Membuat Kata-kata Mutiara dan Motivasi yang Menggugah Hati

Apa ada di antara kalian yang suka menyimak tayangan renungan pagi islami di teve? Sepertinya, nyaris semua stasiun televisi menyiarkan acara khusus bernuansa religi di pagi hari untuk menyemangati hari kita sebelum memulai aktivitas. Motivasi-motivasi yang menyentuh kalbu tak hanya menenangkan, tetapi akan mendorong kita untuk senantiasa melakukan kegiatan terpuji. Selain itu—dan tentunya—senantiasa mendekatkan kita dengan Sang Maha pencipta.

Para ustaz dan ustazah yang menjadi pengisi acara tersebut biasanya akan menyelipkan beberapa kata-kata mutiara atau kata kata pagi hari yang membangkitkan semangat. Diksi yang mereka pakai mungkin terdengar simpel, tepat bisa langsung menancap ke hati orang-orang yang menyimaknya. Tak jarang kita jadi penasaran, mengapa mereka dapat menyampaikan hal-hal religius yang kadang terkesan berat ke dalam kalimat pendek yang mudah dipahami. Apa kita bisa melakukannya juga?

Jawabannya: tentu bisa! Siapa pun dapat menciptakan kalimat-kalimat mutiara atau motivasi yang baik. Hanya saja, kita tidak bisa asal, apalagi kalau mau mencatut dari ayat-ayat suci Alquran. Menulis kata mutiara pagi hari sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan menyusun tipe tulisan lain, sebab ada hal-hal penting yang wajib dipelajari dan dipahami dengan baik agar hasilnya bisa sebaik ustaz/ustazah ternama maupun motivator ternama yang sering muncul di televisi.

Membuat kata-kata mutiara/motivasi yang bagus

Sekarang, mari kita amati baik-baik kata-kata mutiara atau motivasi yang diutarakan para ustaz/ustazah dan motivator. Apakah mereka pernah menggunakan lema negatif atau bersifat demotivasional? Nyaris tidak pernah, bukan? Sebuah kata dapat menjadi kekuatan besar dalam kalimat yang disampaikan. Kita bisa simak contohnya dari kalimat di balik kesusahan pasti ada kemudahan. Kalimat ini biasanya bakal diungkapkan setelah pembicara menceritakan kisah sukses yang pelik. Kata susah dan mudah yang sejatinya bertentangan lantas disusun menjadi kalimat yang powerful. Dari sini, kita bisa mengetahui juga kalau penyampaian kata-kata mutiara dan motivasi akan lebih berdampak setelah mendengar kisah-kisah yang sangat menginspirasi.

Bagaimana dengan kata islami penyejuk hati? Masih sama dengan contoh di atas, tetapi umumnya dituturkan setelah sang pembicara menceritakan kisah keagamaan yang akan menyadarkan seseorang atau memberi kesan tertentu. Misalnya, maka nikmat mana yang engkau dustakan? yang dicatut dari satu ayat dalam sebuah surah di Alquran yang kemudian disampaikan ulang dengan tujuan supaya para pendengar lebih banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt.

Dari dua contoh di atas, terlihat jelas bahwa kalimat-kalimat mutiara dan motivasi tidak membutuhkan diksi yang berat. Apalagi kalau kita ingin kata-kata tersebut cepat sampai dan dipahami masyarakat luas. Lantas, seperti yang telah disinggung, kalimat-kalimat tersebut sebenarnya dapat dengan kita dapatkan dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita bisa menyisipkan harapan atau keinginan setelah memanjatkan doa di pagi hari.

Tema yang paling sering diangkat dalam kata-kata mutiara atau motivasi selain agama adalah hubungan asmara. Ungkapan jodoh tidak akan ke mana biasanya diutarakan orang-orang yang sedang mencari belahan jiwa mereka. Kemudian, mereka yang sedang patah hati akan menghibur diri dengan kata-kata seperti lebih baik sendiri daripada harus bersama orang yang tidak membuatmu bahagia. Sementara mereka yang baru saja menemukan pasangan hidup akan mengungkapkan kebahagiaannya lewat lema berbunga-bunga menyangkut bahtera rumah tangga dan perjalanan sehidup-semati.

[Menulis kata mutiara pagi hari sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan menyusun tipe tulisan lain, sebab ada hal-hal penting yang wajib dipelajari dan dipahami dengan baik agar hasilnya bisa sebaik ustaz/ustazah ternama maupun motivator ternama yang sering muncul di televisi. …]

Namun, ada baiknya jika kata mutiara tidak dibuat dan disimpan begitu saja. Akan lebih baik jika kata mutiara dapat disebarkan ke orang lain.

Bagaimana tidak, orang yang membutuhkan motivasi bukan hanya kita. Di luar sana ada banyak orang yang memerlukannya. Mereka yang usahanya sedang jatuh, mereka yang baru gagal dalam ujian, sampai mereka yang tidak mendapat apa yang diharapkan padahal sudah bekerja keras. Mereka semua membutuhkan motivasi agar tidak mudah menyerah dari keadaan yang ada.

Motivasi juga perlu disampaikan dengan baik. Tidak jarang, mereka yang sedang membutuhkan motivasi marah ketika kita memberikan nasihat. Walau niat kita baik untuk memberikan motivasi, tapi ada cara yang lebih baik. Menjadikan mereka yang sedang down tidak merasa sedang dinasehati oleh mereka yang paling benar.

Hal ini bisa dilakukan dengan memotivasi secara langsung. Atau juga dengan memberikan bentuk lain dari motivasi. Mulai dari ucapan-ucapan sederhana, sampai dengan motivasi menggunakan kalimat-kalimat yang baik. Kalimat ini bisa diberikan secara langsung, melalui pesan singkat, atau lewat gambar-gambar motivasi cantik yang tentunya membuat kalimat motivasi menjadi lebih menarik.

Dengan begitu, mereka bisa menerima pesan motivasi secara penuh. Ini akan memberikan efek yang maksimal dan membuat orang yang kita sayangi menjadi lebih baik. Setidaknya kita sudah berusaha memberikan yang terbaik bagi mereka yang kita sayangi untuk terus semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Kumpulan kata bijak motivasi islami dan tokoh dunia

33 Kata-kata Mutiara Islami

Barang siapa tidak dicoba dengan bencana atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah. (Adh-Dhahhak)

Pangkal dai semua kebaikan di dunia maupun di akhirat adalah taqwa kepada Allah. (Abu Sualeman Addarani)

Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseoran yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup. (Bediuzzaman Said Nur)

Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati. (Ali bin Husein)

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan. (Bediuzzaman Said Nur)

Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg. (Bediuzzaman Said Nursi)

Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa. (Bediuzzaman Said Nursi)

Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari. (Bediuzzaman Said Nursi)

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Umar bin Kattab)

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. (Ali bin Abi Thalib)

Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. (Ibnu Mas’ud)

Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan pula adalah sebuah akhlaq ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, lalu bila kebajikan dibalas dengan kebajkan adalah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia. (Nasirin)

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Berteman dengan orang bodoh yang tidak mengikuti ajakan hawa nafsunya adalah lebih baik bagi kalian, daripada berteman dengan orang alim tapi selalu suka terhadap hawa nafsunya. (Ibnu Attailllah as Sakandari)

Keluarlah dari dirimu dan serahkanlah semuanya pada Allah, lalu penuhi hatimu dengan Allah. Patuhilah kepada perintahNya, dan larikanlah dirimu dari laranganNya, supaya nafsu badaniahmu tidak memasuki hatimu, setelah itu keluar, untuk membuang nafsu-nafsu badaniah dari hatimu, kamu harus berjuang dan jangan menyerah kepadanya dalam keadaan bgaimanapun juga dan dalam tempo kapanpun juga. (Syekh Abdul Qodir al-Jaelani)

Pangkal dai semua kebaikan di dunia maupun di akhirat adalah taqwa kepada Allah. (Abu Sualeman Addarani)

Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseoran yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup. (Bediuzzaman Said Nur)

Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati. (Ali bin Husein)

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan. (Bediuzzaman Said Nur)

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. (Umar bin Khattab)

Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan pula adalah sebuah akhlaq ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, lalu bila kebajikan dibalas dengan kebajkan adalah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia. (Nasirin)

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Berteman dengan orang bodoh yang tidak mengikuti ajakan hawa nafsunya adalah lebih baik bagi kalian, daripada berteman dengan orang alim tapi selalu suka terhadap hawa nafsunya. (Ibnu Attailllah as Sakandari)

Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg. (Bediuzzaman Said Nursi)

Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa. (Bediuzzaman Said Nursi)

Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari. (Bediuzzaman Said Nursi)

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Umar bin Kattab)

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

69 Kata bijak tokoh dunia

Kesulitan itu ibarat seorang bayi. Hanya bisa berkembang dengan cara merawatnya. (Douglas Jerrold)

Bila Anda mengatakan apa yang Anda pikirkan, jangan harap hanya mendengar apa yang Anda sukai. (Malcom S. Forbes)

Yang kalah adalah wujud hukuman atas kegagalan. Pemenang adalah penghargaan atas kesuksesannya. (Bob Gilbert)

Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. (Woodrow Wilson)

”Mulai” adalah kata yang penuh kekuatan. Cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatu adalah, “mulai”.Tapi juga mengherankan, pekerjaan apa yang dapat kita selesaikan kalau kita hanya memulainya. (Clifford Warren)

Mereka yang bermimpi di siang hari akan lebih menyadari bahaya yang luput dari penglihatan mereka yang mimpi di malam hari. (Edgar Allen Poe)

Emansipasi merupakan seni untuk berdiri di atas kaki sendiri namun dipeluk tangan orang lain. (Alex Winter)

Sebelum menikah saya mempunyai enam teori tentang bagaimana mendidik anak. Kini saya mempunyai enam anak dan tidak mempunyai teori. (John Wilmot, Earl of Rochester 1647-1680)

Kebahagiaan itu seperti batu arang, ia diperoleh sebagai produk sampingan dalam proses pembuatan sesuatu. (Aldous Huxley)

Dari pesawat terbang yang saya cintai, saya melihat ilmu pengetahuan yang saya puja memusnahkan kebudayaan, padahal saya mengharapkan mereka dimanfaatkan untuk kebudayaan. (Charles A. Lindbergh, Jr.)

Harapan adalah tiang yang menyangga dunia. (Pliny the Elder)

Alat penghemat kerja yang paling populer sampai saat ini masih tetap suami yang berada. (Joey Adams)

Seorang arkeolog merupakan suami yang terbaik yang bisa diperoleh wanita; makin tua si istri, makin besar minat suami terhadapnya. (Agatha Cristie)

Saya lebih suka lamunan untuk masa akan datang daripada sejarah masa lalu. (Thomas Jefferson 1743-1826)

Jangan memberi nasehat kalau tidak diminta. (Erasmus)

Manusia mudah dibohongi oleh orang yang dicintainya. (Molire)

Sebelum menulis, belajarlah berpikir dulu. (Boileau)

Orang yang berjiwa cukupan, merasa bisa menulis dengan hebat. Orang yang berjiwa besar merasa bisa menulis cukupan. (La Bruyère)

Kemenangan yang paling indah adalah bisa menaklukkan hati sendiri. (La Fontaine)

Tidak ada yang selembut dan sekeras hati. (G.C. Lichtenberg)

Lebih baik mengerti sedikit daripada salah mengerti. (A. France)

Orang memerlukan dua tahun untuk berbicara, tetapi limapuluh tahun untuk belajar tutup mulut. (Ernest Hemingway)

Penulis buku jarang intelektual. Intelektual ialah mereka yan berbicara tentang buku yang ditulis orang lain. (Françoise Sagan)

Orang yang mencemarkan udara dengan pabriknya dan anak ghetto yang memecahkan kaca etalase toko menunjukkan hal yang sama. Mereka tidak peduli pada orang lain. (Dhaniel Patrick Moynihan)

Kemajuan merupakan kata yang merdu. Tetapi perubahanlah penggeraknya dan perubahan mempunyai banyak musuh. (Robert F. Kennedy)

Kita mengajarkan disiplin untuk giat, untuk bekerja, untuk kebaikan, bukan agar anak-anak menjadi loyo, pasif, atau penurut. (Maria Montessori)

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat. (Maria Montessori)

Kemampuan menertibkan keinginan merupakan latar belakang dari watak. (John Locke 1632-1704)

Kebahagian dari setiap negara lebih bergantung pada watak penduduknya daripada bentuk pemerintahannya. (Thomas Chandler Haliburton 1796-1865)

Menyikat lantai dan mencuci pispot sama mulianya seperti menjadi presiden. (Richard M. Nixon)

Jangan pernah membanting pintu, siapa tau kita harus kembali. (Don Herold)

Diplomat ialah orang yang selalu ingat pada ulang tahun seorang wanita tetapi tidak pernah ingat berapa umur wanita itu. (Robert Frost)

Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang yang paling takut pada perubahan. (Mignon McLaughlin)

Kalau manusia berangsur menjadi tua, umumnya ia cendrung menetang perubahan, terutama perubahan ke arah perbaikan. (John Steinbeck)

Selama hidup saya yang sudah 87 tahun ini, saya telah menyaksikan serentetan revolusi teknologi. Tetapi tidak satu pun diantaranya yang tidak membutuhkan watak yang baik atau kemampuan untuk berfikir. (Bernard M. Baruch)

Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis. (Aristoteles)

Pendidikan mengembangkan kemampuan, tetapi tidak menciptakannya. (Voltaire)

Pendidikan yang baik tidak menjamin pembentukan watak yang baik. (Fonttenelle)

Setelah makan, pendidikan merupakan kebutuhan utama rakyat. (Danton)

Kerendahan hati disukai orang-orang terkenal. Namun orang yang bukan apa-apa sulit untuk rendah hati. (Paul Valěry)

Sejarah manusia merupakan tanah pemakaman dari kebudayaan-kebudayaan yang tinggi, yang rontok karena mereka tidak mampu melakukan reaksi sukarela yang terencana dan rasional untuk menghadapi tantangan. (Erich Fromm)

Dari semua hal, pengetahuan adalah yang paling baik, karena tidak kena tanggung jawab maupun tidak dapat dicuri, karena tidak dapat dibeli, dan tidak dapat dihancurkan. (Hitopadesa)

Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan. Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian. (Francis Bacon)

Cuma sedikit orang yang menginginkan kebebasan, kebanyakan hanya menginginkan seorang tuan yang adil. (Gaius Sallatus Crispus)

Tak diinginkan, tak dicintai, tidak diperhatikan, dilupakan orang, itu merupakan derita kelaparan yang hebat, kemiskinan yang lebih besar daripada orang yang tak bisa makan. Kita harus saling merasakan hal itu. (Ibu Teresa)

Pengalaman bukan saja yang telah terjadi pada diri Anda. Melainkan apa yang Anda lakukan dengan kejadian yang Anda alami. (Aldous Huxley)

Dunia adalah komedi bagi mereka yan memikirkannya, atau tragedi bagi mereka yang merasakannya. (Harace Walpole)

Saya percaya kata managing berarti memegang burung dara di kepalan tangan. Kalau terlalu kencang ia akan mati. Tapi bila terlalu kendur, bisa terlepas. (Tommy Lasorda)

Seorang pria sudah setengah jatuh cinta kepada wanita yang mau mendengarkan omongannya dengan penuh perhatian. (Brenden Francis)

Kebahagian hidup yang sebenarnya adalah hidup dengan rendah hati. (W.M. Thancheray)

Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells)

Kebijaksanaan tidak pernah berbohong. (Homer)

Tuhan sering mengunjungi kita, tetapi kebanyakan kita sedang tidak ada di rumah. (Joseph Roux)

Lebih baik bertempur dan kalah daripada tidak pernah bertempur sama sekali. (Arthur Hugh Clough)

Hidup adalah lelucon yang baru saja dimulai. (W.S. Gilbert)

Orang yang bisa menggunakan dan menyimpan uang adalah orang yang paling bahagia, karena ia memiliki kedua kesenangan. (Samuel Johnson)

Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur. (Richard Wheeler)

Bila Anda ingin bahagia, buatlah tujuan yang bisa mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga, serta mengilhami harapan Anda, (Andrew Carnegie).

Kita hanya berfikir ketika kita terbentur pada suatu masalah. (John Dewey)

Kesalahan orang lain terletak pada mata kita, tetapi kesalahan kita sendiri terletak di punggung kita. (Ruchert)

Yang baik bagi orang lain adalah selalu yang betul-betul membahagiakannya. (Aristoteles)

Semua yang riil bersifat rasional dan semua yang rasional bersifat riil. (Hegel)

Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu. (Petrus Claver)

Bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan. (Goethe)

Secara teoritis saya meyakini hidup harus dinikmati, tapi kenyataannya justru sebaliknya – Karena tak semuanya mudah dinikmati. (Charles Lamb)

Marah itu gampang. Tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, serta dengan cara yang benar itu yang sulit. (Aristoteles)

Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup. (John Pattrick).

Jangan pernah melupakan apa pun yang dikatakan seseorang ketika ia marah, karena akan seperti itu pulalah perlakuannya pada Anda. (Henry Ward Beecher)

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Media untuk menyampaikan kata-kata mutiara/motivasi

Lantas, di mana sebaiknya kita menyampaikan kalimat penyejuk hati? Apa harus selalu di teve? Tentu saja tidak, karena di era serba canggih seperti sekarang, kita bisa memanfaatkan media lain yang lebih mudah dan simpel. Misalnya jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram. Kedua media sosial tersebut telah melahirkan banyak orang yang dikenal akan kalimat-kalimat mutiaranya yang indah dan memiliki nilai motivasi tinggi. Selain itu, kita juga bisa mengasah kemampuan dengan mengunggah kalimat yang bermakna dan dekat dengan kehidupan sehari-hari untuk memikat warganet. Satu hal yang pasti, jangan sampai kata kata nasehat islam atau motivasi yang kita tulis di jejaring sosial adalah jiplakan, karena kita bisa dituntut pencipta aslinya.

Tinggalkan komentar