Tips Memilih Web Hosting yang Berkualitas Untuk Website Anda

Dalam membangun sebuah Website, salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan yaitu memilih dimana web tersebut akan di hosting. Jangan sampai suatu waktu nanti anda menyesal karena telah salah dalam memilih web hosting untuk website yang anda bangun dengan susah payah. Diluar sana banyak sekali para Blogger maupun Webmaster yang mengeluh karena salah memilih web hosting, mulai dari mengalami masalah dimana web sering down yang tentu merugikan kita karena user akan tidak bisa mengakses situs, pelayanan dari penyedia hosting yang kurang bagus dan masalah lainnya.

Sekarang ini sudah banyak sekali penyedia web hosting yang ada dan hadir dengan keunggulannya masing masing. Misalnya saja shared hosting dari Hostinger .

Tips Memilih Web Hosting

Nah bagi anda yang masih bingung sebenarnya apa saja sih yang penting untuk diperhatikan dalam memilih web hosting yang bagus dan terbaik untuk website anda nantinya? Dibawah ini saya akan berbagi beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih web hosting.

Perhatikan Lokasi Server Web Hosting

Sebelum kita membahas suatu yang lebih dalam mengenai tips memilih hosting dari segi performa dan lain sebagainya, alangkah baiknya tips yang satu ini juga harus anda perhatikan. Ya, jika anda akan memilih hosting, pastikan anda sudah tahu dulu server hosting yang akan anda beli tersebut ada dimana?.

Kalau target pengunjung atau user untuk web anda orang orang di Indonesia, maka gunakanlah server web hosting yang juga berada di Indonesia sehingga kecepatan atau performa web anda kian optimal karena lokasi user sama dengan lokasi server dimana web hosting tersebut.

Selain dari lokasi server, anda juga harus memastikan bahwa spesifkasi server tersebut bagus misalnya dari kecepatan prosesor, kapasitas RAM dan Harddisk, utamakan yang pakai SSD kalau untuk harddisk.

Customer Support yang Handal

Tidak ada jaminan kalau website anda akan selamanya lancar, terkadang ada suatu kendala yang mengharuskan anda untuk berkomunikasi langsung dengan penyedia hosting tersebut, maka dari itu salah satu tips memilih web hosting yakni dengan mempertimbangkan juga kualitas CS, pastikan penyedia hosting yang anda pilih sudah support 24 Jam dan kualitasnya juga bagus seperti fast respon, ramah dan bisa menyelesaikan masalah.

Dengan begini, anda tidak akan lagi merasa khawatir jika suatu saat website anda mengalami masalah atau anda butuh bantuan dari layanan penyedia web hosting.

Garansi Uang Kembali Juga Penting

Mayoritas orang hanya melihat dari sisi performa hosting saja, padahal hal seperti Garansi uang kembali juga patut di pertimbangkan dalam memilih web hosting. Jika penyedia hosting mau melayani garansi uang kembali, maka kemungkinan besar penyedia hosting tersebut memang sangat berkualitas dan memperhatikan para penggunanya. Maka dari itu point ketiga ini juga termasuk hal yang penting untuk diperhatikan.

Uptime Server Web Hosting

Apa itu uptime server? Uptime server merupakan kecepatan sebuah server untuk merespon ketika website tersebut dibuka oleh user. Untuk kriteria hosting yang bagus, tentu uptime server harus tinggi. Berapa idealnya uptime server? Kalau idealnya tentu 100% dan minimal yakni 99%. Dengan uptime server yang tinggi, website anda tidak akan mengalami down alias tidak bisa di buka sehingga membuat user semakin nyaman untuk mengunjungi dan menjelajahi situs website anda.

Gratis SSL dan Domain

Untuk saya pribadi, 2 hal ini sangat penting saat saya memilih web hosting. SSL kini memang seharusnya ada pada sebuah website agar situs web kita semakin dipercaya baik itu dari sisi user maupun dari Google.  Jika anda perhatikan, di luar sana, hampir semua website website sudah memakai SSL.

Maka dari itu pilihlah web hosting yang menyediakan gratis SSL dan Domain juga. Banyak sekali penyedia hosting yang menyediakan SSL Gratis karena memang ini sangat penting untuk sebuah website.

Meninjau Review Pelanggan, Wajib!

Setelah mengetahui  detail spesifikasi hosting mulai dari performa, fitur dan lain sebagainya. Pertimbangan terakhir yakni dari segi testimonials atau review dari pengguna layanan hosting itu sendiri, ini merupakan bukti “Real” seberapa bagus layanan dari suatu web hosting. Jika banyak yang memberi review positif, maka anda tidak perlu lagi ragu dengan kualitas web hosting tersebut.

Tinggalkan komentar