Teknik Menggiring Bola Yang Efektif Dalam Sepak Bola

InfoKekinian.com – Setelah mengenal teknik menendang, kali ini kami akan menjelaskan teknik menggiring bola yang efektif dan benar dalam sepak bola.

Saat bersekolah, pasti kita diminta untuk mempelajari seluruh teknik dasar dalam sepak bola, salah satunya adalah teknik dalam menggiring bola, terkadang dikenal dengan istilah dribbling.

Tujuan Gerakan Menggiring Bola
Secara umum, tujuannya adalah untuk mencetak gol dengan membawa bola ke gawang lawan. Ketika tidak ada pemain lain untuk dioper, seorang pemain biasanya menggunakan teknik dasar menggiring bola.

Jika kamu ingin memberikan umpan kepada pemain lain, kamu juga dapat menggunakan metode ini untuk mencegah offside.

Sejak mereka di sekolah menengah, anak-anak telah diajarkan teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola.

Saat berlatih, prinsip cara menggiring bola mudah dihafal karena mudah dipelajari.

Cara menggiring bola dalam sepak bola dapat dikategorikan menjadi dua jenis yang berbed, seperti speed dribbling maupun closed dribbling.

Lantas, bagaimana teknik menggiring bola yang efektif? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Tujuan Gerakan Menggiring Bola

Berikut adalah tujuan dari gerakan menggiring bola:

  1. Melewati lawan
  2. Hindari tekel
  3. Ciptakan ruang bagi pemain lain untuk mengambil posisi yang menguntungkan
  4. Mengganggu konsentrasi lawan saat menentukan strategi permainan
  5. Mendekati gawang lawan dan menghasilkan peluang mencetak gol.

Teknik Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola

Ada tiga teknik dalam menggiring bola seperti menggiring bola dengan kaki bagian dalam, bagian luar kaki, dan bagian punggung kaki. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan:

1. Teknik Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik dribbling pertama yang harus kamu kuasai adalah menggunakan bagian dalam kaki kamu. Metode ini juga biasa dikenal dengan metode deep foot dribbling.

Keuntungan menggiring bola dengan kaki bagian dalam adalah lebih mudah untuk mengakali lawan karena kita memiliki kendali atas posisi bola dan dapat memanipulasinya dengan mudah.

Selain itu, kamu dapat menggunakan rebound yang tepat sebagai bujukan kepada penyerang.

Kelemahan dari menggiring bola di bagian dalam kaki adalah gerakan menjadi lebih lambat, dan pemain tidak bisa menggiring bola dengan cepat atau melakukan sprint.

Berikut ini adalah teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Sebagai posisi awal, seseorang menghadap ke depan
  2. Kedua tangan sedikit terentang
  3. Manfaatkan bagian dalam kaki untuk mendorong atau menggiring bola ke depan sambil sedikit membungkuk ke depan dan mengangkat kaki sedikit dari tanah
  4. Tempatkan berat badan kamu pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola.

2. Teknik Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Luar

Teknik Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Luar
Dalam permainan sepak bola, terdapat teknik dalam menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Strategi ini sering digunakan karena banyak kelebihannya, terutama untuk menyerang.

Keuntungan menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah mudah untuk mengelabui lawan dari samping.

Namun, kamu harus berhati-hati saat memutuskan untuk menggiring bola karena ada risiko yang terlibat.

Kelemahan dari menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah sulitnya mengecoh lawan dari sisi kanan saat menggunakan kaki kanan, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, kamu hanya bisa menggiring bola secara perlahan karena akurasi kaki luar kurang memadai untuk menggiring bola dengan cepat.

3. Teknik Menggiring Bola dengan Punggung Kaki

Dalam sepak bola, teknik dasar menggiring bola dengan punggung menjadi yang paling populer dan banyak digunakan. Selain sederhana, ternyata ada kelebihan lain bagi pemain, lho.

Singkatnya, dengan teknik ini kamu dapat menggiring bola ke pertahanan lawan dengan cepat serta tingkat akurasi yang tinggi.

Sayangnya, kelemahan menggiring bola dengan punggung kaki adalah tidak efektif dalam mengecoh lawan yang datang dari kanan dan kiri.

Dengan demikian kamu harus mencampurnya dengan taktik dribbling lainnya untuk menghasilkan pola serangan baru.

Kami juga telah menjelaskan bahwa metode dribbling sepak bola dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu speed dribbling maupun closed dribbling.

Teknik speed dribbling melibatkan berlari secepat mungkin sambil menggiring bola. Ketika posisi pemain tidak dalam tekanan dari lawan, pendekatan ini digunakan.

