Peraturan Dalam Permainan Softball, Ini Cara Bermain yang Benar

InfoKekinian.com – Setelah mengetahui teknik-teknik dalam permainan softball, kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal peraturan dalam permainan softball yang lengkap dengan cara bermainnya.

Softball atau sofbol adalah permainan yang dimainkan dengan bola kecil oleh dua tim yang terdiri dari sembilan pemain, yang masing-masing memiliki peran yang berbeda.

Jenis Permainan Softball
Permainan ini berasal dari Amerika Serikat dan ditemukan di Chicago pada tahun 1887. Permainan ini membutuhkan kekompakan tingkat tinggi, terutama antara pelempar bola dan penangkap bola.

Dimana mereka harus memiliki komunikasi serta isyarat yang efektif untuk membuat penyerang kesulitan saat memukul bola.

Demikian pula anggota tim yang bertanggung jawab untuk memukul bola (penyerang) harus mampu memukul dan melempar bola sejauh mungkin agar dapat berlari menuju marker pertama atau base 1 dan kembali ke marker semula atau home plate.

Sekilas, softball ini mirp dengan permainan baseball. Hanya saja, softball dapat dimainkan oleh pria dan wanita, tetapi baseball hanya dapat dimainkan oleh pria dan oleh karena itu kadang-kadang disebut sebagai “hardball”.

Softball memiliki bola yang lebih besar dan lapangan yang lebih kecil dari baseball. Selain itu, ada berbagai cara berbeda untuk memainkan permainan softball.

Untuk mengetahui peraturan dalam permainan softball hingga cara bermainnya, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Jenis Permainan Softball

Sebelum membahas perturan dalam permainan softball, penting untuk memahami tiga bentuk permainan softball terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan setiap jenis permainan membutuhkan jarak atau ukuran lapangan softball yang berbeda. Tiga macam permainan softball adalah sebagai berikut:

Fast Pitch Softball

Gaya permainan ini ditentukan oleh pelempar bola, yaitu bola dilempar dengan kecepatan maksimum yang sama seperti dalam permainan baseball.

Dan hal yang membedakannya adalah gaya pelepasan atau lemparan dilepaskan di bawah atau sama dengan posisi sarung tangan.

Modified Pitch Softball

Tujuan dari permainan semacam ini adalah untuk melonggarkan batasan softball dengan pitch cepat, seperti zona strike, jarak antar base, dan panjang permainan.

Bentuk permainan ini ditujukan untuk pemain yang tidak berpengalaman. Jenis lemparan ini memiliki kecepatan lempar antara cepat dan lambat, dicapai dengan membatasi kecepatan bola dengan memutar tangan di atas bahu.

Slow Pitch Softball

Dalam bentuk permainan ini, pelempar menawarkan pemukul kesempatan nyata untuk memukul bola dengan memantulkan bola sehingga dapat dengan mudah dipukul oleh pemukul.

Bentuk permainan ini biasanya dimainkan oleh komunitas sosial yang mencakup usia dan gender.

Ukuran Lapangan Softball

Ukuran Lapangan Softball
Setelah membahas macam-macam permainan Softball di atas, sekarang kita akan membahas tentang ukuran lapangan Softball menurut standar nasional dan internasional, antara lain:

  1. Lapangan softball dengan bentuk bujur sangkar
  2. Panjang lapangan softball: 18,29 – 19,18 meter
  3. Ukuran pelempar: 50 × 15 cm
  4. Jarak dari home base/home plate (runner mark) ke pitcher’s plate (posisi pelempar): 13,07 m
  5. Dilapangan, terdapat empat base atau marka. Dimana pada base pertama merupakan home base, dan yang lainnya disebut sebagai base 1, 2, 3.
  6. Setiap base memiliki bentuk bujur sangkar dengan sisi: 38 cm
  7. Base dibuat agak lebih tinggi dari tanah
  8. Jarak antara home plate dan backstop adalah 7,62 hingga 9,14 meter

Jarak Lintasan antar Marka yang Ditentukan

  1. Lintasan Fast Pitch : 18,29 meter
  2. Lintasan Slow Pitch : 19,81 meter

Jarak Melempar (pitching) Fast Pitch

Seperti yang telah dibahas sebelumnya mengenai ukuran lapangan Softball, ada perbedaan ukuran antara Fast Pitch dan slow pitch. Berikut adalah jarak lempar untuk Fast Pitch:

