Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia

Infokekinian.com – Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kata yang sudah tak asing di dengar, namun meski begitu masih banyak orang yang belum memahami perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.

Oleh karena itu, membahas perbedaan pertumbuhan dan perkembangan merupakan pesan penting yang ingin disampaikan.

Dengan membahas hal ini, niscaya kamu akan memahami arti pertumbuhan dan perkembangan yang sebenarnya.

Sepintas, kedua istilah tersebut tampak sangat berbeda dari penulisan editorial. Lebih jauh lagi, penelaahan yang lebih mendalam menghasilkan makna tumbuh kembang yang berbeda satu sama lain.

manusia

Ingatlah bahwa istilah pertumbuhan dan perkembangan dapat digunakan dalam berbagai konteks. Kedokteran, ekonomi, industri, dan beberapa bidang lainnya termasuk yang dimaksud.

Jadi, apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan? Simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Untuk memahami perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, pertama-tama kita harus memahami arti dari masing-masing kata ini.

Ya, membahas pemahaman adalah langkah mendasar yang sangat penting dalam memberikan gambaran tentang sesuatu. Pertimbangkan pentingnya pertumbuhan dan perkembangan berikut.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan dapat terlihat jelas secara umum. Misalnya, jika kamu memiliki bayi, kamu dapat mengamati bagaimana ia tumbuh, terutama perubahan bentuk tubuh dan fisik yang ia tunjukkan.

Perubahan tersebut terlihat mulai dari bodi yang semakin memanjang dan membesar, antara lain. Selanjutnya, pertumbuhan memiliki kerangka waktu yang biasanya terbatas atau berjangka pendek.

Biasanya, waktu pertumbuhan dipengaruhi oleh usia objek serta kemampuannya untuk tumbuh. Apa buktinya bahwa periode pertumbuhan itu terbatas? Manusia, di sisi lain, menunjukkan ini dengan cukup jelas.

Cobalah untuk diingat bahwa manusia antara usia 21 dan 25 lebih sulit untuk tumbuh dan memiliki sedikit kesempatan untuk tumbuh.

Menurut beberapa uraian di atas, pertumbuhan adalah suatu perubahan yang terjadi pada suatu benda yang sifatnya terbatas tetapi dapat diamati secara langsung dengan menggunakan indera.

Selanjutnya, faktor internal yang terjadi pada suatu objek tumbuh akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan.

Pengertian Perkembangan

Penjelasan penting kedua dalam perdebatan tentang perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan adalah bagaimana pembangunan didefinisikan.

Hal terpenting yang harus dipahami tentang pembangunan adalah sifatnya yang kualitatif, artinya semua aspek dari suatu objek yang berubah disebut pembangunan.

Menurut pemahaman yang terbatas ini, pembangunan mencakup jangkauan yang lebih luas daripada pertumbuhan.

Artinya, nilai perkembangan termasuk nilai pertumbuhan. Pertimbangkan perkembangan berikut: kamu punya bayi.

Pada awalnya, bayi hanya bisa tidur telentang dan tidak melakukan apa-apa lagi. Namun, seiring berjalannya waktu, perubahan terjadi.

Bayi yang sedang tidur sekarang dapat bergerak, merangkak, dan berjalan. Itu adalah bukti perkembangan.

Saat bayi berkembang, ada juga pertumbuhan. Pertumbuhan yang dimaksud adalah pertambahan tinggi dan ukuran bayi.

Aspek lain dari pengembangan adalah kerangka waktu. Dalam hal ini, perkembangan memiliki durasi pertumbuhan yang berbeda.

Ya, kalau pembangunan ada batasnya atau cenderung jangka pendek, pertumbuhan itu jangka panjangnya dan tidak ada batasnya.

Mengapa demikian? Karena perkembangan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, maka cenderung tidak memiliki batas.

Hal inilah yang menyebabkan perkembangan terjadi secara terus menerus. Lebih jauh, perkembangan itu pasti dan terlihat, tetapi sering kali ambigu.

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebuah pertanyaan menarik untuk dipertimbangkan adalah mengapa pertumbuhan dan perkembangan setiap organisme berbeda.

Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Beberapa faktor harus dipertimbangkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pertumbuhan dan perkembangan. Faktor-faktor berikut memiliki dampak pada pertumbuhan dan perkembangan:

Nutrisi

Gizi merupakan salah satu faktor terpenting yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Makanan yang dikonsumsi atau diperoleh organisme memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam hal ini, jika nutrisi makanan tercukupi dan tercukupi, pertumbuhan dan perkembangan dapat terjadi dengan cepat dan efektif.

Sebaliknya, jika nutrisi yang diperoleh tidak mencukupi, pertumbuhan dan perkembangan akan terhenti, dan hasilnya akan kurang menguntungkan.

Kondisi Psikologis

Kondisi psikologis merupakan faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Perlu diingat bahwa kondisi psikologis ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan organisme.

Jika kondisi psikologis suatu organisme baik, ia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang kuat dan sehat.

Namun jika kondisi sebaliknya, maka dapat dipastikan pertumbuhan dan perkembangannya akan lambat dan tidak menguntungkan.

Lingkungan

Salah satu faktor yang paling penting dan berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan adalah lingkungan.

Dalam hal ini, lingkungan yang baik juga akan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Kamu dapat melihat bagaimana lingkungan sekarang membentuk pola pikir anak-anak baik di kota maupun di desa.

Biologis

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor biologis memiliki pengaruh yang kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

Dalam hal ini, jika seseorang dilahirkan dari keturunan dengan genetik yang baik, ia akan lahir, tumbuh, dan berkembang secara normal.

Namun, tidak menutup kemungkinan kegagalan karena berbagai faktor lain. Kondisi ini tidak diragukan lagi semi-absolut.

Artinya, ketiga faktor awal tersebut mudah diubah untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Namun, begitu memasuki ranah genetika, perubahan menjadi lebih sulit untuk diterapkan.

Tabel Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Tabel Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Tabel di bawah ini menggambarkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan secara lebih jelas. Tabel ini akan menunjukkan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda didasarkan pada kriteria yang berbeda.

Berikut ini perbedaan tabel penyajian mengenai pertumbuhan dan perkembangan:

PembedaPertumbuhanPerkembangan
PengertianPertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan adanya pertambahan ukuran, bentuk, berat, dan tinggi.Perkembangan adalah suatu proses diferensiasi, organogenesis, dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan lebih dewasa.
Sifat1. Irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk aslinya).

2. Kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.
Kualitatif, dimana suatu organisme yang tadinya belum matang dalam sistem reproduksinya, maka sekarang menjadi lebih matang (dewasa).
WaktuJangka pendek atau berhenti di satu waktu.Jangka panjang atau akan terus terjadi.
BentukTerlihat seperti fisik.Kualitatif
UkuranTerukur atau pasti.Tidak terukur atau tidak pasti.
Cara MengukurDapat dengan bilangan.Tidak dapat dengan bilangan.
Faktor PemicuDari dalam, dapat juga faktor luar namun sedikit.Dari dalam dan luar.
Contoh1. Bayi yang tadinya memiliki berat badan 2,5 kg sekarang menjadi 5 kg.

2. Bayi yang tadinya memiliki panjang 59 cm sekarang menjadi 87 cm.

3. Batang tumbuhan yang tadinya hanya 2 cm sekarang menjadi 7 cm, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.
1. Pematangan hormon-hormon dalam tubuh.

2. Pematangan sel ovum dan sperma.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia serta beberapa informasi yang penting yang perlu kamu ketahui.

Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */