Pengertian dan Penyebab Global Warming Serta Alasan Mencegahnya

Tentunya sudah tak asing lagi dengan kata “Global Warming” bukan? Namun tahukah Anda apa sebenarnya pengertian global warming? Global warming atau pemanasan global adalah peristiwa dimana suhu rata-rata lapisan atmosfer serta permukaan bumi semakin meningkat.

Selain mengetahui pengertian pemanasan global, Anda pun harus memahami apa penyebab dari pemanasan global tersebut. Ya, peristiwa meningkatnya suhu di bumi dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini :

Global Warming

  1. Efek Rumah Kaca
    Apa itu efek rumah kaca? Pengertian efek rumah kaca secara umum yaitu sebuah proses atmosfer untuk menghangatkan bumi. Jadi, panas sinar matahari yang disalurkan ke permukaan bumi harusnya dipantulkan kembali ke luar angkasa, namun karena atmosfer tertutup oleh gas-gas, maka panas sinar matahari tersebut kembali ke permukaan bumi. Akibatnya suhu bumi semakin panas.
  2. Gas Rumah Kaca Meningkat
    Gas-gas yang menghalangi panas matahari untuk diteruskan ke luar angkasa disebut gas rumah kaca. Nah, semakin meningkatnya gas rumah kaca, maka suhu bumi pun semakin panas, inilah yang disebut pemanasan global semakin meningkat.
  3. Penggunaan CFC yang Tak Terkontrol
    CFC (Cloro Flour Carbon) ialah bahan kimia pada beberapa peralatan rumah tangga, seperti AC, kulkas, dan lainnya. nah, penggunaan CFC yang tidak terkontrol ini menjadi salah satu penyebab global warming.
  4. Polusi Kendaraan Berbahan Bakar Bensin
    Kendaraan berbahan bakar bensin akan menghasilkan karbondioksida atau CO2. Karbondioksida bersifat memerangkap panas, maka semakin banyaknya polusi karbondioksida maka semakin panas suhu bumi.
  5. Pengrusakan Hutan
    Seperti yang kita tahu, hutan merupakan paru-paru dunia, sebagai sumber oksigen dan penyerap karbondioksida. Apabila banyak pengrusakan hutan, maka karbondioksida tidak terserap dan oksigen semakin menurun, akibatnya suhu bumi semakin panas.
  6. Pemborosan Energi Listrik
    Energy listrik yang kita gunakan sebagian besar adalah hasil pembakaran batu bara dan minyak bumi. Semakin banyaknya pembakaran batu bara dan minyak bumi, maka karbondioksida yang dihasilkan pun semakin meningkat, hal ini mengakibatkan suhu bumi semakin panas.
  7. Polusi Metana
    Polusi metana oleh peternakan, pertanian dan perkebunan adalah salah satu penyebab utama global warming. Produksi hewan ternak yang semakin meningkat menyebabkan gas metana yang dilepaskan ke bumi pun semakin meningkat.
  8. Pembakaran Sampah Berlebihan
    Hasil dari pembakaran sampah adalah gas metana, dimana gas tersebut dapat memerangkap panas sama halnya dengan karbondioksida. Jadi, pembakaran sampah adalah salah satu penyebab global warming.

Nah, itu dia beberapa hal yang menyebabkan pemanasan global. Lantas, apa dampak pemanasan global yang semakin meningkat? Selain suhu bumi yang kian meningkat, dampak pemanasan global yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Curah hujan meningkat.
  2. Sering terjadi badai.
  3. Gunung es akan mencair.
  4. Kekeringan terjadi dimana-mana.
  5. Angin semakin kencang dengan arah yang berbeda.
  6. Cuaca semakin ekstrim dan sulit diprediksi.
  7. Cuaca ekstrim akan menyebabkan gagal panen dimana-mana.
  8. Populasi hewan menurun.
  9. Perubahan iklim membuat hama pangan meningkat.
  10. Cuaca panas mengakibatkan banyak kasus orang meninggal.
  11. Permukaan laut meningkat, sehingga menyebabkan pulau tenggelam, banjir, dan tsunami.

Banyak sekali bukan dampak dari pemanasan global? Oleh karena itu, hindarilah hal-hal atau penyebab global warming, mulai dari mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mengurangi sampah, mengontrol penggunaan CFC, menghemat penggunaan listrik, tidak menebang pohon sembarangan, dan masih banyak lagi.

Karena menurut penelitian suhu di bumi sudah meningkat drastis di era modern ini, maka manusia harus lebih bijak memanfaatkan energi listrik serta penggunaan bahan bakar, sehingga tidak ada lagi dampak negatif pemanasan global.

Tinggalkan komentar