatan nasional dengan total populasi negara.

Suatu negara dianggap maju jika pendapatan per kapitanya lebih dari garis kemiskinan.

Pendapatan per kapita ini sangat menggambarkan karena merupakan rata-rata, meskipun faktanya tidak setiap warga negara memiliki jumlah uang yang sama persis.

Ketika pendapatan per kapita jauh di atas ambang kemiskinan, kesejahteraan penduduk akan tinggi.

Insfrastuktur

Ciri Infrastruktur
Selama ini yang kita anggap negara maju adalah mereka memiliki teknologi terkini dan memiliki infrastruktur yang memadai, fasilitas yang lengkap, dan lain sebagainya.

Ya, infrastruktur merupakan ciri khas negara maju yaitu infrastruktur yang memadai. Infrastruktur negara maju lebih modern dan rumit daripada infrastruktur negara berkembang.

Banyak struktur di negara maju dibangun menjadi modern dan kokoh.

Negara-negara maju ini biasanya memiliki lebih banyak gedung pencakar langit, jalan layang, dan bangunan dengan gaya arsitektur baru daripada negara berkembang.

Tingkat Industrialisasi

Jika kita melihat negara berkembang, salah satu ciri negara berkembang adalah mereka lebih bergantung pada sektor pertanian daripada industri.

Sebaliknya, sektor industri bahkan lebih lazim di negara-negara maju. Industrialisasi di negara-negara maju tentunya meningkat sangat pesat.

Hal ini karena didukung oleh berbagai hal seperti peralatan, teknologi, sumber daya manusia dan juga didukung oleh sumber daya alam.

Perekonomian suatu negara akan membaik jika industrinya berkembang pesat dan juga maju secara teknologi.

Sektor industri memiliki kapasitas yang lebih besar untuk merangsang ekonomi daripada pertanian atau industri ekstraktif lainnya.

Taraf Standar Hidup

Di negara maju, tingkat kehidupannya relatif tinggi. Hal ini disebabkan fakta bahwa negara-negara maju memiliki berbagai tingkat kompleksitas dan kemajuan dalam berbagai disiplin ilmu.

Negara maju juga memiliki pendapatan nasional dan pendapatan per kapita yang tinggi.

Sehingga, tidak mengherankan jika orang-orang di negara maju menjalani gaya hidup yang lebih berkembang daripada di negara lain, terutama di negara-negara yang belum berkembang.

Ini merupakan beberapa variabel yang digunakan untuk memutuskan apakah suatu negara digolongkan sebagai negara maju atau negara berkembang.

Indikasi ini harus dievaluasi dengan hati-hati sehingga dapat berfungsi sebagai standar yang sesuai.

Negara-Negara Maju di Dunia

Negara-Negara Maju di Dunia
Terdapat beberapa negara maju di seluruh dunia. Namun, jumlah negara maju jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara berkembang.

Negara maju ini tersebar diseluruh dunia, namun, mayoritas negara maju terletak di benua Eropa.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja negara-negara maju tersebut, kita akan membahas satu per satu tentang negara-negara maju tersebut, antara lain:

Australia

Negara maju di dunia yang pertama adalah Australia. Meski terbilang tinggal dibenua terkecil di dunia, tetapi Australia menjadi salah negara paling maju di dunia yang terletak di sebelah tenggara nya Indonesia.

Hal pertama yang terlintas di benak kita saat memikirkan tentang Australia adalah gaya hidup mewah dan standar tinggi. Selain itu, infrastruktur negara ini sangat indah dan lengkap.

Australia tidak hanya modern dalam hal gaya hidup, tetapi juga dalam hal teknologi, dll. Australia juga merupakan salah satu tujuan wisata dan pendidikan yang paling populer.

Produk domestik bruto Australia sebesar USD 918,978 miliar adalah salah satu dari banyak alasan untuk klasifikasinya sebagai negara maju.

Australia memiliki pendapatan per kapita sebesar USD 40.836 dan HDI 0,933 selama lima tahun berturut-turut.

Apalagi Australia adalah negara terdepan di dunia dalam hal kualitas hidup warganya.

Menurut sebuah survei, sekitar 83% orang Australia rata-rata mengalami peristiwa yang lebih menyenangkan daripada negatif per hari.

Ini agak menarik, bukan? Ini adalah salah satu alasan Australia menjadi negara maju.

Belanda

Belanda mengikuti Australia yang merupakan negara terdekat dengan Indonesia, dimana Belanda adalah sebuah negara di benua Eropa.

Mayoritas daratan benua Eropa berwarna biru pada peta global, menandakan bahwa Eropa adalah benua dengan negara paling maju.

Belanda, terkadang dikenal sebagai Negara Kincir Angin, adalah negara kecil namun makmur. Belanda memiliki banyak infrastruktur yang sesuai serta banyak fasilitas canggih.

Belanda juga merupakan salah satu ibu kota pendidikan dunia. Negara Belanda, atau yang biasa disebut Netherland, memiliki standar pendidikan yang tinggi dan menjadi model bagi standar sastra negara lain.

Ada banyak fasilitas kompleks, peralatan modern, dan teknologi yang sangat canggih di Belanda.

Selain itu, situasi ekonomi Belanda yang stabil dan rakyatnya yang menempati peringkat paling bahagia di dunia telah memungkinkan Belanda menjadi negara maju.

Selain itu, Belanda juga memiliki pendapatan per kapita USD 29.697 dengan HDI 0,915.

Norwegia

Norwegia adalah sebuah negara di benua Eropa, meskipun negara yang jarang kita dengar tentang negara ini, Norwegia adalah negara paling maju di dunia.

Norwegia adalah negara maju karena tingkat pengangguran yang rendah dan harapan hidup yang panjang.

Norwegia adalah negara dengan tingkat pengangguran rendah dan harapan hidup penduduk 80,2 tahun.

Dan ya, Norwegia dinobatkan sebagai negara paling maju di dunia. Pendapatan rata-rata per kapita di Norwegia adalah $32.093.

Selain itu, IPM Norwegia sebesar 0,944%. Orang Norwegia juga dikenal memiliki keterikatan yang kuat dengan negaranya.

Amerika Serikat

Amerika Serikat
Siapa yang tidak kenal dengan Amerika Serikat? Negara paling terkenal di dunia adalah hotspot untuk banyak hal.

Selain sebagai negara yang sangat maju, Amerika Serikat juga merupakan negara adidaya atau superpower yang sangat kuat.

Amerika Serikat adalah negara maju dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ekonomi, teknologi, militer, dan politik.

Sejak dulu, Amerika Serikat menjadi negara yang paling kuat dan paling dihormati di dunia. Juga negara yang memimpin Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations adalah Amerika Serikat.

Selain itu, banyak orang memilih Amerika sebagai lokasi studi mereka. Amerika Serikat memiliki pendapatan per kapita $93.531 serta HDI 0,914%.

Kanada

Selanjutnya adalah Kanada. Kanada juga merupakan salah satu negara maju di Benua Amerika, selain Amerika Serikat, sebagaimana dijelaskan di atas.

Negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia adalah Kanada. Kanada dan Amerika Serikat berbagi perbatasan langsung.

Kanada terletak di Amerika, dan benderanya menampilkan daun maple dengan latar belakang putih dengan garis merah di kiri dan kanan.

Salah satu alasan Kanada menjadi negara maju adalah karena pendidikannya. Masyarakat Kanada terkenal dengan tingkat pendidikan dan kecerdasannya yang tinggi di atas orang biasa.

Negara di Kanada ini memiliki pendapatan per kapita $23.938 dan HDI 0,902.

New Zealand

Selandia Baru atau New Zealand juga bukan negara dengan wilayah yang luas. Selandia Baru adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Selandia Baru adalah negara dengan PDB 157,877 miliar dolar dan pendapatan per kapita $35.374 sementara hanya memiliki populasi sekitar 4,3 juta. IPM negara tersebut adalah 0,910.

Irlandia

Republik Irandia adalah negara dengan populasi yang sangat kecil, karena hanya terdapat sekitar 4,5 juta orang saja.

Selain itu, sekitar 99 persen penduduk Irlandia berhasil menyelesaikan pendidikan pasca-sekolah menengah.

Hal ini akan menghasilkan sejumlah besar sumber daya manusia baru, yang akan meningkatkan perekonomian negara dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan warganya.

Liechtenstein

Negara Liechtenstein
Selanjutnya adalah Liechtenstein. Negara ini memang negara yang relatif tidak terkenal, karena Liechtenstein adalah negara yang tergolong kecil di dunia.

Luas wilayah negara ini hanya 160 kilometer persegi dan negara ini memiliki populasi sekitar 33 ribu orang. Namun demikian, negara kecil ini adalah negara maju.

Negara ini memiliki PDB domestik bruto tertinggi di dunia dan hal ini kemungkinan besar akan meningkatkan kesejahteraan beberapa individu.

Jerman

Siapa yang tak kenal Jerman? Negara yang sangat mendunia ini pun masuk ke dalam jajaran negar amaju di dunia.

Jerman memiliki ekonomi terbesar dari semua negara Eropa. Selain itu, Jerman memiliki populasi terbesar, dengan 82,2 juta jiwa.

Dibandingkan dengan negara lain, tingkat kesejahteraan negara ini relatif tinggi meskipun jumlah penduduknya besar.

Jerman adalah negara dengan pertumbuhan industri dan teknologi yang luar biasa. HDI untuk Jerman adalah 0,911.

Swedia

Swedia, sebuah negara di benua Eropa, juga merupakan salah satu dari sekian banyak negara maju.

Swedia adalah negara yang terkenal dengan standar pendidikan dan kesehatan yang sangat tinggi bagi warganya dan itulah mengapa negara ini dianggap sebagai negara maju.

Swiss atau Switzerland

Setelah Swedia, selanjutnya adalah Switzerland atau Swiss. Negara yang terkenal dengan kualitas cokelatnya ini telah menjadi negara maju, antara lain karena pendapatan per kapitanya sekitar USD 30.745 dan IPM-nya 0,917. Harapan hidup rata-rata warga negara Swiss adalah 83 tahun.

Singapura

Singapura merupakan negara kecil yang menjadi tetangga Indonesia, yang masuk ke dalam salah satu negara maju di dunia.

Singapura adalah pusat keuangan dan komersial yang terkenal secara global. Singapura juga diakui sebagai salah satu dari empat negara macan Asia.

Selain itu, negara kecil Singapura juga terkenal memiliki pendidikan dan kesehatan terbaik di dunia. Padahal, HDI Singapura hanya 0,001

Denmark

Dengan HDI 0,900, Denmark merupakan negara dengan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi. Selain itu, Denmark memiliki pendapatan per kapita sebesar USD 25.172.

Selain negara-negara yang tercantum di atas, ada banyak negara maju lainnya di dunia. Untuk mengetahui negara-negara maju yang ada di dunia, berikut adalah daftarnya:

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Kapan Negara Disebut Maju?

Suatu negara dianggap maju jika memiliki kualitas hidup yang tinggi disertai dengan indikator ekonomi yang tersebar merata, penggunaan teknologi yang ekstensif, dan keberhasilan dalam berbagai disiplin ilmu.

Selain itu, sebagian besar penduduk memiliki keterampilan literasi yang luar biasa.

Mengapa Cina Menjadi Negara Maju?

Pencapaian China untuk menjadi negara maju sebagian disebabkan oleh penyebaran sistem pemerintahan yang terdesentralisasi secara masif.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal pengertian dari negara maju di dunia yang perlu kamu ketahui.

Dan bisa kita simpulkan jika negara tersebut memiliki sejumlah karakteristik yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, terutama di negara berkembang.

Oleh karena itu, negara ini dianggap sebagai negara maju. Dibandingkan dengan negara berkembang lainnya, standar hidup di negara maju ini tidak diragukan lagi lebih tinggi.

/* */