Cara Menghitung Berat Badan Dengan Akurat

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai cara menghitung berat badan dengan akurat, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Memiliki berat badan yang ideal tampaknya menjadi tujuan bersama baik oleh pria maupun wanita. Maka tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk mencapai berat badan idealnya.

Tapi, apakah berat badan yang kamu inginkan sudah sesuai dengan berat badan ideal yang diperhitungkan? Ada kalanya seseorang mendambakan berat badan tertentu meski angkanya di bawah normal.

Mengapa Perlu Memiliki Berat Badan Ideal

Ini jelas tidak baik untuk kesehatan kamu dan harus dihindari. Menjadi terlalu kurus atau terlalu gemuk tidak dianjurkan. Lantas, bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Mari kita cari jawabannya di bawah ini.

Mengapa Perlu Memiliki Berat Badan Ideal?

Seberapa penting berat badan ideal kamu? Sebenarnya, kamu mungkin tidak menyadari bahwa menjaga berat badan ideal adalah upaya yang dapat kamu gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Belum lagi, menjaga berat badan ideal adalah cara mencegah dan menghambat masuknya berbagai penyakit.

Banyak penyakit berbahaya menunggu kamu jika kamu kelebihan berat badan atau berat badan. Penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, dan bahkan stroke adalah contohnya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Namun, kamu tidak boleh membandingkan berat badan kamu dengan berat teman, saudara, atau pasangan. Karena angkanya pasti akan berbeda.

Sebenarnya cukup sederhana untuk menghitung berat badan ideal. kamu bisa mengukurnya berdasarkan tinggi badan kamu.

Jadi, sebelum mencoba menghitung berat badan ideal kamu, sebaiknya ukur dulu tinggi badan kamu.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Menghitung berat badan ideal seseorang juga berbeda untuk bayi, anak-anak, bahkan pria dan wanita. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pemaparan dibawah ini:

1. Menghitung Berat Badan Ideal Bayi 0-12 Bulan

Jangan kamu pikir jika bayi bisa bebas untuk mengkonsumsi apa saja tanpa perlu menengok angka di timbangan berat badan.

Karena faktanya bayi yang berusia 0-12 bulan juga memiliki batasan berat badan ideal mereka. Cara yang bisa kamu gunakan untuk menghitungnya adalah bisa dengan rumus berikut:

Berat badan untuk ideal bayi = { usia bayi dalam satuan bulan : 2 } + 4

Contohnya jika bayi kamu berusia 7 bulan maka berat badan idealnya ialah:

(7 : 2) + 4 = 7,5 jadi berat badan bayi yang berusia 7 bulan ialah 7,5 kg.

2. Menghitung Berat Badan Ideal Anak 1-10 Tahun

Setelah anak kamu menginjak usia 1 tahun, cara menghitung berat badan ideal nya pun sudah berbeda dengan cara pada saat usia bayi. Rumusnya seperti berikut ini:

Berat badan ideal anak = 2n + 8

Dengan n adalah usia anak dalam satuan tahun.

Seperti contoh, anak kamu saat ini berusia 7 tahun 6 bulan, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

(2×7,5) + 8 = 23. Jadi berat badan ideal anak yang berusia 7,5 tahun adalah 23 kg.

3. Menggunakan Rumus BMI

Kali ini, perhitungannya berbeda untuk anak-anak berusia satu tahun ke atas. BMI dan Brosca adalah dua metode yang paling umum digunakan.

Metode BMI menggunakan Body Mass Index, yaitu rasio tinggi badan terhadap berat badan.

Ketika kamu berusia 20 tahun, kamu dapat mulai menghitung berat badan ideal kamu menggunakan rumus BMI.

Namun, ternyata menggunakan kalkulator BMI untuk menghitung berat badan ideal sedikit menyesatkan bagi para atlet atau atlit.

Menggunakan Rumus BMI

Karena berat badan berasal dari massa otot, seorang atlet mungkin tampak kelebihan berat badan menggunakan kalkulator BMI padahal sebenarnya tidak.

