Teknik Dasar Dalam Permainan Badminton, Paling Lengkap!

InfoKekinian.com – Kamu penggemar badminton? atau bahkan ingin menjadi pemain profesional? Jika iya, maka kamu harus mengetahui teknik dasar dalam permainan badminton.

Badminton atau dikenal juga sebagai bulu tangkis, merupakan olahraga yang sebagian orang pasti sudah mengenalnya.

Apa Itu Badminton
Bahkan, badminton ini sudah menjadi sebuah hobi yang begitu digemari dan tentunya terdapat aturan dalam memainkannya.

Apa kamu masih bingung? Tenang, karena kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian serta teknik dasar dalam permainan badminton, jadi simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Badminton?

Bulutangkis atau badminton, merupakan olahraga yang sangat populer. Di Indonesia, olahraga ini cukup populer, dan para pesaingnya sering tampil bagus di kompetisi internasional.

Olahraga ini dapat diterjemahkan secara harfiah sebagai permainan yang dimainkan dengan raket dan bola. Bola itu sendiri mengacu pada fakta bahwa bola atau biasa disebuk “kok” terbuat dari bulu unggas.

Menguasai bulu tangkis membutuhkan usaha dan ketekunan, meskipun olahraga ini tampak sederhana.

Selain itu, ada sejumlah aturan yang harus kamu ketahui untuk dapat mengikuti olahraga ini. Setidaknya dua individu dimainkan untuk bermain bulu tangkis.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk memukul bola sehingga melayang melintasi jaring dan mendarat di lapangan lawan untuk mencetak poin.

Sejarah Permainan Badminton

Dalam sejarah bulu tangkis, tidak ada yang tahu pasti dari mana bulu tangkis berasal. Namun, banyak yang percaya bahwa permainan ini berasal dari Mesir kuno, sekitar dua ribu tahun yang lalu.

Selain itu, banyak pula yang menyatakan bahwa bulu tangkis berasal dari China. Secara historis, orang Cina memainkan permainan yang disebut Jianzi.

Peraturan permainannya mirip dengan bulu tangkis, yang tidak boleh menyentuh tanah. Di Inggris, permainan serupa dikembangkan dengan nama battledore dan shuttlecock.

Peraturannya adalah pemain harus mencegahnya jatuh dan mempertahankannya di udara selama mungkin dengan memukulnya.

Bulutangkis modern umumnya dikaitkan dengan improvisasi. Dahulu kala, elit istana Badminton House memainkan versi pertempuran dan shuttlecock yang agak dimodifikasi menggunakan tali untuk membatasi pusat lapangan.

Sejak tahun 1850-an, orang mulai menyebut permainan bulutangkis ini karena perkembangannya yang pesat.

Oleh karena itu, bulu tangkis menyinggung nama istana Inggris yang menjadi tuan rumah acara tersebut saat itu.

Sejarah Permainan Badminton Di Indonesia

Sejarah Permainan Badminton Di Indonesia
Pada tahun 1930-an pada masa penjajahan, bulu tangkis mulai merambah Indonesia. Namun olahraga ini baru muncul pada tahun 1947 atau setelah kemerdekaan Indonesia.

Sejak itu perkembangan bulu tangkis sangat pesat, dan mulai bermunculan atlet-atlet. Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) didirikan pada tahun 1951 dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan bulu tangkis di Indonesia.

Karena kemampuannya bersaing dengan kompetitor internasional, bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi di Indonesia.

Teknik Dasar Bulu Tangkas bagi Pemula

Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan oleh dua pemain di satu lapangan. Padahal, jika implementasinya salah, permainan ini akan berdampak pada cedera.

Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam permainan badminton yang harus kamu ketahui:

1. Teknik Dasar Memegang Raket

Jika kamu masih pemula, teknik memegang raket adalah aspek terpenting dari permainan ini untuk dipelajari.

Tujuannya adalah membuat pukulan sebanyak mungkin untuk mencapai kesempurnaan. Jadi jangan asal melakukan begitu saja.

Ada dua teknik yang harus kamu pahami, yang pertama gaya forehand dengan meletakkan kepala raket ke samping dan kemudian pegang gagangnya seolah-olah itu adalah jabat tangan dalam bentuk V.

Kedua backhand tersebut hampir identik dengan yang pertama, dengan pengecualian bahwa keempat jarinya sedikit terpisah.

2. Teknik Dasar Gerakan Kaki

Dalam permainan ini juga diperlukan posisi kaki yang benar untuk menempatkan bola, karena hal ini dapat mengubah kelincahan lari dan arah shuttlecock.

Oleh karena itu, diperlukan latihan tambahan untuk menyinkronkan tubuh secara keseluruhan.

Ikuti program pelatihan fisik bulu tangkis jika kamu seorang pemula, karena kamu akan diinstruksikan oleh orang yang tepat.

Menyesuaikan arah shuttlecock sedemikian rupa untuk menyelaraskan kaki ke kanan dan kiri, depan ke belakang, bukanlah hal sederhana karena bisa berbahaya.

3. Teknik Dasar dalam Melakukan Pukulan

Pukulan memiliki teknik dasarnya sendiri untuk mengenai sasaran yang dituju. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal dan sempurna, olahragawan papan atas biasanya menggunakan berbagai pegangan raket.

Teknik memegang raket dengan dahi adalah salah satu caranya. Dalam arti, menempatkan kaki kanan dan kiri dalam posisi bersilangan.

Kemudian, condongkan bahu ke depan dan sedikit ke kanan sebelum memukul shuttlecock dengan sedikit miring ke kanan.

Berikut beberapa teknik pukulan shuttlecock:

Pukulan Smash

Smash adalah jenis serangan yang menargetkan dan menghancurkan gerakan musuh. Pukulan itu sendiri sangat kuat dan mendarat di tanah.

Untuk melakukannya, pemain harus menyerang dengan kekuatan besar. Tujuannya adalah untuk bergerak secepat mungkin, tanpa menyisakan waktu untuk serangan balik musuh

Smash biasanya dieksekusi dengan melompat untuk memberikan serangan yang cepat dan kuat dan menyerang lapangan.

Pukulan Netting

Bentuk pemogokan ini dimaksudkan untuk langsung masuk ke net lawan setelah transfer berhasil, sesuai dengan namanya.

Sentuhan di grid ini cukup sulit dan menuntut presisi. Jika berhasil, pihak lawan akan berjuang untuk bertahan melawan serangan.

Pukulan Drive

Disk adalah klik horizontal, dimana arah ini bisa lurus atau berpotongan untuk menunjuk ke arah lain.

Strategi ini biasanya digunakan untuk meluncurkan dan memulihkan diri dari serangan dengan cepat.

Drop Shot

Tujuan dari drop throw adalah untuk membunuh gerakan lawan. Pukulan dilempar langsung dengan sedikit atau tanpa kekuatan, memungkinkannya untuk menghindari jaring.

Strategi ini sering digunakan untuk mengecoh lawan, dimana pemain umumnya melompat dan berpura-pura ingin menghancurkan agar tim lawan berkumpul di belakang.

Namun, pukulan yang diberikan ternyata berupa lemparan, yang menjelaskan mengapa pukulan itu mendarat di sebelah net.

Pukulan Lob

Strategi ini melibatkan memukul bola sehingga terbang setinggi mungkin dan mendarat di zona tim lawan. Serangan seperti itu, sebagai suatu peraturan, menyerang lawan, karenanya dia lelah.

4. Teknik Dasar Sikap dan Posisi Tubuh

Teknik Dasar Sikap dan Posisi Tubuh
Teknik dasar bulutangkis yang berikutnya adalah penempatan tubuh yang tepat. Dalam permainan ini, kecepatan dan kelihaian dalam bergerak sangat diperlukan.

Dengan demikian, dapat digunakan sebagai teknik untuk melumpuhkan dan menghalangi pemain lawan.

Posisi pertama adalah posisi menyerang yang bertujuan untuk memposisikan diri kamu di sepanjang garis lapangan.

Langkah kedua adalah melindungi dengan memposisikan tangan yang memegang raket di depan perut.

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah melawan dan kamu harus selalu waspada di dekat net.

5. Teknik Memposisikan Badan

Dalam bulutangkis, posisi tubuh juga harus diperhatikan. Jika penentuannya salah, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan.

Selain itu juga, kamu dapat memicu terjadinya kepeleset saat bermain jika kamu kurang menguasai lapangan.

6. Teknik Dasar Melakukan Servis

Servis adalah jenis pukulan yang digunakan dalam bulutangkis. Ada sejumlah strategi yang harus dikuasai untuk melemahkan lawan dan mengadopsi sifat mereka sendiri.

Tembakan pertama adalah forehand pendek dengan tingkat energi yang rendah. Kedua forehandnya tinggi, memanfaatkan kekuatan penuhnya untuk melemahkan lawan.

Pukulan terakhir adalah pukulan backhand dengan ayunan sedang.

7. Strategi Melakukan Smash

Smash adalah strategi yang digunakan untuk menyerang gerakan pemain lain. Langkah awal adalah menentukan ruang yang tersedia.

Kemudian, lompatlah dengan sangat tinggi dan kuat untuk menghasilkan bidikan yang sempurna dan maksimal.

Upaya terus-menerus diperlukan untuk mencapai hasil terbesar dan mengembangkan kualitas unik.

Seiring waktu, kamu akan menjadi terbiasa dan lebih dominan. Jika kamu seorang pemula yang bersiap untuk menjadi atlet profesional, maka siapkan diri kamu secara mental dan fisik yang kuat.

8. Teknik Melakukan Dropshot

Dropshot adalah salah satu strategi pemulihan servis yang digunakan. Dalam situasi ini, tujuannya adalah untuk mencegah lawan menyerang.

Untuk mencegah shuttlecock jatuh terlalu jauh dari net, berikan soft power dan dorongan kecil. Strategi ini dimaksudkan untuk mengecoh pemain lawan.

Caranya adalah dengan mengidentifikasi ruang kosong terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan lompatan tinggi seperti ingin smash, tetapi dorong shuttlecock secara perlahan hingga jatuh di dekat net.

9. Teknik Melakukan Netting

Teknik Melakukan Netting
Teknik dasar bulutangkis yang berikutnya adalah netting. Netting merupakan teknik yang tidak mudah untuk dilakukan, bahkan sebagian dari atlet profesional pun pernah gagal lho, Sobat Kekinian.

Oleh karena itu, kejelian yang akurat diperlukan untuk keberhasilan dalam melakukannya. Dalam teknik ini, shuttlecock harus dipukul dengan kekuatan tingkat rendah.

Kemudian, perkirakan arah jatuh yang tepat agar mendekati posisi net. Satu-satunya tujuan adalah untuk mengantisipasi bahwa lawan tidak akan dapat memberikan layanan counter.

10. Teknik Mengembalikan Servis

Teknik dasar dalam bulutangkis terakhir adalah mengembalikan servis yang akurat dan tepat dengan menggabungkan dropshot dan netting.

Tujuan mengembalikan arah shottlecock adalah untuk menghindari smash. Jika kamu kembali terburu-buru, lawan kamu akan mendapatkan keuntungan.

Karena itu, jangan buru-buru mengembalikan layanan. Pilih antara dropshot dan netting, yang jika dijalankan dengan baik, maka kamu bisa menipu dia.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Dimensi lapangan bulu tangkis sesuai dengan standar nasional yaitu panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter.

Dimensi lapangan bulu tangkis dibagi menjadi lapangan tunggal dan ganda. Berikut adalah penjelasan detailnya:

  1. Ukuran Lapangan Badminton Partai Tunggal
  2. Panjang lapangan badminton: 11,88m
  3. Lebar lapangan badminton: 5,18m
  4. Luas lapangan badminton: 61,5384 m2
  5. Tinggi pada tiang net: 1,5m
  6. Tinggi atas net: 1,52m
  7. Jarak net dengan garis servis: 1,98m
  8. Jarak garis servis ke sisi lapangan: 3,92m.
  9. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis pada Partai Ganda
  10. Panjang lapangan badminton: 13,40m
  11. Lebar Lapangan badminton: 6,10m
  12. Luas Lapangan badminton: 81,74 m2
  13. Tinggi tiang net lapangan badminton: 1,55m
  14. Tinggi atas net lapangan badminton: 1,52m
  15. Jarak net ke garis servis lapangan badminton: 1,98m
  16. Jarak garis servis ke sisi lapangan luar lapangan badminton: 4,72m.

Ukuran Net Bulutangkis

Ukuran Net Bulutangkis
Jaring atau net bulutangkis ini terdiri dari tali halus berwarna hijau, biru, dll. Ketinggian net bulu tangkis harus 1,55 meter, diukur dari permukaan lapangan, dan harus tetap vertikal saat diregangkan.

Selain itu, jaring harus terbuat dari tali halus dengan ketebalan yang sama dengan jaring, dengan diameter antara 14 dan 20 milimeter.

Bagian atas (topi net) juga harus dilengkapi dengan pita putih bergaris ganda selebar 75 mm di atas tali atau kabel yang tertutup di dalam pita, dan pita harus digantung pada tali atau kabel.

Selain itu, tali atau kabel harus kencang dan tingginya sama dengan bagian atas tiang. Selain itu, tinggi net dari permukaan lapangan harus antara 1,52 dan 1,55 meter di atas garis.

Berikut ini adalah ukuran net bulutangkis:

  1. Panjang net: 680cm
  2. Lebar net: 76cm
  3. Lebar ring putih pada bagian atas net bulutangkis: 3,8 cm.

Bahan Lantai Lapangan Bulu Tangkis

Bahan Lantai Lapangan Bulu Tangkis

Menurut standar internasional, lantai lapangan bulu tangkis juga harus terbuat dari bahan keras dan dilapisi dengan vinyl penyerap atau parket kayu keras dengan ketebalan 22 mm.

Kemudian, pelapis lantai harus matte untuk mencegah silau, dan nilai reflektansinya harus antara 20 dan 40%. Berikut ini adalah bahan umum lantai lapangan bulu tangkis:

Lantai kayu

Lantai kayu memberikan lapangan bulu tangkis tampilan vintage. Gaya lantai ini juga biasa ditemui di area sekitar lapangan bulu tangkis profesional.

Bahan yang sering digunakan adalah lantai parket atau parket kayu keras. Bahan ini sering kali tidak licin dan diharapkan dapat menetralkan suhu ruangan.

Parket Solid Jati

Lantai parket solid atau kayu jati adalah bahan lantai yang paling optimal untuk lapangan bulu tangkis. Permukaan dan tekstur lantai kayu solid ini juga lebih kasar sehingga tidak licin.

Tentunya hal ini dapat mempermudah para pemain bulutangkis untuk menggunakan kakinya tanpa takut terpeleset.

Parket Solid Merbau

Selain parket jati solid, parket merbau solid juga sering dipilih untuk pemasangan lantai lapangan bulu tangkis.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kualitas parket merbau padat memenuhi persyaratan untuk lapangan bulu tangkis. Selain itu, parket merbau solid jauh lebih murah daripada parket jati solid.

Parket Solid Sonokeling

Parket Solid Sonokeling
Lantai parket rosewood solid adalah pilihan terbaik untuk menciptakan lapangan bulu tangkis dengan tampilan yang lebih khas dan estetis.

Parket jenis ini hadir dalam kombinasi warna hitam dan coklat untuk menonjolkan kesan menarik, unik, dan indah.

Vinyl

Banyak orang awam percaya bahwa lantai vinyl adalah lantai kayu parket. Ini bukan tanpa alasan, karena ada banyak produk lantai vinyl dengan pola yang terinspirasi dari kayu.

Pada kenyataannya, lantai vinyl adalah bentuk lantai sintetis dan bukan lantai kayu parket. Tekstur mengungkapkan tekstur lantai vinil mana yang lebih fleksibel dan elastis.

Hal ini dikarenakan material lantai vinyl ini terdiri dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pipa paralon dan air.

Interlock

Jenis lantai ini terbuat dari plastik Polypropylene, dimana material yang dapat dibongkar pasang dan memiliki ketahanan dan daya tahan yang lebih tinggi.

Permukaan lantai interlocking sangat bagus, dan lantai tidak akan terasa licin atau kasar. Permukaan ini juga dapat mengantisipasi pemain bulu tangkis yang akan jatuh dan cedera.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Tujuan Utama Permainan Bulu Tangkis?

Tujuan utama dari permainan bulu tangkis adalah menyebrangi shuttlecock ke wilayah lawan dan menjaga shuttlecock tidak jatuh di wilayah sendiri, untuk memperoleh angka untuk kemenangan.

Pegangan Raket Namanya Apa?

Pegangan raket dalam bulu tangkis biasanya disebut sebagai grip.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik dasar dalam permainan badminton yang perlu kamu ketahui, lengkap dengan ukuran lapangan dan lainnya.

Sobat Kekinian, mengetahui teknik dasar bulu tangkis merupakan hal yang sangat penting bagi pemula.

Selain membuat materi strategi permainan, hal ini juga dapat membantu mencegah kesalahan dan kejadian yang tidak diinginkan.

Namun, sebaiknya didampingi oleh para profesional dan mengenakan pakaian bulu tangkis dan sepatu atletik untuk kenyamanan dan keamanan saat bermain.

/* */