Jenis Genre Musik Populer di Indonesia

Infokekinian.com – Seperti dalam kehidupan, musik juga memilik berbagai macam jenis genre yang dapat mengutarakan perasaan dan situasi, maka dari itu inilah 15 jenis genre musik populer di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Selama ini, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis genre musik populer. Namun, apakah kamu memahami masing-masing genre ini?

Jenis-Jenis Genre Musik Populer

Apakah salah satunya adalah musik musik pilihan kamu? Simak penjelasannya di bawah ini jika membutuhkan informasi lebih lanjut, yuk!

Jenis-Jenis Genre Musik Populer

Berikut adalah jenis genre musik populer yang harus kamu ketahui:

1. Jazz

Jazz memiliki basis musik yang besar karena suaranya yang khas memberi pendengar udara segar dan rasa pembaruan.

Jazz, juga dikenal sebagai musik jazz, memiliki kualitas suara yang elegan dan halus. Oleh karena itu, hanya kelompok tertentu saja yang menikmati musik ini.

Pada tahun 1930, musik Amerika ini masuk dan menjadi populer di Indonesia. Instrumen jazz termasuk saksofon, trombon, piano, trombon, dan gitar, antara lain.

Perpaduan alat musik tersebut menghasilkan suara yang khas dan dapat diapresiasi oleh semua orang.

Selain menjadi musisi jazz ternama di Indonesia, Pra Budi Dharma, Indra Lesmana, Mus Mudjiono, dan Bubi Chen juga merupakan musisi jazz ternama dengan basis penggemar yang besar.

Musisi-musisi Indonesia ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan musik jazz dan penontonnya di Indonesia.

2. Blues

Musik blues dan musik jazz memiliki instrumentasi yang hampir sama, sehingga ada kesamaan antara kedua genre tersebut.

Meskipun beberapa orang mengklasifikasikan blues dan jazz sebagai genre tunggal, kedua gaya tersebut memiliki karakteristik suara dan basis penggemar yang berbeda.

Musik blues awalnya diciptakan oleh orang Amerika dan Afrika sebagai sarana untuk mengekspresikan emosi batin mereka.

Istilah “blues” membawa konotasi frustrasi atau melankolis dan kemudian digunakan sebagai nama.

Jenis genre musik populer ini lebih lambat dan lebih lembut daripada jazz, tetapi setiap lirik memiliki makna yang mendalam karena mengekspresikan hati.

B.B King, Robert Johnson, Jimi Hendrix, dan Muddy Waters adalah musisi blues yang terkenal secara internasional.

Di Indonesia, musisi blues terkenal antara lain Ginda Bestari, Rama Satria Claproth, Gideon Tengker, Andrian Adioetodo, dan lain-lain.

3. Gospel

Jenis genre musik populer ini memang kurang dikenal dikalangan musik pada umumnya, namun sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari.

Musik gospel adalah musik dominan vokal yang awalnya diperkenalkan dalam ibadah Kristen. Dapat disimpulkan bahwa asal muasal musik gospel adalah gereja.

Gospel adalah jenis genre musik populer yang berbeda karena menggabungkan musik dari jenis genre musik populer lainnya.

Akibatnya, jenis musik ini dapat menghasilkan suara yang baru, namun akrab dan diapresiasi oleh masyarakat.

Sebagai hasil dari evolusinya, musik gospel mulai dimainkan di luar gereja dan sekarang diapresiasi secara luas di seluruh dunia.

4. RnB

RnB

Rhythm and Blues adalah perpaduan antara musik blues, jazz, gospel, dan populer. Komunitas Afrika memperkenalkan R&B pada tahun 1940, dan langsung diterima oleh berbagai kalangan.

Hal ini disebabkan karena musik R&B dirasa mudah untuk didengarkan, membuat rileks, dan menenangkan bagi yang mendengarkannya.

Musik RnB sering dikombinasikan dengan musik hip hop, menghasilkan suara yang lebih kontemporer dan menyenangkan.

Seiring dengan pertumbuhannya, semakin banyak artis R&B yang terkenal secara internasional muncul, termasuk Jay Z, Mariah Carey, Beyonce, John Legend, Alicia Keys, dan Usher.

