4 Langkah Mudah Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Menulis kata kata indah bahasa Inggris menjadi tren yang digandrungi berbagai kalangan, termasuk muda-mudi di Indonesia. Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dengan salah satu jumlah penutur terbanyak di dunia. Berbagai media seperti lagu, buku, hingga film berbahasa Inggris seolah-olah semakin mendominasi. Bahasa ini pun lantas menjadi bahasa kedua di sebagian besar negara, tak terkecuali Indonesia.

Sebenarnya, mempelajari bahasa Inggris tidak sulit selama kita tahu cara yang benar dan konsisten. Apalagi sekarang kita dapat belajar lewat berbagai media selain buku, salah satunya jejaring sosial. Tak jarang kita menemukan contoh caption bahasa Inggris di medsos seperti Instagram yang tertata baik dan mudah dipahami. Selain mengetahui struktur menyusun frasa dan kalimat dalam bahasa Inggris, kita pun harus memperkaya kosakatanya agar tidak mengulang diksi yang sama.

Bagaimana cara menghafal kata-kata dalam bahasa Inggris?

 

Banyak pemula yang mengeluhkan sulitnya menghafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Wajar saja karena kita selama ini menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Maka dari itu, kita harus menjalani proses pembelajaran supaya kita sanggup menulis kalimat bahasa Inggris sesuai kaidah yang berlaku.

Lantas, bagaimana caranya agar kita mampu memperkaya kosakata bahasa Inggris dan tak cepat lupa?

Kesatu, carilah sinonim dari kata tersebut. Jika sedang mencari kata kata bahagia bahasa Inggris, maka pastikan kita juga mengasosiasikannya dengan lema yang serupa. Misalnya happy dengan cheerful atau radiant. Buatlah daftar khusus untuk daftar lema ini dan tempatkan di tempat-tempat yang mudah dilihat mata. Semakin sering kita melihat, semakin cepat pula kita mengingatnya. Jangan lupa cantumkan cara melafalkannya supaya kita tidak salah menyebutkan saat berbincang dalam bahasa Inggris.

Kedua, pahami konteks penggunaan dari kata tersebut. Jangan sampai kita salah memakai lema saat ingin menyampaikan pesan lewat kata kata semangat bahasa Inggris. Satu kata dapat memiliki banyak arti dalam bahasa Inggris. Misalnya saja kata love. Kala kita mengucapkan I love you, artinya sudah jelas aku mencintaimu. Namun, bagaimana dengan I’d love to read your book? Apakah artinya aku cinta untuk membaca bukumu? Terdengar rancu, bukan? Tentu saja, karena kata love dalam kalimat kedua artinya adalah aku ingin membaca bukumu. Dari penjelasan singkat di atas, kita jelas harus mengetahui konteks sebuah kata sesuai penggunaannya. Jika sampai salah pakai atau memahami pasti akan mengacaukan konten yang sedang dipahami.

Langkah ketiga yang dapat membantu kita menghafal lema dalam bahasa Inggris adalah membaca. Terdengar mudah, ya? Sayangnya, minat baca yang rendah di Indonesia membuat metode ini dianggap sulit oleh sebagian pemula. Padahal, membaca akan membantu kita dalam memahami konteks sebuah kata dalam bahasa Inggris. Tidak perlu langsung membaca textbook kalau kita baru mempelajari bahasa Inggris. Mulailah dari bacaan-bacaan ringan seperti buku dongeng yang umumnya memakai kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimegerti. Perlahan tapi pasti, tingkatkan level bacaan kita ke buku-buku yang lebih berat sembari mempelajari konteks dari kata-kata yang digunakan. Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi hasilnya akan membuat kita terkejut.

Keempat, practice makes perfect. Ya, seimbangkan porsi menyerap teori dengan praktik. Misalnya lewat kata kata untuk sahabat bahasa Inggris yang menggugah seperti Good luck! atau I believe you can do it. Jika kita ingin memahami makna atau konteks struktur kalimat, nukil salah satu kalimat favorit kita, lantas ‘bedah’ dan gantilah beberapa katanya sesuai dengan yang kita inginkan.

Seperti yang telah disebutkan, kita juga bisa latihan dengan menulis caption Instagram bahasa Inggris. Media sosial ini menyediakan lahan caption yang tidak terlalu panjang maupun pendek. Sehingga kita bisa mengekspresikan apa yang dipikirkan atau berbagi pendapat lewat fitur tersebut. Tidak usah minder meski hanya sedikit. Kita dapat memudahkan prosesnya dengan mengunggah foto favorit supaya konten yang ditulis pun tidak terlalu sulit. Jangan sungkan untuk menulis caption bahasa Inggris dan artinya untuk memudahkan kita dalam memahami konteksnya.

Kosakata Bahasa Inggris Sehari-hari dan Artinya

KosakataArti
babybayi
backkembali
backgroundlatar belakang
backyardhalaman belakang
bacteriaBakteri
badburuk
badlysangat
bagtas
bakemembakar
balancemenyeimbangkan
balancedseimbang
ballbola
balloonbalon
ballotsuara
banmelarang
bananapisang
bandpita
bankbank
bankerbankir
bankingperbankan
barbar
baretelanjang
barelybaru saja
barnlumbung
barrelbarel
barrierrintangan
basedasar
baseballbaseball
basementbasement
basicdasar
basicallypada dasarnya
basisdasar
basketkeranjang
basketballbola basket
batkelelawar
bathmandi
bathroomkamar mandi
batterybaterai
battlepertempuran
bayteluk
bemenjadi
beachpantai
beambalok
beankacang
bearmenanggung
beardjenggot
bearingbantalan
beastbinatang
beatmengalahkan
beautifulindah
beautykeindahan
becamemenjadi
becausekarena
becomemenjadi
bedbed
bedroomkamar tidur
beelebah
beefdaging sapi
beentelah
beerbir
beforesebelum
begmengemis
beganmulai
beginmulai
beginningawal
behalfkepentingan
behavebertingkah
behaviortingkah laku
behavioralperilaku
behinddi belakang
beingmakhluk
beliefkeyakinan
believepercaya
bellbel
bellyperut
belongtermasuk
belowdi bawah
beltsabuk
benchbangku
bendmenekuk
beneathdi bawah
benefitmanfaat
besidedi samping
besidesselain
bestterbaik
betbertaruh
betterlebih baik
betweenantara
beyondluar
biasprasangka
BibleAlkitab
bicyclesepeda
bidtawaran
bigbesar
bikesepeda
billtagihan
billionmilyar
bindmengikat
biographybiografi
biologicalbiologis

Tinggalkan komentar