  1. Pria dewasa: 14,11 meter
  2. Wanita Dewasa: 13,11 meter
  3. Usia di bawah 18 tahun (pria): 14,02 meter
  4. Usia di bawah 18 tahun (perempuan): 12,19 meter

Jarak Melempar (pitching) Slow Pitch

Berikut adalah jarak melempar slow pitch:

  1. Pria dewasa: 15,24 meter
  2. Wanita Dewasa: 15,24 meter
  3. Di bawah 18 tahun (laki-laki): 15,24 meter
  4. Usia di bawah 18 tahun (perempuan): 14,02 meter

Ukuran Bola Softball

Ukuran Bola Softball
Selain mengetahui ukuran lapangan Softball, penting untuk mengetahui ukuran bola Softball. Saat bermain softball, jangan membeli atau menggunakan bola bisbol, karena kedua bola memiliki tampilan fisik yang mirip.

Bola bisbol memiliki keliling sekitar 23,5 sentimeter, sedangkan softball berkisar antara 28 hingga 30,5 sentimeter.

Jumlah Pemain Softball Beserta Tugasnya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, permainan softball terdiri dari dua tim, yang masing-masing dengan sembilan pemain, dan setiap pemain memiliki tanggung jawab tertentu.

Tugas-tugas tersebut adalah sebagai berikut:

Pelempar Bola

Tugas pelempar bola adalah melempar bola, yang dilakukan sambil berdiri di atas plate. Pelempar bola akan melempar sekeras mungkin ke sarung tangan penangkap, dan bola akan diarahkan ke zona serang.

Hal ini dilakukan sedemikian rupa sehingga bola melayang tepat di atas home plate, pada ketinggian yang tidak melebihi dada atau jatuh di bawah lutut pemukul.

Tujuan dari pelempar bola adalah untuk mencegah agar bola tidak dipukul oleh pemukul, bahkan ketika daerah tersebut ditetapkan sebagai zona strike.

Penangkap Bola

Pada satu tim, setidaknya ada satu orang yang berperan sebagai penangkap bola yang menggunakan pakaian pelindung yang lengkap seperti helm, pelindung tubuh, dan pelindung kaki.

Seorang penangkap bola harus duduk membungkuk di belakang pemukulnya, oleh karena itu peluang untuk terkena bola keras sangat tinggi. Inilah sebabnya mengapa penangkap bola diharuskan memakai berbagai peralatan pelindung.

Penangkap bola juga harus dapat menjaga koneksi isyarat dengan pelempar bola, hal ini dikarenakan agar pemukul bola ini kesulitan saat memukul bola.

Hal ini dikarenakan penangkap bola mampu menafsirkan atau membaca pergerakan pemukul dengan memantaunya dari belakang.

Penjaga Bola

Dua dari sembilan pemain sudah bertindak sebagai pelempar dan penjaga bola, oleh karena itu terdapat tujuh fielder aau penjaga yang tersisa yang terdiri dari empat infielder dan tiga outfielder.

Pelindung bagian dalam terdiri dari pelindung base pertama, pelindung base kedua, pelindung antara marker kedua dan ketiga (shortstop), serta pelindung base ketiga.

Sedangkan penjaga luar ditempatkan di sisi kiri, tengah, dan kanan pelataran luar. Penjaga bola harus cepat dalam mengambil bola ketika dipukul oleh lawan.

Pemukul Bola

Ada banyak strategi untuk memukul bola, dimana biasanya, orang yang bertanggung jawab untuk memukul bola menggunakan teknik seperti Hit, Bunt, hit and run, steal, dan lain-lain, tergantung pada situasi dan kondisi lemparan bola lawan.

Ketika pemukul memukul bola, dia harus berlari secepat mungkin untuk mencapai base pertama.

Jika penjaga base kedua menangkap bola sebelum pemukul mencapai penanda pertama, maka pemukul akan out.

Peraturan Softball

Peraturan Softball
ISF atau International Softball Federation adalah organisasi internasional yang mengawasi semua aturan permainan Softball, sedangkan World Cup of Softball diselenggarakan oleh Amateur Softball Association di bawah pengawasan ISF.

