Jenis Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya!

Salah satu aspek dalam musik adalah alat musik itu sendiri. alat musik memiliki sejarah dimana yang dahulu hanya terdiri dari alat musik yang sifat dan pembawaannya tradisional, sekarang musik berkembang dengan adanya alat musik modern mulaid ari gitar elektrik dan masih banyak lagi. musik memang kaya akan keberragaman, ada banyak genre dan judul lagu yang bisa kita nikmati. musik sendiri sering dijadikan sebagai pembangkit mood seseorang dan penenang diri dalam menjalani aktivitas sehari hari.

Di Artikel ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai jenis jenis musik dan bagaimana cara memainkannya, perhatikan pembahasan dibawah ini:

Alat Musik terbagi menjadi beberapa kategori, seperti alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dengan senar atau dawai, alat musik yang ditiup dan lain lain.

Alat Musik Dawai Modern

Ini merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik, digesek atau dipukul. diantara lain:

Gitar

Gitar bisa dibilang sebagai alat musik yang paling dikenal, ketimbang drum dan piano yang ukurannya besar serta harganya mahal, gitar praktis murah dan ukurannya praktis, sehingga banyak orang yang lebih suka memainkan gitar. gitar modern terdiri dari gitar akustik dan elektrik.

  • Gitar Akustik

Gitar yang memiliki lubang di bagian tengahnya dan menghasilkan suara melalui getaran senar yang dialirkan dari sadel dan jembatan pengikat. untuk cara memainkannya yakni dengan dipetik dan alat musik modern ini sering digunakan pada musik musik instrumental maupun lagu lagu dari berbagai genre.

  • Gitar Elektrik

Berbeda dengan akustik, Gitar Elektrik ini sumber suaranya berasal dari listrik dan bentuknya padat tanpa ada lubang di bagian tengahnya, suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar atau bisa juga disebut pickup. gitar elektrik seringkali digunakan untuk mengiringi musik musik jazz, rock, metal, countri dan lain lain.

  • Biola

Selain gitar, Biola juga cukup populer di kalangan pelaku musik, biola sering digunakan sebagai alat musik pengiring lagu lagu instrumental dan mellow. biola memiliki 4 senar dengan kunci G, D, A, E.

Alat Musik Modern yang Cara Memainkannya dengan Ditiup

  • Saksofon

Saksofon merupakan alat musik modern berasal dari Belgia yang diciptakan oleh Adolphe Sax, merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup dan bersuara logam.

  • Terompet

Siapa sih yang tidak tahu terompet? terompet bisa dibilang menjadi salah satu alat musik yang paling unik karena hanya memiliki 3 tombol saja dan cara memainkannya dengan meniup secara teratur, biasanya pemain alat musik terompet adalah mereka yang memiliki pernapasan kuat karena memang membutuhkan tiupan yang keras dan ektra.

  • Harmonika

Sama halnya seperti terompet, Harmonika merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup, bedanya harmonika ini bentuknya kecil dan praktis. alat musik modern yang satu ini merupakan alat musik yang berasal dari China dan bisa menghasilkan nada suara yang begitu merdu. tak sembarang meniup, karena untuk bisa menghasilkan suara yang bagus dari harmonika, anda juga harus pandai mengatur pernafasan karena memang untuk mengelarkan suara yang bagus harus ditiup dan menghisap lubang pada harmonika.

Alat Musik Modern Tuts

Alat Musik Modern berikutnya adalah alat musik jenis Tuts atau yang cara memainkannya dengan jari jemari, beberapa jenisnya antara lain:

  • Keyboard

Sekilas mirip piano, namun keyboard ini berbeda tentunya, keyboard berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras dalam sebuah musik dan keyboard ini memiliki perbedaan dengan piano dimana keyboard bisa digunakan untuk memainkan berbagai jenis suara dari alat musik seperti terompet, seruling, gitar bahkan biola dan perkusi.

  • Piano

Piano merupakan alat musik tuts yang dimainkannya dengan cara di tekan dengan jari jemari dan memiliki ukuran yang lebih besar dari keyboard.

Tinggalkan komentar