Tips Melamar di BUMN

InfoKekinian.com – Sobat kekinian S1 tapi masih menganggur? BUMN membuka loker hari ini, Infokekinian juga akan membagikan beberapa tips melamar di BUMN.

Pada Selasa, 12 April 2022, Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Lebih dari 2.700 posisi BUMN dibuat sebagai hasil dari pekerjaan ini.

Erick menegaskan rekrutmen ini merupakan bentuk transformasi BUMN di bidang human capital. Dia ingin memastikan BUMN bisa menjaring talenta-talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

Untuk alasan sederhana, sepertiga dari PDB Indonesia dihasilkan oleh badan usaha milik negara. Pada peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada Selasa (12/12), Erick Thohir menyatakan, “Kita juga harus menyadari bahwa kita yang berkarir di BUMN adalah putra-putri terbaik kita.”

Namun ia juga menekankan pentingnya memastikan keberlangsungan kepemimpinan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Itu kemudian dihuni oleh orang-orang berusia 20-an dan 30-an yang tidak hanya mampu, tetapi juga bermoral tinggi.

Untuk alasan sederhana bahwa kita tidak ingin menjadi kekuatan besar, melainkan kekuatan dengan karakter buruk. Kecerdasan tanpa karakter akan menjadi jahat. Yang datang tanpa karakter pastilah keserakahan,” tegasnya tentang kekayaan.

Tips Melamar di BUMN (2)

Tips Melamar di BUMN

Berikut akan kami berikan beberpa tips untuk melamar ke perusahaan BUMN.

1. IPK

Menurut Mirza, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi salah satu hal yang harus disiapkan oleh pelamar kerja. Mengapa demikian?

Pasalnya, IPK masih dijadikan stkamur oleh perusahaan saat melakukan seleksi awal. Namun perlu diingat, IPK bukanlah ukuran keberhasilan tahap selanjutnya.

Semangat pemimpin kerja dan cepat tanggap terhadap instruksi dari suatu pekerjaan juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan,” ujarnya seperti dikutip dari situs ITS.

2. CV – Tips Melamar di BUMN

Daftar riwayat hidup (CV) yang disiapkan dengan baik juga diperlukan, karena berfungsi sebagai pengenalan penting bagi calon karyawan.

Perusahaan akan menyaring pelamar melalui CV sehingga berkas ini perlu disusun semenarik mungkin dan memuat poin-poin penting yang mudah dipahami.

“Mahasiswa bisa belajar dari sekarang untuk membuat CV yang baik, efektif, dan efisien,” ujarnya.

3. Keterampilan Diri

Hard-skill dan soft-skill sangat diperhatikan oleh perusahaan. Keahlian pelamar ini dapat diperkuat melalui sertifikat yang diperoleh dari pelatihan, lokakarya, konferensi, dan banyak lagi.

Dalam webinar bertajuk “Persiapan Awal Menghadapi Persaingan Perusahaan BUMN Ini”, ia menjelaskan bahwa “Sertifikat ini merupakan bukti berharga yang dapat menjual skill kita kepada perusahaan, khususnya BUMN.”

4. Pengalaman Magang – Tips Melamar di BUMN

Untuk meningkatkan peluang kerja, pelamar harus mencari peluang untuk melakukan magang di perusahaan milik negara.

Magang tidak hanya memberikan pengalaman kerja yang berharga, tetapi juga memungkinkan kamu bertemu orang baru dan mengembangkan jaringan profesional.

Ketika jaringannya berkembang, jelasnya, begitu pula prospeknya untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan target dan dipekerjakan di sana.

5. Wawancara Kerja

Pelamar harus menampilkan diri seprofesional mungkin saat menghadiri wawancara atau tahap wawancara. Saat melakukan wawancara, pelamar harus fokus dan memberikan penjelasan tepat sasaran yang mudah dipahami.

“Jangan terlalu percaya diri tapi jangan pesimis, selalu hindari kata-kata mungkin dan tidak tahu,” lanjut pria yang pernah bekerja di PT Honeywell Indonesia ini.

6. Pelajari Perusahaan Target

Dalam hal ini, menurut Mirza, upaya untuk mengetahui dan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan perlu dilakukan. Di perusahaan untuk melamar, kandidat harus terbiasa dengan operasi perusahaan dan siap bekerja di bawah tekanan.

“Dengan mengenal lebih jauh perusahaan yang kita incar akan memudahkan kita untuk melakukan wawancara,” imbuhnya.

7. Pemeriksaan Kesehatan

Terakhir, pelamar harus mempersiapkan diri untuk menjalani tes kesehatan. Dalam sarannya, Mirza menyarankan agar pelamar tidak merokok dan minum, makan sehat, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Kesimpulan

Itulah beberap tips untuk melamar di perusahaan BUMN, kalian bisa langsung mencoba tips yang kami berikan. Semoga beruntung ya!