Berikut adalah dua tipe peraturan permainan softball:

Peraturan di Dalam Pertandingan Softball

Berikut adalah peraturan pertandingan softball:

  1. Tim penyerang (visitor team) dan tim bertahan (home team) ditentukan dengan cara melempar koin
  2. Jumlah minimum permainan yang dimainkan adalah tujuh inning
  3. Jika suatu tim absen dari suatu pertandingan, tim tersebut dinyatakan kalah dengan skor 7-0
  4. Jika ada sepertiga keluar sebelum pemain baru mencapai base pertama atau di tempat lain, maka skor tidak akan dicatat
  5. Ada empat wasit dalam permainan softball, terdiri dari satu wasit kepala di belakang penangkap dan tiga wasit tambahan di setiap base, yang menentukan matinya pemukul di setiap base.

Peraturan Khusus Permainan Softball

Berikut adalah peraturan khusus pada softball:

  1. Siapapun dapat melakukan pergantian pemain setiap saat dengan memberitahu wasit home dan scorer
  2. Jika pitcher telah melakukan touchball, maka dia tidak boleh melepaskan bola sentuh dan hanya boleh melempar bola ke penangkap. Jika pitcher melakukan gerakan berulang, wasit akan mengeluarkan peringatan, dan dia akan dihukum jika perilaku berlanjut
  3. Freewalk dapat dikenakan sebagai semacam hukuman
  4. Jika lemparan mengenai tubuh pemukul, pemukul akan diberikan umpan bebas
  5. Tim yang menolak atau tidak mau bermain pada waktu yang dijadwalkan akan dianggap kalah 15 poin.

Cara Bermain Softball

Cara Bermain Softball
Setelah membahas ukuran lapangan softball dan jumlah pemain softball, sekarang kita akan berbicara tentang cara bermain softball.

Jika kamu ingin bermain softball tentunya kamu harus mengetahui cara memainkannya, maka dari itu kami akan langsung menjelaskan cara bermain softball.

Permainan softball terdiri dari hingga sembilan putaran, atau disebut sebagai inning. Setiap tim mendapat kemampuan untuk memukul, untuk mencetak angka (run) dalam setiap inning.

Saat giliran tim penyerang untuk memukul, pelempar untuk tim bertahan akan melemparkan bola sekuat mungkin ke arah penangkap, mencegah pemukul membawa bola. Tim penyerang akan memukul bola secara bergantian.

Tim yang memukul bola akan memiliki tiga peluang untuk out atau mati dan jika ini terjadi lebih dari tiga kali, tim bola akan digantikan oleh tim bertahan.

Jika terjadi skor atau run, setiap pemain yang berhasil menyelesaikan urutan marka hingga kembali ke home plate akan menerima satu poin.

Durasi pertandingan diatur oleh babak, dengan satu babak dimulai ketika pihak pertahanan mematikan atau membuat tim lain keluar tiga kali.

Setidaknya tujuh babak dimainkan, tergantung pada situasinya, atau permainan berlangsung selama dua jam. Setelah inning selesai, tim dengan jumlah run terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Jika babak yang ditentukan oleh waktu berakhir dengan skor kedua tim imbang, babak tambahan akan dimainkan sampai satu pihak muncul sebagai pemenang.

Pada awal permainan, tim yang mendapat peluang memukul adalah tim tamu, sedangkan tim yang mendapat peluang melempar adalah tim tuan rumah.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Berapa Lama Waktu Bermain Softball?

Umumnya, permainan softball ini berdurasi 1 hingga 2 jam.

Bentuk Lapangan Softball Segi Berapa?

Lapangan softball mempunyai bentuk segi lima beraturan

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai peraturan dalam permainan softball yang lengkap dengan cara bermainnya yang benar dan tepat.

Dan bisa kita simpulkan bahwa softball merupakan salah stau permainan yang menggunakan bola kecil, dimana dalam permainan ini dilakukan dengan dua tim dengan masing-masing tim yang terdiri dari 9 orang.

Bagaimana, Sobat kekinian, kamu tertarik untuk memainkannya?

/* */