5. Funk

Genre Afrika dan Amerika pertama kali memperkenalkan jenis genre musik funk, yang merupakan kombinasi dari musik R&B, jazz, dan soul.

Pada tahun 1960, musik funk pertama kali diperkenalkan, dan popularitasnya terus meningkat. Kamu mungkin akrab dengan musik punk, tetapi berbeda dengan musik metal.

Musik funk dicirikan oleh kumpulan suara bass, drum, dan gitar dengan ritme yang terfragmentasi namun menggelegar.

Genre funk sangat cocok untuk menari bagi penonton. Tower of Power, James Brown, dan Sly and the Family Stone adalah musisi terkenal.

6. Rock

Sejak tahun 1940-an, jenis musik musik telah ada dalam genre musik rock. Musik ini merupakan salah satu jenis genre musik yang terus berkembang popularitasnya dan memiliki banyak penikmat.

Musik rock juga terdiri dari berbagai subgenre karena evolusinya yang konstan. Hard rock, rock progresif, punk rock, rock alternatif, dll adalah semua jenis musik rock.

Musik ini sama dengan suara dengan ritme cepat, vokal keras, dan beberapa elemen unik. The Beatles, Mick Jagger, dan Kurt Cobain adalah musisi rock terkenal di dunia.

The Rollies, Slank, dan Ahmad Albar juga merupakan musisi rock ternama di Indonesia. Apakah kamu akan bergabung dengan barisan mereka?

7. Metal

Perkembangan musik rock yang dimulai pada tahun 1970 menyebabkan terbentuknya genre musik metal.

Musik ini memiliki musik yang lebih keras, lebih keras, dan menjerit yang menawarkan kesenangan dan kenikmatan tersendiri bagi yang menikmatinya.

Heavy metal dan black metal adalah dua jenis musik musik ini.

8. Electronic

Electronic

Genre musik elektronik ini disebut juga dengan EDM atau Electronic Dance Music dan menampilkan perpaduan antara alat musik modern atau alat musik elektrik yang menghasilkan musik yang beragam.

Instrumen elektrik ini dapat menambahkan sentuhan aplikasi pada musik yang dihasilkan, sehingga menyempurnakannya.

Musik elektronik memiliki reputasi memiliki ritme yang cepat dan cocok untuk menari.

Musik elektronik ini biasanya disebut sebagai musik klub atau sebagai musik yang dimainkan oleh DJ atau disc jockey.

Musik elektronik baru-baru ini diterima dan menjadi salah satu genre paling populer di Indonesia.

9. Reggae

Reggae adalah jenis musik yang berasal dari Jamaika pada tahun 1960-an dan masih memiliki basis penggemar yang besar.

Genre musik ini memiliki tempo yang santai dan lambat, namun tetap memiliki ritme yang mampu menggerakkan pendengarnya. Reggae adalah musik rocksteady dan ska yang menghasilkan musik musik baru.

Ketukan dalam jenis genre musik populer ini sangat khas, memberikan pengalaman unik bagi para penggemarnya.

Toots Hibbert, Bob Marley, dan Jimmy Cliff adalah musisi paling terkenal dalam genre musik ini.

10. Hip Hop

Genre musik hip hop berasal dari Amerika timur dan berkembang dari musik R&B. Jenis musik ini memiliki ritme yang cepat, namun tetap dapat dinikmati dengan santai.

Oleh karena itu, ia dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pendengarnya. Musik hip hop juga dapat meningkatkan mood seseorang, sehingga sering didengar oleh semua orang.

Selain itu, musik hip hop sering dipadukan dengan genre lain agar lebih enak didengar. Rapcore atau rap adalah contoh kombinasi musik hip-hop.

Genre musik ini berisi lirik yang diucapkan dengan kecepatan tinggi, tetapi masih dapat dinyanyikan dalam musik dengan musik.

11. Techno

Musik techno juga dikenal sebagai EDM atau Electronic Dance Music, yang diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1980.

