Contoh Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi

Infokekinian.com – Kami akan memberikan beberapa informasi mengenai contoh resensi buku fiksi dan non fiksi berikut pembahasan lebih jelasnya pada artikel dibawah ini ya!

Berapa banyak dari kamu yang akrab dengan istilah “resensi”? Memang benar istilah “resensi” adalah istilah yang sering digunakan.

Tetapi banyak orang yang tidak mengerti apa artinya dan akibatnya banyak orang menjadi bingung ketika diminta untuk memahami resensi buku. Memang benar bahwa menulis resensi buku akan berada di luar pemahaman orang kebanyakan.

Yang belum tahu apa itu resensi buku bisa menyimak penjelasan ini, dan masih banyak lagi penjelasan dan contoh cara menulis resensi buku yang lebih lengkap.

Pengertian Resensi Buku

Pengertian Resensi Buku

Istilah “resensi” berasal dari bahasa Belkamu “resentie”, yang juga merupakan bahasa Latin “revizio”, yang berarti meninjau. Resensi memiliki bobot resensi buku jika muncul dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jadi, resensi bisa diartikan sebagai resensi sebuah karya. Karya tulis, karya audiovisual, bahkan karya dua dimensi merupakan contoh hasil karya kreatif. Dapat dikatakan bahwa resensi adalah resensi karya menurut sudut pkamung pribadi pihak yang menyukainya.

Komponen Resensi Sebuah Buku

Materi tentang resensi mungkin diberikan saat masih di sekolah, namun ternyata materi seputar resensi buku ini juga tidak hanya disampaikan di sekolah tetapi juga dijelaskan di luar sekolah.

Membaca resensi buku memerlukan penulisan tentang bagaimana hal-hal yang termasuk di dalamnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan audiens target dan menjadi nilai bagi semua pembaca. Bagian-bagian resensi buku dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut penjelasannya:

Isi ulasan

Untuk isi resensi tentunya akan terdiri dari rangkuman atau resensi singkat buku dengan kutipan secukupnya saja, kelebihan dan kekurangan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.

pengumpulan dan pengorganisasian informasi

Selanjutnya adalah kompilasi data dimana pada tahap ini kamu harus mencantumkan judul buku, pengarang buku, penerbit buku, tahun terbit beserta jumlah karya, dimensi buku dan juga harga bukunya.

Sebuah ulasan tentang

Selanjutnya adalah judul resensi, untuk membuat judul resensi harus selaras dengan isi resensi yang akan dibuat. Pada saat penulisan judul juga harus dibuat menarik agar dapat menarik perhatian pembaca.

Penutupan ulasan

Penutupan ulasan

Untuk selanjutnya adalah review penutup. Secara umum, motivasi penulisan buku dan audiens yang dituju untuk resensi akan dibahas di bagian ini.

Membuat resensi buku memiliki tujuan ini:

Tentunya dalam menghasilkan sebuah review memiliki tujuan. Jadi, apa tujuan itu? Simak ulasan berikut ini:

Tujuan utamanya adalah untuk lebih banyak berbicara dan mengulas tentang isu dan juga tema yang diangkat menjadi sebuah karya.

Tujuan kedua, yaitu agar dapat dengan cepat menyampaikan penjelasan dan juga pengetahuan kepada seluruh pembaca tentang suatu karya yang telah digandrungi sebelumnya. Ini biasa diistilahkan spoiler oleh anak muda zaman sekarang.

Tujuan ketiga, yaitu agar pembaca dapat memberikan pemikiran apakah suatu karya layak dibaca dan diterbitkan.

Tujuan keempat adalah untuk dapat menjelaskan kesalahpahaman yang mungkin dipertanyakan pembaca tentang sebuah karya.

Untuk bisa mereview sebuah buku, kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu resensi buku dan apa saja komponen-komponennya.

Dan tentunya kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuat resensi buku dari berbagai novel. Berikut ini adalah beberapa contoh resensi buku.

Contoh Resensi Buku Non-Fiksi

Identitas Buku

Kapan kamu akan menulis buku berjudul “Tuhan, apakah kamu mengerti bahasa Inggris?”

