Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Gambarnya

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan gambarnya, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Satu-satunya planet tempat kehidupan ada adalah Bumi. Tanah dan air merupakan dua komponen dasar planet bumi. Ada berbagai makhluk hidup yang membentuk ekosistem di setiap tempat di bumi.

Daftar Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Setiap ekosistem adalah rumah bagi berbagai sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia.

Sumber daya ini dipisahkan menjadi dua kategori: sumber daya terbarukan dan sumber daya tidak terbarukan.

Daftar Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Berikut adalah 10 sumber daya alam terbarukan, dilanjutkan dengan penjelasan tentang apa itu sumber daya alam terbarukan sebelum kita membahas sumber daya tidak dapat diperbaharui:

1. Cahaya Matahari

Matahari merupakan pusat galaksi bima sakti. Matahari memiliki cahaya yang jumlahnya tidak terbatas.

Panas cahaya matahari sering digunakan untuk menjemur pakaian, sumber kekuatan menghidupkan pemanas air, dan juga digunakan sebagai pembangkit listrik.

Selain cahayanya yang sangat tidak terbatas, cahaya matahari juga ramah lingkungan. Cahaya matahari di pagi hari juga baik untuk kesehatan tulang

Cahaya Matahari

2. Angin

Angin merupakan udara yang bergerak. Angin merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Kekuatan angin dimanfaatkan oleh kehidupan manusia seperti pembangkit listrik tenaga angin, kincir angin, dan juga sebagai alat untuk membantu pengairan.

Angin adalah salah satu kekayaan alam yang memiliki kuantitas yang tak terhingga, sehingga angina dianggap sebagai kekuatan alam yang besar dan sifatnya yang ramah lingkungan.

3. Air

Alam menyediakan air dalam jumlah yang tidak terbatas dan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Air merupakan kebutuhan wajib bagi kehidupan. Tanpa adanya air kehidupan tidak akan berlangsung dengan baik.

Baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan sekalipun. Selain untuk dikonsumsi seperti mencuci dan kebutuhan air minum, jumlah air yang melimpah juga digunakan untuk pembangkit listrik.

4. Tanah

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah tanah. Alam menyediakan tanah yang membentang luas bagi kehidupan manusia dengan berbagai jenis tanah.

Tanah juga sebagai sumber hara bagi kehidupan tumbuhan. Tanah dimanfaatkan oleh para petani sebagai tempat untuk berkebun, bertani dan sebagainya.

5. Tumbuh-Tumbuhan

Tidak kurang beragam jenis tumbuhan yang disediakan oleh alam. Tumbuhan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Tumbuhan juga beragam fungsi dan manfaatnya. Ada yang dimanfaatkan untuk diambil daunnya sebagai makanan, ada yang diambil kayunya, buahnya dan sebagainya.

Air

6. Binatang Darat

Yang disebut binatang darat adalah binatang yang tempat hidupnya di darat. Binatang darat sendiri sangat beragam bentuknya dan macamnya. Binatang darat merupakan salah satu sumber protein utama bagi manusia.

Selain sebagai konsumsi, beberapa jenis binatang darat juga ada yang bisa membantu aktivitas manusia seperti sapi dan kerbau untuk membajak sawah, simpanses untuk memetik buah kelapa dan sebagainya.

Layaknya makhluk lainnya, binatang darat juga dapat tumbuh dan berkembangbiak untuk melestarikan keturunannya.

Ada yang berkembangbiak dengan bertelur, ada yang berkembangbiak dengan beranak ataupun yang berkembangbiak dengan bertelur sekaligus beranak.

Dari berkembangbiak inilah persediaan beragam binatang darat ini dapat dijaga kelestariannya, sehingga binatang darat termasuk sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

7. Binatang Air

Selain binatang darat, beberapa jenis binatang lain juga banyak yang hidup di dalam air. Binatang yang hidupnya di air dibagi menjadi dua, yaitu binatang yang hidup di air tawar dan binatang yang hidup di air laut. Binatang air juga merupakan sumber protein bagi kebutuhan manusia.

Selain itu, beberapa jenis binatang air juga bertindak sebagai obat dan dipercaya mampu untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Layaknya binatang darat, binatang air juga dapat melakukan perkembangbiakan. Sehingga kelestarian keragamannya tetap dapat terjaga. Oleh karena itu, binatang air termasuk sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

8. Ombak Laut

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke pantai pasti sudah tidak asing dengan pemandangan ombak laut. Tahukan kamu, ombak laut merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Ombak laut adalah gerakan menggulung-gulung air laut sebagai pengaruh tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut.

Karena jumlah ombak laut yang sangat banyak inilah sehingga ombak laut masuk dalam golongan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ombak juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik mercusuar yang ada tebingnya.

9. Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut merupakan gerakan naik turunnya permukaan air laut. Pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik.

Namun pemanfaatan ini belum banyak diterapkan dalam berbagai negara di dunia. Cara ini dapat dijadikan sarana penerangan listrik bagi rumah-rumah yang wilayahnya di sekitar pantai dan belum mendapat aliran listrik.