Informasi:

  1. BMI normal berkisar antara 18,5 dan 25.
  2. Ketika BMI kamu melebihi 25, kamu harus mewaspadai risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya yang lebih tinggi.
  3. Jika BMI kamu kurang dari 18, kamu harus waspada terhadap osteoporosis.
  4. Jika kamu termasuk dalam salah satu dari dua kategori, memiliki BMI lebih besar dari 15 atau kurang dari 18, kamu harus menemui dokter.
  5. Nantinya, kamu akan diberitahu tentang cara meningkatkan dan mempertahankan gaya hidup yang lebih sehat untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.
  6. Selanjutnya, jika BMI kamu lebih besar dari 40, kamu harus sangat berhati-hati karena situasinya sudah sangat berbahaya.

Perhitungan Menggunakan rumus BMI ini biasanya akan menghasilkan angka pada skala yang dapat menunjukkan kondisi berat badan kamu. kamu dapat menggunakan rumus berikut:

BMI = berat badan ( dalam kg) : tinggi badan (dalam m)

Contohnya, jika kamu memiliki tinggi badan 160 cm dengan berat badan 50 kg, maka nilai BMI nya adalah : 50 : 1,6 = 31,25.

Jadi, untuk tinggi badan 160 cm dan berat badan 50 kg, kamu termasuk golongan kelebihan berat badan.

Keterangan:

Angka BMI yang normal ialah berada di angka 18,5 – 25

Dibawah angka 17, berarti kamu termasuk dalam kategori kekurangan berat badan atau kurus

Jika berada pada angka diatas 25 maka kamu termasuk dalam kategori kelebihan berat badan namun masih dalam skala yang ringan

Sedangkan jika kamu sudah mencapai angka di 40, maka kamu patut berhati-hati karena kamu sudah termasuk dalam kategori kelebihan berat badan yang berbahaya

4. Dengan Rumus Brosca

Rumus brosca ini awalnya ditemukan oleh seorang ahli yang bernama Pierre Paul Brosca. Rumus ini merupakan cara menghitung berat badan ideal yang paling sering digunakan karena dinilai relatif akurat. Rumus yang digunakan sedikit berbeda antara wanita dan pria.

Untuk Pria

Berat badan ideal untuk pria dengan rumus brosca bisa dihitung sebagai berikut:

{tinggi badan dalam cm – 100} – {tinggi badan dalam cm-100} x 10%}.

Contohnya, kamu berjenis kelamin laki-laki yang memiliki tinggi badan 160 maka berat badan ideal kamu ialah:

{160-100}-{160-100} x 10% = 60-6 = 54

Jadi berat badan ideal kamu ialah 54 kg.

Untuk Wanita

Berbeda dengan rumus yang digunakan untuk pria, pada wanita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

{tinggi badan dalam cm – 100} – {tinggi badan dalam cm – 100} x 15%}

Contohnya, kamu yang berjenis kelamin perempuan dengan tinggi badan 160, maka berat badan ideal yang harus kamu miliki ialah:

{160-100} – {160-100} x 15% = 51

Jadi kamu berada di titik berat badan ideal jika memiliki berat 51 kg.

Seringkali kamu salah dalam melakukan penghitungan karena hanya menghitung dengan cara tinggi badan-100 saja.

Mungkin bagi kamu hasil pengurangan ini sudah mencapai angka berat badan normal. Padahal nyatanya hasil yang sebenarnya bukan dengan cara seperti itu.

5. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Ternyata, menghitung berat badan ideal pada ibu hamil juga memiliki cara yang berbeda lho. Buat ibu hamil, perhitungannya memiliki metode tersendiri yakni dengan mempertimbangkan lamanya usia kehamilan serta berat badan normal janin yang dikandung.

Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Rumus berat badan ideal ibu hamil bisa kamu lakukan sebagai berikut:

Berat badan ideal (berdasarkan rumus Brosca lbu hamil + {usia kehamilan dalam hitungan minggu x 0,35}

Contohnya, kamu adalah seorang ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki kehamilan di minggu ke 20.

Berat badan ideal yang sudah kamu hitung dengan menggunakan rumus Brosca ialah 51 kg. maka berat badan kamu pada kehamilan di usia 20 minggu ialah:

51 + {20 x 0,35} = 58

Jadi berat badan ideal yang harus kamu capai pada saat usia kehamilan menginjak 20 minggu adalah 58 kg.

Langkah Mendapatkan Berat Badan Ideal

Setelah selesai menyimak cara menghitung berat badan ideal di atas, selanjutnya adalah bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Bagi kamu yang ingin memiliki berat badan ideal baik dengan cara menambah atau menurunkan berat badan namun dengan cara yang sehat dan juga aman.

Kamu dianjurkan untuk mengikuti beberapa panduan yang ada di bawah ini:

1. Pilih Makanan

Yang pertama mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti lebih sering makan buah-buahan, sayur-sayuran serta biji-bijian.

Sedangkan untuk mendapatkan asupan proteinnya, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan, tahu, tempe serta produk susu dan olahannya yang masih termasuk rendah lemak.

kamu juga perlu membatasi untuk mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak tak jenuh seperti keju, susu tinggi lemak dan daging olahan.

Sebaiknya, gantilah makanan yang berlemak kamu tersebut dengan makanan yang lebih banyak mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan dan alpukat.

2. Atur Porsi Makan

Dengan hanya mengkonsumsi makanan sehat saja ternyata tidak cukup. Karena jika mengkonsumsi makanan sehat dalam porsi yang terlalu banyak.

Hal ini juga tidak dianjurkan karena harapan akan mendapat berat badan ideal akan sia-sia. Mengkonsumsi makanan sehat harus diimbangi juga dengan porsi makan yang tepat.

Bukannya mendapatkan nutrisi yang cukup, makan dengan porsi berlebih malah akan membuat kamu menjadi obesitas. Jadi, kamu harus tetap mengatur porsi makan kamu agar seimbang.

3. Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal.

Hal ini juga sebaiknya diimbangi dengan mengurangi konsumsi minuman manis yang berlebihan. Karena dengan memperbanyak minum air putih, akan dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Sehingga keinginan untuk makan berlebih maupun makan makanan ringan akan bisa sedikit di redam.

Bukan hanya itu saja, air putih juga erat manfaatnya dengan pemenuhan kebutuhan cairan tubuh harian kamu agar terhindar dari dehidrasi, sembelit bahkan batu ginjal.

Asupan air putih yang dianjurkan untuk kamu konsumsi setiap harinya ialah sebanyak 8 gelas. Namun, jika kamu termasuk orang yang gemar melakukan olahraga ataupun aktivitas yang berat, sebaiknya konsumsi air putih kamu bisa ditingkatkan.

4. Olahraga

Rutin melakukan olahraga jenis apapun ternyata bisa juga menjadi solusi agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Bahkan dengan kamu rutin melakukan kegiatan olahraga, secara otomatis kamu bisa menurunkan resiko datangnya berbagai jenis penyakit.

Belum lagi impian agar bisa mencapai berat badan ideal akan dengan mudah kamu dapatkan. Olahraga yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga berat badan ideal ialah bisa dimulai dari olahraga sederhana.

Olahraga

Seperti dengan berjalan kaki, berenang, bersepeda, lari-lari kecil bahkan melakukan olahraga di tempat kebugaran. Lakukan olahraga secara rutin minimal selama 15-30 menit setiap hari.

Atau jika kamu tidak begitu banyak memiliki waktu luang, olahraga bisa kamu lakukan minimal 3 kali dalam satu minggu.

Dengan rutin melakukan tips-tips di atas, sepertinya untuk mendapatkan berat badan ideal bukan hanya sekedar mimpi untuk kamu.