Musik ini berawal dari evolusi pesat musik pengiring dance. Genre musik ini dikenal sebagai techno karena terdiri dari berbagai teknologi musik berbasis synthesizer.

Musik techno terutama terdiri dari berbagai kombinasi musik tech yang menampilkan ketukan drum dan sequencer yang dapat membuat kamu bergoyang.

Musik techno biasanya dimainkan di beberapa tempat, seperti klub malam. Carl Cox dan Richie Hawtin adalah dua seniman musik techno yang terkenal secara internasional.

12. Pop

Pop

Musik pop sangat terkenal di kalangan masyarakat umum karena biasanya jenis musik pertama yang ditemui orang.

Jenis pop ini identik dengan musik yang suaranya bercirikan modernitas. Musik pop sangat mudah untuk didengarkan, tanpa memandang kelompok usia.

Musik pop tidak hanya dinikmati secara global, tetapi juga di Indonesia yang mendominasi musik musik.

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman, musik pop selalu menjadi salah satu genre idola Indonesia.

13. Country

Pendengar mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang mendengarkan musik country ketika mendengarkan jenis musik ini.

Ini karena musik country identik dengan musik tradisional Amerika, khususnya di wilayah Appalachian. Gaya musik ini telah menyebar ke seluruh Eropa, termasuk Italia, Spanyol, Inggris, dll.

Musik country ini memberikan kesan sebagai musik pop, namun memiliki dua chorus yang keras dan lembut.

Hal ini membuat musik country lebih santai dan menarik bagi remaja. Taylor Swift adalah salah satu musisi dunia dalam genre country ini.

14. Dangdut

Gaya musik dangdut ini berasal dari bangsa kita tercinta Indonesia. Musik ini merupakan perpaduan unsur India dan Melayu, memanfaatkan alat musik tradisional dan kontemporer.

Jenis genre musik populer ini memiliki ritme yang bisa membuat kamu bergoyang. Secara historis, musik dangdut biasanya dinikmati oleh orang tua dan dikaitkan dengan ekonomi miskin.

Namun seiring berjalannya waktu, musik dangdut semakin beragam dan semakin populer di kalangan anak muda.

Hal ini juga terkait dengan munculnya musisi-musisi baru Indonesia yang bernyanyi dangdut. Nella Kharisma, Roma Irama, dan Via Vallen adalah musisi Indonesia yang terkenal di genre dangdut.

Kini, lirik musik dangdut memiliki makna yang dalam, biasanya berkaitan dengan kisah cinta yang rumit, dll.

Selain itu, dangdut dapat dibuat ulang dengan lirik yang berbeda dari jenis genre musik populer lain, seperti musik Korea.

15. Campur Sari

Campur Sari

Berbeda dengan dangdut, para lansia juga menikmati musik campuran sari. Musik campuran dicirikan oleh ritme yang lambat, tetapi memiliki cangkokan yang membuat penonton bergoyang.

Musik campursari ini juga lebih tenang daripada musik dangdut dan menggunakan instrumen tradisional.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Itu Ritme Jazz?

Jazz adalah genre musik dengan akar Afrika dan Eropa yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20.

Jazz menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon secara ekstensif. Nada biru, improvisasi, poliritme, sinkopasi, dan nada acak adalah elemen jazz yang penting.

Apa Ciri-Ciri Musik Jazz?

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri musik jazz:

  1. Musisi Memainkannya Dengan Improvisasi
  2. Menggunakan Instrumen Khusus
  3. Sinkopasi
  4. Blue Note
  5. Swing.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai 15 jenis genre musik populer yang bisa kamu ketahui, karena musik dapat meningkatkan mood dan dapat menjadi pilihan untuk mengungkapkan perasaan.

Musik juga dapat menjadi perwakilan dari berbagai kalangan untuk mendapatkan kesenangan serta kepuasan hati dalam memainkan maupun mendengarkannya.

Jadi dari 15 jenis genre musik populer yang telah kami rangkum dan jelas diatas, kamu bisa mengenal berbagai jenis genre musik selain yang kamu sukai.

Demikianlah artikel mengenai 15 jenis genre musik populer di Indonesia  dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */