Pengertian, Fungsi dan Proses Sistem Pencernaan Manusia Lengkap

Semua makhluk hidup tak terkecuali Manusia tentu saja memiliki sistem pencernaan untuk keperluan mencerna makanan yang dikonsumsi untuk sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan ataupun nutrisi yang diperlukan tubuh. peran sistem pencernaan manusia sangatlah penting dalam kesehatan tubuh, hal ini bukan tanpa alasan karena jika sistem pencernaan terganggu, sudah pasti tubuh akan mengalami berbagai macam penyakit seperti diare, lambung dan lain lain.

Secara umum, pengertian sistem pencernaan manusia adalah sistem yang memproses atau mengubah makanan dan menyerap nutrisi untuk kepentingan tubuh. dan untuk tahu lebih dalam mengenai sistem pencernaan manusia, simak ulasannya seperti berikut ini:

Perlu anda tahu, proses sistem pencernaan terbagi menjadi 3 jenis yang masing masing mempunyai proses tersendiri, diantara lain:

  • Pencernaan Mekanis, mencerna makanan dengan menghaluskan makanan agar bisa dtelan dan dicerna tubuh.
  • Pencernaan Kimiawi, mencerna zat zat penting yang ada di dalam makanan dengan adanya bantuan enzim.
  • Pencernaan Biologis, penguraian makanan.

Sistem pencernaan makanan tidak akan lancar apabila mengalami gangguan pada saluran pencernaan, dan untuk saluran pencernaan tubu sendiri terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan juga anus.

Jika diurutkan, maka proses pencernaan pada saluran tersebut memiliki urutan seperti ini: Mulut->kerongkongan->lambung->usus halus->usus besar->anus

Proses Pencernaan Makanan Manusia

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sistem pencernaan makanan terdiri dari proses yang bermula dari mulut hingga anus, untuk proses pertama, yakni pencernaan mekanik, ini terjadi saat anda mengunyah makanan menggunakan rongga mulut dan gigi dan kemudian diteruskan oleh pencernaan kimiawi yang dibantu enzim ptialin atau amilase untuk diubah menjadi zat dan dicerna kembali oleh tubuh. setelah melewati proses ini, kemudian makanan dibawa menuju lambung dengan melwati kerongkongan. kenapa makanan bisa ke lambung? hal ini dikarenakan terdapat kontraksi otot di kerongkongan, pada lambung inilah makanan mengalami proses pencernaan kimiawi, diantara lain:

  • Renin : mengendapkan protein susu dan ASI untuk bayi.
  • Pepsin: mengubah protein menjadi pepton.
  • HCI atau Asam Klorida, mengubah pepsinogen menjadi pepsin dan merangsangt hormon skretin supaya keluar di usus halus.
  • Dan yang terakhir yakni pencernaan kimiawi berupa lipase, di proses ini terjadi pemecahan lemak menjadi asam lemak.

Dan setelah makanan berada di lambung dan sudah mengalami proses pencernaan makanan kimiawi, lambung tidak langsung mencerna makanan tersebut, lambung setidaknya butuh waktu 4-5 jam sampai kemudian membawa makanan ke usus dua belas jari.

Selain itu ada juga empedu yang berasal dari hati yang kemudian ditampung ke kantung empedu yang kemudian dialirkan ke usus dua belas jari. setelah melalui usus dua belas jari, makanan dan empedu mengalami proses dimana kedua zat ini dibawa menuju usus halus dan pada proses ini, terjadilah pencernaan yang sangat penting seperti karbohidrat dicerna menjadi glukosa, ataupun protein yang dicerna menjadi asam amino dan menjadi sumber energi tubuh.

Itulah berbagai pengertian dan proses sistem pencernaan manusia, melihat betapa pentingnya sistem pencernaan, sudah pasti bahwa mulai sekarang anda harus hidup sehat untuk menjaga pencernaan tubuh agar tetap sehat dan lancar, karena seperti yang saya sempat singgung tadi bahwa ada banyak gangguan penyakit yang akan menyerang tubuh anda apabila pencernaan tubuh anda terganggu.

Tinggalkan komentar