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi penulis yang tercantum di bawah ini:

Rene Books adalah penerbitnya.

Tahun terbit: 2013

348 halaman disertakan dalam buku ini.

Sinopsis Buku

Sinopsis Buku

Buku ini menginformasikan tentang penulis di mana mereka mengunjungi berbagai situs menarik. International Voluntary Service Organization, di mana ketiga penulis ini menjadi bagiannya, adalah organisasi relawan di Indonesia. Selain ketiganya, ada juga Rini Hanifa.

Mereka datang dari berbagai latar belakang. Jeff adalah pemilik perusahaan kerajinan dan restoran di Bali. Di kota Padang, Nina bekerja di sebuah LSM. Sebuah lembaga donor global mempekerjakan Rini sebagai salah satu karyawannya.

Ketiga orang ini bergabung dengan VSO sebagai relawan dan termasuk yang pertama tiba di negara penempatan masing-masing di Indonesia.

Jeff adalah seorang buruh yang membantu para pengrajin di Taikistan, yang merupakan bekas jajahan Uni Soviet di Asia. Nina adalah orang yang membantu lembaga pendukung bagi suku-suku asli di Bangladesh. Rini, sebaliknya, dikirim ke Guyana, sebuah negara di Amerika Latin, untuk bekerja dengan LSM di sana.

Mereka dibayar sesuai dengan norma-norma negara tempat mereka beroperasi. Akibatnya, mereka akan terus-menerus terlibat dengan orang lain di sekitar mereka untuk disuguhi kisah-kisah lucu dan mengharukan.

Oleh karena itu, buku ini tidak hanya sekedar dongeng tetapi tampak memiliki warna dan kehidupan. Kisah-kisah ketiga penulis ini terjalin di seluruh buku. dengan demikian, mereka menyatakan sesuatu yang sejalan dengan apa yang mereka yakini sebagai petualangan.

Manfaat buku

Buku ini jelas sangat menarik bahkan dari segi judulnya, karena menggunakan nama Tuhan dalam judulnya.

Ketiga penulis ini menyusun narasi yang inspiratif.

Kekurangan Buku

Buku ini memuat berbagai komposisi yang berupa kata-kata atau menggunakan frasa asing sehingga banyak orang awam yang tidak dapat memahami kalimatnya.

Nina silvia menghasilkan sebuah narasi seolah-olah seperti sebuah narasi, yang menyebabkan beberapa pembaca juga akan merasa lelah dan juga bosan jika mengikuti alur cerita dari cerita tersebut.

Contoh Resensi Buku Cerita Pendek

Contoh Resensi Buku Fiksi

Identitas Buku

Judul buku : Milea, pengisi suara Dilan

Penulis Buku : Pidi Baiq

Penerbit Buku : Buku-buku pastel

Tahun terbit: 2016

Ada 360 halaman dalam buku ini.

Sinopsis Buku

Buku ini merupakan seri ketiga dari novel Dilan, Dia Dilanku 1990, Dia Dilanku 1991. Jika kamu belum membaca dua buku sebelumnya, maka tentu kamu akan bingung untuk bisa mendengarkan kisah Milea.

Masalah dan pertanyaan pembaca dari buku-buku Dilan sebelumnya tampaknya dibahas dalam buku ini. Ini karena buku Milea kamu dapat menerima semua jawaban.

Plot buku Milea diambil dari sudut pkamung Dilan. Artikel di Milea juga akan merespon dan menawarkan penjelasan tentang pernyataan atau cerita dari Milea.

Misalnya penyebab kematian Akew, lalu alasan kenapa Dilan ada di kantor polisi. Dilan sendiri tidak dipenjara karena kasus Akew yang meninggal. Dan kisah bagaimana Dilan awalnya meramalkan kedatangan Milea ketika keduanya pertama kali bertemu.

Dilan adalah teman yang hebat, pacar yang baik. Apalagi Dilan berprestasi di kelas ketika dosennya bisa memahami dengan baik dengannya.

Guru dapat mengambil manfaat dari membaca karya Milea untuk lebih memahami bagaimana berinteraksi dan menangani anak berkebutuhan khusus, seperti Dilan dan teman-temannya.

Mereka tidak pantas dihukum atau diceramahi untuk waktu yang lama. Cukup untuk menunjukkan kepada mereka bahwa kamu memperhatikan dan bahwa kamu tertarik dengan apa yang mereka katakan dengan sopan.

Kisah cinta Dilan bukan hanya kisah remaja dengan Milea, tapi juga kisah cinta tentang keluarga, persahabatan dan bahkan kesedihan yang tergabung dalam buku.

Manfaat Buku – contoh resensi buku

Buku ini menggunakan sampul yang modern dan sesuai dengan target demografi, yaitu remaja. Puisi ditaburkan di seluruh buku, yang merupakan sentuhan yang bagus demi membuat pembaca tersenyum.

Kisah buku Milea memiliki model yang jelas dan terorganisir. Akibatnya, jika kamu mulai membaca dari awal, kamu akan memiliki buku yang bagus tentang apa yang terjadi di buku pertama dan kedua.

Buku-buku Milea serta seri novel sebelumnya benar-benar tampak seperti kisah nyata. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang percaya bahwa buku termasuk alur cerita yang murni dibuat-buat. Namun, cerita yang ditulis tidak berlebihan, meskipun cerita mengalir apa adanya.

Tidak ada banyak pidato atau penjelasan asing di salah satu kalimat. Alih-alih seperti mereka yang baru mulai membaca, pembaca akan bisa mengikuti alurnya dari awal hingga akhir.

Semua orang dari segala usia dapat menikmati membaca novel ini karena disajikan dengan cara yang sederhana dan lugas.

Manfaat Buku

Kekurangan Buku

Finishing buku Milea cukup menarik, hal ini dikarenakan ending kisah cinta Dilan dan Milea sudah terungkap di seri novel sebelumnya.

Ada berbagai contoh yang membuat pembaca merenungkan apakah hal seperti itu biasa dilakukan seseorang di tahun 90-an. Tentu ini kembali lagi ke kajian penulis, mungkin bagi sebagian pembaca terkesan agak tidak biasa.

Ini adalah ilustrasi resensi buku untuk tujuan informasi.

Identitas Buku

Untuk memahami film, bacalah buku Memahami Film.

Para pratists Himawan menulis buku itu

Perpustakaan Homerian adalah penerbit buku tersebut.

Tahun 2008 adalah tahun penerbitan.

Jumlah halaman: 223 halaman

Sinopsis Buku

Mayoritas orang percaya bahwa menonton film adalah tugas yang hampir mustahil. tapi semua orang bisa membuat film. Meski ada yang memiliki minat besar dalam memproduksi film, namun kedalaman untuk bisa memahami seni sinema sangat-sangat terbatas.

Meski film bukan hanya milik akademisi, tapi milik semua orang yang suka menontonnya, pengetahuan tentang film sebagai mahakarya seni masih terbatas di ruang kuliah.

Buku ini merupakan upaya untuk mengangkat pengalaman menonton film dengan suara keras ke tingkat seni rupa. Dengan buku ini, pembaca akan dapat memahami tentang motivasi di balik pemilihan metode sutradara.

Dari segi parative maupun sinematik, ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Buku ini akan mudah dipahami oleh semua pembaca terutama dengan grafis yang mendukungnya.

Manfaat Buku

Manfaat Buku

Dapat menawarkan contoh semua aspek dalam pengembangan sebuah film dengan ilustrasi dan referensi sinematik. Tugas pembaca akan dipermudah jika diberikan contoh.

Berikan penjelasan menyeluruh tentang subjek buku yang dimaksud. Misalnya, membahas komponen naratif, ciri genre, organisasi tiga babak serta alternatif, kualitas sinematik, suara, dan sebagainya.

Dapat membantu pembuatan film baru yang baru sampai pada tahap penyajian instrumen dan metode pembuatan film. Pemula tidak akan kesulitan mengikutinya karena sangat mudah dipahami.

Kekurangannya Buku

Buku ini sangat sulit didapatkan, bahkan di toko-toko buku besar pun sangat jarang dijual. Jika kamu ingin mendapatkan buku ini, kamu bisa membuat website atau Instagram yang merupakan penyedia jasa penjualan buku.

Contoh Resensi Buku Ilmiah – contoh resensi buku

Identifikasi buku teks

Judul Buku : Metodologi Penelitian dan Pendekatan Penulisan Skripsi

Penulis Buku : H. Abdurrahmat Fathoni

Penerbit Buku : PT. desain kreatif

Tahun Terbit: 2006

Jumlah halaman: 105 halaman

Sinopsis Buku

Buku ini adalah buku yang memuat banyak perspektif dan pendapat para peneliti dan profesional tentang metode penelitian.

Para peneliti dalam ilmu-ilmu sosial dapat mengambil manfaat dari penjelasan buku ini tentang metode, proses, dan desain penelitian secara umum.

Itu ditulis dalam gaya yang dapat diakses. Banyaknya strategi yang dibahas dalam buku ini mungkin cukup bermanfaat bagi mahasiswa untuk sekadar mempersiapkan skripsi.

Manfaat Buku

Buku ini tentunya sangat terfragmentasi, sehingga sangat disarankan bagi pembacanya adalah orang-orang yang akan melakukan studi atau skripsi.

Sepanjang buku ini, setiap fase dan strategi dijelaskan dengan sangat baik, sehingga memudahkan pembaca untuk mengikutinya.

Buku sangat mudah diperoleh di toko buku mana pun dan di mana pun.

Dapat dijadikan referensi bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Lihat juga Contoh Makalah Penelitian

Kekurangan Buku

Terdapat perbedaan perguruan tinggi yang memiliki teknik penelitian dari skripsi sehingga tentunya metode dan tahapan pembuatan skripsi tidak sama. Jadi, kamu juga harus membuat perbandingan dari satu buku ke buku lainnya juga.

Buku ini memiliki beberapa frasa aneh yang tidak sepenuhnya didefinisikan.

Contoh Resensi Buku Dongeng – contoh resensi buku

Identitas Buku

Judul Buku: Kisah 25 Nabi dan Rasul

Penulis Buku : Sholechul azis

KunciKom adalah nama penerbit di balik buku tersebut.

Awalnya diterbitkan pada tahun 2013

Sinopsis Buku

Buku ini adalah buku yang berbicara tentang kisah para nabi yang penuh dengan sejarah dan mukjizat. Ada tulisan tentang seorang nabi yang merupakan orang pertama yang belajar menulis dan membuat rumah dari nol dengan menggunakan prinsip arsitektur yang sangat mendasar.

Ada juga kisah seorang nabi yang bisa mengerti bagaimana bahasa binatang. Dengan buku ini, kamu dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang alasan Nabi Nuh harus membangun sebuah kapal besar, keajaiban-keajaiban yang diperoleh ketika Nabi Brahim hendak dibakar.

Tentang kisah mendebarkan tentang perjalanan Nabi Muhammad dan banyak lagi kisah lainnya. yang ada di buku. Buku ini dapat memberikan banyak wawasan yang dikumpulkan dari kisah 25 nabi. Buku ini jauh lebih menarik dengan peta perjalanan para nabi saat mengajar di bumi.

Nabi-nabi ini adalah orang-orang terpilih yang diutus oleh Allah untuk melaksanakan tugas-tugas khusus mereka dan juga memiliki keistimewaan-keistimewaan mereka sendiri. Sebagai ilustrasi, ambil contoh Nabi (as).

Setelah itu, Nabi Idris diberi kesempatan untuk melihat langsung surga dan neraka. Nabi Nuh yang berdakwah dalam waktu yang sangat lama, tepatnya 950 tahun dan Nabi Ibrahim serta putranya Nabi Ismail diberi amanah untuk bisa membangun Ka’bah. Ada ringkasan yang indah dan menarik dari semua kisah kenabian dalam buku ini.

Manfaat buku

Manfaat pertama dari judul, judul telah mendorong orang untuk membeli dan membacanya. Khususnya bagi orang-orang yang memiliki minat yang signifikan terhadap kisah nabi.

Buku ini menyajikan kisah-kisah berdasarkan apa yang ada di dalam Al-Qur’an dan sumber hadits asli.

Setiap narasi yang sarat juga harus diarahkan oleh ayat Al-Qur’an dari mana cerita itu berasal.

Semua cerita yang dimasukkan ke dalam buku akan selalu dilengkapi dengan foto-foto yang menarik.

Untuk memudahkan pembaca, kisah ini dimulai dengan deskripsi garis besar tentang kehidupan nabi sebelum membahas secara spesifik.

Semua usia menjadi sasaran buku ini, namun buku ini juga sangat bagus untuk anak-anak muda yang masih dalam tahap memperoleh informasi agama.

Kekurangannya Buku

Kelemahan buku ini adalah tidak cukup mendalami perjalanan dakwah Nabi.

Contoh Resensi Buku Cerita Pendek

Identitas Buku

Judul buku: Filosofi kopi

Penulis Buku: Dewi “Dee” Lestari

Span Publishers, Truedee Books, dan Gagas Media termasuk di antara penerbit buku tersebut.

Tahun terbit: 2006

Ketebalan Halaman : 142 Halaman

Sinopsis Buku – contoh resensi buku

Buku tersebut menceritakan kisah Ben dan Jody, mereka adalah barista yang mahir membuat racikan kopi. Ketika Jody dan Ben memutuskan untuk membuka bisnis kopi, mereka ingin bisnis itu mencerminkan filosofi kopi pribadi mereka.

Ben memaparkan penjelasan singkat dengan sedikit komentar tentang filosofi kopi dari setiap racikan yang benar-benar diproduksi dan disajikan di kedai kopi tersebut.

Bisnis yang dibangun oleh Ben dan Jody tumbuh sangat padat dan bahkan dipenuhi tamu. Bahkan tidak hanya penikmat kopi saja yang hadir, namun banyak dari mereka yang tidak suka kopi dan ingin mencicipi rasa kopi juga ikut meramaikan kedai kopi tersebut.

Sebelum bertemu dengan seorang pria kaya yang menantang Ben untuk membuat racikan kopi yang ketika dikonsumsi membuat orang menahan napas kagum, Ben tidak pernah tertantang. Ben juga merasa kesal dengan komentar dan tantangan yang ditawarkan kepadanya.

Akhirnya Ben dan Jody segera tiba di tempat yang telah ditentukan oleh orang kaya itu dan menemukan secangkir kopi Tiwus yang disajikan oleh pemilik bisnis. Tidak mampu menghasilkan kopi dengan rasa yang tepat membuat Ben merasa gagal dan sedih.

Sepulang dari Jakarta, Jody menghidangkan kopi tiwus dengan sebuah kartu kecil bertulisan tentang makna filosofi yang akhirnya membuat Ben sadar bahwa kehidupan yang ia jalani saat ini tidak benar karena hidup ini tidak sempurna. Alhasil, Ben memutuskan untuk tetap bekerja sebagai barista di toko Filosofi kopo sebagai usaha sampingan.

Manfaat buku

Beberapa eksemplar buku filsafat ini membuktikan kemampuan buku tersebut untuk membangkitkan rasa ingin tahu orang-orang yang membacanya.

Kata-kata Moraj, seperti “kita tidak bisa hanya merasa putus asa untuk menjalani hidup dan harus berusaha keras untuk mencapai hasil yang maksimal,” juga tertulis dalam buku ini.

Kekurangan Buku – contoh resensi buku

Beberapa kisah dalam buku ini mungkin mengandung kata atau frasa yang sulit dipahami oleh sebagian orang. Karena itu, bukanlah buku yang baik bagi pembaca pemula untuk memulai dengan buku ini.

Karena keyakinan penulis, yang tidak semua orang bisa mengerti, buku ini juga terlalu terfragmentasi.

Remaja cenderung tidak tertarik dengan desain sampul buku.

Contoh Ulasan Novel

Identitas Buku

Sebuah Novel Berjudul “5 Cm”

Penulis novel : Donny dhirgantoro

PT. Grasindo adalah nama penerbitnya.

Tahun Terbit 2007

Ketebalan buku: 381 halaman

Kesimpulan

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat kekinian mengenai contoh resensi buku fiksi dan non fiksi semoga artikel diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian ya!

/* */