Namun langkah di atas harus tetap kamu lakukan dengan rutin dan disiplin agar hasil yang akan kamu dapat juga maksimal.

Diet Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Mengacu pada cara menghitung berat badan ideal diatas, melakukan diet memang perlu agar mendapat berat badan yang ideal.

Namun jangan sekali-kali melakukan diet ekstrim karena justru dampaknya akan sangat tidak baik untuk kesehatan kamu.

Diet yang harus kamu lakukan ialah bukan diet yang sembarangan. Berikut beberapa cara diet sehat yang bisa kamu praktekkan:

Batasi Konsumsi Garam

Hindari diet ekstrim dan kamu harus beralih ke diet yang lebih aman bagi tubuh kamu. Jangan sampai diet yang kamu lakukan justru malah berimbas pada kesehatan tubuh kamu.

Salah satu diet yang bisa kamu lakukan ialah dengan membatasi konsumsi garam. Karena tanpa kamu tahu, mengkonsumsi garam secara berlebihan akan membuat tubuh kamu sedikit mengalami kesulitan untuk bisa melakukan proses metabolisme lemak.

Jadi saat itu karena metabolisme lemak kurang sempurna, akan menyebabkan tumpukan lemak dalam tubuh kamu.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Air memang sumber kehidupan bagi manusia. Karena betapa pentingnya peran air dalam tubuh, ini juga akan mempengaruhi diet yang sedang kamu lakukan.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Sebagai saran, kamu harus selalu membawa persediaan air kemanapun kamu pergi, untuk mencukupi kebutuhan air harian kamu sekaligus menghindari kurangnya cairan tubuh.

Jauhi Pola Hidup Tidak Sehat

Percaya tidak percaya bahwa ternyata gaya hidup yang kurang sehat juga sedikit banyak bisa mempengaruhi diet yang sedang kamu lakukan. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk menghindari pola hidup yang kurang sehat.

Contohnya seperti merokok, minum minuman keras yang beralkohol, bahkan sering begadang pun merupakan salah satu pola hidup yang tidak sehat. Jadi sebaiknya atur pola tidur kamu dan jaga asupan makanan sehat kamu.

Hindari Makanan Kemasan atau Siap Saji

Mengapa makanan kemasan dan makanan siap saji perlu untuk dihindari? Karena dalam makanan tersebut biasanya terlalu banyak mengandung garam, gula serta karbohidrat olahan.

Hindari Makanan Kemasan atau Siap Saji

Agar diet sehat yang kamu jalani dapat memberikan hasil sesuai dengan keinginan, maka ada baiknya kamu menghindari makanan kemasan dan makanan cepat saji tersebut.

Aktif Bergerak

Memperbanyak bergerak juga ternyata bisa membantu kelancaran proses diet kamu. Karena dengan banyak bergerak, maka akan semakin banyak pula kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.

kamu bisa memulainya dengan membuat kesibukan membersihkan rumah. Atau jika kamu seorang pekerja yang tak memiliki banyak waktu senggang.

Kamu bisa mengganti aktivitas kantor yang awalnya menggunakan lift bisa diganti dengan menaiki tangga. Hal tersebut tentunya akan mendukung kamu untuk lebih cepat mencapai berat badan yang ideal.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghitung berat badan dengan akurat, yang bisa dihitung dengan rumus sederhana.

Namun, sebagai catatan bahwa kamu perlu ingat jika tidak semua orang bisa mematok angka berat badan ideal dengan menggunakan cara di atas.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa atlet dan olahragawan memiliki masa otot yang berlebih dan hasil hitungan berat badan ideal akan sedikit meleset dengan rumus tersebut.

Berat badan ideal bisa kamu bentuk dengan penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat. Dan yang paling wajib untuk diingat bahwa memiliki berat badan yang ideal bukan berarti memiliki tubuh yang kurus atau langsing.

Demikianlah artikel mengenai Cara Menghitung Berat Badan Dengan Akurat dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */