Tips Bermain Bowling Agar Mendapatkan Strike Dengan Mudah

InfoKekinian.com – Kamu gemar bermain bowling tapi belum mahir? Tenang, karena kami akan membagian teknik serta tips bermain bowling yang benar agar mendapat strike.

Bowling adalah salah satu olahraga yang kurang populer di negara ini. Bowling, tidak seperti bulu tangkis, sepak bola, dan bola basket.

Pengertian Olahraga Bowling

Karena terus menerima sedikit liputan dari media, sehingga membuat bowling ini kurang dikenal dan diekspos ke masyarakat umum.

Bowling adalah salah satu jenis olahraga di mana bola digelindingkan dengan tangan, dan kemudian bola yang mengguling ini akan menjatuhkan pin yang membentuk segitiga.

Pengertian Olahraga Bowling

Bowling adalah kata bahasa Inggris yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai boling. Lantas apa itu olahraga bowling?

Bowling adalah permainan di mana bola khusus digunakan untuk merobohkan sejumlah gada (pin), yang kemudian secara otomatis diganti.

Boling merupakan salah satu permainan yang pemainnya berdiri di satu ujung jalur yang menghadap ke objek diujung lainnya.

Kemudian, bola yang berat ini akan di gulingkan diatas jalur kayu untuk mengenai pin yang telah tersusun di ujung jalur.

Jenis-jenis Bowling

Ada dua gaya bowling yang berbeda, dibedakan berdasarkan tempat di mana mereka dimainkan dan cara mereka dimainkan karena tidak semua variasi bowling dimainkan secara mendunia.

Berikut adalah macam-macam permainan bowling:

1. Pin Bowling

Permainan ini dapat dimainkan di area indoor dengan arena berbentuk jalur dimana jalur inilah menjadi tempat bagi bola digulirkan. Jalur ini biasaya terdiri dari lapisan kayu alami atau sintetis.

Berikut ini adalah macam-macam pin bowling:

Ten-Pin Bowling

Jenis bowling di mana bowler atau sebutan bagi orang yang memainkannya ini menggelindingkan bola di atas jalur kayu atau sintetis dalam upaya untuk mencetak poin dengan menjatuhkan pin di ujung jalur.

Seperti namanya, pin ini terdiri dari 10 pin yang ditumpuk dalam piramida dengan satu pin di bagian luar.

Nine-Pin Bowling

Pada permainan ini tentunya akan menggunakan sembilan pin. Posisi pin adalah membentuk diamond shape dan tali terpasang atau tersambung ke pin.

Yang membedakan dari ten pin bowling adalah bentuk pin serta bola yang digunakan, karena pada nine pin ini umumnya menggunakan ukuran bola yang lebih dan tidak berlubang untuk jari.

Five-Pin Bowling

Game ini populer di negara asalnya, yaitu Kanada. Bowling jenis ini menggunakan jalur yang ukurannya 25% lebih kecil dari Ten-Pin Bowling.

Jumlah pin yang digunakan adalah lima, dan susunannya membentuk huruf V. Berbeda dengan dua jenis pin sebelumnya, jenis ini memiliki lingkaran karet pada badan pin dan ukuran pin yang lebih rendah.

Duckpin Bowling

Selanjutnya adalah sepuluh pin segitiga pendek dengan diameter lebih besar digunakan dalam game ini.

Selain itu, bolanya lebih kecil dari Ten-Pin Bowling, tetapi lebih besar dari Candlepin, dan tidak memiliki lubang jari.

Candlepin Bowling

Dalam permainan ini, pin yang digunakan sama dengan ten-pin bowling. Satu-satunya perbedaan adalah ukursan bola serta pin yang digunakan.

Bola yang digunakan dalam bowling candlepin adalah yang terkecil dari semua bola bowling, dan pinnya silindris dan tinggi, berbeda dengan bentuk pin bowling pada umumnya.

2. Target Bowling

Target Bowling
Bowling target berbeda dari bowling pin karena biasanya dimainkan di ruang terbuka, dimana rumput alam, bongkahan batu, pasir, dan bahkan kerikil yang menyusun permukaannya.

Tujuan dari jenis permainan ini bukan untuk merobohkan pin dengan menggulirkan bola, tetapi untuk mendapatkan bola khusus sedekat mungkin dengan sasaran.

Teknik Dalam Permainan Bowling

Berikut adalah teknik dalam permainan bowling:

Teknik Memilih Bola

Untuk memulai permainan bowling, kita harus mempelajari metode pemilihan bola. Pilih bola dengan lubang yang sesuai dengan ukuran jari kamu untuk kinerja yang optimal.

Dalam teknik ini, cobalah untuk memposisikan tangan kamu dengan benar sehingga tidak ada penghalang untuk melepaskan bola dengan cepat, lalu rentangkan jari-jari kamu di sekitar bola untuk ayunan yang kuat.

Teknik Menjatuhkan Seluruh Pin

Saat bola berada di belakang tubuh kamu, kamu harus meluncur untuk menyelesaikan permainan. Bola diayunkan ke depan, dan ketika melewati pergelangan kaki, bola diputar sehingga ibu jari menunjuk ke jam 10.

Putar tangan kamu dari jam 12 ke jam 10 saat bola mengayun melewati pergelangan kaki kamu untuk efek putaran yang lebih kuat.

Teknik Mengincar Strike

Membidik pukulan adalah teknik paling mendasar dalam olahraga ini sehingga semua pelempar dapat secara efektif merobohkan semua pin.

Hal ini juga dapat bertujuan untuk menyerang dengan menggunakan beberapa taktik yang disebutkan di atas untuk memposisikan bola ke depan dan dengan mengambil sikap di garis lemparan bola.

Teknik Persiapan Akhir

Pendekatan persiapan akhir adalah metode penentuan lemparan yang tepat sehingga dapat mengarah ke garis pin depan.

Strategi ini paling efektif karena ayunan bola akan mendarat di garis pin yang mengarah ke tujuan akhir dalam permainan ini.

Penilaian Permainan Bowling

Penilaian Permainan Bowling
Jika seorang pemain menerima lemparan bebas, dia harus mencatat garis miring pada lembar skornya.

Setelah giliran berikutnya, dia akan menerima 10 poin ditambah jumlah pin yang dia jatuhkan selama permainan itu.

Oleh karena itu, jika dia menjatuhkan tiga pin pada giliran pertamanya, dia akan mendapatkan 13 poin sebelum putaran kedua.

Jika dia menjatuhkan dua pin pada giliran kedua, dia akan memiliki total 15 pin untuk larik itu. Jika seorang pemain menerima pukulan, dia harus menandai lembar skornya dengan X.

Pukulan itu akan memberi pemain 10 poin ditambah jumlah pin yang dia jatuhkan selama dua ronde berikutnya.

Nilai terbesar yang bisa didapatkan pemain adalah 300 poin. Ini menandakan 12 serangan berturut-turut, atau 120 pin dijatuhkan dalam 12 urutan.

Sebuah permainan yang sempurna terdiri dari 12 pukulan, bukan 10, karena seorang pemain dapat mengambil dua putaran lebih lanjut jika dia menerima pukulan di garis akhir. Jika kedua gilirannya berhasil, dia akan mendapatkan 300 poin.

Tips Cara Bermain Bowling

Berikut ini adalah tips bermain bowling:

Memegang Bola Bowling

Tips bermain bowling yang pertama adalah angkat bola dan arahkan ke depan jalur bowling, masukkan jari manis dan jari tengah ke dalam lubang di bagian bawah bola bowling.

Pegang bola dalam posisi agak miring, dengan satu tangan di bawah bola dan tangan lainnya menopangnya.

Menargetkan Bola Cara Bermain Bowling

Pemula harus memiliki bola target dengan tanda yang ditempatkan di tengah arena bowling.Beberapa lokasi di jalur bowling terletak di 2.133 meter di bawah jaur, dan panah hitam terletak sekitar 4.572 meter di bawah jalur.

Melepaskan Bola Bowling

Karena posisi bola dan tangan pemain pada umumnya harus sama, batang tubuh pemain harus menghadap lurus ke depan dan tidak boleh berputar.

Pertama, ayunkan tangan yang memegang bola dengan hati-hati ke belakang, lalu ke depan. Beberapa kali, ayunan diulang.

Ketika kamu yakin ayunannya terlalu ringan, kamu harus memukul bola dengan lebih kuat. Saat kamu akan melempar bola, ibu jari kamu akan keluar dari lubang terlebih dahulu, diikuti oleh jari-jari lainnya.

Dengan demikian, putaran bola akan tepat ke arah pin bowling.

Tetap Fokus dan Tenang Pada Sasaran di Depannya.

Berfokus pada bola atau kaki kamu dapat menyebabkan kamu kehilangan keseimbangan, yang mengakibatkan tembakan yang gagal.

Manfaat Olahraga Bowling

Manfaat Olahraga Bermain Bowling
Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga ini memiliki manfaat tambahan jika sering dilakukan. Manfaat bermain bowling antara lain sebagai berikut:

1. Dapat Mencegah Penyakit

Bowling memiliki keunggulan dapat menghindari penyakit yang akan terjadi pada tubuh kamu karena membuat tubuh kamu aktif dengan bergerak. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Minimalkan Stres

Bowling juga dapat mengurangi stres pada tubuh manusia, dan memainkan olahraga ini dengan terampil juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengelola stres pada tubuh.

3. Membakar Kalori

Menurut beberapa ahli kesehatan, bowling memiliki banyak sekali manfaat yang dapat membuat tubuh lebih aktif dan membakar kalori yang berbahaya.

Hal ini dapat dicapai dengan bowling, yang membutuhkan banyak aktivitas untuk membakar sekitar 150 hingga 300 kalori dan juga memperkuat otot.

4. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Saat melempar bola bowling dan menggulung dan menurunkan sederet pin, diperlukan koordinasi tangan-mata yang sangat baik. Fokus ini merangsang ketajaman mental, konsentrasi, dan strategi taktis.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Berapakah Jumlah Pin dalam Permainan Bowling?

Secara umum, jumlah pin dalam bowling ini adalah 10 pin yang disusun membentuk segitiga.

Berapa Kilo Berat Bola Bowling?

Bola bowling mempunyai berat sekitar 4,5-7,2kg dengan tiga atau empat lubang untuk jari yang akan memudahkan kita ketika memegang bola.

Apa Itu Strike dalam Bowling?

Strike merupakan istilah yang digunakan dalam permainan bowling ketika pemain berhasil menjatuhkan sepuluh pin sekaligus dalam sekali lemparan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tips bermain bowling yang perlu kamu ketahui agar mendapatkan strike ketika bermain.

Dapat disimpulkan bahwa bowling memiliki nama resmi, 10 pin bowling. Dimana tujuan dari bowling adalah untuk menciptakan suatu olahraga yang memadukan unsur permainan, membutuhkan ketelitian atau ketepatan yang baik, dan dapat dinikmati baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Sesuai dengan tujuan dan manfaat dari permainan bola bowling ini, istilah strike adalah istilah yang digunakan ketika semua pin dirobohkan dengan sekali lemparan.

Namun, jika pin tidak dapat diturunkan dengan sekali lemparan, pin yang tersisa akan dilempar lagi. Jika setelah lemparan kedua tidak ada pin yang tersisa, ini disebut sebagai cadangan.

Sedangkan pada percobaan kedua masih ada pin yang tersisa, ini disebut sebagai open frame atau miss, yang pada akhirnya dapat menentukan perhitungan skor bowler. Pin kemudian akan dipindahkan dan dimainkan untuk frame berikutnya.

/* */