Kamu juga bisa melakukan speed dribbling dengan cara menendang bola lurus kemudian berlari cepat untuk menjaga keseimbangan.

Sedangkan closed dribbling adalah teknik menggiring bola dengan penguasaan bola penuh. Metode ini digunakan ketika bola dalam bahaya.

Jarak kaki menggiring bola dari kaki depan tidak boleh lebih dari satu meter. Sehingga dalam permainan sepak bola, menggiring bola juga menggunakan metode manuver untuk mengelabui lawan.

Menggiring bola berguna untuk menghambat permainan, mendekati gawang lawan, dan mengecoh atau melewati lawan.

Tips Menggiring Bola secara Efektif

Tips Menggiring Bola secara Efektif
Dalam sepak bola, keterampilan menggiring bola sangat penting karena memudahkan passing ke pemain lain dan menembak dari berbagai posisi.

Selain itu, teknik menggiring bola yang efektif akan membantu dalam pengembangan penguasaan bola dan pemeliharaan keseimbangan selama pertandingan.

Karena signifikansinya, setiap pemain harus memahami keterampilan dasar menggiring bola. Mengikuti konsep di atas, berikut adalah enam tips untuk menguasai teknik dribbling:

1. Lakukan Sentuhan Lembut dengan Bola

Dengan menggunakan sentuhan ringan, kamu akan memiliki kontak yang lebih besar dengan bola. Sentuhan ringan pertama-tama akan memperlambat akselerasi saat menggiring bola.

Namun, jika kamu sering berlatih metode ini, menggiring bola dengan akselerasi yang lebih cepat akan menjadi mudah.

2. Gunakan Ujung Kaki Depan

Saat menggiring bola ke bawah lapangan, kamu harus memanfaatkan kaki depan kamu. Ini dirancang untuk menjaga bola tetap dekat dengan kaki setiap saat dan memaksimalkan keseimbangan dan kecepatan menggiring bola.

3. Perhatikan Keadaan Sekitar Lapangan

Saat melatih atau melakukan keterampilan dribbling, pemain rookie lebih memilih untuk memusatkan seluruh visi mereka pada bola dribbling.

Padahal seharusnya kamu tidak hanya berkonsentrasi pada bola tetapi juga lingkungan sekitar.

Hal ini memudahkan untuk mengawasi lapangan, memungkinkan kamu untuk melihat celah antara pertahanan lawan, posisi pemain lain, dan peluang mencetak gol.

4. Atur Kecepatan

Atur Kecepatan
Cara termudah bagi lawan untuk menggagalkan langkah atau strategi kamu adalah jika kamu maju dengan cara yang dapat diprediksi.

Ubah kecepatan kamu saat menggiring bola. Dengan demikian, akan lebih sulit bagi lawan untuk memprediksi gerakan kamu, karena kamu akan dapat mengubah kecepatan dengan lebih bebas dan dengan cara yang tidak terduga.

5. Lindungi Bola dengan Kedua Kaki

Pastikan lutut kamu ditekuk selalu saat akan memberi dan menerima dengan bagian dalam kedua kaki. Tubuh harus berada di antara pemain lawan dan bola dalam situasi ini.

Cobalah untuk melakukan gerakan yang mengubah arah dengan cepat, hal ini akan membuat lawan menjadi sulit dalam merebut bola.

6. Lindungi Bola dengan Badan

Selain melindungi bola dengan kedua kaki, ketika pemain lawan akan mendekat dan berusaha mengambil bola, juga dimungkinkan untuk melindunginya dengan tubuh.

Kamu dapat melindungi bola dengan seluruh tubuh kamu dengan enggunakan lengan, kaki, dan bahu, misalnya, untuk menjauhkan pemain lawan dari bola.

Juga, hindari mendorong atau menendang pemain lawan. Karena kamu dapat mencoba untuk melindungi bola dengan kaki terjauh dari pemain lawan.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Teknik Sepak Bola Ada Berapa?

Teknik dasar dalam sepak bola biasa nya meliputi mengoper, menggiring, menghentikan, menyundul, dan menembak bola.

Berapa Meter Tendangan Penalti?

Tendangan penalti ini dilakukan karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain bertahan ataupun kiper didalam kotak penalti. Tendangan ini dilakukan di titik penalti dengan jarak 11m dari garis gawang.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik menggiring bola yang efektif dalam permainan sepak bola.

Dan bisa kita simpulkan jika, dribbling dalam sepak bola adalah salah satu cara dalam menguasi bola dengan kaki pada saat kamu bermain dilapangan.

/* */