10. Biomassa

Biomassa merupakan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati tetapi jasad atau mayatnya masih bisa digunakan untuk kepentingan manusia.

Sebagai contoh adalah serbuk kayu dan sisa kulit kayu yang masih dapat digunakan lagi untuk pembuatan mebel. Selain itu contoh lain seperti rumput kering yang digunakan sebagai bahan pembuatan kompos.

Bukan hanya itu saja, sisa-sisa kotoran hewan juga dimanfaatkan sebagai biogas yang digunakan sebagai bahan bakar atau energi pilihan substitusi.

Itulah 10 contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Selanjutnya akan dijelaskan apa saja sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Langsung saja berikut 6 daftar sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang wajib kamu tahu.

Daftar Sumber Daya yang Tidak Dapat Diperbaharui

Berikut adalah 6 sumber daya yang tidak dapat diperbaharui:

1. Batu Bara

Batu Bara

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang pertama adalah batu bara. Batu bara ini merupakan salah satu jenis batu yang memiliki harga tinggi dan menjadi objek perdagangan besar negeri ini.

Batu bara tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar, sehingga sering dijadikan sebagai bahan bakar.

Persediaan batu bara di alam ini sangatlah terbatas dan tidak bisa dilakukan daur ulang oleh manusia, sehingga batu bara masuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Batu bara tercipta dari sisa-sisa tumbuhan yang berbentuk gambut lalu mengalami pengendapan di suatu tempat.

Setelah semakin lama semakin banyak terjadi pengendapan dari gambut-gambut ini maka terjadilah tekanan dari tekanan tanah dan penimbunan.

Hasil dari penimbunan gambut-gambut tersebutlah yang menjadi batu bara. Batu bara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, seperti pembangkit tenaga listrik, bahan bakar kapal laut, bahan bakar kereta api dan masih banyak lagi.

Namun karena persediaan batu bara oleh alam yang semakin menipis maka dalam penggunaannya harus lebih dioptimalkan lagi.

2. Gas Bumi

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui selanjutnya adalah gas bumi. Gas bumi memiliki berbagai manfaat, seperti sumber energi untuk pembangkit listrik, bahan bakar memasak, dan juga bahan bakar penggerak mesin.

Karena sifatnya yang tidak dapat diperbaharui maka persediaan gas bumi ini semakin hari semakin sedikit.

Sebagai solusinya, manusia harus meminimalisir pemakaiannya atau mencari alternatif lain untuk menggantikannya.

3. Minyak Bumi

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak bumi. Terciptanya minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat lama.

Minyak bumi dihasilkan dari fosil makhluk hidup pada zaman purba. Padahal kamu sendiri tahu, bahwa zaman purba adalah zaman dahulu kala yang sudah menjadi catatan sejarah.

Minyak bumi sering digunakan sebagai bahan bakar kompor untuk memasak, namun karena persediaan minyak bumi yang semakin langka, saat ini sudah jarang sekali ditemui penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar memasak.

Bahkan saat ini tidak semua tempat bisa menemukan persediaan minyak bumi yang diperjualbelikan.

4. Batu Granit

Batu Granit

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang keempat adalah batu granit. Batu granit ini termasuk kategori batuan beku yang mengalami proses yang sangat lama hingga terbentuk batuan granit.

Berawal dari batuan kecil yang mengeras pada kerak atau lapisan bumi karena suhu bagian atas lebih rendah daripada suhu bagian bawah yang terus memanas.

Nah pembentukkan batu granit ini terjadi saat magma berada di atas permukaan. Dikarenakan prosesnya yang rumit inilah dan bergantung pada alam sehingga batu granit masuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

5. Besi

Pada zaman dahulu bahan utama pembuatan rumah adalah menggunakan kayu. Berbeda dengan jaman sekarang dimana terbangun rumah-rumah kokoh dengan bahan yang lebih keras daripada kayu contohnya besi ini.

Besi bersifat padat, keras dan mampu menahan berat lebih maksimal daripada kayu. Sehingga besi digunakan sebagai salah satu bahan pokok bahan-bahan bangunan.

Sifatnya yang sangat keras ini merupakan hasil percampuran dari biji besi dengan partikel-partikel lain seperti timah, nikel dan bahan-bahan lainnya.

Pada dasarnya, masih banyak persediaan besi yang tersedia, namun kebutuhan besi yang semakin tinggi membuat stoknya semakin menipis. Sehingga besi masuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

6. Intan

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang terakhir adalah intan. Intan merupakan salah satu jenis batuan yang paling keras. Intan biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan perhiasan dan pernak-pernik.

Kesimpulan

Itulah sedikit informais mengenai contoh dan penjelasan dari macam-macam sumber daya alam yang dapat di perbaharui maupun tidak dapat diperbaharui.

Untuk beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui mungkin kamu bisa lebih leluasa untuk menggunakannya, karena jumlahnya yang sangat banyak dan tidak terbatas.

Namun penggunaan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui harus lebih berhati-hati karena pasokannya semakin menipis dan tidak dapat dilakukan pembaharuan.

Demikianlah artikel mengenai Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Gambarnya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */