Pengertian Seni Rupa Dilihat dari Dimensi dan Fungsinya

Apa sih pengertian Seni Rupa itu? Pasti pertanyaan ini yang sekarang sedang kalian cari tahu jawabannya. Tenang aja sob, kali ini kita akan membahasnya bersama-sama. Selain itu kita juga akan membahas tentang pengertian dari seni rupa terapan, seni rupa murni, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Secara umum, seni rupa dapat diartikan sebagai ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangka dan dirasakan dengan rabaan. Perwujuda ini merupakan hasil pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu.

Seni Rupa sendiri bisa dibedakan berdasarkan 2 aspek, yaitu berdasarkan fungsinya dan berdasarkan dimensinya.

Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Jika berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi menjadi 2 lagi yaitu Seni rupa yang dibuat dengan pertimbangan utama sebagai sesuatu untu memenuhi fungsi praktis atau terapan yang biasa disebut Seni Rupa Terapan atau Applied Art contohnya seperti batik, meja, vas bunga, hiasan dinding, sedangkan Seni Rupa murni yaitu seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya contohnya lukisan dan kaligrafi.

Seni Rupa Terapan
Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni

Seni Rupa Berdasarkan Dimensinya

Jika dilihat berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi berati hanya memiliki panjang dan lebar saja, seni rupa 2 dimensi itu contohnya seperti lukisan dan seni grafis sedangkan seni rupa 3 dimensi berarti memiliki panjang, lebar, dan tinggi berarti mempunyai volume atau ruang. Seni rupa 3 dimensi itu seperti patung, kriya, dan keramik.

Seni Rupa 2 dimensi
Seni Rupa 2 dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 3 Dimensi

Bagaimana sob, sekarang sudah paham kan mengenai pengertian seni rupa dan perbedaan seni rupa jika dilihat dari dimensi dan fungsinya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya sob, jangan pernah berhenti untuk belajar. Salam kekinian 🙂

2 pemikiran pada “Pengertian Seni Rupa Dilihat dari Dimensi dan Fungsinya”

Tinggalkan komentar